Jumat, 02 Oktober 2020

 

Implementasi Komputasi Awan Pada Bidang Pendidikan

 

Beberapa,institusi,yang,membutuhkan,tempat,penyimpanan,yang,besar,dan,terus,berkembang adalah institusi yang paling mungkin untuk mengadopsi aplikasi komputasi awan (cloud computing application). Sebagaimana telah  dikonfirmasi berdasarkan hasil survei IDC IT Profesional, salah satu institusi tersebut adalah bidang pendidikan. Setidaknya ada 4 jenis aplikasi komputasi awan (cloud computing application) yang dapat di implementasikan dalam bidang pendidikan, yaitu :


 

Gambar 1. Jenis-Jenis Aplikasi Komputasi Awan 

1.Web Services

Memindahkan server web, alat analisis dan manajemen ke awan (cloud) juga dapat menjadi prioritas, karena ini akan mengurangi biaya pemeliharaan dan ketergantungan pada model berlangganan serta meningkatkan pengembangan aplikasi secara cepat. Kita dapat memanfaatkan kedua model, sumberdaya awan serta sumberdaya lokal sendiri (Linux virtual dan fisik lokal, Microsoft Windows dan Mac OS server), kita dapat mengijinkan mahasiswa untuk menggunakan sumberdaya komputasi awan dari penyedia layanan besar seperti GoDaddy, Amazon dan beberapa lokal kecil ISP penyedia untuk proyek-proyek mahasiswa.

2. Collaboration Application

IDC,mengatakan,bahwa,67,persen,responden,survei,setuju,bahwa,kolaborasi,aplikasi seperti email, chatting, konferensi dan file sharing (contohnya SharePoint) adalah layanan yang paling sesuai untuk komputasi awan karena dapat mengurangi biaya jangka pendek. Salah satu contoh dalam dunia pendidikan diantaranya menggunakan kalender Gmail untuk proyek mahasiswa, juga memanfaatkan akun IMAP email pada penyedia layanan gratis dan komersial (gmail.com, dll), skype.com untuk konferensi suara gratis, icq dotcomchattinggratis, GitHub dotcom dan SourceForge dotnet untuk source code gratis dan pengarsipan proyek dokumentasi dan berbagi kode sumber (open source).

3. Aplikasi Produktivitas pribadi

CIchannelinsider dotcom memprediksi,bahwa,host,mobile,application,melalui,operator,dan penyedia,mobile,software,serta,aplikasi,dokumen editing seperti yang dari DataViz dan Quickoffice diprediksi akan mengalami peningkatan.

 4. Backup Cloud

Sistem,Informasi,Akademik,Digital,yang,dikembangkan,dan,salah,satu,contoh,penerapan,cloud computing. Salah,satunya,adalah,SIAKAD,UNESA. SIAKAD UNESA merupakan penyedia jasa layanan cloud computing khusus di bidang pendidikan level perguruan tinggi. Pihak kampus sebagai pengguna cukup melakukan pendaftaran secara online. Setelah mendapat konfirmasi dari pihak penyedia layanan, pihak kampus dapat langsung menggunakan sistem informasi akademik dengan fitur-fitur yang telah disediakan oleh penyedia layanan. Sistem ini menerapkan cloud computing model SaaS. Penggunaan sistem ini tidak membutuhkan adanya pembelian server atau pembuatan aplikasi yang begitu rumit. Pengguna juga tidak perlu memikirkan atau mengeluarkan biaya yang besar untuk pemeliharaan server dan aplikasi. Semua itu sudah menjadi tanggung jawab pihak penyedia layanan. Dengan demikian, penerapan cloud computing dapat dijadikan sebagai salah satu solusi bagi institusi pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan biaya yang murah. Namun, tentu saja penerapan cloud computing di setiap perguruan tinggi harus ditunjang juga oleh fasilitas internet karena prinsip dasar dari cloud computing adalah adanya akses internet. Selain itu, mengenai keamanan data pun menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Oleh kerena itu telah menjadi kewajiban pemerintah sebagai pelayan rakyat untuk membantu dunia pendidikan memenuhi berbagai kebutuhannya termasuk penerapan atau implementasi sistem Cloud Computing.

,


                                      Gambar 2. Contoh Cloud Computing versi Backup Cloud

 

Authored By :

NAMA : Mochamad Dimas Erlangga

NIM : 17051204076

PRODI : S1 Teknik Informatika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar