Sabtu, 12 Mei 2018

Routing


Tujuan
Untuk menghubungkan dan meneruskan data antara dua atau lebih jaringan satu dengan jaringan lainnya. Saat ini router lebih dikenal sebagai alat untuk menghubungkan jaringan yang dipasang baik di perumahan, kantor, warnet, atau instansi lainnya untuk menghubungkan dengan internet. Router umumnya memiliki kemampuan untuk memblokir broadcast storm yang dapat memperlambat kinerja jaringan. 
Alat & Bahan :
1. Dua komputer dengan sistem operasi Windows 10
2. 1 buah Router
3. Kabel LAN
Tutorial :
1.      Hubungkan computer yang menjadi host dengan router menggunakan kabel lan
2.      Buka Xampp terlebih dahulu pada komputer host

3.      Buka browser kemudian ketik alamat url dengan ip 192.168.1.1 untuk masuk ke halaman router. Kemudian apabila disuruh memasukan username dan password maka masukkan username dan password router, defaultnya username : admin, password : admin

4.      Kemudian tampilan akan menjadi seperti gambar dibawah ini

5.      Kemudian masuk ke pengaturan wan yaitu klik Basic Settings > Network > Wan, kemudian tampilan akan berubah. Lalu sesuaikan dengan gambar berikut. Lalu Klik save.

6.      Masuk Control komputer yang sama

7.      Pilih Network and Internet

8.      Kemudian pilih Network and Sharing Center, dan pilih Change adapter setting

9.      Kemudian pilih Ethernet

10.  Klik kanan pada Ethernet dan pilih properties kemudian masuk ke IPv4

11.  Setting IPv4 seperti pada gambar

12.  Setelah itu klik OK dan tunggu hingga Ethernet merestart 
Pengujian
1.      Masuk ke computer client dan search ip yang kita buat, Routing dikatakan berhasil bila laptop client mengakses web server telah dibuat oleh laptop server. Misal saya akses 14.2.28.2/hover/public

Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa routing adalah proses pengiriman data maupun informasi dengan meneruskan data antara dua atau lebih jaringan satu dengan jaringan lainnya. Fungsi routing adalah membawa data melewati sekumpulan jaringan dengan cara memilih jalur yang dibentuk untuk dilewati data.
Konsep dasar routing adalah router meneruskan paket-paket IP berdasarkan pada IP address tujuan yang ada dalam header IP paket. Lalu router mencocokan IP addres tujuan dengan routing table dengan harapan menemukan kecocokan entri, suatu entri yang menyatakan kepada router ke mana paket selanjutnya diteruskan.


Nama Kelompok :
   Ananda Adhe Suqma    (16051204002) 
   Ellsa Wahyu Candra P  (16051204005) 
   Winda Ramadhanty P   (16051204014)
   Hanif Aafnani Lutfiah    (16051204019)
   Romadlon Rahmatulloh (16051204028)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar