Selasa, 12 Februari 2019

C O A C H I N G, Untuk siapa ?

Pernah dengar istilah NATO, ya... banyak orang mengartikan ini dengan kepanjangan dari No Action Talk Only. Namun ada lagi arti yang lain, yaitu No Action Training Only. Ini adalah sebutan bagi orang-orang yang sudah banyak mengikuti Training tapi belum juga melakukan Action sesuai dengan apa yang sudah di pelajarinya di banyak training. 

Yang lain adalah NASO, yaitu kepanjangan dari No Action Seminar Only. Sebutan ini disematkan bagi mereka yang seringkali mengikuti Seminar tapi belum sampai pada tahap Action juga, hanya sebatas menambah khasanah Knowledge saja, atau bahasa sederhananya hanya sampai pada tahap "I Know".


Nah istilah yang berikutnya adalah NAWO, ya betul ...anda sudah mulai menebak bahwa ini adalah kepanjangan dari No Action Workshop Only. Mereka ini adalah bahkan sudah banyak mengikuti workshop, karena workshop pada umumnya lebih mendalam dari seminar dan training, namun belum sampai pada tahap Action juga. Paling banter sampai pada tahap "I Want", entah kapan sampai pada tahap action atau tindakan nyata. 


Bagi mereka bangsa NATO, NASO, NAWO, dan NA..NA.. yang lainya, maka Coaching adalah bisa jadi satu solusi untuk bisa mengoptimalkan hasil training, seminar, wotkshop, dalam bentuk tindakan-tindakan yang nyata atau action. Karena salah satu output terbaik dari sebuah sesi Coaching adalah adanya Action Plan, hingga level komitmen. Hal ini berlaku juga untuk pribadi maupun organisasi. Dengan adanya action plan yang diwujudkan dalam tindakan nyata maka akan terjadi Change bahkan hingga Transformasi. Wooow 😀😎.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar