Senin, 19 April 2021

IMPLEMENTASI IoT MENGGUNAKAN NODEMCU DALAM KENDALI LAMPU MELALUI APLIKASI BLYNK


Implementasi IoT Menggunakan NodeMCU dalam Kendali Lampu Melalui Aplikasi Blynk


Disusun oleh :

1.   Rizatul Mas Ulah               (20051204004)

2.   Asnawiyah                         (20051204022)

3.   Abdul Khahar                    (20051204026)

4.   Ivan Rangga Saputra         (20051204102)


Link Youtube : https://youtu.be/aBxkH_i2zpA


TIM 11

Mata Kuliah : Arsitektur dan Organisasi Komputer

Dosen Pengampu : Aditya Prapanca, S.T., M.Kom.

S1 Teknik Informatika - 2020 B

Universitas Negeri Surabaya


ABSTRAK

Saat ini teknologi telah berkembang pesat dengan adanya Internet of Things (IoT) yang merupakan suatu konsep bertujuan untuk memperluas manfaat dari jaringan internet. Pengendalian lampu ruangan dalam sebuah rumah menggunakan NodeMCU adalah salah satu teknologi Smart Home dengan basis dari Internet of Things (IoT) yang dapt dikendalikan melalui smartphone. Tugas ini bertujuan untuk mengendalikan lampu menggunakan smartphone dengan aplikasi Blynk. Implementasi alat ini dapat memudahkan pengguna untuk mematikan kan menyalakan lampu dari jarak jauh. Pengguna cukup menekan tombol on dan off pada aplikasi Blynk. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, system dapat bekerja sesuai perintah jika jaringan internet dalam kondisi stabil. 

Kata kunci : Internet of Things (IoT), NodeMCU, Smart Home, Smartphone


BAB I

PENDAHULUAN

1.1    Latar belakang

Kemajuan teknologi saat ini sudah berkembang  dengan pesat, tidak dapat dipungkiri kemajuan teknologi yang sedemikian cepat dapat dimanfaatkan, dipelajari serta diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu perkembangan teknologi yang bisa dimanfaatkan dari adanya koneksi internet ini adalah kemampuan mengakses peralatan elektronik seperti lampu ruangan yang dapat dioperasikan secara online melalui smartphone sehingga dapat memudahkan pengguna memantau ataupun mengendalikan lampu kapanpun dan dimanapun dengan  catatan di lokasi yang akan diterapkan teknologi kendali jarak jauh mempunyai sistem kendali jarak jauh.

Internet of Things IoT (Internet of Things) merupakan suatu konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus menerus melalui sebuah perangkat atau modul Arduino.  Pemanfaatan dari IoT (Internet of Things) yang dapat diaplikasikan sebagai pengendali jarak jauh dengan jaringan internet yang dapat diterapkan pada peralatan elektronik seperti lampu. Perangkat tersebut dapat diakses dengan layanan internet melalui aplikasi Blynk.

 

1.2    Rumusan Masalah

Melalui latar belakang di atas maka rumusan masalah yang dapat diambil yaitu :

Bagaimana cara membangun suatu system IoT yang dapat membantu user  untuk mengontrol lampu dari jarak jauh menggunakan aplikasi Blynk?

 

1.3    Tujuan

1.3.1   Dengan adanya sistem kendali lampu melalui smartphone ini dapat memudahkan user untuk menyalakan atau memadamkan lampu dari jarak jauh dengan hanya menggunakan aplikasi blynk.

1.3.2   Sebagai penugasan ujian akhir semester 2 mata kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer.



BAB II

 LANDASAN TEORI

2.1    Ardiuno IDE

Arduino IDE (Integrated Development Environment) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk memprogram berbagai macam mikrokontroller seperti Arduino dan NodeMCU ESP8266. Arduino IDE dapat berjalan disemua OS. Arduino IDE menggunakan bahasa pemrograman C/C++ dan menggunakan kompiler (avr-g++). Kode Program arduino biasa disebut sketch dan dibuat menggunakan bahasa pemrograman C. Program atau sketch yang sudah selesai ditulis di arduino IDE bisa langsung dicompile dan diupload ke Arduino Board. Secara sederhana, sketch dalam Arduino dikelompokkan menjadi 3 blok yaitu header, setup, loop.

 

2.2    NodeMCU ESP8266

NodeMCU merupakan sebuah open source Platform IoT dan pengembangan kit yang menggunakan bahasa pemrograman C untuk membantu dalam membuat prototype produk IoT atau bisa dengan memakai sketch dengan Arduino IDE. Pada NodeMcu dilengkapi dengan micro usb port yang berfungsi untuk pemograman maupun power supply. Selain itu juga pada NodeMCU di lengkapi dengan tombol push button yaitu tombol reset dan flash.

 

2.3    Modul Relay 5V

Modul Relay 5V adalah sebuah saklar magnet,dimana berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus listrik. Relay ini dioperasikan secara elektrik yang memungkinkan untuk menghidupkan atau mematikan sirkuit dengan menggunakan voltase atau arus yang jauh lebih tinggi daripada yang dapat 6 ditangani oleh NodeMCU. Tidak ada hubungan antara rangkaian tegangan rendah yang dioperasikan oleh NodeMCU dan rangkaian daya tinggi.

 

2.4    Aplikasi Blynk

Blynk adalah sebuah layanan server yang digunakan untuk mendukung project Internet of Things. Layanan server ini memiliki lingkungan mobile user baik Android maupun iOS. Blynk Aplikasi sebagai pendukung IoT dapat diunduh melalui google play. Blynk mendukung berbagai macam hardware yang dapat digunakan untuk projek Internet of Things. Blynk adalah dashborad digital dengan fasilitas antarmuka grafis dalam pembuatan projeknya. Penambahan komponen pada Blynk Apps dengan cara Drag and Drop sehingga memudahkan dalam penambahan komponen input/output tanpa perlu kemampuan pemrograman Android maupun iOS. Blynk diciptakan dengan tujuan untuk kontrol dan monitoring hardware secara jarak jauh menggunakan komunikasi data internet ataupun intranet (jaringan LAN). Kemampuan untuk menyimpan data dan menampilkan data secara visual baik menggunakan angka, warna ataupun grafis semakin memudahkan dalam pembuatan project dibidang Internet of Things.


BAB III

 METODE PENELITIAN

 

3.1    Alat dan Bahan


3.1.1   Alat

Laptop

Handphone

Ardiuno IDE

Aplikasi Blynk

Aplikasi Fritzing

WiFi/Router


3.1.2   Bahan

Node MCU                             Rp 42.000

Relay Module 4 Channel        Rp 28.000

Kabel microUSB                     Rp 8.000

Kabel                                       Rp 3.000

Fitting                                      Rp 5.000

Lampu                                     Rp 12.000

Steker                                      Rp 2.000

Total                                        Rp 117.000

 

3.2    Cara Kerja Sistem


Gambar diatas menjelaskan cara kerja kendali lampu menggunakan aplikasi blynk. Dimana setiap komponen memiliki peran yang saling berhungan dan mendukung untuk menciptakan koneksi satu sama lain.


Gambar diatas menjelaskan perancangan pada blok lampu yang meliputi beberapa komponen yaitu: Ardiuno, Relay Module 4 channel, dan Lampu LED.

 

3.3    Perancangan Ardiuno IDE

// Code yang akan diupload ke NodeMCU dengan ArduinoIDE

#define BLYNK_PRINT Serial

#include <ESP8266WiFi.h>

#include <BlynkSimpleEsp8266.h>

 

// Dapetin tokennya di email kamu

char auth[] = "xxxxx";

 

// id dan password internet kamu

char ssid[] = "Nama_ssid";

char pass[] = "password";

 

void setup(){

  Serial.begin(9600);

  Blynk.begin(auth, ssid, pass);

}

 

void loop(){

  Blynk.run();

}


3.4    Langkah-Langkah Perakitan

  1. Siapkan aplikasi blynk di handpone pastikan anda sudah mendaftar di apliaksi tersebut. Buat projek baru, pilih board NodeMcu kemudian setting sesuai projek yang ingin dibuat. 
  2. Rakit sketsa fritzing. Hubungkan Vcc relay dan Vcc NodeMCU begitupun dengan Gnd. Hubungkan in 1-4 ke in d0-d3 menggunakan kabel jumper.
  3. Buka source kode pada arduinoIDE.
  4. Upload pada NodeMcu.
  5. Sambungkan kabel pada NodeMcu ke relay, kemudian buka aplikasi blynk dan coba tekan button on.
  6. Jika sudah menyala dengan benar, sambungkan kabel beban (lampu) ke relay sesuai keinginan.
  7. Coba nyalakan lampu sesuai output relay ditempatkan, dengan aplikasi blynk di handphone. Jika berhasil (menyala) maka selesai.
  8. Lebih jelasnya bisa buka Link Youtube di halaman bagian atas.

BAB IV

 HASIL DAN PEMBAHASAN

Tahap selanjutnya dari penelitian ini uji fungsi yaitu pengujian pada kendali lampu dengan konsep IoT.

 

4.1    Uji Fungsi Lampu Off

Gambar diatas merupakan hasil dari perakitan sebuah kendali lampu menggunakan konsep IoT dengan aplikasi Blynk.

 

4.2    Uji Fungsi Lampu On

Gambar diatas merupakan hasil dari pengujian pada implementasi IoT pada kendali lampu menggunakna aplikasi Blynk. Lampu menyala setelah IoT kendali lampu tersebut dihubungkan ke  Aplikasi Blynk dan ditekan tombol on pada aplikasi.

 

BAB V

 PENUTUP

5.1    Kesimpulan

Dapat disimpulkan dari hasil pengujian dalam penelitian ini bahwa Internet of Things (IoT)  untuk mengendali lampu jarak jauh bisa lebih efisien. User harus mengunduh apikasi Blynk kemudian login menggunakan token yang tersedia. Perangkat pengendalian lampu menggunakan platform Blynk direkomend-asikan untuk user yang memiliki kecepatan internet sedang yang berarti kecepatan internet tidak rendah dan juga tidak tinggi dengan nilai minimal kecepatan interenet 5mbps namun hanya dapat dikendalikan dengan satu smartphone.

 

5.2    Saran

Agar sistem yang diterapkan pada kendali lampu bekerja sesuai fungsi tanpa ada kegagalan, diharapkan mengikuti langkah - langkah  dengan urut dan menjaga konektifitas jaringan internet supaya konsep IoT yang diterapkan pada kendali lampu tetap berjalan lancar.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Artiyasa Marina, Kusumah Ilman Himawan, Firmansyah Febi, Efendi Muhammad Arif, Iriyanto Muhammad. (2020). Studi Perbandingan Platform Internet of Things (IoT) untuk Smart Home Kontrol Lampu Menggunakan NodeMCU dengan Aplikasi Web Thingspeak dan Blynk. Jurnal Fidelitiy, (2)

 

LAMPIRAN






Tidak ada komentar:

Posting Komentar