Senin, 14 Mei 2018

Layanan Remote Desktop Windows XP dengan MacOS Sierra dengan VirtualBox

Layanan Remote Dekstop Windows XP dengan MacOS Sierra ini menggunakan Router sebagai penghubung dan software VNC.
  • Router
Router sendiri adalah sebuah perangkat luar sebagai perantara yang berguna untuk menghubungkan jaringan, baik jaringan yang sama maupun yang berbeda. Kegunaan Router disini adalah untuk menghubungkan 2 jaringan atau lebih untuk menyalurkan data informasi dari jaringan satu ke jaringan yang lain. Fungsi lain dari Router yakni sebagai pembagi atau penyalur IP Address secara stastis atau memakai DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) kepada seluruh perangkat komputer atau laptop yang terhubung pada perangkat router tadi. Salah satu fungsi dari pertukaran IP address ini yakni dapat meremote/mengontrol suatu sistem ke sistem yang lain pada saat bersamaan.

  • Software VNC
    Virtual network computing (VNC) adalah software remote-control yang memungkinkan untuk mengontrol komputer lain melalui koneksi network. Pencetan keyboard dan mouse click dikirimkan dari satu komputer ke komputer lainnya sehingga seseorang dapat mengelola sebuah dekstop, server dan alat yang terhubung jaringan tanpa harus di lokasi yang sama.
    VNC bekerja pada model client/server. Sebuah VNC Viewer (atau client) diinstall pada komputer lokal dan dihubungkan dengan server yang harus diinstall di komputer remote. Server mengirim duplikasi dari display komputer remote ke viewer (client). Server juga menerjemahkan command dari viewer dan menerapkannya pada komputer remote. VNC adalah platform independent dan kompatible dengan operating system apapun. Komputer harus berada di jaringan TCP/IP dan memiliki port yang terbuka untuk traffic dari IP address suatu alat yang akan mengontrol. 


  • Topologi 

  • Tujuan :
    • Mengetahui prosedur remote desktop pada sistem operasi.
  • Alat dan bahan yang dibutuhkan :
    • Siapkan Laptop dengan kapasitas RAM yang mencukupi (Min.2Gb)
    • Charger Laptop
    • Install Virtual Box
    • Sistem operasi yang akan di Uji Coba
    • Software VNC
    • Router
    • Koneksi Internet
  • Tutorial : 

Pertama, buka sistem melalui Virtual Box, setelah itu buka MacOS dan sistem operasi Windows XP  didalamnya maka akan muncul tampilan awal seperti di bawah ini



Kedua, buka setting pada virtual boxnya dan pilih network lalu isi pengaturannya seperti dibawah ini, atau dengan menyesuaikan type PC/Laptop dan kualifikasi sistem operasi yang digunakan masing masing, lalu pilih “OK”



Ketiga, setelah kita melakukan langkah diatas maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Pada Window XP yang dijalankan  pada Virtual Box akan muncul Command  Prompt yang menampilkan IP Address, Subnet Mask, dan Default Gateway, lalu pada sistem MacOS Sierra kita Hubungkan (Connnect) Ethernet nya seperti gambar dibawah ini


Keempat, setelah itu hubungkan dengan IP Address yang ada pada sistem operasi Windows XP. Lalu akan muncul pop up PING seperti dibawah ini



Kelima, buka VNC Viewer pada MacOS Sierra untuk mulai menghubungkan dan  meremote (mengontrol) Windows XP, hubungkan menggunakan IP Addres yang sesuai dengan IP Address yang telah ditampilkan di Command prompt sebelumnya.

Keenam, lalu akan muncul tampilan pop up seperti dibawah ini, langsung saja klik “Continue” untuk melanjutkan



Ketujuh, setelah itu, akan muncul pop up lagi berisikan kolom password yang harus diisi, isi password kemudian pillih “OK”


Kedelapan, pada laman MacOS Sierra akan menampilkan tampilan yang sama persis dengan sistem operasi Windows XP, itu artinya sudah terhubung dan bisa mulai meremote. Berikut contoh gambar proses yang berhasil



Nama Anggota:
  1. Nadya Hidayatun N  (16051204003)
  2. Firda Ariani A.P       (16051204031)
  3. Fitriayu Priyadi P     (16051204041)
  4. Ahmad Rizki M       (16051204042)
  5. Yudhistira S. Y        (16051204045)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar