Minggu, 04 Oktober 2020

Strategi Penerapan Komputasi Awan Privat

            Di Intel Corporation, Intel IT menerapkan strategi-strategi berikut ini dalam menerapkan Komputasi Awan:

1.Berawal dari dalam dengan model Komputasi Awan Publik 

Model Komputasi Awan Publik yang menerapkan portal swalayan, efisiensi pusat data, dan kelincahan dalam mengatur kapasitas komputasi diterapkan bagi aplikasi perkantoran dan korporasi (Office/Enterprise). Sementara itu Intel IT tetap melanjutkan model komputasi awan yang sudah dijalankan untuk aplikasi desain semikonduktor. Strategi ini memungkinkan aplikasi komputasi awan publik secara bertahap diadaptasi dalam lingkungan TI perusahaan, dan memungkinkan mengadopsi standar yang berkembang. Lihat Gambar dibawah ini untuk Strategi Komputasi Awan di Intel.


2. Menjalankan model Komputasi Awan Hibrida secara terseleksi

Secara terseleksi, sejumlah aplikasi komputasi awan publik yang spesifik, , namun yang bersifat tidak sensitif akan keamanan atas data dan informasi; mulai diadopsi oleh Intel untuk memenuhi kebutuhan yang berkembang baik oleh pengguna internal maupun eksternal. Sejumlah aplikasi Software-sebagai-Layanan (Software-as-a-Services/SaaS) seperti aplikasi pengurusan klaim biaya karyawan (expense),
dan urusan lowongan pekerjaan (job search), sudah ditetapkan untuk menggunakan model layanan komputasi awan publik.

3. Meningkatkan Kapasitas dan Efisiensi Pusat Data

Dengan menerapkan teknik virtualisasi, penggantian berkala sumber daya komputasi di Pusat Data (Server) dengan teknologi yang lebih baik, serta meningkatkan kerapatan server dalam ruang Pusat Data; keseluruhannya akan memberikan kapasitas dan efisiensi yang tinggi bagi keperluan Komputasi Awan. serta mengurangi biaya pemeliharaan dan pengoperasian Pusat Data sehingga terjadi penghematan secara menyeluruh dalam menjalankan komputasi di perusahaan.

Refrensi

Intel Corporation, 2010. An Enterprise Private Cloud
    Architecture and Implementation Roadmap 2010

Peters, Chris P, 2010, Intel Corporation and IT
    Leadership Presentation in Cloud Computing92

Intel IT in Cloud  Computing, 2011,
    http://www.intel.com/it


Nama : Arsy Bilahil Tama
NIM   : 17051204066
kelas   : TI17B


Tidak ada komentar:

Posting Komentar