Arsitektur
dan Organisasi Komputer
Dosen
Pengampu :
Aditya
Prapanca, S.T., M.Kom.
KELOMPOK
1
IOT
JORDI SMART HOME GOOGLE ASSISTANT
Anggota
Kelompok 1 :
1. Nizar
Alamsyah P.N (20050974031)
2. Orin
Novita Sari (20050974039)
3. Mirna
Milasari (20050974043)
4. M.
Iksanul Baigofik (20050974049)
5. Chayani Suci Romasage (20050974067)
Link
Video Youtube : https://youtu.be/JLmjeuEOjXA
Jordi
merupakan sebuah perangkat IoT yang dilengkapi oleh dua buah relay dan juga
satu port untuk sensor analog. Perangkat ini juga bisa diprogram ulang oleh
pengguannya sesuai dengan keperluan, melalui port micro USB yang telah
terpasang di PCB.
Skematik Projek IoT
Jordi
Gambar 1. Blok Diagram Jordi
Dari gambar blok diagram diatas,IoT Jordi tersusun jadi beberapa bagian sebagai berikut :
1. USB dan Rangkaian USB TTL
Rangkaian ini bertugas untuk menterjemahkan komunikasi antara komputer dengan mikrokontroler melalui port USB.
2. Regulator Tegangan 5V
Dalam projek ini kami menggunakan sebuah regolator yang dapat menurunkan tegangan input menjadi 5V untuk menyalakan rangkaian module relay serta rangkaian minimum sistem ESP12E / ESP12F.
3. Minimum Sistem ESP12E / ESP12F
Rangkaian minimum sistem ini bertugas untuk mengontrol dan mengolah informasi yang didapat, serta juga mengirimkan balik data hasil olahan.
4. Rangkaian Detektor Sensor Analog
Rangkaian ini berfungsi untuk mengkondisikan sinyal analog masuk agar dapat dibaca oleh ESP dari level tegangan minimum hingga maksimum. Rangkaian nya hanya terdiri dari resistor dengan nilai 220k Ohm dan 100k Ohm.
5. Rangkaian Driver Relay / Module Relay
Karena chip ESP atau mikrokontroler tidak bisa langsung menyalakan peralatan listrik, maka disini kami menggunakan relay sebagai saklar digital nya.
6. Rangkaian Buzzer
Untuk rangkaian buzzer, driver nya tidak berbeda dengan relay, hanya saja beban koil relay kita gantikan langsung dengan buzzer.
Proses Pembuatan IoT Jordi
1. Menyiapkan alat dan bahan
Siapkan
seluruh komponen alat dan bahan seperti PCB IoT Jordi yang sudah selesai
dirangkai, kabel USB, adaptor, kabel lampu, lampu 5 watt (opsional) dan sebuah
smartphone yang sudah tersambung dengan internet.
2. Perangkaian
a. Pertama-tama sambungkan kabel USB ke Micro USB.
Sebenarnya kabel USB ini bisa digunakan sebagai kabel power tetapi dalam projek
Jordi kabel ini di khususkan untuk membuat program.
b. Kemudian ada adaptor. Nah adaptor tersebut akan
disambungkan ke DC power
c. Lalu ada kabel lampu dan kabel lampu tersebut akan disambungkan ke relay
3. Pengujian
Untuk
menguji coba apakah rangkaian komponen diatas berhasil atau tidak, maka kita
harus mempraktekkannya. Berikut adalah Langkah-langkahnya :
a. Buka google assistant
b. Lalu klik tombol microfon dan kita bisa mngatakan
perintah “OKE GOOGLE TURN ON THE LAMP”, jika rangkaian komponen tadi sudah
benar secara otomatis lampu akan menyalah. Tetapi jika lampu tidak menyalah
berarti rangkaian komponen yang sudah kalian buat perlu diperbaiki.
c. Berikutnya adalah bagaimana mematikan lampu. Untuk
mematikan lampu kita bisa menggunakan perintah “TURN OFF THE LAMP”
danlampuakanmati.
Kesimpulan
Dengan memanfaatkan internet dari fitur Wi-Fi
smartphone kami dapat menghubungkan ESP12E / ESP12F ke smartphone Android/IOS
serta dapat melakukan komunikasi antara kedua perangkat yaitu Google Assistant
yang ada dalam smartphone dan projek Jordi sehingga projek Jordi dapat
melakukan fungsi menyalakan atau mematikan lampu sesuai dengan perintah
pengguna.
KELOMPOK
2
SIGNAL
JAMMER AND DEAUTHER
Anggota
Kelompok 2 :
1.
Rara
Kirana Aisyah Anwar (20050974011)
2.
Rizqi
Husna Mardayanti (20050974013)
3.
Baga
Arhinza (20050974017)
4.
Rica
Elfira Ningtyas (20050974019)
5.
Choirudin
Asy’ari (20050974065)
Link Video Youtube : https://youtu.be/ujzF8vcy6xc
Signal
Jammer and Deauther, terdapat sedikit
perbedaan diantara keduanya. Jammer mengirimkan sinyal derau pada
spektrum Wi-Fi (2.4GHz) sehingga mengganggu spektrum frekuensi Wi-Fi, sementara
Deauther mengirimkan paket yang menginterferensi sinyal sehingga
mengganggu kerja ruter Wi-Fi. Jadi secara perilaku mirip dengan Jammer.
Terdapat
protokol Wi-Fi yang disebut sebagai 802.11 dan berperilaku sebagai sebuah deauthentcation frame. Protokol ini
dapat digunakan secara aman untuk memutuskan koneksi semua user yang terhubung
dengan router. Untuk medisconnect semua perangkat dari jaringan Wi-Fi, sebuah Deauther
tidak perlu tahu password atau
terlebih dahulu masuk ke dalam jaringan Wi-Fi tersebut. Yang diperlukan hanya mac
address dari router Wi-Fi dan perangkat client.
Alasan
kita memakai esp 8266, modul kecil ini memungkinkan mikrokontroler untuk
terhubung ke jaringan Wi-Fi dan membuat koneksi TCP / IP sederhana menggunakan
perintah AT, memori internal yang layak (512kb-4mb), sehingga juga dapat
digunakan sebagai perangkat IoT mandiri dengan jumlah pin GPIO yang lebih
sedikit. Produk iot ini merupakan cara yang bagus untuk mempelajari lebih
lanjut tentang Wi-Fi, pengontrol mikro, Arduino, dan elektronik / pemrograman secara
umum.
KELOMPOK
3
SUHU
DAN KELEMBAPAN BERBASIS BLYNK
Anggota
Kelompok 3 :
1. Fadiyatul Muqtashidah (20050974009)
2. Ramdhan
Bachtiar I (20050974023)
3. Alvina
Jacindy (20050974037)
4. Sefriza
Dias Rahmat D (20050974047)
5. Kartika
Mega Safitri (20050974061)
Link
Video Youtube : https://youtu.be/VzaMFlGtzXQ
Monitor suhu dan kelembapan
merupakan sebuah proyek IoT yang dapat membantu manusia untuk memonitor suhu
dan kelembapan. Proyek ini dapat memungkinkan pengguna untuk memonitor suhu dan
kelembapan dengan aplikasi Blynk yang dapat diinstal di smartphone dan dapat
dibawa ke mana saja.
Proyek
ini memerlukan alat dan bahan sebagai berikut :
a. NodeMCU
Esp8266 yang merupakan modul yang telah dilengkapi dengan WiFi.
b. Dht-11
yang adalah modul sensor untuk menyensor suhu dan kelembapan.
c. Kabel
Jumper yang di sini difungsikan untuk menghubungkan dht-11 dan NodeMCU.
d. Kabel
USB unruk menghubungkan NodeMCU ke sumber daya
e. Ponsel
untuk menginstal aplikasi Blynk
f. Laptop untuk menuliskan program pada Arduino.
Proses
pembuatan proyek ini melalui tiga tahapan.
Tahap Perakitan alat :
a
Pertama siapkan alat
dan bahan diatas
b
Kemudian sambungkan
dht-11 dan NodeMCU menggunakan kabel jumper
c
Sambungkan kabel jumper
secara tepat pada masing- masing yang ada pada NodeMCU
d
Pertama sambungkan pada
D3
e
Kedua sambungkan pada
3v3
f
Ketiga sambungkan pada
groundnya
g
Kemudian sambungkan
NodeMCU pada sumber daya dengan kabel USB
Tahap Aplikasi Blynk :
a. Pertama
instal aplikasi blynk di playstore
b. Setelah
aplikasi terinstal login atau mendaftar menggunakan akun apapun pilihan anda
c. Kemudian
setelah itu create new project
d. Beri
nama project
e. Choose device : Esp8266
f. Kemudain
setelah itu akan ada kode yang terkirim kealamat email
g. Kemudian
di widget box
pilih Labeled Value Setting dan Gauge setting masing masing 2
Tahap program pada Arduino :
a. Pertama
buka aplikasi Arduino pada laptop
b. Kemudian
klik
preferencehttp://arduino.esp8266.com/stable/package_esp8266com_index.jsoncopy
dan pastediatas ke additionalboardmanager, klik ok
c. Klik
tools – boardmanagercarai esp8266 dan instal
d. Lalu
pilih generic esp8266 module
e. Kembali
ke boardmanager cari dht 11 lalu pilih dht sensor library, install
f. Cari
Blynk kemudian install
g. Langkah
selanjutnya tulis kode program
h. Pada
charauth ganti dengan kode yang dikirimkan aplikasi di alamat email anda
i.
Lalu compile dan upload
program dan perangkat NodeMCU dan Dht11
sudah tersambung dengan aplikasi Blynk
j.
Pada aplikasi Blynk
tekan logo play pada project maka suhu dan kelembapan akan ditampilkan
KELOMPOK
4
PAKAN
IKAN OTOMATIS
Anggota
Kelompok 4 :
1. Widya
Titah Pertiwi (20050974021)
2. Okky
Anugerah Arrohman (20050974057)
3. Irma
Mustaqfidah (20050974063)
4. Fhadluna
Arum (20050974027)
5. Fauzi
Setiawan (20050974075)
Link
Video Youtube : https://youtu.be/stXrfiJrm9g
A. Pengertian
Alat dan Bahan
1. Arduino
UNO
Arduino Uno adalah board mikrokontroler berbasis
ATmega328 (datasheet). Memiliki 14 pin input dari output digital dimana 6 pin
input tersebut dapat di gunakan sebagai output PWM dan 6 pin input analog, 16
MHz osilatorkristal, koneksi USB, jack power, ICSP header, dan tombol reset.
Untuk mendukung mikrok kontroler agar dapat digunakan, cukup hanya
menghubungkan Board Arduino Uno ke komputer dengan menggunakan kabel USB atau
listrik dengan AC yang-ke adaptor-DC atau baterai untuk menjalankannya.Uno
berbeda dengan semua board sebelumnya dalam hal koneksi USB-to-serial yaitu
menggunakan fitur Atmega8U2 yang diprogram sebagai konverter USB-to-serial
berbedad engan board sebelumnya yang menggunakan chip FTDI driver USB-toserial.
Nama “Uno” berarti satu dalam bahasa Italia, untuk menandai peluncuran Arduino
1.0. Uno danversi 1.0 akan menjadi versi referensi dar iArduino. Uno adalah
yang terbaru dalam serangkaian board USB Arduino, dan sebagai model referensi
untuk platform Arduino, untuk perbandingan dengan versi sebelumnya, lihati
ndeks board Arduino.
2. Arduino Nano Expansion Shield
Shield I/O expansion untuk Arduino NANO yang bentukya
disesuaikan dengan board UNO. shield expansion ini bisa dapat dihubungkan ke
banyak device arduino, seperti banyak sensor, bluetooth, motor servo,
relay, SD card, RTC dll.
featurenya ada beberapa, misalnya :
·
Shield expansion
untuk Arduino Nano
·
Bisa digunakan juga
oleh UNO dan MEGA 2560
·
Setiap pin,
dilengkapi VCC dan GND di sampingnya
·
Terdapat dedicated
pin untuk komunikasi I2C dan serial
·
Terdapat DC power
port sebagai tambahan power external dan regulator untuk menjamin stabilitas
power.
3. Adaptor 9V 2A
Adaptor adalah sebuah perangkat berupa rangkaian
elektronika untuk mengubah tegangan listrik yang besar menjadi tegangan listrik
lebih kecil, atau rangkaian untuk mengubah arus bolak-balik (arus AC) menjadi
arus searah (arus DC)
Jenis adaptor ada 2, yaitu :
Ø
Adaptor trafo /
transformator atau adaptor konvensional
Yaitu
adaptor yang menggunakan komponen utama bernama trafo yaitu berupa gulungan
kawat dan lempengan logam. Oleh karena itu adaptor jenis ini sangat berat,
contoh adaptor untuk radio tape compo, TV mini, alat kesehatan, keyboard /
organ dan lainnya.
Ø
Adaptor switching
Seiring
perkembangan teknologi lalu ditemukan adaptor switching yaitu adaptor yang
menggunakan komponen utama berupa rangkaian elektronika (yang lebih rumit)
namun menghasilkan tegangan listrik yang sesuai dan sangat stabil.
4. Mekanik
Pakan Ikan dan Motor Servo
Motor Servo adalah Motor listrik yang menggunakan sistem
closed loop. Sistem closed loop dipakai untuk mengendalikan akselerasi dan
kecepatan sebuah motor listrik dengan keakuratan yang tinggi. Berfungsi sebagai
penggerak roda gigi agar dapat memutar potensiometer dan poros output-nya
secara bersamaan. Potensiometer atau encoder berfungsi sebagai sensor yang akan
memberikan sinyal umpan balik ke sistem kontrol untuk menentukan posisi
targetnya.
Prinsip Kerja Motor servo yaitu dengan memberikan sinyal modulasi lebar pulsa
(Pulse Wide Modulation / PWM) melalui kabel kontrol.
Lebar pulsa sinyal kontrol yang diberikan akan menentukan posisi sudut putaran
dari poros motor servo.
5. Kabel Jumper Male to Female
Merupakan kabel elektrik yang memiliki pin konektor
disetiap ujung nya dan memungkinkan mu untuk menghubungkan dua komponen yang
melibatkan Arduino tanpa memerlukan solder.
6. AplikasiArduino
IDE
Arduino
IDE (Integrated Development Environment) adalah software yang digunakan untuk memprogram di arduino
B. Cara Kerja
a.
Perakitan Alat
1.
Pasang motor servo
dengan mekanik pakan ikan
2.
Pasang botol air mineral bekas
yang tutupnya telah
di lubangi
3.
Pasang arduino Uno dengan arduino Uno Shield
ekstension menggunakan pin
sambungan
4.
Pasang kabel jumper yang telah terhubung dari mekanik servo ke arduino Uno Shield
ekstension, masukkan pada
pin no 4
5.
Setelah sudah, tinggal colokkan USB ke laptop
untuk memasukkan kode program ke Arduino
6. Isi botol dengan pakan ikan
b.
Memprogram Arduino
Untuk membuat pakan ikan otomatis, kita perlu memprogram Arduino agar dapat menggerakkan motor
servo dengan sendirinya.
·
Colokkan kabel USB yang telah terhubung dari arduino ke laptop
·
Buka aplikasi Arduino
·
Masukkan codingannya
·
Setelah program
selesai, diupload dengan cara pilih Tools,
·
lalu pilih Board
ganti dengan Arduino Uno
·
Kemudian pilih Port
nya
·
Kemudian program di
upload, beri nama file misal nya “mekanik”
·
Dan program pun
siap di compile
·
Setelah proses
compeling selesai,
kita bisa menguji apakah alatnya sudah bisa bekerja atau belum.
·
Untuk proses
pengecekkannya kita bisa menggunakan adaptor 9v
2a atau menggunakan kabel usb yang terhubung ke laptop atau
pc
·
Jika menggunakan adaptor,
colokkan adaptor kebagian slot di arduino.
·
Tinggal kita tunggu apakah pakan ikannya akan keluar
·
Jika sudah keluar dan ingin mengatur kecepatan keluarnya kita bisa mengatur delaynya di bagian
coding tadi.
c.
Pengujian
1. Apabila telah selesai perakitan dan memasukkan program ke arduino, pasangkan
adapter di arduino UNO lalu colokkan kelistrik
2. Tunggu sesuai waktu yang di set di
kode program hingga motor servo menggerakkan roda mekanik pakan ikan
C. Kesimpulan
Internet of Things (IoT) adalah konsep komputasi tentang
objek sehari-hari yang terhubung ke internet dan mampu mengidentifikasi diri keperangkat
lain. Pemanfaatan IoT kali ini dalam pembuatan pakan ikan otomatis menggunakan arduino.
Selain itu pemanfaatan pembuatan pakan ikan otomatis ini memudahkans emua orang
yang membudidayakan ikan maupun yang lainnya.
KELOMPOK
5
IOT
PINTU OTOMATIS MENGGUNAKAN
ARDUINO
DAN SENSOR ULTRASONIK
Anggota
Kelompok 5 :
1. Nurun
Decerachmi Emba (20050974003)
2. Ahmad
Faza (20050974025)
3. Rizal
Aditya Mahendra (20050974033)
4. Vina
Maulidiya Agustin (20050974035)
5. Alda
Agustina Sari (20050974055)
6. Aulya
Firly Hakim (20050974071)
Link
Video Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=dveSejq9hqE
Berdasarkan Codingan
IOT yang kita gunakan, jika seseorang dalam radar sensor ultrasonik berjarak 10
cm, maka pintu akan terbuka secara otomatis dengan delay 1 detik lalu pintu
akan menutup kembali. Mengenai IOTPintu Otomatis menggunakan Arduino dan sensor
Ultrasonic, maka dapat dibuat kesimpulan bahwa kelebihan dari IOT ini adalah Pintu
dapat terbuka sendiri. Kedepannya kami berencana mengembangkan project ini
dengan menambahkan sensor rfid yang dapat menghitung jumlah orang yang keluar
masuk serta mengatur hanya orang yang memiliki kartu akses yang telah terdaftar
yang bisa memasuki gedung.
KELOMPOK
6
LAMPU
OTOMATIS DENGAN TELEGRAM
Anggota Kelompok 6 :
1. Hoirotun Nafi’ah (20050974001)
2. Shelma Imara B. (20050974005)
3. Fahma Anung A. (20050974041)
4. Irfan Aliftya R. (20050974045)
5. Nomar Samaa (20050974051)
6. Ilham Bahri Albi (20050974059)
Link
Video Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=Ir3jKqeZams&t=22s
Lampu Otomatis dengan Telegram merupakan salah satu dari penerapaninternet of things (IOT) yang dapat membantu kegiatan kita sehari-hari. Lampu Otomatis dengan Telegram ini menggunakan bahan yang mudah didapat, relative terjangkau, perakitan yang tidak terlalu sulit serta menggunakannya sangatlah mudah. Cukup menggunakan aplikasi telegram pada Smartphone sebagai alat untuk menyalakan dan mematikan lampu maka lampu akan mati dan menyala tanpa harus berjalan menuju saklar lampu untuk menekan saklar tersebut. Kita juga tidak perluk hawatir ketika akan berpergian jauh dari pagi sampai dan tidak ada seorangpun di rumah. Cukup memberi pesan“RELAY ON” atau“RELAY OFF” pada smartphone yang terhubung ke internet maka secara otomatis lampu tersebut dapat menyala ataupun mati asalkan pada rumah ataupun lingkungan lampu otomatis itu dipasang terdapat koneksi internet danl istrik.
Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat lampu otomatis tersebut yaitu :
1. NodeMCU ESP8266 CH340
2. Modul Relay
3. Kabel Jumper (female-female)
4. Lampu
5. Kabel USB
6. Steker dan Kabel
7. Smartphone
8. Laptop/PC
Setelah menyiapkan alat dan bahan, kita dapat
membuat bot telegram terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut:
a. Buka aplikasi
telegram. Ketik “Botfather” di kotak pencarian
Telegram
b. Ketikkan perintah “/start” untuk mulai membuat bot yang akan dipandu “botfather”. Ketik
“/newbot” untuk membuat
bot baru.
c. Lalu pilih nama untuk bot baru yang akan digunakan untuk projek Smart Lamp Digital.
Disini kami menggunakan bot “Kelompok 6A Arkom”
d. Pilih nama untuk username bot. disini
kami menggunakan username “Kelompok6Arkom_bot”. Setelah selesai,
“BotFather” akan
mengirimkan token untuk mengakses HTTP API yang akan digunakan untuk ModeMCU.
Berikut tahap perakitan Lampu Otomatis dengan Telegram:
a. Sambungkan
VCC pada module Relay ke VU (5 volt) ke NodeMCUdan GND module Relay
ke GND NodeMCU dengan kabel jumper female-female.
b. Sebenarnya satu relay saja sudah cukup untuk project ini.
Hubungkan relay 1 ke NodeMCU.
Sebenarnya dapat dihubungkan bebas dimana saja, tetapi kami
memasangnya pada
D2.
c. Nyalakan
software Arduino IDE. Hubungkan NodeMCU ke komputer/laptop dengan menggunakan kabel USB.
d. Setting
jenis board dan library. Setelah mensetting
software Arduino, mulai mengkoding programnya. Program yang telah dicompile dan tidak eror maka langsung upload program keNodeMCU.
e. Untuk menghubungkan hasil rakitan tersebut ke lampu, potong salah satu kabel dan kabel tersebut dimasukkan ke relay dibagian
NO (Normal Open). Setelah itu hubungkan rangkaian hasil rakitan da nlampu ke sumber listrik.
Lampu otomatis ini bekerja melalui intruksi yang kita berikan
pada aplikasi telegram di smartphone. Berikut cara kerja lampu otomatis :
a. Buka telegram lalu pergi ke bot yang telah kita buat. Ketik RELAY ON untuk menyalakan. Jika lampu menyala maka bot akan otomatis membalas pesan “relay menyala”.
b. Ketik RELAY OFF untuk memadamkan. Jika lampu padam maka bot akan otomatis membala spesan “relay padam”.
Keunggulan dari Lampu ini diantaranya dapat memudahka nmanusia
untuk mengaplikasikan sebuah lampu dari jarak jauh dengan menggunakan
Smartphone melalui aplikasi telegram.
KELOMPOK
7
HAND
SANITIZER OTOMATIS MENGGUNAKAN BLYNK
Anggota
Kelompok 7 :
1. Rizky
Mutiara Citra Ayuti (20050974007)
2. Zaskhia
Artina Isnalifah (20050974015)
3. Amalia
Puspitasari (20050974029)
4. Ananda
Irvan Tri Kurniawan (20050974053)
5. Muhammad
Iqbal Haqiqi (20050974075)
Link
Video Youtube : https://youtu.be/eKQIPvmI03c
Tujuan dibuatnya
project IoT Handsanitizer otomatis menggunakan Blynk untuk membantu manusia di
masa pandemi Covid – 19 untuk menjaga kebersihan serta mengurangi kontak fisik
terhadap manusia lain agar terhindar dari penyakit Covid-19.
Alat dan Bahan :
1. Node
Mcu ESP 8266
2. Servo
SG90
3. Kabel
Jumper Male to Female
4. Botol
Pump Handsanitixer + Isi
5. Kabel
USB
6. Aplikasi
Blynk
7. Aplikasi
Arduino IDE
Cara Kerja:
Alat ini harus terhubung dengan sumber daya untuk
mendapatkan aliran listrik, untuk pengujian kami menggunakan laptop. Karena
alat ini berbasis jaringan internet, sehingga pastikan laptop dan smartphone
yang digunakan terhubung dengan wifi yang sama. Alat ini akan mengeluarkan isi
dari botol maka klik BUTTON ON pada aplikasi BLYNK, dengan indikator jika lampu
ESP8266 menyala. Adapun cara kerja Servo SG90 posisi awal slider dan Servo
berada diposisi awal yaitu Nol (0) , slider ditarik / digeser ke 180 maka
baling baling pada servo akan berputar 180 sehingga dapat menekan tutup botol.
Begitu pula sebaliknya apabila anda klik BUTTON menjadi OFF maka tutup botol
akan naik ke atas dengan indikator lampu LED mati.
Perakitan Alat :
1. Pasangkan
kabel Male to Female pada kedua servo , untuk servo menggunakan kabel bagian
Male dan bagian Female nantinya dipasangkan pada pin NodeMCU ESP8266.
2. Kabel
servo yang sudah ada memiliki fungsi paten masing masing Coklat (Ground), Merah
(Volt/VCC), Orange (PMW).
3. Setelah
semua terpasang hubungkan Servo SG90 dengan botol dengan cara memberi benang
atau kawat agar servo dapat menarik botol hingga handsanitizer keluar.
4. Setelah
selesai hubungkan ESP8266 ke laptop dengan kabel USB.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar