Senin, 07 Mei 2018

FILE TRANSFER MENGGUNAKAN TEAM VIEWER


File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client. FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.FTP client adalah komputer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, mendelete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.

CARA MELAKUKAN FILE TRANSFER MENGGUNAKAN TEAM VIEWER




 Tujuan :  Dapat mengirim dan mengambil file dari jarak jauh pada komputer lain.

Alat & Bahan :
·         Aplikasi Virtual Box
·         Sistem Operasi Windows 7
·         Aplikasi Team Viewer

Tutorial:
1.      Siap dua PC yang sudah terinstal aplikasi teamviewer.
PC dengan nama Qoyimikun-PC Sebagai  Dekstop yang akan di remote dekstop oleh PC dengan nama NtzQoyim pada virtual box.

PC Qoyimikun-PC






PC dengan nama NtzQoyim pada virtual box




2.      Buka kedua aplikasi Team Viewer.
3.   Pada Menu Patner ID tulis ID Team Viewer yang akan di remote, masukkan ID Team Wiewer yang di tunjuk pada arah “Panah Hitam” dan isikan pada tanda arah “Panah Hijau”.




4.     Sebelum Pilih Connect pilih radio massage bagian “File Transfer” seperti gambar dibawah ini yang ditunjukkan oleh arah panah berwanar merah lalu pilih conect.



5.      Apabila Berhasil akan muncul pop up seperti gambar dibawah ini.



6.   Untuk proses Transfer data caranya mudah, tinggal pilih file  diantara salah satu pc lalu klik icon “Pesawat Kertas”.



7.      Contoh Proses Pengiriman file dari PC Qoyimikun menuju NtzQoyim.



·         Uji Coba
Hasil uji coba kecepatan rata-rata Transfer file Menggunakan media Team Viewer pada praktikum ini adalah 2,00 MB/s hal ini dikarenakan pada penggunaan software Team Viewer sangar bergantung dengan koneksi internet , Semakin cepat akses data maka semakin cepat pula kecepatan file transfer. Pengiriman secara bersamaan pun tidak dapat dilakukan karena harus.




·       Kesimpulan : PC dengan system operasipada VIRTUAL BOX dapat mengakses data / folder dari PC utama dengan menginstall aplikasi tambahan seperti team viewer. Dan apabila kita sedang berada jauh dari komputer yang ingin di ambil datanya maka kita hanya tinggal menyalakan aplikasi teamviewer pada komputer yang kita bawa dan memasukkan ID dari komputer yang ingin kita ambil data nya. Dan pastikan komputer yang ingin anda ambil file nya sudah terinstal aplikasi teamviewer dan dalam kondisi terhubung dengan jaringan  komputer.


Oleh:
Muhammad Nur Qoyyimi      (16051204008)
Nuzhul Citrasari Dewi            (16051204012)
Laili Indah Liana                    (16051204025)
Ringgia Widananta Fikar        (16051204026)
Dian Novita Yohannes           (16051204039)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar