Senin, 11 Mei 2020

Pengenalan jaringan komputer ad hoc (wifi) dng OS yg berbeda , IP Private dan transfer file

 

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

    Dalam Ad hoc network, setiap node bertugas dalam merouting data kepada node lain. Jadi penetuan node mana yang mengirimkan data dibuat secara dinamis berdasarkan konektivitas dan jaringan itu sendiri. Ad hoc network adalah desentralisasi dari jaringan wireless, disebut ad hoc network karena tidak bergantung pada infrastruktur yang sudah ada. Seperti router dalam jaringan kabel atau pun Access Point pada jaringan nirkabel. Sifat desentralisasi, protocol routing dinamis, dan mudah untuk diterapkan menjadi ‘Jaringan Ad hoc’ cocok untuk diimplementasikan disaat jaringan terpusat tidak dapat digunakan (Situasi darurat seperti bencana alam atau konflik militer).

 

1.2 Rumusan Masalah
    Melalui latar belakang diatas maka Rumusan Masalah yang dapat diambil yaitu: Bagaimana cara transfer file menggunakan jaringan computer adhoc (wifi) dengan OS yang berbeda, IP Private?


1.3 Tujuan

Agar dapat merangkai suatu jaringan komputer ad hoc, dengan OS windows dan android (harus 2 OS).

 

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Jaringan Adhoc

    Arti Ad Hoc sendiri adalah “hanya untuk suatu keperluan atau tujuan tertentu”. Sehingga bila tujuan telah tercapai maka jaringan ini dapat dihilangkan atau tidak digunakan lagi. Dalam pengertian lain, jaringan Ad Hoc adalah jaringan bersifat sementara tanpa bergantung pada infrastruktur yang ada yang bersifat independen.

    Jaringan Ad Hoc adalah jaringan wireless multihop yang terdiri dari kumpulan mobile node (mobile station) yang bersifat dinamik dan spontan, dapat diaplikasikan di mana pun tanpa menggunakan jaringan infrastruktur (seluler ataupun PSTN) yang telah ada. Contoh mobile node adalah notebook, PDA dan ponsel. Jaringan ad hoc disebut juga dengan spontaneous network atau disebut MANET (Mobile Ad hoc NETwork).


2.2 TCP/IP

    TCP merupakan singkatan dari Transmission Control Protocol, sedangkan IP adalah singkatan dari Internet Protocol. Kedua protokol dijadikan satu nama sebab fungsinya yang saling bekerja sama dalam komunikasi data. TCP/IP adalah perangkat lunak pada jaringan komputer (networking software) yang terdapat dalam sistem dan digunakan untuk komunikasi data dalam internet ataupun Local Area Network (LAN) yang terhubung ke internet. TCP/IP memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut:

  1. Dapat berdiri sendiri tanpa harus dipasang pada perangkat keras jaringan apapun yang memungkinkan protokol ini bisa bergabung dengan banyak jaringan komputer. TCP/IP dapat dijalankan secara virtual melalui berbagai media fisik transmisi data, saluran dial up, ataupun Ethernet.
  2. Dapat dijadikan alamat umum. Karakteristik ini membuat setiap perangkat yang memakai protokol ini mempunyai sebuah alamat unik dalam jaringan komputer global seperti internet maupun pada jaringan komputer lokal.
  3. Merupakan sebuah protokol standar yang gratis, terbuka, dan dikembangkan terpisah dari perangkat keras komputer. Berkat karakteristik tersebut, TCP/IP banyak didukung oleh vendor perangkat keras dan menyatukan perangkat keras dan perangkat lunak dari berbagai macam merk. Penggunanya pun bisa memakai perangkat keras dan perangkat lunak yang berlainan untuk bisa berkomunikasi data antar komputer melalui internet.

 

BAB III
METODE PENELITIAN

3.1 Alat dan bahan

1.      Laptop

2.      Smartphone (OS Android)

3.      Aplikasi My FTP Server dan Ping Tools

4.      Jaringan Internet wifi pada Smartphone

 

3.2 Prosedur/Langkah Kerja :

1.      Siapkan Smartphone OS Android

2.      Wifi hotspot Smartphone tersebut bisa disetting ad hoc

3.      Cara menyambungkan user ke server

Klik Connect to network à Pilih server Smartphone yang Hotspotnya sudah dinyalakan tadi à Lalu klik connect dan masukkan password apabila ada password

4.      Log in ke server lewat komputer

Masuk ke myComputer à klik Map network drive à klik Connect a Web site that you can use to store your documents and pictures à Klik Next

Masukkan IP Address Smartphone 192.168.43.1.9090 à Klik Next à Masukkan username dan password à lalu klik log on.

 

BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1 Hasil:

1.      Buat Gambar Rangkaian yang anda kerjakan, gambar dengan baik dan jelas menggunakan program komputer (bebas)

Jawab:



2.      OS yang manakah servernya? Dan Berapa IP-nya?

Jawab: OS yang menjadi server adalah Android dengan alamat IP 192.168.43.1

 

3.      Test ICMP ke server dan semua client. (Download software yang untuk Android dan capture hasilnya)

Jawab:

         Client                                   Server

  


 4.      Browse network lawan untuk mengetahui file2-nya. (bisa menggunakan FTP (pilihan) dan capture hasilnya)

Jawab:



5.      Coba copy file antar computer, hitung kecepatan transfer rata2, (gunakan 3 file besar yang berbeda).

     Jawab:





4.2 Pertanyaan

            Bisakah anggota computer lainnya bergabung menggunakan DHCP?

Jawab:
Bisa, asalkan client- client DHCP identik dan memiliki alokasi yang sama dalam jaringan tersebut

 

BAB V
PENUTUP

 

5.1 Kesimpulan:

            Kesimpulan dari praktikum diatas adalah kita bisa memindahkan file dari 2 OS yang berbeda tanpa menggunakan kabel wireless tetapi menggunakan ip private dari server dan client. Kita juga bisa menambah client lebih dari satu dengan syarat client lain harus mengetahui alamat ip server.


NAMA ANGGOTA KELOMPOK 2 MI 2019 A:

1. Alvira Rhiza Ridwani                     (007)

2. Gusti Gagas Samudra                  (022)

3.  Fina Maulidiyah Nabila                 (034)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar