Sabtu, 03 April 2021

Internet Of Things (IoT) : Hand Sanitizer Otomatis Menggunakan BLYNK

 

Mata Kuliah : 

Arsitektur dan Organisasi Komputer

Dosen Pengampu 

Aditya Prapanca, S.T., M.Kom.


Disusun oleh :

1.     Rizky Mutiara Citra Ayuti                  20050974007

2.     Zaskhia Artina Isnalifah                     20050974015

3.     Amalia Puspitasari                             20050974029

4.     Ananda Irvan Tri Kurniawan             20050974053

5.     Muhammad Iqbal Haqiqi                   20050974075

Pendidikan Teknologi Informasi 2020 A

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang

Internet of Things merupakan terobosan baru teknologi yang dibuat manusia untuk memudahkan manusia. Dengan akses jaringan untuk menggantikan penggunakan jaringan kabel saat ini. IoT juga mencakup teknologi berbasis sensor, QR Code. Semakin berkembangnya zaman teknologi semakin berkembang pesat, maka dari itu pemanfaatan teknologi berpengaruh untuk kehidupan manusia sehari – hari. Mulai dari peralatan rumah, peralatan hiburan yang sekarang ini dapat mengganti tugas manusia untuk bekerja.

Dalam hal ini handsanitizer otomatis menggunakan blynk digunakan maraknya pandemi dunia Covid-19 yang mengharuskan manusia untuk tetap menjaga kebersihan. Maka dari itu dibuatlah alat yang membantu manusia untuk tetap menjaga kebersihan dengan menggunakan IoT dengan alat Esp8266 dan Servo SG90 dihubungkan dengan aplikasi Blynk sebagai visualisasi jaringan internet dalam konsep pengembangan Iot.


B.    Rumusan Masalah

1.     Apa saja alat dan bahan yang digunakan untuk membuat handsanitizer otomatis ?

2.     Apa pengertian dari setiap fungsi alat dan bahan ?

3.     Bagaimana cara kerja blynk dalam menjalankan handsanitizer otomatis ?

C.    Tujuan

Tujuan dibuatnya project IoT Handsanitizer otomatis menggunkan Blynk membantu manusia dalam keadaan sekarang untuk mengurangi kontak fisik terhadap manusia lain agar terhindar dari penyakit Covid-19. Selain itu project Iot ini dibuat bertujuan untuk memenuhi tugas akhir dari mata kuliah Arsitektur Organisasi Komputer. Dapat juga bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang alat Esp8266, Servo SG90, dan pengaplikasian Blynk dalam IoT.


BAB II

PEMBAHASAN

A. Pengertian Alat dan Bahan

1.     Esp8266

ESP8266 merupakan modul wifi yang berfungsi sebagai perangkat tambahan mikrokonektroler seperti Ardunio dan lainnya agar dapat terhubung langsung dengan wifi dan membuat koneksi TCP/IP. Modul wifi serbaguna ini sudah bersifat SoC (System on Chip), sehingga kita bisa melakukan programming langsung ke ESP8266 tanpa memerlukan mikrokontroler tambahan. Esp8266 memiliki pin pwm, vcc, gorund, tx, rx. Di sini kami hanya menggunakan pin ground, vcc, dan pwm sesuai dengan kabel jumper yang terhubung pada servo yang sudah memiliki fungsi paten.

·       Ground : pin dengan label G berfungsi menghubungkan nodemcu esp8266 dengan ground (kutub negative) bernilai (0 volt).

·       Vcc : pin dengan kabel vcc berfungsi untuk menerima/ mengalirkan arus listrik, untuk memberikan power pada esp8266 dengan menghubungkan salah satu port vcc yang ada. Pada esp 8266 terdapat 3v,Vu.

·       Pwm : pin pin ini menerima sinyal dari 0 sampai 255. 0 yang artinya mati 255 menyala. Angka angka di antara 0-255 menyatakan beda potensial yang dipakai. 

2.     Servo SG90

Servo ini merupakan motor perangkat listrik yang digunakan pada mesin-mesin indstri pintar yang berfungsi untuk mendorong atau memutas objek dengan kontrol yang dengan presesi tinggidalam hl posisi sudut, akselerasi dan kecepatan, sebuah kemampuan yang tidak dimiliki oleh motor biasa.

Sebenarnya servo memiliki banyak jenis, kita memilih servo type sg90 karena ini merupakan mini servo yang cocok kita gunakan dalam praktek ini. Servo sg90 memiliki 3 pin dengan kabel jumper yang sudah tersedia, dan setiap warna kabel jumper pada servo memiliki fungsi yang berbeda coklat ground, merah vcc, oren pin pwm.

3.     Kabel Jumper Male to Female

Kabel jumper male to female ini berfungsi untuk menghubngkan antara dua komponen yang menggunakan jenis pin header berbeda pada praktek ini. Warna pada kabel jumper tidak memiliki fungsi khusus, kecuali jika kabel jumper tersebut dihubungkan pada pin yang memiliki fungsi khusu maka kabel jumper tersebut memiliki fungsi khusus. 

4.     Aplikasi Blynk

Blynk merupkan apliksi untuk IOS dan OS Android untuk mengontrol Arduino, NodeMCU, Raspberry Pi, dan sejenisnya melalui internet. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengendalikan perangkat hardware, menampilkan data sensor, menyimpan data, visualisasi, dan lain sebagainya.

5.     Aplikasi Arduino IDE

Arduino IDE (Integrated Development Environment) adalah software yang digunakan untuk memprogram di arduino, dengan kata lain Arduino IDE sebagai media untuk memprogram board Arduino. Arduino IDE bisa di download secara gratis di website resmi Arduino IDE.

       B. Alat dan Bahan

      Alat dan bahan yang digunakan sebagai berikut , untuk mengetahui harga dari setiap barang dapat dibaca pada tabel di bawah ini :

1.     Node Mcu ESP 8266

2.     Servo SG90

3.     Kabel Jumper Male to Female

4.     Botol Handsanitizer + isinya

5.     Kabel USB

6.     Aplikasi Arduino IDE

7.     Aplikasi Blynk 


No

Nama Alat dan Bahan

Harga

1

NodeMCU ESP8266

 

Rp. 65.000

2

 

 

Servo SG90


Rp 30.000 x 2

= Rp. 60.000

3

Kabel Male to Female

 

Rp. 1.500 x 6

= Rp. 9.000

4

Botol Hand Sanitizer


Rp. 28.000

5

Kabel USB 


Rp. 10.000

C.    Cara Kerja

a.     Setting BLYNK

1.     Membuat project di BLYNK untuk mengatur IoT dalam project kali ini.

2.     Download dan install aplikasi BLYNK di smartphone melalui playstore App store.

3.     Setelah terinstall buka aplikasi BLYNK dan creat new project untuk membuat project baru.

4.     Isi Project Name (nama project yang akan dibuat), Choose Device > pilih NodeMCU , dan Conection Type > pilih wifi , lalu create

5.     Setelah create project maka akan mendapat token BLYNK yang nantinya akan dihubungkan dengan program yang dibuat. Token didapat dari email yang didaftar pada aplikasi BLYNK sebelumnya.

6.     Tambahkan tombol button dan slider diproject yang dibuat.

Ø  Tombol Button digunakan untuk meng On/Off kan NodeMCU ESP8266

Ø  Tombol Slidder digunakan untuk mengatur gerakan Servo SG90

Ø  Untuk Button Output pilih D4 karena perangkaian alat output digunakan pada D4

Ø  Untuk Slidder output pilih V3 untuk volt 3 vcc yang ada pada esp8266, dan dari 0 – 180 yaitu putaran yang digunakan Servo SG90


b.     Program yang Menghubungkan BLYNK dengan ESP8266 dan Servo SG90

1.     Install software Arduino IDE pada laptop atau pc masing masing.

2.     Berikut program yang digunakan

Ø  Char auth = diisi dengan token yang telah dikirimkan BLYNK saat membuat project melalui email

Ø  Char ssid = diisi dengan name wifi yang terhubung pada laptop dan smartphone

Karena ESP8266 dan BLYNK membutuhkan koneksi internet, jika tidak ada koneksi internet makan tidak akan berjalan

Ø  Char pass = diisi sesuai dengan sandi wifi yang digunakan

#define BLYNK_PRINT Serial

 

 

#include <ESP8266WiFi.h>

#include <BlynkSimpleEsp8266.h>

#include <Servo.h>

 

// You should get Auth Token in the Blynk App.

// Go to the Project Settings (nut icon).

char auth[] = "94sTrNqbxVFp_uL8Fx9oLrVMcu6rIEPb";

 

// Your WiFi credentials.

// Set password to "" for open networks.

char ssid[] = "CitraAyuti";

char pass[] = "c11082002";

 

Servo servo1;

Servo servo2;

 

BLYNK_WRITE(V3)

{

  servo1.write(param.asInt());

servo2.write(param.asInt());

}

 

void setup()

{

  // Debug console

  Serial.begin(9600);

 

  Blynk.begin(auth, ssid, pass);

  // You can also specify server:

  //Blynk.begin(auth, ssid, pass, "blynk-cloud.com", 80);

  //Blynk.begin(auth, ssid, pass, IPAddress(192,168,1,100), 8080);

 

  servo1.attach(2);

  servo2.attach(4);

}

 

void loop()

{

  Blynk.run();

}

3.     Untuk menjalankan program ini diperlukan sebuah library, yaitu library blynk

4.   Untuk menginstall library blynk buka tools >  manage libraries > search “blynk” tunggu hingga muncul library blink. Install library blynk tersebut dengan mengklik install, hingga terdapat keternagan installed

5.   Untuk menambah board esp8266 pilih file > preferences >  lalu salin url (http://arduino.esp8266.com/stable/package_esp8266com_index.json )board manager esp8266,agar bisa mencari board manger dari esp8266 untuk diinstal , lalu klik ok

6.   Untuk menginstal board manager esp8266 klik tools > board > board manager > search esp8266 , lalu klik install. Jika sudah terinstall maka terdapat keterangan “installed” yang berarti board esp8266 bisa digunakan, lalu close.

7.   Setelah langkah diatas selesai compile program, dan program tidak ada salah selanjutnya adalah mengupload program ke ESP8266. Sebelum mengupload pastikan ESP8266 terhubung dengan laptop menggunkan Kabel USB.


c.     Perakitan alat
Untuk gambaran perakitan menghubungkan Servo SG90 ke ESP8266 akan seperti gambar berikut ini.

1.     Pasangkan kabel Male to Female pada kedua servo , untuk servo menggunakan kabel bagian Male dan bagian Female nantinya dipasangkan pada pin NodeMCU ESP8266.

2.     Kabel servo yang sudah ada memiliki fungsi paten masing masing Coklat (Ground), Merah (Volt/VCC), Orange (PMW)

Ø  Servo 1

Coklat – Coklat  = dihubungkan pada pin ESP8266 (G)

Merah – Merah = dihubungkan pada pin ESP8266 (VV)

Orange – Orange = dihubungkan pada pin ESP8266 (D4)

Ø  Servo 2

Coklat – Kuning = dihubungkan pada pin ESP8266 (G)

Merah – Hijau = dihubungkan pada pin ESP8266 (3V)

Orange – Biru = dihubungkan pada pin ESP8266 (D2)

3.     Setelah semua terpasang hubungkan Servo SG90 dengan botol dengan cara memberi benang atau kawat agar servo dapat menarik botol hingga handsanitizer keluar.

4.     Setelah selesai hubungkan ESP8266 ke laptop dengan kabel USB.


d.     Pengujian

1.     Pastikan laptop dan smartphone terhubung dengan wifi yang sama

2.     Buka aplikasi BLYNK dan project yang telah dibuat, Klik Button ON jika lampu ESP8266 menyala maka berhasil, selanjutnya tekan Button menjadi OFF jika lampu LED mati maka program untuk itu berhasil

3.     Pengujian pada Servo SG90 posisi awal slider dan Servo berada diposisi awal yaitu Nol (0) , slider ditarik / digeser ke 180 maka baling baling pada servo akan berputar 180 sehingga dapat menekan tutup botol, dan isi handsanitizer dapat keluar.

 

BAB III

PENUTUP


Kesimpulan

    Internet of Things (IoT) adalah konsep komputasi tentang objek sehari-hari yang terhubung ke internet dan mampu mengidentifikasi diri ke perangkat lain. Pemanfaatan IoT kali ini menggunakan NodeMCU ESP8266 yang diterapkan pada Handsanitizer otomatis dikembangkan melalui internet dengan bantuan aplikasi BLYNK untuk menjalankannya. Selain itu pemanfaatan hal tersebut secara otomatis menjaga agar tidak terlalu banyak kontak fisik dalam pemanfaatan teknologi di masa yang sekarang ini.

LAMPIRAN 

*project yang telah dirakit dan diprogram akan seperti gambar diatas

* ketika dijalankan untuk pengujian seperti berikut, botol tertarik oleh servo hingga dapat mengeluarkan handsanitizer

* foto semua anggota kelompok 




















 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar