Minggu, 10 Mei 2020

Praktikum III (Pengenalan Jaringan Komputer Ad Hoc Menggunakan Protokol Selain TCP/IP)

 


BAB 1

 PENDAHULUAN





A.) Latar belakang masalah 📄


    Pada dasarnya, jaringan ad hoc adalah koneksi jaringan sementara yang dibuat untuk tujuan tertentu (seperti mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain).  Ad hoc termasuk ke dalam satu dari sekian banyak jenis WLAN (Wireless  Local Area Network) yang berisi sekumpulan node agar bisa berkomunikasi atau berbagi antara satu dengan yang lain.

    Node dalam ad hoc ini bersifat dinamis. Node ini mudah berubah juga multifungsi, di antaranya sebagai penerima dan pengirim informasi atau data, penunjang node lain, serta sebagai pendukung jaringan. Dengan menggunakan Ad Hoc, maka tidak perlu lagi menggunakan node perantara contohnya access point.

   Bluetooth, dalam beberapa tahun terakhir sudah bukan barang asing lagi.Alat ini banyak ditanam dalam berbagai perangkat elektronik seperti ponsel dankomputer.Fungsi utamanya, menggantikan kabel-kabel yang berantakan, sehingga terkesan bersih dan praktis.Maraknya penggunaan Bluetooth bukanlah tanpa alasan.Piranti ini diyakini merupakan alat yang dapat diandalkan dalam pertukaran data antar perangkat,misalnya dari ponsel ke ponsel atau dari ponsel ke komputer. 

    Selain handal, piranti ini dibuat universal, artinya dapat berkomunikasi dengan alat apa saja yang mengandalkan Bluetooth sebagai gerbang komunikasinya.Kebanyakan dari masyarakat yang menggunakan perangkat bluetooth ini tidak mengerti, prinsip apa yang digunakan alat ini sehingga dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.


    Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini dari kelompok kami memilih Praktikum III untuk melakukan tes pada smartphone dalam mengirim file, dengan menggunakan apklikasi Es file explorer juga nanti sesuai apa yang tertera pada Praktikum III ini.


B.) Dasar Teori 📑


  • ES File Explorer
    ES File Explorer adalah alat yang bagus untuk mengelola berkas dan program. Hadir dengan berbagai fitur tambahan seperti alat untuk menghentikan aplikasi yang sedang berjalan, penyimpanan awan langsung (via Dropbox, Google Drive, atau Skydrive, dan sebuah klien FTP sehingga Anda bisa menggunakannya baik pada ponsel maupun PC.

    Program ini memungkinkan pengguna Android untuk mengelola berkas mereka dengan mudah, kemungkinan untuk mengakses apa pun pada ponsel mereka dan kemudian membaginya, jika diinginkan. Mengunggah foto, menonton film, dan mengelola koneksi 3G sekarang menjadi lebih mudah.

  • Bluetooth 
Bluetooth adalah suatu peralatan media komunikasi yang dapat digunakan untuk menghubungkan sebuah perangkat komunikasi dengan perangkat komunikasi lainnya, bluetooth umumnya digunakan di handphone, komputer atau pc, tablet, dan lain-lain. Fungsi bluetooth yaitu untuk mempermudah berbagi atau sharing file, audio, menggantikan penggunaan kabel dan lain-lain. Saat ini sudah banyak sekali perangkat yang menggunakan bluetooth.

Atau definisi bluetooth yang lainnya adalah sebuah teknologi komunikasi wireless atau tanpa kabel yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz (antara 2.402 GHz s/d 2.480 GHz) dengan menggunakan sebuah frequency hopping tranceiver yang mapu menyediakan layanan komunikasi data dan juga suara secara real-time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas.

  • Jenis Ad-Hoc
    • Mobile ad hoc network (MANET)
                    Sesuai namanya, jaringan MANET merupakan  jaringan ad hoc perangkat seluler atau
                    bersifat mobile. MANET bisa bergerak dengan bebas pada jaringan yang tidak terkait.
    • Vehicular Ad Hoc Network (VANET)
          Digunakan untuk komunikasi antar kendaraan. InVANETs  (kendaraaan jaringan cerdas                      Adhoc) merupakan jaringan yang  menggunakan kecerdasan buatan dan teknologi ad hoc                      untuk berkomukasi antar kendaraan dengan sopan dan pintar, khususnya ketika sedang                          terjadi kecelakaan.
    • Smartphone ad hoc network (SPAN)
                    Jaringan ad hoc nirkabel dibuat pada smartphone dengan memanfaatkan teknologi yang                                    ada seperti Wi-Fi dan Bluetooth. SPAN ini tidak memiliki ketergantungan dengan jaringan                                seluler operator maupun infrastruktur jaringan tradisional.
    • Jaringan mesh nirkabel
                    Jaringan mesh adalah jaringan ad hoc di mana berbagai node saling berkomunikasi secara                                langsung untuk menyampaikan informasi ke seluruh jaringan.
    • Tectical MANET (Jaringan Military)
                    Jaringan ini digunakan oleh unit militer untuk komunikasi dan meningkatkan keamanan.                                    Dalam militer, pemanfaatan integrasi jaringan sebelumnya digunakan untuk penekanan                                    keamanan.
    • Jaringan sensor nirkabel
                    Sensor nirkabel yang mengumpulkan segala sesuatu mulai dari pembacaan suhu dan                                            tekanan hingga tingkat kebisingan dan kelembaban. Selain itu, ia juga membentuk jaringan                                ad hoc untuk mengirimkan informasi ke basis rumah tanpa harus terhubung langsung ke sana.
    • Jaringan ad hoc penyelamatan bencana (DRAN: Disaster Rescue Ad Hoc Network)
                    Jaringan ad hoc ini penting ketika terjadi bencana dan perangkat keras komunikasi yang                                    digunakan tidak berfungsi dengan baik.

Nah pada kali ini kita akan Menggunakan salah satu Jenis Ad-Hoc yaitu SPAN (Smartphone ad hoc network), Karena bisa di ketahui juga pada smartphone juga terdapat Bluetooth yang tnantinya di gunakan untuk melakukan transfer file dengan perantara melalui aplikasi ES File Explorer.


BAB II

METEDOLOGI PENELITIAN




B.) Alat dan Bahan 💼
  • Smartphone 2 buah dalam satu kelompok
  • Stopwatch atau hp 1 buah

C.) Tujuan 📊
  1. Mengenal jaringan komputer selain TCP/IP
  2. Dapat melakukan transfer file antar smartphone
  3. Melakukan file sharing dan mengetahui kecepatan trabsfer datanya, serta mengetahui lamanya melakukan transfer data
  4. Mengetahui bisakah prosedur routing di terapkan pada protokol ini
D.) Langkah kerja 📝

  1. Download aplikasi ES File Explorer di playstore pada kedua smartphone.
  2. Buka aplikasi ES File Explorer. Klik pojok kiri atas, pilih network pilih bluetooth
  3. Sambungkan dengan bluetooth lawan yang tersedia, misalkan bluetoth atas nama"Redmi"
  4. Kemudian klik "Redmi" maka file lawan akan terlihat.
  5. Ambil file lawan yang anda butuhkan.

E.) Topologi 💻


   Topologi jaringan Bluetooth yang terkecil dinamakan piconet di mana hanya ada sebuah peralatan yang berperan sebagai master (server), sedangkan yang lain berfungsi sebagai slave (client). Sedangkan kumpulan beberapa piconet akan membentuk jaringan yang lebih besar, yang dinamakan scatternet. untuk HP 1 kita buat sebagai server dan pada HP 2 kita buat sebagai client.
 
Gambar 0.Topologi





Praktikum


  • Untuk yang pertama kita download terlebih dahulu aplikasi ES File explorernya, untuk downloadnya disini kami mendownload dari pencarian Google bukan dari Google Playstore,untuk ukuran filenya sendiri sekitar 6 MB, lebih jelasnya pada gambar berikut:

Gambar  1.File download 




Gambar 2.Ukuran file



  • Setelah aplikasi selesai di download, saatnya untuk menginstal aplikasi tersebut, caranya klik ES File explorer → klik install/pasang → Tunggu beberapa saat sampai file berhasil di install → setelah itu kita buka aplikasi tersebut.

Gambar 3.Install


 
Gambar 4.Proses install




Gambar 5.Buka file ES



  • Setelah masuk pada aplikasi ES File explorer kita lihat pada pojok kiri atas terdapat tiga garis dimana itu adalah suatu navigasi untuk memilih menu yang lain. untuk masuk pada bagian bluetooth caranya yaitu klik navigasi pada pojok kiri atas → klik menu bluetooth → setelah itu akan ada pilihan untuk mengaktifkan bluetooth, lalu pilih "Ya"



Gambar 6.Pilih navigasi




Gambar 7.Pilih bluetooth



Gambar 8.Pilih Ya



  • Setelah itu akan muncul bebrapa perangkat yang sudah menghidupkan Bluetooth pada smartphonenya, tetapi jika belum ada, maka bisa dengan menekan tombol untuk menscan perangkat Bluetooth terdekat dari device kita, contohnya seperti gambar berikut:



Gambar 9.Mencari device terdekat

 

  • Tetapi jika sudah terdeteksi, maka kita bisa langsung melakukan penyandingan Bluetooth dengan cara menekan device mana yang ingin kita ambil filenya, contohnya disini yaitu dengan nama "Redmi", lebih jelasnya pada gambar berikut:


Gambar 10.Device terdeteksi




Gambar 11.Masuk bluetooth

                Jika dilihat pada kotak yang berwarna merah, terlihat kita sudah masuk pada perangkat                                    "Redmi" tersebut





BAB III

HASIL




  • selanjutnya , saatnya kita mengambil file tersebut yang kita ingin simpan dari perangkat lawan. caranya yaitu masuk ke folder yang ingin kita kirim file tersebut, lalu jika sudah ketemu filenya, saatnya untuk transfer file tersebut.
  • untuk cara mengirim filenya yaitu "Tahan file yang ingin dikirim → lalu pilih "Salin ke" → selanjutnaya tinggal pilih folder mana yang ingin kita kehendaki untuk menyimpan file tersebut",contohnya bisa dilihat pada gambar berikut:

Gambar 12.Menyalin file


Gambar 13.Memilih folder


  • untuk file nya juga sudah di siapkan 3 file dengan ukuran yang berbeda. Untuk file yang pertama dengan ukuran 1,26 MB dengan type file .mp4 📹 mendapatkan waktu sekiatr 13 detik


Gambar 14.Transfer 1




Gambar 15.Waktu 1




  • Untuk file yang kedua dengan ukuran 4,53 MB dengan type file .mp4 📹 mendapatkan waktu sekiatr 51 detik


Gambar 16.Transfer 2



Gambar 17.Waktu 2



  • Untuk file yang ketiga dengan ukuran 8,52 MB dengan type file .mp4 📹 mendapatkan waktu sekiatr 1 menit 30 detik

Gambar 18.Transfer 3



Gambar 19.Waktu 3



BAB IV

PENUTUP


    • Pertanyaan ❔ 

Bisakah prosedur routing diterapkan pada protocol ini?

    bisa, karena pada adhoc di butuhkan proses transfer yang bersifat dinamis. Sebuah protokol routing untuk jaringan wireless ad hoc sangat diperlukan pada proses komunikasi antara beberapa node, untuk mengirimkan paket data melalui satu atau beberapa node menuju alamat tujuan dimana topologi jaringan selalu berubah.

    pengiriman  Dynamic routing menggunakan suatu protokol routing. Protokol tersebut akan menentukan jalur - jalur yang akan dilewati paket, membuat tabel routing serta mengubah tabel routing apabila terjadi perubahan pada jaringan.Pada dynamic routing, terdapat update tabel routing yang dilakukan secara periodik. Fungsi dari update tabel routing ini adalah, agar setiap router yang terhubung dapat mengenali jalur - jalur yang digunakan oleh router pengirim. 

  • Kesimpulan 📜
    Bisa di simpulkan bahwa pada Praktikum kali ini, kita dapat belajar cara mengirim file dengan cara selain TCP/IP tetapi dengan Bluetooth, serta banyak juga fitur dari bluetooth selain untuk mentransferkan sebuah data. Teknologi bluetooth memiliki fitur-fitur utama ketangguhan (robustness), kebutuhan daya yang kecil (low power consumption) dan biaya yang murah. Perangkat Bluetooth menghindari interferensi dengan sistem lainnya dengan cara mengirimkan sinyal yang sangat lemah, berkisar 1 milliwatt.

    Bluetooth memberikan kesepakatan koneksi pada tingkat protokol, di mana perangkat harus setuju/sesuai pada kapan data dikirim, berapa banyak data yang dikirimkan pada satu waktu, dan bagaimana kedua belah pihak dalam koneksi dapat yakin bahwa data yang diterima sama persis dengan data yang dikirim.Bluetooth memiliki kecepatan transfer maksimum 1 Mbps, sementara Bluetooth 2.0 dapat mengelola hingga 3 Mbps.


Mata Kuliah                : Jaringan Komputer

Dosen Pengampu       : Aditya Prapanca, S.T., M.Kom.

Di susun oleh              RIFQA A. ALIYYA SALSABILA (19051397042)

                                          VIKA FANDILA CAHYANI (19051397062)

                                          MUHAMMAD ALIF HIDAYATULLAH (19051397065)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar