Implementasi IoT Menggunakan NodeMCU dalam Kendali Lampu Melalui Aplikasi Blynk
Disusun oleh :
1. Rizatul
Mas Ulah (20051204004)
2. Asnawiyah
(20051204022)
3. Abdul
Khahar (20051204026)
4. Ivan
Rangga Saputra (20051204102)
Link Youtube : https://youtu.be/aBxkH_i2zpA
TIM 11
Mata Kuliah : Arsitektur dan Organisasi Komputer
Dosen Pengampu : Aditya Prapanca, S.T., M.Kom.
S1 Teknik Informatika - 2020 B
Universitas Negeri Surabaya
ABSTRAK
Saat ini teknologi telah berkembang pesat dengan adanya Internet of Things (IoT) yang merupakan suatu konsep bertujuan untuk memperluas manfaat dari jaringan internet. Pengendalian lampu ruangan dalam sebuah rumah menggunakan NodeMCU adalah salah satu teknologi Smart Home dengan basis dari Internet of Things (IoT) yang dapt dikendalikan melalui smartphone. Tugas ini bertujuan untuk mengendalikan lampu menggunakan smartphone dengan aplikasi Blynk. Implementasi alat ini dapat memudahkan pengguna untuk mematikan kan menyalakan lampu dari jarak jauh. Pengguna cukup menekan tombol on dan off pada aplikasi Blynk. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, system dapat bekerja sesuai perintah jika jaringan internet dalam kondisi stabil.
Kata kunci : Internet of Things (IoT), NodeMCU, Smart Home, Smartphone
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
belakang
Kemajuan teknologi saat
ini sudah berkembang dengan pesat, tidak
dapat dipungkiri kemajuan teknologi yang sedemikian cepat dapat dimanfaatkan,
dipelajari serta diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu
perkembangan teknologi yang bisa dimanfaatkan dari adanya koneksi internet ini
adalah kemampuan mengakses peralatan elektronik seperti lampu ruangan yang
dapat dioperasikan secara online melalui smartphone sehingga dapat memudahkan
pengguna memantau ataupun mengendalikan lampu kapanpun dan dimanapun
dengan catatan di lokasi yang akan
diterapkan teknologi kendali jarak jauh mempunyai sistem kendali jarak jauh.
Internet of Things IoT
(Internet of Things) merupakan suatu konsep yang bertujuan untuk memperluas
manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus menerus melalui
sebuah perangkat atau modul Arduino.
Pemanfaatan dari IoT (Internet of Things) yang dapat diaplikasikan
sebagai pengendali jarak jauh dengan jaringan internet yang dapat diterapkan
pada peralatan elektronik seperti lampu. Perangkat tersebut dapat diakses
dengan layanan internet melalui aplikasi Blynk.
1.2
Rumusan
Masalah
Melalui latar belakang di
atas maka rumusan masalah yang dapat diambil yaitu :
Bagaimana cara membangun
suatu system IoT yang dapat membantu user
untuk mengontrol lampu dari jarak
jauh menggunakan aplikasi Blynk?
1.3
Tujuan
1.3.1
Dengan adanya sistem
kendali lampu melalui smartphone ini dapat memudahkan user untuk menyalakan
atau memadamkan lampu dari jarak jauh dengan hanya menggunakan aplikasi blynk.
1.3.2 Sebagai penugasan ujian akhir semester 2 mata kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer.
BAB
II
LANDASAN TEORI
2.1
Ardiuno
IDE
Arduino IDE (Integrated
Development Environment) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk
memprogram berbagai macam mikrokontroller seperti Arduino dan NodeMCU ESP8266.
Arduino IDE dapat berjalan disemua OS. Arduino IDE menggunakan bahasa
pemrograman C/C++ dan menggunakan kompiler (avr-g++). Kode Program arduino
biasa disebut sketch dan dibuat menggunakan bahasa pemrograman C. Program atau
sketch yang sudah selesai ditulis di arduino IDE bisa langsung dicompile dan
diupload ke Arduino Board. Secara sederhana, sketch dalam Arduino dikelompokkan
menjadi 3 blok yaitu header, setup, loop.
2.2
NodeMCU
ESP8266
NodeMCU merupakan sebuah
open source Platform IoT dan pengembangan kit yang menggunakan bahasa
pemrograman C untuk membantu dalam membuat prototype produk IoT atau bisa
dengan memakai sketch dengan Arduino IDE. Pada NodeMcu dilengkapi dengan micro
usb port yang berfungsi untuk pemograman maupun power supply. Selain itu juga
pada NodeMCU di lengkapi dengan tombol push button yaitu tombol reset dan
flash.
2.3
Modul
Relay 5V
Modul Relay 5V adalah
sebuah saklar magnet,dimana berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus
listrik. Relay ini dioperasikan secara elektrik yang memungkinkan untuk
menghidupkan atau mematikan sirkuit dengan menggunakan voltase atau arus yang
jauh lebih tinggi daripada yang dapat 6 ditangani oleh NodeMCU. Tidak ada
hubungan antara rangkaian tegangan rendah yang dioperasikan oleh NodeMCU dan
rangkaian daya tinggi.
2.4
Aplikasi
Blynk
Blynk adalah sebuah layanan server yang digunakan untuk mendukung project Internet of Things. Layanan server ini memiliki lingkungan mobile user baik Android maupun iOS. Blynk Aplikasi sebagai pendukung IoT dapat diunduh melalui google play. Blynk mendukung berbagai macam hardware yang dapat digunakan untuk projek Internet of Things. Blynk adalah dashborad digital dengan fasilitas antarmuka grafis dalam pembuatan projeknya. Penambahan komponen pada Blynk Apps dengan cara Drag and Drop sehingga memudahkan dalam penambahan komponen input/output tanpa perlu kemampuan pemrograman Android maupun iOS. Blynk diciptakan dengan tujuan untuk kontrol dan monitoring hardware secara jarak jauh menggunakan komunikasi data internet ataupun intranet (jaringan LAN). Kemampuan untuk menyimpan data dan menampilkan data secara visual baik menggunakan angka, warna ataupun grafis semakin memudahkan dalam pembuatan project dibidang Internet of Things.
BAB
III
METODE PENELITIAN
3.1
Alat
dan Bahan
3.1.1 Alat
Laptop
Handphone
Ardiuno
IDE
Aplikasi
Blynk
Aplikasi Fritzing
WiFi/Router
3.1.2 Bahan
Node
MCU Rp
42.000
Relay
Module 4 Channel Rp 28.000
Kabel
microUSB Rp 8.000
Kabel Rp
3.000
Fitting Rp 5.000
Lampu Rp 12.000
Steker Rp 2.000
Total Rp
117.000
3.2
Cara
Kerja Sistem
Gambar diatas menjelaskan
cara kerja kendali lampu menggunakan aplikasi blynk. Dimana setiap komponen
memiliki peran yang saling berhungan dan mendukung untuk menciptakan koneksi
satu sama lain.
Gambar diatas menjelaskan
perancangan pada blok lampu yang meliputi beberapa komponen yaitu: Ardiuno,
Relay Module 4 channel, dan Lampu LED.
3.3
Perancangan
Ardiuno IDE
//
Code yang akan diupload ke NodeMCU dengan ArduinoIDE
#define
BLYNK_PRINT Serial
#include
<ESP8266WiFi.h>
#include
<BlynkSimpleEsp8266.h>
//
Dapetin tokennya di email kamu
char
auth[] = "xxxxx";
//
id dan password internet kamu
char
ssid[] = "Nama_ssid";
char
pass[] = "password";
void
setup(){
Serial.begin(9600);
Blynk.begin(auth, ssid, pass);
}
void
loop(){
Blynk.run();
}
3.4 Langkah-Langkah Perakitan
- Siapkan aplikasi blynk di handpone pastikan anda sudah mendaftar di apliaksi tersebut. Buat projek baru, pilih board NodeMcu kemudian setting sesuai projek yang ingin dibuat.
- Rakit sketsa fritzing. Hubungkan Vcc relay dan Vcc NodeMCU begitupun dengan Gnd. Hubungkan in 1-4 ke in d0-d3 menggunakan kabel jumper.
- Buka source kode pada arduinoIDE.
- Upload pada NodeMcu.
- Sambungkan kabel pada NodeMcu ke relay, kemudian buka aplikasi blynk dan coba tekan button on.
- Jika sudah menyala dengan benar, sambungkan kabel beban (lampu) ke relay sesuai keinginan.
- Coba nyalakan lampu sesuai output relay ditempatkan, dengan aplikasi blynk di handphone. Jika berhasil (menyala) maka selesai.
- Lebih jelasnya bisa buka Link Youtube di halaman bagian atas.
BAB
IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
Tahap selanjutnya dari penelitian ini
uji fungsi yaitu pengujian pada kendali lampu dengan konsep IoT.
4.1
Uji
Fungsi Lampu Off
Gambar diatas merupakan
hasil dari perakitan sebuah kendali lampu menggunakan konsep IoT dengan
aplikasi Blynk.
4.2
Uji
Fungsi Lampu On
Gambar diatas merupakan hasil dari pengujian pada implementasi IoT pada kendali lampu menggunakna aplikasi Blynk. Lampu menyala setelah IoT kendali lampu tersebut dihubungkan ke Aplikasi Blynk dan ditekan tombol on pada aplikasi.
BAB
V
PENUTUP
5.1
Kesimpulan
Dapat disimpulkan dari
hasil pengujian dalam penelitian ini bahwa Internet
of Things (IoT) untuk mengendali
lampu jarak jauh bisa lebih efisien. User harus mengunduh apikasi Blynk
kemudian login menggunakan token yang tersedia. Perangkat pengendalian lampu
menggunakan platform Blynk direkomend-asikan untuk user yang memiliki kecepatan
internet sedang yang berarti kecepatan internet tidak rendah dan juga tidak
tinggi dengan nilai minimal kecepatan interenet 5mbps namun hanya dapat
dikendalikan dengan satu smartphone.
5.2
Saran
Agar sistem yang diterapkan pada kendali lampu bekerja sesuai fungsi tanpa ada kegagalan, diharapkan mengikuti langkah - langkah dengan urut dan menjaga konektifitas jaringan internet supaya konsep IoT yang diterapkan pada kendali lampu tetap berjalan lancar.
DAFTAR
PUSTAKA
Artiyasa Marina, Kusumah Ilman Himawan, Firmansyah Febi, Efendi Muhammad Arif, Iriyanto Muhammad. (2020). Studi Perbandingan Platform Internet of Things (IoT) untuk Smart Home Kontrol Lampu Menggunakan NodeMCU dengan Aplikasi Web Thingspeak dan Blynk. Jurnal Fidelitiy, (2)
LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar