Rabu, 02 Mei 2018

ROUTING


·         Tujuan :

Membangun jaringan antar komputer dengan komputer bertujuan untuk membagi atau mendistribusikan IP address, baik itu secara statis ataupun DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol) kepada semua komputer yang terhubung ke router tersebut. Dengan adanya IP address yang unik yang dibagikan router tersebut kepada setiap komputer dapat memungkinan setiap komputer untuk saling terhubung serta melakukan komunikasi, baik itu pada LAN atau internet.

·         Alat dan Bahan:
1.      1 buah Laptop yang terpasang Windows 7 Ultimate 64 bit sebagai server
2.      1 buah Laptop sebagai Client
3.      Router Mikrotik RB750
4.      Router TP-LINK F50690

·         Tutorial :
a.      Konfigurasi TP-LINK F50690
1.      Tancapkan kabel power router ke stop kontak agar router dapat menyala.
2.      Reset TP-LINK dengan cara menekan tombol reset pada router agar raouter kembali ke settingan awal.
3.      Buka browser laptop, misal chrome. Kemudian masuk di 192.168.1.1.

4.      Masukan user dan password

5.      Ubah IP address sesuai keinginan. Dengan cara Klik Network >> pilih LAN >> Edit IP, contoh 192.16.1.2 dengan subnet mask 255.255.255.0. Jika sudah maka klik save dan lakukan reboot.

6.      Apabila reboot telah selesai maka akan terdapat notiifikasi seperti gambar berikut :

7.      Selanjutnya masuk kembali ke raouter dengan menuliskan IP yang telah kita ubah pada url

8.      Ubah nama wifi dengan cara Klik Wireless >> pilih Wireless Setting >> Ubah nama pada SSID

9.      Tambahkan password dengan cara ceklis Enable Wireless Security >> Security Type : WPA-PSK / WPA2-PSK >> PSK Passphrase :qwerty123(password wifi) >> Klik save

10.  Kemudian setting DHCP untuk client router dengan cara klik DHCP >> DHCP Setting dan ubah sesuai gambar dibawah. Start IP dan End IP digunakan untuk range IP Address yang akan diterima client.


b.      Konfigurasi Router Mikrotik RB750
1.      Tancapkan kabel power router ke stop kontak agar router dapat menyala.
2.      Reset router dengan cara menekan tombol reset pada router agar router kembali ke settingan awal.
3.      Buka software winbox untuk konfigurasi router mikrotik
4.      Masuk ke dalam router melalui winbox dengan login

5.      Apabila berhasil masuk akan muncul tampilan seperti gambar berikut. Kemudian klik Remove Konfigurasi.

6.      Pilih interface untuk mengubah nama ethernet. Klik ether >> General >> Nama:Server (sesuai keinginan) >> klik apply >> OK .



7.      Ubah IP tiap ethernet dengan cara klik IP >> Address. Maka akan muncul kotak dialog seperti pada gambar. Klik + >> isikan address, network, dan interface >> Klik apply >> OK.


8.      Konfigurasi Firewall dengan cara klik IP >> Firewall. Maka akan muncul kotak dialog seperti pada gambar. Klik NAT >> pilih tanda + >> General >> isi sesuai gambar dibawah :



9.      Buka control panel >> Network and Internet >> Network and Sharing Center >> Local Area Status >>  Pilih Properties >> Networking >> IPV4 >> ubah alamat IP sesuai gambar dibawah :

10.  Uji coba apakah konfigurasi sudah berjalan atau belum dengan cara buka cmd dan kemudian ping alamat ip yang terhubung


11.  Buka Xampp untuk menampilkan webserver. Start Apache dan MySQL.

12.  Pindahkan web yang sudah dibuat ke lokasi terinstalnya xampp atau C:\xampp\htdocs.

13.  Untuk memastikan webserver sudah berfungsi, maka buka browser dan ketikan localhost.


·         Pengujian :
1.      Hubungkan client dengan mengkoneksikan dengan wifi yang telah dibuat. Maka client akan mendapatkan IP secara otomatis.

2.      Untuk melihat hasil web server, maka client dapat membuka browser dan mengetik localhost. Dan akan menampilkan sesuai webserver yang telah disetting oleh server.


·         Kesimpulan :
PC hanya dapat berkomunikasi dengan PC lain yang berada dalam satu network dengan dirinya. Untuk koneksi antar PC network dibutuhkan hardware bermnama router sebagai media konektor  antar network-nya. Untuk dapat melakukan koneksi PC antar  network perlu adanya proses routing agar network yang berbeda dapat berhubungan. Routing adalah proses dimana suatu router mem-forward paket ke jaringan yang dituju.Untuk dapat terkoneksi ke internet/jaringan lain kita perlu membuat sebuah routing tabel pada router agar router kita dapat mengenali jaringan lain yang akan kita tuju tersebut. Agar PC dapat menerima data balik dari jaringan yang kita tuju, kita perlu membuatkan jalur untuk pengiriman data balik menuju PC kita. Dalam membuat jalur pengiriman data balik dari internet menuju PC dibutuhkan NAT. Fungsi NAT adalah menerjemahkan alamat IP Private yang berada dalam suatu jaringan local, sehingga dapat dikenali sebagai IP Public di internet.

ANGGOTA KELOMPOK :
1.      Nur Lujeng Kinanti     (16051204001)
2.      Mazidhatul Ilmiyah     (16051204011)
3.      Ahmad Haqi Annazili (16051204032)
4.      M. Rafi Buldan Azizi (16051204034)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar