Minggu, 18 April 2021

INTERNET OF THINGS (IOT): Smart Lamp Berbasis Arduino IDE

 

PEMANFAATAN INTERNET OF THINGS PADA SMART LAMP


Dosen Pengampu

Aditya Prapanca S.T., M.Kom.

Disusun oleh 

1. Meysa Mahfudhoh           (20051204012)

2. Hilmy Muhamad Faiz      (20051204040)

3. Alfido Adha F                  (20051204068)

4. Muhasibi Tanha Nafsi      (20051204098)


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

2020/2021


ABSTRAK

Smartphone adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. belum ada standard pabrik yang menentukan arti smartphone. bagi beberapa orang, smartphone merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. bagi yang lainya, smartphone hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat penyambung VGA. dengan kata lain, smartphone merupakan komputer kecil yang mempunyai kemampuan sebuah telepon

Di era perkembangan teknologi saat ini smartphone berkembang sangat pesat, hampir semua orang mempunyai smartphone, karena smartphone sendiri banyak membantu berbagai hal, sebagai alat komunikasi dan telepon cerdas kini telah mengalami banyak perkembangan yakni sebagai remote control yang dapat mengendalikan perangkat elektronik, tentunya dapat membantu user untuk menangani sebuah control perangkat elektronik. Sebagai contoh mengendalikan internet of things (IOT) menggunakan smartphone. Dengan bantuan smartphone diharapkan mampu membantu user untuk menyalakan dan mematikan lampu dari jarak jauh, dengan hanya mengirim pesan melalui aplikasi telegram.


BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Internet di era digital saat ini sangat erat kaitannya dalam kehidupan sehari – hari. Mulai dari kalangan muda hingga kalangan dewasa, mayoritas menggunakan internet sebagai media bantu dalam mengerjakan dan menghubungkan berbagai aktivitas manusia secara efektif, akurat dan efisien. Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antara satu media elektronik dengan media elektronik yang lain dengan cepat dan tepat. Jaringan komunikasi tersebut, akan menyampaikan beberapa informasi yang dikirim melalui transmisi sinyal dengan frekuensi yang telah disesuaikan. Bukan hanya smartphone dan komputer saja yang dapat terhubung dengan internet, namun perangkat elektronik yang digunakan manusia yang tersambung ke jaringan local dan global melalui sensor tertanam dan selalu aktif dapat juga terhubung dengan internet. Dalam bidang IT hal ini disebut Internet Of Things (IOT).

Internet of things adalah suatu konsep atau program dimana sebuah objek memiliki kemampuan untuk mentransmisikan atau mengirimkan data melalui jaringan tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer dan manusia. Cara kerja internet of things adalah memanfaatkan sebuah argumentasi dari algoritma bahasa pemrograman yang telah tersusun. Dimana, setiap argumen yang terbentuk akan menghasilkan sebuah interaksi yang akan membantu perangkat keras atau mesin dalam melakukan fungsi atau kerja. Sehingga, mesin tersebut tidak memerlukan bantuan dari manusia lagi dan dapat dikendalikan secara otomatis. Faktor terpenting dari jalannya program tersebut terletak pada jaringan internet yang menjadi penghubung antar sistem dan perangkat keras. Tugas utama dari manusia adalah menjadi pengawas untuk memonitoring setiap tindakan dan perilaku dari mesin saat bekerja. Salah satu contohnya adalah peneraparn IOT pada smart lamp.

 

1.2 Rumusan Masalah

Melalui latar belakang diatas maka rumusan masalah yang dapat diambil yaitu : Bagaimana cara merangkai sistem IOT yang dapat memebantu menyalakan/mematikan lampu hanya dengan bantuan aplikasi Telegram di smartphone?


1.3 Tujuan

1.3.1 Dengan adanya sistem kendali lampu dapat memudahkan user untuk menyalakan dan mematikan lampu dari jarak jauh hanya dengan melalui smartphone.

1.3.2 Sebagai penugasan ujian akhir semester 2 mata kuliah Arsitektur Komputer.


BAB II LANDASAN TEORI

2.1   Nodemcu Adalah Sebuah Platform Iot Yang Bersifat Opensource. Terdiri Dari Perangkat Keras Berupa System On Chip Esp8266 Dari Esp8266 Buatan Espressif System, Juga Firmware Yang Digunakan, Yang Menggunakan Bahasa Pemrograman Scripting Lua. Istilah Nodemcu Secara Default Sebenarnya Mengacu Pada Firmware Yang Digunakan Daripada Perangkat Keras Development Kit. Nodemcu Bisa Dianalogikan Sebagai Board Arduino-nya Esp8266.

 

2.2    Modul relay adalah salah satu piranti yang beroperasi berdasarkan prinsip elektromagnetik untuk menggerakkan kontaktor guna memindahkan posisi ON ke OFF atau sebaliknya dengan memanfaatkan tenaga listrik. Cara kerja relay adalah memutus dan menyambung aliran listrik dalam rangkaian. Bisa dibilang, fungsi relay yaitu sebagai sakelar otomatis.

 

2.3    kabel jumper adalah kabel elektrik yang memiliki pin konektor di setiap ujungnya dan memungkinkanmu untuk menghubungkan dua komponen yang melibatkan Arduino tanpa memerlukan solder.Intinya kegunaan kabel jumper ini adalah sebagai konduktor listrik untuk menyambungkan rangkaian listrik. Biasanya kabel jamper digunakan pada breadboard atau alat prototyping lainnya agar lebih mudah untuk mengutak-atik rangkaian.


BAB III METODE PENELITIAN

3.1 Alat dan Bahan

3.1.1 Alat:

Laptop

Solder + Timah

Silet

Smartphone

3.1.2  Bahan:

NodeMCU ESP8266

Kabel Jumper Female to Female

Relay 1 Channel

Kabel Serabut dan colokan

Fittingan Lampu

Kabel USB

Lampu


3.2 Cara Kerja Sistem Kendali Lampu dengan Konsep IOT

1. Pengguna dapat menghidupkan atau mematika lampu dengan mengirimkan pesat teks pada bot telegram yang telah dibuat. “relay on” untuk menyakalan lampu dan “relay off” untuk mematikan lampu. Instruksi tersebut akan dikirimkan oleh bot telegram ke NodeMCU.

2. Setelah menerima instruksi, NodeMCU akan mengontrol relay dan melaksanakan instruksi yang diberikan.


3.3 Perancangan Arduino IDE


#include <CTBot.h>

CTBot robot;

int relay=16;

 

void setup() {

Serial.begin(115200);

pinMode(relay,OUTPUT);

digitalWrite(relay,HIGH);

robot.wifiConnect("Wifi", "00000000");

robot.setTelegramToken("1707330118:AAG4Ge

9BWHn1UJZtbjWUL0qBX6NhXtcGsOQ");

if(robot.testConnection())

Serial.println("Terhubung!");

else

Serial.println("Error!");

 

}

 

void loop() {

TBMessage pesan;

 

if(robot.getNewMessage(pesan)){

Serial.print("Ada pesan Masuk : ");

Serial.println(pesan.text);

if(pesan.text.equalsIgnoreCase("on")){

digitalWrite(relay,LOW);

robot.sendMessage(pesan.sender.id,"The Led

 is now ON");

}

else if(pesan.text.equalsIgnoreCase("off")){

digitalWrite(relay,HIGH);

robot.sendMessage(pesan.sender.id,"The Led

 is now OFF");

}

else{

String balas;

balas="Maaf, perintahnya salah. Coba kirim on

 atau off.";

robot.sendMessage(pesan.sender.id,balas);

}

}

 

}

 


BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

Tahap selanjutnya dari penelitian ini uji fungsi berupa pengujian pada kendali lampu dengan konsep Internet Of Things (IOT).


4.1 Uji Fungsi Lampu OFF

Gambar tersebut  merupakan hasil dari pengujian pada kendali lampu dengan konsep IoT.


4.2 Uji Fungsi Lampu ON

Gambar di atas merupakan hasil dari pengujian pada kendali lampu dengan konsep IoT. Lampu menyala setelah delay beberapa waktu bergantung pada kecepatan jarigan internet yang digunakan.

BAB V PENUTUP

5.1 Kesimpulan

Dari hasil pengujian yang dilakukan dalam projek ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Internet Of Things pada kendali lampu, hidup dan matinya lampu dengan praktis dan mudah, sehingga dapat membantu peran user dalam mengoperasikan lampu, dan user hanya berperan sebagai pengatur melalui remote control (Aplikasi Telegram) juga pemantau bekerjanya alat tersebut. Lampu akan menyala setelah delay beberapa waktu bergantung pada kecepatan jaringan internet yang digunakan user.

 

5.2 Saran

Untuk menghindari kegagalan yang terjadi pada projek tersebut, seperti halnya kegagalan sistem yang diterapkan pada kendali lampu, diharapkan saat langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah pengaktifkan sistem dan menjaga konektifitas internet, agar sistem IOT yang diterapkan pada kendali lampu dapat bekerja dengan stabil dan sesuai dengan yang diharapkan.

 

DAFTAR PUSTAKA

https://embeddednesia.com/v1/tutorial-nodemcu-pertemuan-pertama/

https://www.aldyrazor.com/2020/05/modul-relay-arduino.html#:~:text=dan%20fungsi%20relay-,Pengertian%20Relay%20Arduino,sebaliknya%20dengan%20memanfaatkan%20tenaga%20listrik.

https://www.aldyrazor.com/2020/04/kabel-jumper-arduino.html

 

LAMPIRAN




ALAT DAN BAHAN











Tidak ada komentar:

Posting Komentar