Disusun oleh :
1. | Siti Rosalina | 19051204073 |
2. | Randu Gantara Wisnu | 19051204074 |
3. | Farhan Muhammad Al Aziz | 19051204088 |
4. | Muhammad Andika Putra Yanutama | 19051204105 |
5. | Dedy Yusuf | 19051204107 |
6. | Trimberth A. Senandi | 19051204109 |
ABSTRAK
Semakin pesatnya kemajuan teknologi smartphone saat ini terutama smartphone android, sebagai alat komunikasi dan telepon cerdas telah mengalami banyak perkembangan yakni sebagai remote control yang dapat mengendalikan perangkat elektronik. Remote control secara tidak langsung dapat mengurangi tugas user dalam menangani sebuah kontrol peralatan elektronik. Tugas ini bertujuan untuk mengendalikan lampu berbasis Internet of Things (IOT) menggunakan smartphone android. Dengan alat ini diharapkan mampu memudahkan user untuk menyalakan dan mematikan lampu dari jarak jauh. User hanya diminta untuk mengirimkan perintah menyalakan dan mematikan lampu dengan memanfaatkan aplikasi Telegram. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan sistem dapat bekerja jika jaringan internet dalam kondisi yang baik.
Kata Kunci : Remote Control, Smartphone, Android, Internet of Things (IOT), Telegram, jaringan internet.
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Internet merupakan dunia baru yang penuh pesona saat pertama kali muncul dan pertama kali dikenalkan, internet terus memikat untuk di eksplorasi lebh lanjut, digali, dan dikembangkan oleh para ahli teknologi. Seiring dengan semakin berkembangnya infrastruktur internet, bahkan bukan hanya smartphone dan komputer saja yang dapat terkoneksi dengan internet. Sebagai contoh dapat berupa peralatan elektronik, peralatan yang digunakan manusia, dan termasuk benda nyata apa saja yang semuannya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor tertanam dan selalu aktif. Di dunia bidang “IT”, konsep ini telah dikenal dengan istilah “Internet of Things” atau yang disebut dengan singkatan IoT.
Internet of Things(IoT) merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektifitas internet yang tersambung secara terus menerus. Internet of Things megacu pada benda yang diidentifikasi secara unik sebagai repservasi virtual dalam struktur berbasis internet. Internet of Things sebagai sebuah infrastruktur jaringan global, yang menghubungkan benda-benda fisik dan virtual melalui eksploitasi data capture dan kemampuan komunikasi dengan sensor dan koneksi sebagai pengembangan layanan. Dalam hal tersebut disimpulakn bahwa IoT mengacu dan memanfaatkan pada suatu benda yang nantinya benda tersebut akan dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lain melalui sebuah jaringan internet. Salah satu dari penerapan IoT adalah pada kendali lampu.
1.2 Rumusan Masalah
Melalui latar belakang di atas maka rumusan masalah yang dapat diambil yaitu : Bagaimana cara membangun suatu sistem IoT yang dapat membantu user untuk menyalakan dan memadamkan lampu?
1.3 Tujuan
1.3.1 Dengan adanya sistem kendali lampu dapat memudahkan user untuk menyalakan atau memadamkan lampu dari jarak jauh dengan menggunakan Telegram app dalam smartphone android.
1.3.2 Sebagai penugasan ujian akhir semester 1 mata kuliah Sistem Dgigital dan Pengantar Teknologi Informasi.
BAB II LANDASAN TEORI
2.1 Arduino Uno
Arduino Uno merupakan papan sirkuit berbasis mikrokontroler ATmega328 dan sejumlah input/output (I/O) yang memudahkan pemakai untuk menciptakan berbagai proyek elektronika yang dikhususkan untuk menangani tujuan tertentu.
2.2 Printed Circuit Board (PCB)
PCB merupakan suatu papan yang berisi tentang komponen – komponen elektronika yang tersusun membentuk rangkaian elektronik atau tempat rangkaian elektronika yang menghubungkan komponen elektronik yang satu dengan lainnya tanpa menggunakan kabel.
2.3 Wireless Esp 8266
ESP8266 merupakan modul wifi yang berfungsi sebagai perangkat tambahan mikrokontroler seperti Arduino, agar dapat terhubung langsung dengan wifi dan membuat koneksi TCP/IP. Modul ini membutuhkan daya sekitar 3.3v dengan memiliki tiga mode wifi yaitu Station, access point dan Both.
2.4 Access Point
Access Point merupakan sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Dengan access point (AP) clients wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless
2.5 Optocoupler
Optocoupler merupakan komponen elektronika yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan saklar/switch, komponen ini bekerja sebagai saklar mekanik yang digerakkan oleh energi listrik.
BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Alat dan Bahan
3.1.1 Alat
Laptop
Solder + Timah
Silet
Handphone
Arduino IDE
3.1.2 Bahan
Lampu LED luxeon (2 buah) Rp. 10.000
Node MCU Rp. 40.000
Kabel jumper (9 buah) Rp. 11.700
Project board Rp. 17.000
Optocoupler PC 817 (2 buah) Rp. 5.000
Total Rp. 83.700
3.2 Cara Kerja Sistem Kendali Lampu Dengan Konsep IoT
Pada Gambar menjelaskan tentang cara kerja kendali lampu, yang menunjukan setiap unit mempunyai perannya masing – masing dan saling terkoneksi satu sama lain. Perancangan Pada Blok Lampu LED
Gambar tersebut menjelaskan perancangan pada blok lampu yang meliputi beberapa komponen diataranya adalah, Arduino Uno, Lampu LED, Relay yang diganti menggunakan optocoupler, PCB dan Esp.
3.3 Perancangan Arduino IDE
#include <UniversalTelegramBot.h>
#include <ESP8266WiFi.h>
#include <SoftwareSerial.h>
#include <WiFiClientSecure.h>
// Initialize Wifi connection to the router
char ssid[] = "ASUS-A407UF 8701"; // your network SSID (name)
char password[] = "Syaifudin123"; // your network key
// Initialize Telegram BOT
#define BOTtoken "1040988678:AAF_Q7zx4q6PjqWu1f0Lsg4SrbylXdcs0-k" // your Bot Token (Get from Botfather)
WiFiClientSecure client;
UniversalTelegramBot bot(BOTtoken, client);
int relay3=12;
int relay4=13;
int Bot_mtbs = 10; //mean time between scan messages
long Bot_lasttime; //last time messages' scan has been done
bool Start = false;
void handleNewMessages(int numNewMessages) {
Serial.println("handleNewMessages");
Serial.println(String(numNewMessages));
for (int i=0; i<numNewMessages; i++) {
String chat_id = String(bot.messages[i].chat_id);
String text = bot.messages[i].text;
String from_name = bot.messages[i].from_name;
if (from_name == "") from_name = "Guest";
//perintah saklar internet
if (text == "/Lampu1_On") {
digitalWrite(relay3,HIGH);
String welcome = "lampu 1 dihidupkan";
bot.sendMessage(chat_id, welcome);
Serial.println("\nPesan telah direima 1");}
if (text == "/Lampu1_Off") {
digitalWrite(relay3,LOW);
String welcome = "Lampu 1 dinonaktifkan";
bot.sendMessage(chat_id, welcome);
Serial.println("\nPesan telah direima");}
if (text == "/Lampu2_On") {
digitalWrite(relay4,HIGH);
String welcome = "Lampu 2 dihidupkan";
bot.sendMessage(chat_id, welcome);
Serial.println("\nPesan telah direima");}
if (text == "/Lampu2_Off") {
digitalWrite(relay4,LOW);
String welcome = "Lampu 2 dinonaktifkan";
bot.sendMessage(chat_id, welcome);
Serial.println("\nPesan telah direima");}
}
}
void setup() {
Serial.begin(115200);
pinMode(relay3,OUTPUT);
pinMode(relay4,OUTPUT);
// Set WiFi to station mode and disconnect from an AP if it was Previously
// connected
WiFi.mode(WIFI_STA);
//WiFi.disconnect();
//delay(100);
// attempt to connect to Wifi network:
Serial.print("Connecting Wifi: ");
Serial.println(ssid);
WiFi.begin(ssid, password);
while (WiFi.status() != WL_CONNECTED) {
Serial.print(".");
delay(100);
}
Serial.println("");
Serial.println("WiFi connected");
Serial.print("IP address: ");
Serial.println(WiFi.localIP());
}
void loop() {
if (millis() > Bot_lasttime + Bot_mtbs) {
int numNewMessages = bot.getUpdates(bot.last_message_received + 1);
while(numNewMessages) {
Serial.println("got response");
handleNewMessages(numNewMessages);
numNewMessages = bot.getUpdates(bot.last_message_received + 1);
}
Bot_lasttime = millis();
}
}
BAB IV
Tahap selanjutnya dari penelitian ini uji fungsi berupa pengujian pada kendali lampu dengan konsep IoT.
4.1 Uji Fungsi Lampu OFF
Gambar tersebut merupakan hasil dari pengujian pada kendali lampu dengan konsep IoT.
4.2 Uji Fungsi Lampu ON
Gambar di atas merupakan hasil dari pengujian pada kendali lampu dengan konsep IoT. Lampu menyala setelah delay beberapa waktu bergantung pada kecepatan jarigan internet yang digunakan.
BAB V PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Dari hasil pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Internet of Things yang diterapkan pada kendali lampu, hidup dan matinya lampu dengan praktis, sehingga user hanya berperan sebagai pengatur melalui remote control (Telegram app) dan pemantau bekerjanya alat. Lampu menyala setelah delay beberapa waktu bergantung pada kecepatan jarigan internet yang digunakan.
5.2 Saran
Untuk menghindari kegagalan pada sistem yang diterapkan pada kendali lampu, diharapkan langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan sistem dan menjaga konektifitas jaringan internet supaya konsep IoT yang diterapkan pada kendali lampu tetap berjalan lancar.
DAFTAR PUSTAKA
Soleh, Andi Susilo. 2016 Desain Dan Implementasi Smart Home System Pengendali Lampu Rumah Berbasis Arduino Mega. Jakarta : Seminar Riset Teknologi Informasi (Sriti).
Anggraini Kusumaningrum, Asih Pujiastuti dkk. Pemanfaatan Internet Of Things Pada Kendali Lampu. Volume 6, Nomor 1, Mei 2017
LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar