Minggu, 10 Mei 2020

Pengenalan Jaringan Komputer Ad Hoc (Wifi) dengan OS yang berbeda, IP Private, dan Transfer File

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1   Latar belakang

IP address adalah sebuah system pengalamatan dimana setiap host akan terkoneksi pada jaringan yang berbasis TCP/IP. IP address dapat di gambarkan sebagai alamat rumah. Maksudnya, Ketika terdapat sebuah datagram dikirim, maka informasi alamat (IP address) inilah yang akan dituju. IP Adress terbagi menjadi 2 versi yaitu IPv4 dan IPv6. Sebuah IP address versi 4 atau IPv4 terbentuk dari 32 binary bits. Dari 32 binary bits tersebut terbagi lagi menjadi 4 octet (1 octet = 8 bits). Nilai tiap oktet diatara 0 sampai 255 dalam format desimal, atau 00000000 - 11111111 dalam formal binary. Setiap octet dikonversi menjadi desimal dan dipisahkan oleh tanda titik (dot). Sehingga format akhir IP address biasanya berupa angka desimal yang dipisahkan dengan tanda titik, contohnya 172.16.254.1. 

Selain terdapat beberapa versi, IP address juga dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu IP public dan Ip private. Adapun kelas IP yang teridri dari 5 kelas, yaitu kelas IP A-E. Praktikum yang kelompok kami lakukan adalah menggunakan kelas IP B. Kelas B biasanya digunakan untuk jaringan skala menengah hingga skala besar. Dua bit pertama di dalam oktet pertama alamat IP kelas B biasanya berupa bilangan biner 10. 14 bit berikutnya merupakan network identifier. Sisa 16 bit merepresentasikan host identifier. Ip address kelas B memiliki 65,534 host. IP static adalah alamat IP yang ditetapkan secara manual ke suatu perangkat untuk jangka waktu yang lama. Percobaan ini akan digunakan bagaimana cara merangkai suatu jaringan komputer Ad Hoc, dengan windows dan Android. 

           

1.2     Rumusan Masalah

1.  Bagaimana cara merangkai suatu jaringan computer ad hoc dengan OS winsdows dan android?

2.     Bagaimana melakukan pergantian setting IP static dengan IP Kelas B?

1.3    Tujuan

Tujuan dari praktikum ini adalah agar mahasiswa mengetahui bagaimana cara merangkai suatu jaringan komputer ad hoc dengan OS windows dan android.

1.4    Pertanyaan

1.     Bisakah anggota komputer lainnya bergabung menggunakan DHCP?


BAB II

PEMBAHASAN

             2.1 Alat dan Bahan

                    ·         Laptop
                    ·         Smartphone ( OS Android )
                    ·         Aplikasi My FTP Server dan Ping Tools
                    ·         Jaringan internet wifi pada smartphone
            2.2  Langkah Kerja

           1.      Siapkan Smartphone OS Android.

2.      Pastikan wifi hotspot pada Smartphone yang digunakan untuk praktikum dapat disetting ad hoc.

3.      Sambungkan user ke server dengan cara > Klik Connect to Network > Pilih server smartphone yang hotspotnya sudah dinyalakan saat awal tadi > Klik connect dan masukkan password apabila terdapat password.

4.      Log in ke server lewat komputer

Cara :

·         Masuk ke myComputer

·         Klik Map Network drive

·         Klik connect a Web site that you can use to store your documents and pictures

·         Klik next lalu masukkan IP Adress Smartphone 192.168.43.1:2020 dan klik next lagi.

5.      Masukkan username dan password lalu klik log.

            2.3  Hasil Praktikum

1.   Connect wifi hotspot terlebih dahulu ( caranya klik setting/pengaturan pada smartphone Anda) , seperti pada gambar di bawah ini :


2.  Langkah selanjutnya adalah mengecek IP Addres, hasil dari Langkah ini adalah sebagai berikut. Dari hasil pengecekan yang kelompok kami lakukan didapatkan IP Addresnya adalah 192.168.43.20.


3.   Mengecek Ping. Trance server dan client Ping client. Hasil dari percobaannya dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

    Lalu akan mendapat ping server yang dibutuhkan. Dari hasil percobaan yang kelompok kami lakukan, ping server kelompok kami adalah 192.168.43.1. dapat dilihat pada gambar berikut ini. 

Trace client. Hasil dari kelompok kami seperti di bawah ini :

  Trace Server. Dari Langkah ini, akan diberikan beberapa informasi seperti yang terlihat pada gambar hasil percobaan kelompok kami.

4.   Untuk melakukan Langkah sekanjutnya, yaitu me-connect an FTP diperlukan beberapa cara. Dibawah ini akan terdapat Langkah-langkah yang harus dilakukan beserta hasil gambarnya.

·         Click Map Network Drive.

·   Masukkan IP FTP yang diperoleh dari wifi FTP Server. IP FTP yang diperoleh kelompok kami adalah fttp//192.168.43.1.2221.

·  Connect IP Addres yang sudah diperoleh dari Langkah sebelumnya yaitu 192.168.43.21 lalu klik next.

·         Lalu akan muncul file smartphone seperti gambar di bawah ini :

·   Pilih 3 file lalu copy ke laptop/PC kalian. Kelompok kami memilih file camera, Instagram, dan download.


·   Lalu akan muncul kecepatan transfer file pada layer laptop kalian seperti pada gambar di bawah ini. Pada proses yang kami lakuakan, kecepatan transfer adalah 1 menit 15 detik. 


BAB III

PENUTUP 

3.1    Menjawab Pertanyaan

                    Bisakah anggota komputer lainnya bergabung menggunakan DHCP?

 Ø  Jawab

   Bisa , karena DHCP digunakan agar komputer-komputer yang terdapat pada suatu jaringan komputer bisa mengambil konfigurasi (baik itu IP address, DNS address dan lain sebagainya) bagi mereka dari suatu server DHCP. Jadi tinggal masukkan ip addres dari koneksi hotspot tersebut.

3.2     Kesimpulan

Jadi kesimpulan dari praktikum 2 ini adalah kita bisa mentransfer file dengan OS berbeda menggunakan suatu jaringan (hotspot dan sebagainnya.) menggunakan IP dan FTP.


NAMA ANGGOTA KELOMPOK 1 MI 2019 A :

1. Moh. Ibnu Nadhir             (19051397020)
2. Andini Ramadhanti             (19051397029)
3. Muhammad Saiful Adim     (19051397009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar