Sabtu, 03 Oktober 2020

Grid Computing and Cloud Computing

 1. Pengertian grid komputasi

       Grid komputing adalah sebuah sistem komputasi tedistribusi, yang memungkinkan seluruh sumber daya dalam jaringan, seperti pemrosesan, bandwidth jaringan, dan kapasitas media penyimpanan membentuk sebuah sistem tunggal secara virtual.

- Konsep dasar dari grid komputing      
 1.Sumber daya dikelola dan dikendalikan secara lokal
    2.Sifat alami dinamis: sumber daya dan pengguna dapat sering berubah
  3.Lingkungan kolaboratif bagi e-community( komunitas elektronik, di internet)

- Cara kerja grid komputing
  1.Sistem tersebut melakukan koordinasi terhadap sumber daya komputasi yang tidak berada dibawah suatu kendali terpusat.
        2.Sistem menggunakan standard dan protokol yang bersifat terbuka. Komputasi grid disusun dari kesepakatan-kesepakatan terhadap masalah fundamental, dibutuhkan untuk mewujudkan komputasi bersama dalam skala besar.
       3.Sistem berusaha untuk mencapai kualitas layanan yang canggih, yang jauh diatas kualitas layanan komponen individu dari komputasi grid tersebut


2. Pengertian cloud komputing 
Cloud computing merupakan sebuah kombinasi pemanfaatan jaringan internet yang berfungsi untuk menyimpan berbagai file dalam satu basis data. Pada teknologi ini, daya disimpan diserver tertentu. Hal ini akan menghemat biaya operasional dan juga menghemat waktu karena tidak memerlukan hardisk berkapasitas besar untuk menyimpan file software.

- Cara kerja Cloud komputing

  Melaui koneksi layanan internet, cloud storage berfungsi dengan memungkinkan pengguna mengakses dan mengunduh data pada perangkat apapun yang dipilih seperti laptop, tablet, ataus smartphone. Pengguna cloud storage juga dapat mengedit dokumen secara bersamaan dengan pengguna lain, sehingga pengguna dapat bekerja diluar kantor.
 



- Jenis Layanan Cloud Computing


1. Software as a Service (SAAS) 

jenis layanan ini menyediakan aplikasi yang siap pakai yang ditujukan untuk end user. Sehingga user tidak perlu membuat aplikasi baru.
2. Platform as a Service (PAAS)

layanan ini berfungsi untuk menyewakan tempat kepada para pengguna aplikasi untuk menjalankan aplikasi tersebut.
3. Infrastructure as a Service (IAAS)

layanan ini menyediakan infrastruktur IT untuk para pengguna akhir yang mana dalam layanan tersebut berbasis data cloud. Cloud provider pada layanan ini hanya menyediakan infrastruktur sesuai dengan permintaan pengguna.

Authored By :

Nama : Danang Ardiyanto
NIM    : 17051204007
Prodi : S1 Teknik Informatika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar