Sabtu, 12 Mei 2018

Membangun Remote Desktop Pada Ubuntu 12.04.5 LTS Dan Diakses Pada Windows 10


       Tujuan
  • Mengetahui prosedur remote desktop pada sistem operasi.
  • Memanipulasi data suatu PC dengan mudah
  • Dapat berbagi file melalui sharing data

      Alat & Bahan
             1. 1 Komputer yang sudah terinstall Virtual Box
             2. Virtual Box yang sudah berisi instalan Windows 10 dan Ubuntu 12.04.5 LTS
             3. Tight VNC yang di install pada Ubuntu
      Tutorial
1.      Pertama menjalankan OS Ubuntu 12.04.5 LTS terlebih dahulu. Lalu masuk ke user anda. Kemudian buka Desktop Sharing Preferences. Ubah pengaturan menjadi seperti gambar dibawah ini.

Pada bagian security > Require the user to enter this password, isikan password yang akan digunakan untuk meremote Ubuntu. Jika selesai klik close.
2.      Kemudian Masuk ke terminal ubuntu. Masuk sebagai user root. Dengan perintah “sudo –i” lalu klik enter, kemudian masukkan password root Ubuntu. Kemudian enter.

3.      Kemudian install program tightvncserver pada Ubtuntu, dengan mengetikan perintah “apt-get install tightvncserver” pada terminal lalu tekan enter. Lalu tunggu proses instalasi selesai.

4.      Jika sudah terinstal , kemudian akan mengkonfigurasikan jaringan pada Ubuntu agar bisa tersambung pada Windows 10. Dengan mengetikan perintah “nano /etc/network/interfaces” lalu tekan enter, ubah konfigurasi menjadi seperti gambar dibawah ini.

Jika sudah tekan ctrl-x lalu tekan y lalu tekan enter untuk menyimpan konfigurasi.
5.      Kemudian kita jalankan vnc server pada Ubuntu dengan menggunakan perintah “vncserver –geometry 1024x720 :1” lalu tekan enter, apabla dimintai password maka masukka password sama seperti password pada konfigurasi langkah ke 1.


            Pengujian
1.      Buka Windows 10, buka aplikasi tightvnc viewer lalu isikan Remote Host dengan alamat IP Ubuntu, kemudian ditambah “::5901” untuk portnya. Jika sudah klik connect

2.      Kemudian masukkan password yang kita masukkan saat menjalankan aplikasi vncserver pada Ubuntu. Kemudian klik OK.

3.      Apabila tidak ada masalah, maka akan terbuka jendela baru untuk meremote desktop Ubuntu.

            Kesimpulan
Remote desktop merupakan salah aplikasi bawaan pada sistem operasi pada windows yang dimana aplikasi tersebut digunakan untuk mengendalikan desktop dengan menggunakan 2 unit PC/laptop yang telah terhubung dalam satu jaringan yang dimana ada yang menjadi pengendali dan ada yang dikendalikan. 
Dengan demikian pengguna dapat dimudahkan untuk mengecek atau mengatur desktop lain tanpa harus bersentuhan langsung. Kesalahan konfigurasi pada remote desktop dapat menyebabkan tidak dapat mengakses atau mengendalikan user yang ingin di-remote.

Nama Kelompok :
   Ananda Adhe Suqma    (16051204002) 
   Ellsa Wahyu Candra P  (16051204005) 
   Winda Ramadhanty P   (16051204014)
   Hanif Aafnani Lutfiah    (16051204019)
   Romadlon Rahmatulloh (16051204028)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar