Senin, 12 Oktober 2020

Implementasi Cloud Computing Di Bidang Pendidikan Melalui Aplikasi School Planner

            Sesuai dengan namanya, aplikasi berbasis Android yang satu ini memiliki fitur lengkap untuk semua kegiatan belajar sehari-hari. Seperti catatan agenda untuk mengerjakan PR atau ujian sekolah, dan juga kalender yang dapat mencatat jadwal pelajaran. Aplikasi ini juga dapat dihubungkan ke Google Drive, dan lain-lain. Aplikasi yang sudah ada sejak tahun 2015 ini diharapkan dapat membantu para pelajar maupun mahasiswa dalam hal mengorganisir jadwal pelajaran/kuliah ataupun setiap kegiatan bersekolah maupun kuliah.

Kegiatan sekolah apalagi kuliah tidak berhenti di jadwal pelajaran saja. Ada juga pekerjaan rumah, kerja kelompok, praktek, ujian, dll. Kamu mungkin mencatat semua kegiatan itu di berbagai aplikasi. Misalnya di Kalender, aplikasi To-Do, aplikasi catatan, dll.

Gambar 1. Logo School Planner

Aplikasi School Planner memiliki semua itu. Jadi kamu bisa menggunakan aplikasi ini saja, tidak perlu repot pindah sana sini. Berikut beberapa fitur dari Aplikasi School Planner antara lain :

1. Daftar Pelajaran Beserta Pengajar

Pada Aplikasi School Planner ini kamu bisa mengatur masa tahun ajaran (misalnya semester ganjil dan genap). Sehingga kamu bisa mencocokkan dengan rencana studi. Dalam tiap tahun ajaran, kamu bisa memasukkan mata pelajaran atau mata kuliah, beserta nama guru/dosen, jadwal, dan ruangan. Ini sangat berguna untuk anak kuliah.

Gambar 2. Daftar dan detail mata pelajaran/mata kuliah beserta identitas guru/dosen

Lalu kamu juga bisa mencatat informasi tentang identitas guru/dosen yang bersangkutan. Mulai dari nomor telepon, alamat email, alamat rumah, jam kerja, dan juga sampai dapat memasang foto. Yah, minta tanda tangan atau konsultasi nantinya akan lebih mudah.

2. Jadwal Pelajaran / Kuliah dan Agenda

Daftar mata pelajaran/kuliah itu bisa kamu susun dalam bentuk jadwal (timetable). Kamu tinggal memasukkan informasi yang sudah kamu catat sebelumnya dan juga menambahkan informasi hari, tanggal dan jam. Selain itu, kamu juga bisa menambah informasi kegiatan belajar lain, seperti tugas (pekerjaan rumah), ujian, atau sekedar reminder (misal ada belajar kelompok). Sekali lagi, kamu bisa menentukan hari, tanggal, dan juga jam.

Gambar 3. Tampilan agenda dan jadwal pelajaran / kuliah

Semua informasi ini akan muncul di kalender kegiatanmu. Yang menarik, kamu bisa melihat apa saja kegiatan minggu ini di bagian Overview. Dengan cara ini, selain kamu bisa cek jadwal, kamu bisa segera tahu prioritas kegiatan dan tahu kapan ada waktu luang. Sangat mudah dan juga praktis.

3. Catat Absensi dan Nilai

Disini masih ada fitur menarik lain di aplikasi School Planner ini. Kamu bisa mencatat absensi dan nilai. Kalau ada dosen yang menetapkan minimal absensi, kamu bisa mencatat batas itu. Lalu setiap absen entah tidak masuk, terlambat, atau keluar kelas lebih dulu (misalnya sakit perut) kamu juga bisa mencatatnya. Jadi kamu bisa mencocokkan apakah kamu masih aman ataupun tidak.

Gambar 4. Absensi dan fitur lain

Selain itu, kamu juga bisa menentukan target nilai untuk tiap mata pelajaran. Nanti, kamu bisa mencatat semua nilai yang telah kamu dapatkan. Pada detail mata pelajaran kamu bisa melihat nilai rata-rata. Dan kamu juga bisa menentukan sistem penilaian (1-10 atau A-F, dll).Kedua fitur ini akan membantu kamu tidak hanya dari sisi jadwal kegiatan, bisa juga untuk meningkatkan prestasi.

4. Menuntut Ketelitian

Apalah arti teknologi canggih jika kita sendiri tidak disiplin dan teliti. Bisa kamu lihat dari uraian dan gambar di atas. Aplikasi ini terlihat rumit dengan banyak isian. Kalau kamu tidak teliti dan rajin melakukan cek (walau ada notifikasi), nanti kamu bisa repot sendiri.

            Salah satu yang membuat aplikasi School Planner terlihat rumit mungkin adalah aplikasi ini berbahasa Inggris. Banyak istilah-istilah yang berbeda dan sedikit membingungkan bagi yang belum tahu atau terbiasa.

Tapi secara teknis, aplikasi ini sangat bermanfaat bagi pelajar atau mahasiswa. Karena fiturnya sangat spesifik. Kalau menggunakan aplikasi To-Do biasa, mungkin akan tercampur dengan tugas yang lain diluar kegiatan bersekolah/kuliah (misalnya membeli sembako atau membersihkan kamar mandi).

berikut adalah link untuk anda yang ingin mendownload aplikasi school planer : https://play.google.com/store/apps/details?id=daldev.android.gradehelper

Sekian penjelasan tentang Aplikasi Scool Planner yang termasuk salah satu contoh dari penerapan teknologi cloud bagi pendidikan dan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.





Terima Kasih.

Author by :

1. M. Rizky Rananda Putra             (17051204034)

2. Nur Firman Maulana                   (17051204073)

3. Moch. Dimas Erlangga                (17051204076)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar