Minggu, 10 Mei 2020


Pengenalan Jaringan Komputer Ad-Hoc (Wifi) Menggunakan Protokol Selain TCP/IP

 

Bab I
Pendahuluan

1.1    Latar Belakang

Pada saat ini perkembangan teknologi dari tahun ke tahun semakin pesat. Terutaman perkembangan teknologi sebuah alat komunikasi yang disebut “Smartphone.“ Untuk pengiriman file pun mengalami banyak perkembangan. Mulai dari mengirim file menggunakan inframerah, Bluethooth,hingga saat ini diciptakan sebuah aplikasi di sebuah Os Android pengiriman data yang efisien dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

 

1.2    Alat dan Bahan

        1. Smartphone Android dalam satu kelompok ( 2 buah )

        2. Stopwatch atau hp ( 1 buah )

 

1.3    Tujuan

        1. Mengenal jaringan komputer selain TCP/IP.

        2. Dapat melakukan transfer file antar smartphone.

        3. Melakukan file sharing dan mengetahui kecepatan transfer datanya, serta mengetahui         lamanya melakukan transfer data.

        4. Menegetahui Bisakah prosedur routing diterapkan pada protokol ini.

 

Bab II
Pembahasan

2.1   Landasan Teori

a.  Jaringan Ad-Hoc

    Jaringan Ad Hoc adalah salah satu jenis jaringan komputer berbasis wireless yang menghubungkan dua atau lebih perangkat untuk bisa saling berkomunikasi. Namun pada prakteknya, jaringan Ad Hoc sering dipakai untuk menghubungkan 2 perangkat seperti laptop untuk memindahkan data. Jaringan Ad Hoc terdiri dari sekumpulan node-node yang terhubung satu sama lain secara langsung tanpa melibatkan perantara seperti access pointNode-node pada jaringan Ad Hoc memiliki sifat dinamis. Oleh sebab itu jaringan Ad Hoc tidak hanya mampu mengirim dan menerima informasi saja, namun sekaligus dapat mendukung jaringan tersebut untuk dimanfaatkan sebagai router.

b.   Smartphone

    Smartphone adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan arti Smartphone. Bagi beberapa orang, smartphone merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Bagi yang lainnya, Smartphone hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat penyambung VGA. Dengan kata lain, Smartphone merupakan komputer kecil yang mempunyai kemampuan sebuah telepon.

c.   Android

    Pertanyaan yang paling dasar tapi sangat penting, apa sih sebenarnya Android itu? Untuk menjawab itu, sekarang coba Anda bayangkan tubuh Anda adalah sebuah ponsel atau tablet. Kepala, tangan, badan, kaki dan semua organ fisik yang dapat diraba adalah bagian-bagian dari ponsel.

Tubuh Anda bisa bergerak, berlari, berpikir, makan dan tidur karena adanya nyawa yang kita semua pahami tidak dapat disentuh, ia tidak berwujud tapi menghidupkan tubuh Anda.

Nah, Android dapat kita analogikan dengan cara yang sama, dimana ia berperan sebagai nyawa. Dalam hal ini, Android merupakan sistem operasi berupa piranti lunak yang tidak berwujud, ia berupa deretan kode program berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler seperti yang banyak kita temukan sekarang ini. Tanpa Android, maka ponsel sehebat apapun tidak akan dapat berfungsi. Sama seperti tubuh, segagah apapun fisiknya jika tidak bernyawa ia tidak dapat bergerak dan beraktivitas.

 

2.2 Langkah Kerja

1.      Download aplikasi ES File Explorer di playstore pada kedua smartphone.

gambar 1. 2 buah smartphone


2.  Buka aplikasi ES File Explorer. Klik pojok kiri atas, pilih network  pilih bluetooth

gambar 2. buka aplikasi es explorer

gambar 3. pilih jaringan

gambar 4. pilih bluetooth



3. Sambungkan dengan bluetooth lawan yang tersedia, misalkan bluetooth atas nama "Redmi      Note 4"

4. kemudian klik "Redmi Note 4" maka file lawan akan terlihat


gambar 5. buka file lawan

5. Ambil file lawan yang anda butuhkan
gambar 6. pilih file lawan yang akan ditransfer


2.3 Melakukan kembali dengan aplikasi yang berbeda

Ulangi langkah kerja diatas menggunakan fasilitas protokol selain yang telah digunakan pada ES  File Explorer atau gunakan program lainnya. Kemudian lakukan beberapa hal berikut ini:

1. Ilustrasi gambar

gambar 7. hubungan antar smartphone

1.  2. OS yang manakah servernya? Dan bagaimanakah protokol-nya?

OS yang berperan sebagai server adalah Smartphone A berbasis Android 10.0 dan yang berperan sebagai protocol adalah Smartphone berbasis Android 6.0


3. Browse network lawan untuk mengetahui file2-nya

gambar 8. browse network lawan

gambar 9. isi file lawan

gambar 10. isi file lawan


4. Coba copy file antar komputer, hitung kecepatan transfer rata-rata.

a.    File 1 = Tipe File : JPEG ; Besar File : 1,25 MB ; Waktu Transfer : 01:10 detik ; Kecepatan Rata-Rata Transfer File : 33,33 kB/s

gambar 11. transfer file 1

b. File 2 = Tipe File : Mp3 ; Besar File : 12,05 MB ; Waktu Transfer : 04:11 deti KecepatanRata-Rata File Transfer File : 41,11 kB/s\

gambar 12. transfer file 2

c.  File 3 = Tipe File : MKV ; Besar File : 75,39 MB ; Waktu Transfer : 28:55 detik ; Kecepatan Rata-        Rata Transfer File : 44,07 kB/s.

gambar 13. transfer file 3


Bab III
Penutup

3.1 Kesimpulan

Pengiriman berkas yang menggunakan jaringan ad-hoc memiliki kecepatan pengiriman berkas yang cukup cepat dan mengurangi menunggu lamanya prosesnya pemindahan data. Di era saat ini, pengiriman berkas secara cepat agar tidak membuang waktu akan semakin cepat berkembang teknologi-teknologi selanjutnya yang memudahkan manusia dalam melakukan suatu perkerjaan.

 

 

Mata Kuliah Jaringan Komputer yang disusun oleh :

Muhammad Alfin N.K           (19051397046)

Muhammad Baihaqqi P.P       (19051397048)

Dila Roselawati                      (19051397063)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar