PEMANFAATAN
INTERNET OF THINGS PADA SMART LAMP
Dosen Pengampu
Aditya Prapanca S.T., M.Kom.
Disusun oleh
1. Meysa Mahfudhoh (20051204012)
2. Hilmy Muhamad Faiz (20051204040)
3. Alfido Adha F (20051204068)
4. Muhasibi Tanha Nafsi (20051204098)
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2020/2021
ABSTRAK
Smartphone adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. belum ada standard pabrik yang menentukan arti smartphone. bagi beberapa orang, smartphone merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. bagi yang lainya, smartphone hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat penyambung VGA. dengan kata lain, smartphone merupakan komputer kecil yang mempunyai kemampuan sebuah telepon
Di era perkembangan teknologi saat ini smartphone
berkembang sangat pesat, hampir semua orang mempunyai smartphone, karena
smartphone sendiri banyak membantu berbagai hal, sebagai alat komunikasi dan
telepon cerdas kini telah mengalami banyak perkembangan yakni sebagai remote
control yang dapat mengendalikan perangkat elektronik, tentunya dapat membantu
user untuk menangani sebuah control perangkat elektronik. Sebagai contoh
mengendalikan internet of things (IOT) menggunakan smartphone. Dengan bantuan
smartphone diharapkan mampu membantu user untuk menyalakan dan mematikan lampu
dari jarak jauh, dengan hanya mengirim pesan melalui aplikasi telegram.
BAB
1 PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Internet di era digital saat ini sangat erat
kaitannya dalam kehidupan sehari – hari. Mulai dari kalangan muda hingga
kalangan dewasa, mayoritas menggunakan internet sebagai media bantu dalam
mengerjakan dan menghubungkan berbagai aktivitas manusia secara efektif, akurat
dan efisien. Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang memiliki fungsi
untuk menghubungkan antara satu media elektronik dengan media elektronik yang
lain dengan cepat dan tepat. Jaringan komunikasi tersebut, akan menyampaikan
beberapa informasi yang dikirim melalui transmisi sinyal dengan frekuensi yang
telah disesuaikan. Bukan hanya smartphone dan komputer saja yang dapat
terhubung dengan internet, namun perangkat elektronik yang digunakan manusia
yang tersambung ke jaringan local dan global melalui sensor tertanam dan selalu
aktif dapat juga terhubung dengan internet. Dalam bidang IT hal ini disebut
Internet Of Things (IOT).
Internet of things adalah suatu konsep atau
program dimana sebuah objek memiliki kemampuan untuk mentransmisikan atau
mengirimkan data melalui jaringan tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer
dan manusia. Cara kerja internet of things adalah memanfaatkan sebuah
argumentasi dari algoritma bahasa pemrograman yang telah tersusun. Dimana,
setiap argumen yang terbentuk akan menghasilkan sebuah interaksi yang akan
membantu perangkat keras atau mesin dalam melakukan fungsi atau kerja.
Sehingga, mesin tersebut tidak memerlukan bantuan dari manusia lagi dan dapat
dikendalikan secara otomatis. Faktor terpenting dari jalannya program tersebut
terletak pada jaringan internet yang menjadi penghubung antar sistem dan
perangkat keras. Tugas utama dari manusia adalah menjadi pengawas untuk
memonitoring setiap tindakan dan perilaku dari mesin saat bekerja. Salah satu
contohnya adalah peneraparn IOT pada smart lamp.
1.2
Rumusan Masalah
Melalui latar belakang diatas maka rumusan masalah
yang dapat diambil yaitu : Bagaimana cara merangkai sistem IOT yang dapat
memebantu menyalakan/mematikan lampu hanya dengan bantuan aplikasi Telegram di
smartphone?
1.3
Tujuan
1.3.1 Dengan adanya sistem kendali
lampu dapat memudahkan user untuk menyalakan dan mematikan lampu dari jarak
jauh hanya dengan melalui smartphone.
1.3.2 Sebagai penugasan ujian akhir semester 2 mata kuliah Arsitektur Komputer.
BAB II LANDASAN TEORI
2.1 Nodemcu Adalah
Sebuah Platform Iot Yang Bersifat Opensource. Terdiri Dari Perangkat Keras
Berupa System On Chip Esp8266 Dari Esp8266 Buatan Espressif System, Juga
Firmware Yang Digunakan, Yang Menggunakan Bahasa Pemrograman Scripting Lua.
Istilah Nodemcu Secara Default Sebenarnya Mengacu Pada Firmware Yang Digunakan
Daripada Perangkat Keras Development Kit. Nodemcu Bisa Dianalogikan Sebagai
Board Arduino-nya Esp8266.
2.2 Modul relay
adalah salah satu piranti yang beroperasi berdasarkan prinsip elektromagnetik
untuk menggerakkan kontaktor guna memindahkan posisi ON ke OFF atau sebaliknya
dengan memanfaatkan tenaga listrik. Cara kerja relay adalah memutus dan
menyambung aliran listrik dalam rangkaian. Bisa dibilang, fungsi relay yaitu
sebagai sakelar otomatis.
2.3 kabel jumper
adalah kabel elektrik yang memiliki pin konektor di setiap ujungnya dan
memungkinkanmu untuk menghubungkan dua komponen yang melibatkan Arduino tanpa
memerlukan solder.Intinya kegunaan kabel jumper ini adalah sebagai konduktor
listrik untuk menyambungkan rangkaian listrik. Biasanya kabel jamper digunakan
pada breadboard atau alat prototyping lainnya agar lebih mudah untuk
mengutak-atik rangkaian.
BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Alat dan Bahan
3.1.1 Alat:
Laptop
Solder + Timah
Silet
Smartphone
3.1.2 Bahan:
NodeMCU ESP8266
Kabel Jumper Female to Female
Relay 1 Channel
Kabel Serabut dan colokan
Fittingan Lampu
Kabel USB
Lampu
3.2 Cara Kerja Sistem Kendali Lampu
dengan Konsep IOT
1. Pengguna dapat
menghidupkan atau mematika lampu dengan mengirimkan pesat teks pada bot
telegram yang telah dibuat. “relay on” untuk menyakalan lampu dan “relay off”
untuk mematikan lampu. Instruksi tersebut akan dikirimkan oleh bot telegram ke
NodeMCU.
2. Setelah menerima
instruksi, NodeMCU akan mengontrol relay dan melaksanakan instruksi yang
diberikan.
3.3
Perancangan Arduino IDE
#include <CTBot.h> CTBot robot; int relay=16;
void setup() { Serial.begin(115200); pinMode(relay,OUTPUT); digitalWrite(relay,HIGH); robot.wifiConnect("Wifi",
"00000000"); robot.setTelegramToken("1707330118:AAG4Ge 9BWHn1UJZtbjWUL0qBX6NhXtcGsOQ"); if(robot.testConnection()) Serial.println("Terhubung!"); else Serial.println("Error!");
}
void loop() { TBMessage pesan;
if(robot.getNewMessage(pesan)){ Serial.print("Ada pesan Masuk : "); Serial.println(pesan.text); if(pesan.text.equalsIgnoreCase("on")){ digitalWrite(relay,LOW); robot.sendMessage(pesan.sender.id,"The Led is
now ON"); } else if(pesan.text.equalsIgnoreCase("off")){ digitalWrite(relay,HIGH); robot.sendMessage(pesan.sender.id,"The Led is
now OFF"); } else{ String balas; balas="Maaf, perintahnya salah. Coba kirim on atau
off."; robot.sendMessage(pesan.sender.id,balas); } }
}
|
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
Tahap selanjutnya dari penelitian ini uji fungsi berupa pengujian pada kendali lampu dengan konsep Internet Of Things (IOT).
4.1 Uji Fungsi Lampu OFF
Gambar tersebut merupakan hasil dari pengujian pada kendali lampu dengan konsep IoT.
4.2 Uji Fungsi Lampu ON
Gambar di atas merupakan hasil dari pengujian pada kendali lampu dengan konsep IoT. Lampu menyala setelah delay beberapa waktu bergantung pada kecepatan jarigan internet yang digunakan.
BAB V PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Dari hasil pengujian
yang dilakukan dalam projek ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Internet Of
Things pada kendali lampu, hidup dan matinya lampu dengan praktis dan mudah,
sehingga dapat membantu peran user dalam mengoperasikan lampu, dan user hanya berperan
sebagai pengatur melalui remote control (Aplikasi Telegram) juga pemantau
bekerjanya alat tersebut. Lampu akan menyala setelah delay beberapa waktu
bergantung pada kecepatan jaringan internet yang digunakan user.
5.2 Saran
Untuk menghindari
kegagalan yang terjadi pada projek tersebut, seperti halnya kegagalan sistem
yang diterapkan pada kendali lampu, diharapkan saat langkah pertama yang perlu
diperhatikan adalah pengaktifkan sistem dan menjaga konektifitas internet, agar
sistem IOT yang diterapkan pada kendali lampu dapat bekerja dengan stabil dan
sesuai dengan yang diharapkan.
DAFTAR PUSTAKA
https://embeddednesia.com/v1/tutorial-nodemcu-pertemuan-pertama/
https://www.aldyrazor.com/2020/05/modul-relay-arduino.html#:~:text=dan%20fungsi%20relay-,Pengertian%20Relay%20Arduino,sebaliknya%20dengan%20memanfaatkan%20tenaga%20listrik.
https://www.aldyrazor.com/2020/04/kabel-jumper-arduino.html
LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar