Kamis, 21 Februari 2019

Awalnya kok bisa Usaha gmn?


Sering dengar pertanyaan bagaimana caranya memulai usaha. Sesering kita dengar pertanyaan yg diajukan ke orang yg sudah punya usaha 'bagaimana dulu anda mengawalinya ?'.

Apa yg mendasarinya ?. Ide nya darimana ?. Koq bisa pilih itu ?. Apa alasannya ?.

Dari hasil ngobrol sesama pengusaha, inilah beberapa diantaranya.



1. Good Job

Pekerjaan sebelumnya. Rumusnya, seorang pengusaha yang sukses biasanya dulunya juga pegawai yang baik. Memahami pentingnya disiplin, semangat untuk terus belajar, perbaiki diri dan meningkatkan kinerja.

Dulunya kerja di perusahaan otomotif sebagai teknisi, sekarang buka bengkel laris (langganan saya nih). Ada yg sebelumnya di perusahaan AC trus buka usaha pasang-serpis AC. Atau pernah jadi chef trus buka restoran sendiri.

2. Learn to Earn

Pendidikan sebelumnya. Pentingnya untuk paham bahwa kuliah ga hanya untuk kejar IPK dan gelar sarjana. Tapi bener2 memahami keahlian dari jurusan yang diambil. Banyakin praktek, bentuk jaringan/networking yang akan terpakai kelak.

Lulus jurusan arsitektur buka jasa arsitek. Lulus kuliah hukum buka firma. Atau lulusan jurusan kimia, kerja trus resign dan ada teman buka usaha macem2 awalnya tapi ujungnya punya pabrik biji plastik yang pake keilmuan kimia.

3. Happy Hobby

Happinomic. Istilah untuk orang yg buka usaha dan itu sekaligus jadi hobi nya. Hobi yg tentunya selalu bikin happy tapi yang menghasilkan secara ekonomi.

Seorang teman buka cake shop karena hobi bikin kue. Ada temen yang buka toko jual beli dan servis laptop karena suka ngoprek. Yang lain suka sama sepakbola buka konveksi khusus jersey.

Tentu juga ada yg kombinasi diantara atau semua diatas. Udah hobby nganu, trus dulu kuliah jurusan nganu, pernah kerja di perusahaan yg sama dengan bidang nganu, eh buka usaha nganu juga. Nganu nya uenak tenan 😀

4. Family Tree

Ada juga diantara kita yg meneruskan usaha keluarga. Seperti seorang teman yg mewarisi usaha agen koran dari rintisan sang kakek. Atau teman lain yg melanjutkan usaha air isi ulang ayahnya. Jadi generasi kedua atau sudah ketiga.

Ada kekurangan dan kelebihan dalam menjalani. Seperti gak enaknya adanya keterikatan sistem, enaknya gak perlu bersusah payah merintis. Enjoy aja, be happy.

5. Gravity of Opportunity

Adanya peluang. Katanya sukses itu adalah ketemunya kesiapan dan kesempatan. Ditarik sama peluang. Klo kita nya udah siap, dateng dah tuh. Baik dicari atau dateng sendiri. Bisa jadi dalam bentuk tawaran orang lain atau 'kecelakaan'', business by accident. Biasa disebut kepepet.

Itu dia beberapa awalan mulai usaha berdasarkan cerita dari mentemen semuah. Bisa juga jadi acuan untuk yg belum punya usaha.

Yg sudah punya usaha bagaimana kisah awal usaha nya ?. Apakah termasuk kategori diatas ? 😀 kalo nggak berati masih bisa nambah lagi no. 6 dst


kita gak harus hebat untuk memulai, tapi kita harus berani memulai tuk menjadi hebat

Selamat... wah besok sudah senin lagi ya....tapi kok tanggalanku bendino merah kabeh.......hehe...

Salam....
Tukang sayur eeh.. gorengan keliling.
Fathoni keranda.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar