Rabu, 13 Februari 2019

BEGINI CARA SAYA MELUNASI HUTANG MILIARAN

MbahPong Pong ▶ ‎PENGUSAHA Anti RIBA

Co pas Status Kang Dewa


BEGINI CARA SAYA MELUNASI HUTANG MILIARAN!⁣⁣⁣⁣⁣

⁣⁣⁣⁣⁣

Saya udah sering banget sharing tentang cara bebas hutang di Youtube. Tapi, tetap aja masih banyak yang DM dan japri nanya tentang step by stepnya. ⁣⁣⁣⁣⁣

⁣⁣⁣⁣⁣

Oleh karenanya, melalui postingan ini, Saya coba rekap ya, detail rinciannya:⁣⁣⁣⁣⁣

1. Tulis ulang berapa persisnya nominal hutang yang Anda miliki saat ini?⁣⁣⁣⁣⁣

2. Siapa saja orang yang Anda hutangi, berapa jumlah tepatnya, dan bagaimana prioritasnya?⁣⁣⁣⁣⁣

3. Targetkan kapan Anda akan melunasi hutang-hutang tersebut?⁣⁣⁣⁣⁣

4. Alokasikan berapa cicilan bulanan Anda ke mereka?⁣⁣⁣⁣⁣

5. Targetkan berapa income bulanan yang mesti Anda dapat untuk bisa cicil tiap bulan?⁣⁣⁣⁣⁣

6. Dari mana saja sumber atau pipa penghasilan tersebut?⁣⁣⁣⁣⁣

7. Berapa kiranya potensi penghasilan dari masing-masing sumber atau pipa tersebut?⁣⁣⁣⁣⁣

8. Tuliskan apa saja yang bisa Anda hemat setiap bulannya?⁣⁣⁣⁣⁣

9. Hitung berapa pengeluaran Anda setiap bulan dan tekan semaksimal mungkin?⁣⁣⁣⁣⁣

10. Budgetkan berapa alokasi untuk infaq atau sedekah?⁣⁣⁣⁣⁣

⁣⁣⁣⁣⁣

Sepuluh langkah di atas, sudah Saya lakukan saat berjuang melunasi hutang kerugian Rp 7,7 miliar karena ditipu teman.⁣⁣⁣⁣⁣


Alhamdulillah, hutang kerugian tersebut sekarang udah lunas dalam 5 tahun. Izin Allah...⁣⁣⁣⁣⁣

⁣⁣⁣⁣⁣

Simpulan praktisnya:⁣⁣⁣⁣⁣

⁣⁣⁣⁣⁣

- Hiduplah sederhana⁣⁣⁣⁣⁣

- Tundalah kesenangan⁣⁣⁣⁣⁣

- Rajinlah jualan⁣⁣⁣⁣⁣

- Bangunlah bisnis⁣⁣⁣⁣⁣

- Aturlah pengeluaran⁣⁣⁣⁣⁣

- Banyakin penghasilan⁣⁣⁣⁣⁣

- Tingkatkan ibadah⁣⁣⁣⁣⁣

- Persering silaturrahmi⁣⁣⁣⁣⁣

- Perbanyak istighfar⁣⁣⁣⁣⁣

- Ikhtiyar maksimal⁣⁣⁣⁣⁣

⁣⁣⁣⁣⁣

Dan pastinya, mesti YAQIN (IMAN) dan DISIPLIN (ISTIQOMAH).⁣⁣⁣⁣⁣

⁣⁣⁣⁣⁣

Yuk coba. Praktikkan. Dan jangan lupa, perbaiki TAUHID, minta sama Allah, karena Allah Maha Kaya dan Mengayakan, Maha Segalanya. Semua bisa terjadi jika kita YAKIN. Kun Fa Yakun!! 🙏⁣⁣⁣⁣⁣

⁣⁣⁣⁣⁣

Semoga siapapun yang masih punya hutang, Allah mudahkan untuk segera melunasinya. Aamin.... ⁣⁣⁣⁣⁣ 

=====≈===================

Kisah Lainnya: 

-458: Bahasa pasarnya di lapangan adalah Dana Talangan untuk Offering Letter Bank

-458: *Saya sharing salah satu cara kita bantuin teman teman menyelesaikan masalah financial yang disebut : Financial Arranger Offering Letter*

-458: Kasusnya ini riil :

1. Ada teman di komunitas dia selama ini sopir truk yang sudah punya hutang KUR di usaha lainnya yaitu Isi Ulang Air nilai Kreditnya bukan KUR senilai 150jt dengan bunga 13% setahun. Dimana angsuran sebulannya 8jt/bulan masih sisa 3 tahun.

-458: 2. Biaya sewa sebulan kalau saya hitung sekitar 12jt sd 15jt/bulan. Angsuran dia 8jt sebulan jadi anggap  20jt sebulan.  Dan status BI Checkingnya masih aman Lancar.

-458: 2. Setelah konsultasi dengab saya hampir selama 2 bulan karena saya mengcoachnya wajib suami istri karena masalah uang ini ada 3 ilmu yang harus dia pahami :

1. Mendapatkan uang

2. Mengelola Uang

3. Menumbuhkan uang


dari hasil asessment saya :

1, Pendapatan dia, dari kegiatan dia nyetir truk dimana ordernya dari perusahaan logistik langsung ke dia  tapi dia gak punya truk jadi truknya sewa ke pemilik truk. Contoh trayek ke Jakarta Batam itu sewanya 7jt, Jakarta Palembang 5jt. Sebulan bisa minimal 3 kali trip.

-458: 3. Untuk kredit dia di Bank awal menggunakan agunan rumah tinggal dia senilai 600jt yanng dia udah gak punya agunan lagi cuma itu satu satunya

-458: 4, Saran saya :

1. Lunasin kredit 150jt yang bunganya 13% dengan angsuran 8jt/bulan

2. Top up kredit minimal 400jt jangka waktu 5tahun angsuran sekitar 8jt juga.

3. Uang 400jt - 150jt masih ada 250jt, buat beli truk yang biasa disewa 180jt, masih sisa 70jt buat biaya cadangan angsuran selama 6 bulan dan biaya tak terduga

-458: 5. Saya temanin ngamen kredit bank ke yang ngeluarin KUR dan alhamdulillah dapat akhirnya keluarlah offering letter persetujuan kredit KUR dengan plafon 400jt angsuran 60bulan besar angsuran 8jt/bulan.


Masalahnya datang?? Bagaimana cara melunasi kredit awal yang 150jt karena dia gak punya uang. Disitulah peran Financial Arranger diperlukan. Akhirnya saya sarankan coba cari financial arranger  di luaran jangan pakai jasa saya dulu. Setelah 10 hari keliling ternyata gak ada yang percaya mau memberikan pinjaman ke teman saya ini. Bahkan ketika dia nanya nanya rate margin Financial Arranger untuk pelunasan sampai kredit cair rata rata 8%

-458: 6. Hari ke 11 akhirnya beliau datang ke saya dan bilang saya nyerah mas, gak bisa dapatin dana talangan buat lunasin kredit. Saya minta tolong ke mas aja. Saya  ngikut aturan mas apu.


Kemudian saya asestment ulang di depan istri :

1. Hutang Awal 150jt angsuran 8jt, Sewa Truk 12jt maka total 20jt

2. Hutang Baru 400jt, angsuran 8jt tapi sewa truk ilang jadinya tiap bulan ada pendapatan baru sebesar 12jt.


Saya pesan ke mereka berdua :

Hutang ini bahaya kalau kalian tidak bisa manage dengan baik, saya gak mau bantuin kalau 2 atau tahun depan kalian kreditnya macet karena naiknya gaya hidup setelah dapat cashflow 12jt sebulan sebagai benefit.


Sekarang saya minta kalian sebutkan margin yang kalian ingin berikan atas kerjasama ini.


Mereka bilang ya udah mas saya kasih 3% atas uang mas sebesar 150jt atau 4.5jt.


Saya bilang saya maunya adalah begini akadnya.. Keuntungan kamu menjalankan bisnis truk setelah truknya pakai punya kamu sebesar 37.5% dibulan pertama adalah buat saya. Atau sekitar 4.5jt.


Jadi dari 60bulan saya cuma minta keuntungan kamu 37.5% di bulan 1, yang sisanya 59bulan full buat kamu sampai seterusnya.


Terus menurut kamu apakah kerjaan saya ini layak di bilang kerjaan Rentenir???

-458: Sekarang teman saya sudah happy dengan Truk Barunya tanpa sewa lagi


Bismillah, bangun aset usaha, tunda kesenangan saat ini. Inshaa Allah sukses tlah menanti.... Aamiin 


*Berawal dr 1 unit truk aset usaha


-458: Itulah salah satu profesi yang saya tekuni untuk membantu teman teman saya menyelesaikan masalah Financial nya… Dalam bisnis akan selalu urut masalah ini datang..


Marketing


Operation


Financial


Walaupun didiri saya bagi yang gak paham detail atas aktivitas ini akan menyebut saya rentenir.. Tapi saya biasa aja… Karena bantuin orang itu dalam bisnis ada 3 area itu… Sampai saat ini kalau ada orang yang datang hutang buat makan saya lebih seneng kasih sedekah daripada hutang. Karena buat makan, kalau buat bisnis ya pasti ada hitung hitungannya.

-458: Jadilah namanya profesi *Financial Arranger* salah satu profesi lagi yang saya tekuni dan terus akan latih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar