Sabtu, 24 April 2021

Ringkasan Materi Kelompok IOT - PTI A 2020

 

 Mata Kuliah :

Arsitektur dan Organisasi Komputer

Dosen Pengampu :

Aditya Prapanca, S.T., M.Kom.

 


KELOMPOK 1

IOT JORDI SMART HOME GOOGLE ASSISTANT

Anggota Kelompok 1 :

1.      Nizar Alamsyah P.N               (20050974031)

2.      Orin Novita Sari                      (20050974039)

3.      Mirna Milasari                         (20050974043)

4.      M. Iksanul Baigofik                (20050974049)

5.      Chayani Suci Romasage         (20050974067)


Link Video Youtube : https://youtu.be/JLmjeuEOjXA

 

Jordi merupakan sebuah perangkat IoT yang dilengkapi oleh dua buah relay dan juga satu port untuk sensor analog. Perangkat ini juga bisa diprogram ulang oleh pengguannya sesuai dengan keperluan, melalui port micro USB yang telah terpasang di PCB.

Skematik Projek IoT Jordi

Gambar 1. Blok Diagram Jordi 

Dari gambar blok diagram diatas,IoT Jordi tersusun jadi beberapa bagian sebagai berikut :

1. USB dan Rangkaian USB TTL
Rangkaian ini bertugas untuk menterjemahkan komunikasi antara komputer dengan mikrokontroler melalui port USB.

2. Regulator Tegangan 5V
Dalam projek ini kami menggunakan sebuah regolator yang dapat menurunkan tegangan input menjadi 5V untuk menyalakan rangkaian module relay serta rangkaian minimum sistem ESP12E / ESP12F.

3. Minimum Sistem ESP12E / ESP12F
Rangkaian minimum sistem ini bertugas untuk mengontrol dan mengolah informasi yang didapat, serta juga mengirimkan balik data hasil olahan.

4. Rangkaian Detektor Sensor Analog
Rangkaian ini berfungsi untuk mengkondisikan sinyal analog masuk agar dapat dibaca oleh ESP dari level tegangan minimum hingga maksimum. Rangkaian nya hanya terdiri dari resistor dengan nilai 220k Ohm dan 100k Ohm.

5. Rangkaian Driver Relay / Module Relay
Karena chip ESP atau mikrokontroler tidak bisa langsung menyalakan peralatan listrik, maka disini kami menggunakan relay sebagai saklar digital nya.

6. Rangkaian Buzzer
Untuk rangkaian buzzer, driver nya tidak berbeda dengan relay, hanya saja beban koil relay kita gantikan langsung dengan buzzer.


Proses Pembuatan IoT Jordi


1.      Menyiapkan alat dan bahan

Siapkan seluruh komponen alat dan bahan seperti PCB IoT Jordi yang sudah selesai dirangkai, kabel USB, adaptor, kabel lampu, lampu 5 watt (opsional) dan sebuah smartphone yang sudah tersambung dengan internet.

2.      Perangkaian

a.       Pertama-tama sambungkan kabel USB ke Micro USB. Sebenarnya kabel USB ini bisa digunakan sebagai kabel power tetapi dalam projek Jordi kabel ini di khususkan untuk membuat program.

b.      Kemudian ada adaptor. Nah adaptor tersebut akan disambungkan ke DC power

c.       Lalu ada kabel lampu dan kabel lampu tersebut akan disambungkan ke relay 

3.      Pengujian

Untuk menguji coba apakah rangkaian komponen diatas berhasil atau tidak, maka kita harus mempraktekkannya. Berikut adalah Langkah-langkahnya :

a.       Buka google assistant

b.      Lalu klik tombol microfon dan kita bisa mngatakan perintah “OKE GOOGLE TURN ON THE LAMP”, jika rangkaian komponen tadi sudah benar secara otomatis lampu akan menyalah. Tetapi jika lampu tidak menyalah berarti rangkaian komponen yang sudah kalian buat perlu diperbaiki.

c.       Berikutnya adalah bagaimana mematikan lampu. Untuk mematikan lampu kita bisa menggunakan perintah “TURN OFF THE LAMP” danlampuakanmati.


Kesimpulan

Dengan memanfaatkan internet dari fitur Wi-Fi smartphone kami dapat menghubungkan ESP12E / ESP12F ke smartphone Android/IOS serta dapat melakukan komunikasi antara kedua perangkat yaitu Google Assistant yang ada dalam smartphone dan projek Jordi sehingga projek Jordi dapat melakukan fungsi menyalakan atau mematikan lampu sesuai dengan perintah pengguna.

 

 

KELOMPOK 2

SIGNAL JAMMER AND DEAUTHER

Anggota Kelompok 2 :

1.      Rara Kirana Aisyah Anwar     (20050974011)

2.      Rizqi Husna Mardayanti         (20050974013)

3.      Baga Arhinza                          (20050974017)

4.      Rica Elfira Ningtyas               (20050974019)

5.      Choirudin Asy’ari                   (20050974065)

 

Link Video Youtube : https://youtu.be/ujzF8vcy6xc

 

Signal Jammer and Deauther, terdapat sedikit perbedaan diantara keduanya. Jammer mengirimkan sinyal derau pada spektrum Wi-Fi (2.4GHz) sehingga mengganggu spektrum frekuensi Wi-Fi, sementara Deauther mengirimkan paket yang menginterferensi sinyal sehingga mengganggu kerja ruter Wi-Fi. Jadi secara perilaku mirip dengan Jammer.

Terdapat protokol Wi-Fi yang disebut sebagai 802.11 dan berperilaku sebagai sebuah  deauthentcation frame. Protokol ini dapat digunakan secara aman untuk memutuskan koneksi semua user yang terhubung dengan router. Untuk medisconnect semua perangkat dari jaringan Wi-Fi, sebuah Deauther tidak perlu tahu  password atau terlebih dahulu masuk ke dalam jaringan Wi-Fi tersebut. Yang diperlukan hanya mac address dari router Wi-Fi dan perangkat client.

Alasan kita memakai esp 8266, modul kecil ini memungkinkan mikrokontroler untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi dan membuat koneksi TCP / IP sederhana menggunakan perintah AT, memori internal yang layak (512kb-4mb), sehingga juga dapat digunakan sebagai perangkat IoT mandiri dengan jumlah pin GPIO yang lebih sedikit. Produk iot ini merupakan cara yang bagus untuk mempelajari lebih lanjut tentang Wi-Fi, pengontrol mikro, Arduino, dan elektronik / pemrograman secara umum.

 

 

KELOMPOK 3

SUHU DAN KELEMBAPAN BERBASIS BLYNK

Anggota Kelompok 3 :

1.      Fadiyatul Muqtashidah           (20050974009)

2.      Ramdhan Bachtiar I                (20050974023)

3.      Alvina Jacindy                        (20050974037)

4.      Sefriza Dias Rahmat D           (20050974047)

5.      Kartika Mega Safitri               (20050974061)

                                                         

Link Video Youtube : https://youtu.be/VzaMFlGtzXQ

 

Monitor suhu dan kelembapan merupakan sebuah proyek IoT yang dapat membantu manusia untuk memonitor suhu dan kelembapan. Proyek ini dapat memungkinkan pengguna untuk memonitor suhu dan kelembapan dengan aplikasi Blynk yang dapat diinstal di smartphone dan dapat dibawa ke mana saja.

Proyek ini memerlukan alat dan bahan sebagai berikut :

a.         NodeMCU Esp8266 yang merupakan modul yang telah dilengkapi dengan WiFi.

b.         Dht-11 yang adalah modul sensor untuk menyensor suhu dan kelembapan.

c.         Kabel Jumper yang di sini difungsikan untuk menghubungkan dht-11 dan NodeMCU.

d.         Kabel USB unruk menghubungkan NodeMCU ke sumber daya

e.         Ponsel untuk menginstal aplikasi Blynk

f.          Laptop untuk menuliskan program pada Arduino.


Proses pembuatan proyek ini melalui tiga tahapan.

Tahap Perakitan alat :

a         Pertama siapkan alat dan bahan diatas

b        Kemudian sambungkan dht-11 dan NodeMCU menggunakan kabel jumper

c         Sambungkan kabel jumper secara tepat pada masing- masing yang ada pada NodeMCU

d        Pertama sambungkan pada D3

e         Kedua sambungkan pada 3v3

f         Ketiga sambungkan pada groundnya

g        Kemudian sambungkan NodeMCU pada sumber daya dengan kabel USB

Tahap Aplikasi Blynk :

a.       Pertama instal aplikasi blynk di playstore

b.      Setelah aplikasi terinstal login atau mendaftar menggunakan akun apapun pilihan anda

c.       Kemudian setelah itu create new project

d.      Beri nama project

e.       Choose device : Esp8266

f.       Kemudain setelah itu akan ada kode yang terkirim kealamat email

g.      Kemudian di widget box pilih Labeled Value Setting dan Gauge setting masing  masing 2

Tahap program pada Arduino :

a.       Pertama buka aplikasi Arduino pada laptop

b.      Kemudian klik preferencehttp://arduino.esp8266.com/stable/package_esp8266com_index.jsoncopy dan pastediatas ke additionalboardmanager, klik ok

c.       Klik tools – boardmanagercarai esp8266 dan instal

d.      Lalu pilih generic esp8266 module

e.       Kembali ke boardmanager cari dht 11 lalu pilih dht sensor library, install

f.       Cari Blynk kemudian install

g.      Langkah selanjutnya tulis kode program

h.      Pada charauth ganti dengan kode yang dikirimkan aplikasi di alamat email anda

i.        Lalu compile dan upload program dan perangkat NodeMCU  dan Dht11 sudah tersambung dengan aplikasi Blynk

j.        Pada aplikasi Blynk tekan logo play pada project maka suhu dan kelembapan akan ditampilkan



KELOMPOK 4

PAKAN IKAN OTOMATIS

Anggota Kelompok 4 :

1. Widya Titah Pertiwi                        (20050974021)

2. Okky Anugerah Arrohman             (20050974057)

3. Irma Mustaqfidah                           (20050974063)

4. Fhadluna Arum                               (20050974027)

5. Fauzi Setiawan                                (20050974075)

 

Link Video Youtube : https://youtu.be/stXrfiJrm9g

 

A. Pengertian Alat dan Bahan

1.      Arduino UNO

Arduino Uno adalah board mikrokontroler berbasis ATmega328 (datasheet). Memiliki 14 pin input dari output digital dimana 6 pin input tersebut dapat di gunakan sebagai output PWM dan 6 pin input analog, 16 MHz osilatorkristal, koneksi USB, jack power, ICSP header, dan tombol reset. Untuk mendukung mikrok kontroler agar dapat digunakan, cukup hanya menghubungkan Board Arduino Uno ke komputer dengan menggunakan kabel USB atau listrik dengan AC yang-ke adaptor-DC atau baterai untuk menjalankannya.Uno berbeda dengan semua board sebelumnya dalam hal koneksi USB-to-serial yaitu menggunakan fitur Atmega8U2 yang diprogram sebagai konverter USB-to-serial berbedad engan board sebelumnya yang menggunakan chip FTDI driver USB-toserial. Nama “Uno” berarti satu dalam bahasa Italia, untuk menandai peluncuran Arduino 1.0. Uno danversi 1.0 akan menjadi versi referensi dar iArduino. Uno adalah yang terbaru dalam serangkaian board USB Arduino, dan sebagai model referensi untuk platform Arduino, untuk perbandingan dengan versi sebelumnya, lihati ndeks board Arduino.

2.      Arduino Nano Expansion Shield 

Shield I/O expansion untuk Arduino NANO yang bentukya disesuaikan dengan board UNO. shield expansion ini bisa dapat dihubungkan ke banyak device  arduino, seperti banyak sensor, bluetooth, motor servo, relay, SD card, RTC dll.

featurenya ada beberapa, misalnya : 

·         Shield expansion untuk Arduino Nano

·         Bisa digunakan juga oleh UNO dan MEGA 2560

·         Setiap pin, dilengkapi VCC dan GND di sampingnya

·         Terdapat dedicated pin untuk komunikasi I2C dan serial

·         Terdapat DC power port sebagai tambahan power external dan regulator untuk menjamin stabilitas power.

3.      Adaptor 9V 2A

Adaptor adalah sebuah perangkat berupa rangkaian elektronika untuk mengubah tegangan listrik yang besar menjadi tegangan listrik lebih kecil, atau rangkaian untuk mengubah arus bolak-balik (arus AC) menjadi arus searah (arus DC)

Jenis adaptor ada 2, yaitu :

Ø  Adaptor trafo / transformator atau adaptor konvensional

Yaitu adaptor yang menggunakan komponen utama bernama trafo yaitu berupa gulungan kawat dan lempengan logam. Oleh karena itu adaptor jenis ini sangat berat, contoh adaptor untuk radio tape compo, TV mini, alat kesehatan, keyboard / organ dan lainnya.

Ø  Adaptor switching

Seiring perkembangan teknologi lalu ditemukan adaptor switching yaitu adaptor yang menggunakan komponen utama berupa rangkaian elektronika (yang lebih rumit) namun menghasilkan tegangan listrik yang sesuai dan sangat stabil.

4.      Mekanik Pakan Ikan dan Motor Servo

Motor Servo adalah Motor listrik yang menggunakan sistem closed loop. Sistem closed loop dipakai untuk mengendalikan akselerasi dan kecepatan sebuah motor listrik dengan keakuratan yang tinggi. Berfungsi sebagai penggerak roda gigi agar dapat memutar potensiometer dan poros output-nya secara bersamaan. Potensiometer atau encoder berfungsi sebagai sensor yang akan memberikan sinyal umpan balik ke sistem kontrol untuk menentukan posisi targetnya.
Prinsip Kerja Motor servo yaitu dengan memberikan sinyal modulasi lebar pulsa (Pulse Wide Modulation / PWM) melalui kabel kontrol.
Lebar pulsa sinyal kontrol yang diberikan akan menentukan posisi sudut putaran dari poros motor servo.

5.      Kabel Jumper Male to Female 

Merupakan kabel elektrik yang memiliki pin konektor disetiap ujung nya dan memungkinkan mu untuk menghubungkan dua komponen yang melibatkan Arduino tanpa memerlukan solder.

6.      AplikasiArduino IDE

Arduino IDE (Integrated Development Environment) adalah software yang digunakan untuk memprogram di arduino

 

B. Cara Kerja 

a.      Perakitan Alat

1.      Pasang motor servo dengan mekanik pakan ikan

2.      Pasang botol air mineral bekas yang tutupnya telah di lubangi

3.      Pasang arduino Uno dengan arduino Uno Shield ekstension  menggunakan pin sambungan

4.      Pasang kabel jumper yang telah terhubung dari mekanik servo ke arduino Uno Shield ekstension, masukkan pada pin no 4

5.      Setelah sudah, tinggal colokkan USB ke laptop untuk memasukkan kode program ke Arduino

6.      Isi botol dengan pakan ikan 

b.      Memprogram Arduino

Untuk membuat pakan ikan otomatis, kita perlu memprogram Arduino agar dapat menggerakkan motor servo dengan sendirinya. 

·         Colokkan kabel USB yang telah terhubung dari arduino ke laptop 

·         Buka aplikasi Arduino 

·         Masukkan codingannya

·         Setelah program selesai, diupload dengan cara pilih Tools, 

·         lalu pilih Board ganti dengan Arduino Uno

·         Kemudian pilih Port nya

·         Kemudian program di upload, beri nama file misal nya “mekanik”

·         Dan program pun siap di compile

·         Setelah proses compeling selesai, kita bisa menguji apakah alatnya sudah bisa bekerja atau belum. 

·         Untuk proses pengecekkannya kita bisa menggunakan adaptor 9v 2a atau menggunakan kabel usb yang terhubung ke laptop atau pc  

·         Jika menggunakan adaptor, colokkan adaptor kebagian slot di arduino. 

·         Tinggal kita tunggu apakah pakan ikannya akan keluar 

·         Jika sudah keluar dan ingin mengatur kecepatan keluarnya kita bisa mengatur delaynya di bagian coding tadi.

 

c.       Pengujian 

1. Apabila telah selesai perakitan dan memasukkan program ke arduino, pasangkan adapter di arduino UNO lalu colokkan kelistrik

2. Tunggu sesuai waktu yang di set di kode program hingga motor servo menggerakkan roda mekanik pakan ikan

 

C. Kesimpulan

Internet of Things (IoT) adalah konsep komputasi tentang objek sehari-hari yang terhubung ke internet dan mampu mengidentifikasi diri keperangkat lain. Pemanfaatan IoT kali ini dalam pembuatan pakan ikan otomatis menggunakan arduino. Selain itu pemanfaatan pembuatan pakan ikan otomatis ini memudahkans emua orang yang membudidayakan ikan maupun yang lainnya. 



KELOMPOK 5

IOT PINTU OTOMATIS MENGGUNAKAN

ARDUINO DAN SENSOR ULTRASONIK

Anggota Kelompok 5 :

1.      Nurun Decerachmi Emba​        (20050974003)

2.      Ahmad Faza​​                            (20050974025)

3.      Rizal Aditya Mahendra​          (20050974033)

4.      Vina Maulidiya Agustin​         (20050974035)

5.      Alda Agustina Sari​​                 (20050974055)

6.      Aulya Firly Hakim​​                  (20050974071)

 

Link Video Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=dveSejq9hqE

 

Berdasarkan Codingan IOT yang kita gunakan, jika seseorang dalam radar sensor ultrasonik berjarak 10 cm, maka pintu akan terbuka secara otomatis dengan delay 1 detik lalu pintu akan menutup kembali. Mengenai IOTPintu Otomatis menggunakan Arduino dan sensor Ultrasonic, maka dapat dibuat kesimpulan bahwa kelebihan dari IOT ini adalah Pintu dapat terbuka sendiri. Kedepannya kami berencana mengembangkan project ini dengan menambahkan sensor rfid yang dapat menghitung jumlah orang yang keluar masuk serta mengatur hanya orang yang memiliki kartu akses yang telah terdaftar yang bisa memasuki gedung.

 


KELOMPOK 6

LAMPU OTOMATIS DENGAN TELEGRAM

Anggota Kelompok 6 :

1.      Hoirotun Nafi’ah       (20050974001)

2.      Shelma Imara B.        (20050974005)

3.      Fahma Anung A.       (20050974041)

4.      Irfan Aliftya R.         (20050974045)

5.      Nomar Samaa            (20050974051)

6.      Ilham Bahri Albi       (20050974059)

 

Link Video Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=Ir3jKqeZams&t=22s

 

Lampu Otomatis dengan Telegram merupakan salah satu dari penerapaninternet of things (IOT) yang dapat membantu kegiatan kita sehari-hari. Lampu Otomatis dengan Telegram ini menggunakan bahan yang mudah didapat, relative terjangkau, perakitan yang tidak terlalu sulit serta menggunakannya sangatlah mudah. Cukup menggunakan aplikasi telegram pada Smartphone sebagai alat untuk menyalakan dan mematikan lampu maka lampu akan mati dan menyala tanpa harus berjalan menuju saklar lampu untuk menekan saklar tersebut. Kita juga tidak perluk hawatir ketika akan berpergian jauh dari pagi sampai dan tidak ada seorangpun di rumah. Cukup memberi pesan“RELAY ON” atau“RELAY OFF” pada smartphone yang terhubung ke internet maka secara otomatis lampu tersebut dapat menyala ataupun mati asalkan pada rumah ataupun lingkungan lampu otomatis itu dipasang terdapat koneksi internet danl istrik.

Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat lampu otomatis tersebut yaitu :

1.      NodeMCU ESP8266 CH340

2.      Modul Relay

3.      Kabel Jumper (female-female)

4.      Lampu

5.      Kabel USB

6.      Steker dan Kabel

7.      Smartphone

8.    Laptop/PC 

Setelah menyiapkan alat dan bahan, kita dapat membuat bot telegram terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut:

a.       Buka aplikasi telegram. Ketik “Botfather” di kotak pencarian Telegram

b.      Ketikkan perintah “/start” untuk mulai membuat bot yang akan dipandu “botfather”. Ketik “/newbot” untuk membuat bot baru.

c.       Lalu pilih nama untuk bot baru yang akan digunakan untuk projek Smart Lamp Digital. Disini kami menggunakan bot “Kelompok 6A Arkom”

d.      Pilih nama untuk username bot. disini kami menggunakan username “Kelompok6Arkom_bot”. Setelah selesai, “BotFather” akan mengirimkan token untuk mengakses HTTP API yang akan digunakan untuk ModeMCU.

Berikut tahap perakitan Lampu Otomatis dengan Telegram:

a.       Sambungkan VCC pada module Relay ke VU (5 volt) ke NodeMCUdan GND module Relay ke GND NodeMCU dengan kabel jumper female-female.

b.      Sebenarnya satu relay saja sudah cukup untuk project ini. Hubungkan relay 1 ke NodeMCU. Sebenarnya dapat dihubungkan bebas dimana saja, tetapi kami memasangnya pada D2.

c.       Nyalakan software Arduino IDE. Hubungkan NodeMCU ke komputer/laptop dengan menggunakan kabel USB.

d.      Setting jenis board dan library. Setelah mensetting software Arduino, mulai mengkoding programnya. Program yang telah dicompile dan tidak eror maka langsung upload program keNodeMCU.

e.       Untuk menghubungkan hasil rakitan tersebut ke lampu, potong salah satu kabel dan kabel tersebut dimasukkan ke relay dibagian NO (Normal Open). Setelah itu hubungkan rangkaian hasil rakitan da nlampu ke sumber listrik.

Lampu otomatis ini bekerja melalui intruksi yang kita berikan pada aplikasi telegram di smartphone. Berikut cara kerja lampu otomatis :

a.       Buka telegram lalu pergi ke bot yang telah kita buat. Ketik RELAY ON untuk menyalakan. Jika lampu menyala maka bot akan otomatis membalas pesan “relay menyala”.

b.      Ketik RELAY OFF untuk memadamkan. Jika lampu padam maka bot akan otomatis membala spesan “relay padam”.

Keunggulan dari Lampu ini diantaranya dapat memudahka nmanusia untuk mengaplikasikan sebuah lampu dari jarak jauh dengan menggunakan Smartphone melalui aplikasi telegram.

 

 

KELOMPOK 7

HAND SANITIZER OTOMATIS MENGGUNAKAN BLYNK

Anggota Kelompok 7 :

1.      Rizky Mutiara Citra Ayuti        (20050974007)

2.      Zaskhia Artina Isnalifah            (20050974015)

3.      Amalia Puspitasari                     (20050974029)

4.      Ananda Irvan Tri Kurniawan    (20050974053)

5.      Muhammad Iqbal Haqiqi          (20050974075)

 

Link Video Youtube : https://youtu.be/eKQIPvmI03c

 

Tujuan dibuatnya project IoT Handsanitizer otomatis menggunakan Blynk untuk membantu manusia di masa pandemi Covid – 19 untuk menjaga kebersihan serta mengurangi kontak fisik terhadap manusia lain agar terhindar dari penyakit Covid-19.

 

Alat dan Bahan :

1.      Node Mcu ESP 8266

2.      Servo SG90

3.      Kabel Jumper Male to Female

4.      Botol Pump Handsanitixer + Isi

5.      Kabel USB

6.      Aplikasi Blynk

7.      Aplikasi Arduino IDE

 

Cara Kerja:

Alat ini harus terhubung dengan sumber daya untuk mendapatkan aliran listrik, untuk pengujian kami menggunakan laptop. Karena alat ini berbasis jaringan internet, sehingga pastikan laptop dan smartphone yang digunakan terhubung dengan wifi yang sama. Alat ini akan mengeluarkan isi dari botol maka klik BUTTON ON pada aplikasi BLYNK, dengan indikator jika lampu ESP8266 menyala. Adapun cara kerja Servo SG90 posisi awal slider dan Servo berada diposisi awal yaitu Nol (0) , slider ditarik / digeser ke 180 maka baling baling pada servo akan berputar 180 sehingga dapat menekan tutup botol. Begitu pula sebaliknya apabila anda klik BUTTON menjadi OFF maka tutup botol akan naik ke atas dengan indikator lampu LED mati.

 

Perakitan Alat :

1.      Pasangkan kabel Male to Female pada kedua servo , untuk servo menggunakan kabel bagian Male dan bagian Female nantinya dipasangkan pada pin NodeMCU ESP8266.

2.      Kabel servo yang sudah ada memiliki fungsi paten masing masing Coklat (Ground), Merah (Volt/VCC), Orange (PMW).

3.      Setelah semua terpasang hubungkan Servo SG90 dengan botol dengan cara memberi benang atau kawat agar servo dapat menarik botol hingga handsanitizer keluar.

4.      Setelah selesai hubungkan ESP8266 ke laptop dengan kabel USB.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar