Sabtu, 12 Mei 2018

Membangun FTP pada Debian Stretch dan mengaksesnya pada Windows


Tujuan
  • Kita dapat melakukan pertukaran file antar komputer dengan mudah, walaupun file tersebut memiliki ukuran yang besar
  • Bagi pemilik website, dengan adanya FTP, mereka dapat melakukan backup website mereka dengan mudah
  • Kita dapat melakukan indirect maupun implicit remote computer
  • FTP menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.




Alat dan Bahan
1. 1 Komputer yang sudah terinstall Virtual Box
2. Virtual Box yang berisi Windows XP, Windows 10 dan Debian
3. File Zilla yang di instal pada Windows 10

Tutorial
1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membangun Server FTP. Disini kami menggunakan OS Debian 8 sebagai servernya. Pertama kita jalankan OS Debian 8 yang sudah terpasang pada Virtual Box. Jalankan VirtualBox. Lalu pilih OS nya yaitu Debian 8. Lalu klik Start.

2. Kemudian setelah Debian 8 dijalankan, langkah berikutnya membuka terminal. Setelah terminal terbuka lalu login sebagai user root. Dengan menggunakan perintah “su” lalu tekan enter, kemudian masukkan password user rootnya.
3.Setelah berhasil masuk ke terminal sebagai user root, langkah berikutnya adalah menginstal aplikasi proftpd. Dengan menggunakan perintah “apt-get -y install proftpd” lalu tekan enter.
4. Kemudian akan tampil pilihan untuk penginstalan lalu pilih standalone. Kemudian pilih lanjutkan, tunggu proses penginstalan hingga selesai.
5. Setelah penginstalan selesai, langkah berikutnya adalah mengubah konfigurasi proftpd agar dapat diakses. Ketikan pada terminal dengan perintah “nano /etc/proftpd/proftpd.conf” lalu tekan enter. Ubah bagian
“Use IPv6 On” menjadi “Use IPv6 Off”
“#DefaultRoot ~” menjadi “DefaultRoot”

lalu simpan konfigurasi yang telah dirubah dengan menekan ctrl-x lalu tekan y lalu tekan enter.
6. Kemudian restart proftpd dengan menggunakan perintah “service proftpd restart”

7. Setelah melakukan penginstalan dan mengubah konfigurasi software proftpd, langakah berikutnya adalah melakukan pengubahan konfigurasi jaringan yang berada pada Debian 8 agar bisa diakses oleh OS lain. Dengan membuka terminal, lalu ketikan perintah “nano /etc/network/interfaces” kemudian tekan enter. Lalu ubah menjadi

jika sudah tekan ctrl-x lalu tekan y lalu tekan enter untuk menyimpan konfigurasi jaringan yang telah dirubah.
8. Setelah itu, kita kembali ke OS utama yaitu OS windows 10, kemudian masuk ke Control Panel yang mengatur konfigurasi jaringan pada OS Windows 10. Dengan membuka Control Panel > Klik Network And Internet > Klik Network And Sharing Center > Change Adapter Settings. Maka tampilannya kurang lebih seperti ini.

Kemudian klik kanan pada VirtualBox Host-Only Network lalu pilih properties. Kemudian cari internet protocol version 4.

Klik pilihan tersebut lalu klik properties. Maka akan muncul Jendela baru. Kemudian ubah konfigurasi jaringan menjadi seperti gambar dibawah ini.

Setelah itu klik OK. Lalu klik OK lagi.
9. Kemudian buka Virtual box, lalu klik kanan pada Debian 8. Lalu pilih Settings. Maka tampilan akan berumah menjadi seperti ini.

Lalu pilih Network pada panel Kiri. Kemudian ubah konfigurasinya menjadi seperti gambar dibawah ini.

Kemudian klik OK jika sudah selesai. Kemudian restart Debian 8.
10. Dengan begini sudah selesai menginstal FTP dan menyambungkan jaringan Debian 8 dengan Windows 10. Langkah berikutnya adalah menguji coba FTP yang sudah dibagun di Debian 8 dengan mengakses pada Windows 10. Buka dulu File Zilla. Maka tampilan akab berubah mejadi seperti ini.

Pada bagian kolom Host isi dengan alamat IP Debian 8 yaitu 192.1.1.1. Kemudian pada bagian kolom Username dan Password isikan Username dan Passsword User Debian 8. Pada Kolom Port isikan 21 (default port untuk ftp). Setelah pengisian selesai klik Quick Connect yang berada disebelah kolom Port. Apabila berhasil tampilan akan berubah menjadi seperti gambar dibawah ini.

11. Kemudian kita akan mengujinya pada Windwos XP yang terinstal pada Virtual Box. Terlebih dahulu kita melakukan konfigurasi network pada Virtual Box agar tersambung pada Windows XP. Langkahnya sama seperti Langkah Nomor 9. 
12. Setelah selesai mengubah konfigurasi, langkah selanjutnya menjalankan Windows XP. Kemudian buka Control Panel > Network And Internet Connections > Network Connections. Maka tampilan akan menjadi seperti gambar dibawah ini.

Lalu klik kanan pada Local Area Connection lalu pilih Properties. Maka akan mucul jendela baru
Pada Jendela baru pilih Internet Protokol (TCP/IP) lalu klik Properties
Maka akan muncul jendela baru lagi, lalu ubah konfigurasi menjadi seperti gambar dibawah ini.

Kemudian Klik OK jika sudah selesai. 

 Pengujian
1. Pengujian pertama. Menguji coba FTP yang sudah dibagun di Debian 8 dengan mengakses pada Windows 10. Buka dulu File Zilla. Maka tampilan akab berubah mejadi seperti ini.

Pada bagian kolom Host isi dengan alamat IP Debian 8 yaitu 192.1.1.1. Kemudian pada bagian kolom Username dan Password isikan Username dan Passsword User Debian 8. Pada Kolom Port isikan 21 (default port untuk ftp). Setelah pengisian selesai klik Quick Connect yang berada disebelah kolom Port. Apabila berhasil tampilan akan berubah menjadi seperti gambar dibawah ini.

2. Pengujian kedua. Membuka Explorer pada Windows Xp, My Documents

Pada bagian kolom address, ketikan ftp://192.1.1.1:21 lalu tekan enter. Tunggu hingga jendela muncul seperti dibawah ini.

Kemudian masukkan Username dan Password User Debian 8, kemudian klik Log On jika sudah selesai.

Jika Sukses maka tampilan akan seperti pada gambar diatas.
Dengan begini membangun FTP dan Uji Coba telah selesai.
Kesimpulan
Dari uraikan diatas dapat diambil kesimpulan yaitu FTP merupakan protokol yang digunakan untuk keperluan transfer/ tukar-menukar data antar komputer (client dan server), dimana dengan adanya FTP, kita bisa melakukan upload dan download file dengan mudah. FTP memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri dalam hal melakukan pertukaran data. Ada dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client.
FTP client merupakan komputer yang meminta koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file apapun. Kemudian setalah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-delete, meng-upload, men-download, me-rename, dll sesuai dengan permission (ijin) yang diberikan oleh FTP server.

Nama Kelompok :
   Ananda Adhe Suqma    (16051204002) 
   Ellsa Wahyu Candra P  (16051204005) 
   Winda Ramadhanty P   (16051204014)
   Hanif Aafnani Lutfiah    (16051204019)
   Romadlon Rahmatulloh (16051204028)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar