Rabu, 04 Desember 2019

PEMANFAATAN INTERNET OF THINGS DALAM KENDALI LAMPU MELALUI TELEGRAM

Disusun oleh :
1.Siti Rosalina 19051204073
2.Randu Gantara Wisnu19051204074
3.Farhan Muhammad Al Aziz19051204088
4.Muhammad Andika Putra Yanutama19051204105
5.Dedy Yusuf19051204107
6.Trimberth A. Senandi19051204109

ABSTRAK
        Semakin pesatnya kemajuan teknologi smartphone saat ini terutama smartphone android, sebagai alat komunikasi dan telepon cerdas telah mengalami banyak perkembangan yakni sebagai remote control yang dapat mengendalikan perangkat elektronik. Remote control secara tidak langsung dapat mengurangi tugas user dalam menangani sebuah kontrol peralatan elektronik. Tugas ini bertujuan untuk mengendalikan lampu berbasis Internet of Things (IOT) menggunakan smartphone android. Dengan alat ini diharapkan mampu memudahkan user untuk menyalakan dan mematikan lampu dari jarak jauh. User hanya diminta untuk mengirimkan perintah menyalakan dan mematikan lampu dengan memanfaatkan aplikasi Telegram. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan sistem dapat bekerja jika jaringan internet dalam kondisi yang baik.

Kata Kunci : Remote Control, Smartphone, Android, Internet of Things (IOT), Telegram, jaringan internet.


BAB I PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang
Internet merupakan dunia baru yang penuh pesona saat pertama kali muncul dan pertama kali dikenalkan, internet terus memikat untuk di eksplorasi lebh lanjut, digali, dan dikembangkan oleh para ahli teknologi. Seiring dengan semakin berkembangnya infrastruktur internet, bahkan bukan hanya smartphone dan komputer saja yang dapat terkoneksi dengan internet. Sebagai contoh dapat berupa peralatan elektronik, peralatan yang digunakan manusia, dan termasuk benda nyata apa saja yang semuannya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor tertanam dan selalu aktif. Di dunia bidang “IT”, konsep ini telah dikenal dengan istilah “Internet of Things” atau yang disebut dengan singkatan IoT.
Internet of Things(IoT) merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektifitas internet yang tersambung secara terus menerus. Internet of Things megacu pada benda yang diidentifikasi secara unik sebagai repservasi virtual dalam struktur berbasis internet. Internet of Things sebagai sebuah infrastruktur jaringan global, yang menghubungkan benda-benda fisik dan virtual melalui eksploitasi data capture dan kemampuan komunikasi dengan sensor dan koneksi sebagai pengembangan layanan. Dalam hal tersebut disimpulakn bahwa IoT mengacu dan memanfaatkan pada suatu benda yang nantinya benda tersebut akan dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lain melalui sebuah jaringan internet. Salah satu dari penerapan IoT adalah pada kendali lampu.
1.2   Rumusan Masalah
Melalui latar belakang di atas maka rumusan masalah yang dapat diambil yaitu : Bagaimana cara membangun suatu sistem IoT yang dapat membantu user untuk menyalakan dan memadamkan lampu?


1.3   Tujuan
1.3.1        Dengan adanya sistem kendali lampu dapat memudahkan user untuk menyalakan atau memadamkan lampu dari jarak jauh dengan menggunakan Telegram app dalam smartphone android.
1.3.2        Sebagai penugasan ujian akhir semester 1 mata kuliah Sistem Dgigital dan Pengantar Teknologi Informasi.

BAB II LANDASAN TEORI
2.1      Arduino Uno
Arduino Uno merupaka papan sirkuit berbasis mikrokontroler ATmega328 dan sejumlah input/output  (I/O yang memudahka pemaka untuk menciptakan berbaga proyek elektronika yang dikhususkan untuk menangani tujuan tertentu.
2.2      Printed Circuit Board (PCB)
PCB  merupaka suatu papan yang berisi tentang komponen   komponen elektronika yang tersusun membentuk rangkaian elektronik atau tempat rangkaian elektronika yang menghubungkan komponen elektronik yang satu dengan lainnya tanpa menggunaka kabel.
2.3   Wireless Esp 8266
ESP8266    merupakan   modul    wifi     yang    berfungsi    sebagai     perangkat     tambahan mikrokontroler seperti Arduino, agar dapat terhubung langsun dengan wif dan membuat koneksi TCP/IP. Modul ini  membutuhkan daya sekitar 3.3v dengan memiliki  tiga mode wif yaitu Station, access point dan Both.
2.4      Access  Point
Access  Point  merupakan sebuah perangka jaringa yang berisi  sebuah transceive dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Dengan access point (AP) clients  wireless bisa denga cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless
2.5      Optocoupler
Optocoupler merupaka komponen elektronika yang memiliki  fungsi yang hampir sama dengan saklar/switch, komponen ini bekerja sebagai saklar mekanik yang digerakkan oleh energi listrik.


BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Alat dan Bahan
3.1.1            Alat 
Laptop
Solder + Timah
Silet
Handphone
Arduino IDE
3.1.2            Bahan
Lampu LED luxeon (2 buah)                                                                             Rp. 10.000
Node MCU                                                                                                        Rp. 40.000
Kabel jumper (9 buah)                                                                                       Rp. 11.700
Project board                                                                                                     Rp. 17.000
Optocoupler PC 817 (2 buah)                                                                            Rp. 5.000
Total                                                                                                                   Rp. 83.700

3.Cara Kerja Sistem Kendali Lampu Dengan Konsep IoT
Pada Gambar menjelaskan  tentang cara kerja kendali lampu, yang menunjuka setiap unit mempunyai perannya masing  masing dan saling terkoneksi satu sama lain. Perancangan Pada Blok  Lampu LED
Gambar tersebut menjelaskan  perancangan pada blok lampu yang meliputi beberapa komponen diataranya adalah, Arduino Uno, Lampu LED, Relay yang diganti menggunakan optocoupler, PCB  dan Esp.
3.3 Perancangan Arduino IDE
#include <UniversalTelegramBot.h>
#include <ESP8266WiFi.h>
#include <SoftwareSerial.h>
#include <WiFiClientSecure.h>

// Initialize Wifi connection to the router
char ssid[] = "ASUS-A407UF 8701";     // your network SSID (name)
char password[] = "Syaifudin123"; // your network key

// Initialize Telegram BOT
#define BOTtoken "1040988678:AAF_Q7zx4q6PjqWu1f0Lsg4SrbylXdcs0-k"  // your Bot Token (Get from Botfather)

WiFiClientSecure client;
UniversalTelegramBot bot(BOTtoken, client);

int relay3=12;
int relay4=13;

int Bot_mtbs = 10; //mean time between scan messages
long Bot_lasttime;   //last time messages' scan has been done
bool Start = false;

void handleNewMessages(int numNewMessages) {
  Serial.println("handleNewMessages");
  Serial.println(String(numNewMessages));

  for (int i=0; i<numNewMessages; i++) {
    String chat_id = String(bot.messages[i].chat_id);
    String text = bot.messages[i].text;

    String from_name = bot.messages[i].from_name;
    if (from_name == "") from_name = "Guest";
//perintah saklar internet
    if (text == "/Lampu1_On") {
        digitalWrite(relay3,HIGH);
        String welcome = "lampu 1 dihidupkan";
        bot.sendMessage(chat_id, welcome);
        Serial.println("\nPesan telah direima 1");}
    if (text == "/Lampu1_Off") {
      digitalWrite(relay3,LOW);
      String welcome = "Lampu 1 dinonaktifkan";
      bot.sendMessage(chat_id, welcome);
      Serial.println("\nPesan telah direima");}

     if (text == "/Lampu2_On") {
      digitalWrite(relay4,HIGH);
      String welcome = "Lampu 2 dihidupkan";
      bot.sendMessage(chat_id, welcome);
      Serial.println("\nPesan telah direima");}
     if (text == "/Lampu2_Off") {
      digitalWrite(relay4,LOW);
      String welcome = "Lampu 2 dinonaktifkan";
      bot.sendMessage(chat_id, welcome);
      Serial.println("\nPesan telah direima");}
 }
}
void setup() {
  Serial.begin(115200);
pinMode(relay3,OUTPUT);
pinMode(relay4,OUTPUT);

  // Set WiFi to station mode and disconnect from an AP if it was Previously
  // connected
  WiFi.mode(WIFI_STA);
  //WiFi.disconnect();
  //delay(100);

  // attempt to connect to Wifi network:
  Serial.print("Connecting Wifi: ");
  Serial.println(ssid);
  WiFi.begin(ssid, password);

  while (WiFi.status() != WL_CONNECTED) {
    Serial.print(".");
    delay(100);
  }

  Serial.println("");
  Serial.println("WiFi connected");
  Serial.print("IP address: ");
  Serial.println(WiFi.localIP());
}

void loop() {

  if (millis() > Bot_lasttime + Bot_mtbs)  {
    int numNewMessages = bot.getUpdates(bot.last_message_received + 1);

    while(numNewMessages) {
      Serial.println("got response");
      handleNewMessages(numNewMessages);
      numNewMessages = bot.getUpdates(bot.last_message_received + 1);
    }

    Bot_lasttime = millis();
  }
 }



BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
Tahap selanjutnya dari penelitian ini uji fungsi berupa pengujian pada kendali lampu dengan konsep IoT.
4.1        Uji Fungsi Lampu OFF
  
Gambar tersebut  merupakan hasil dari pengujian pada kendali lampu dengan konsep IoT.
4.2        Uji Fungsi Lampu ON
Gambar di atas merupakan hasil dari pengujian pada kendali lampu dengan konsep IoT. Lampu menyala setelah delay beberapa waktu bergantung pada kecepatan jarigan internet yang digunakan.

BAB V PENUTUP
5.1             Kesimpulan
Dari hasil pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Internet of Things yang diterapkan pada kendali lampu, hidup dan matinya lampu dengan praktis, sehingga user hanya berperan sebagai pengatur melalui remote control (Telegram app) dan pemantau bekerjanya alat. Lampu menyala setelah delay beberapa waktu bergantung pada kecepatan jarigan internet yang digunakan.

5.2             Saran
Untuk menghindari kegagalan pada sistem yang diterapkan pada kendali lampu, diharapkan langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan sistem dan menjaga konektifitas jaringan internet supaya konsep IoT yang diterapkan pada kendali lampu tetap berjalan lancar.

DAFTAR PUSTAKA
Soleh, Andi Susilo2016 Desain Dan Implementasi Smart Home System Pengendali Lampu Rumah Berbasis Arduino MegaJakarta : Seminar Riset Teknologi Informasi (Sriti).
Anggraini Kusumaningrum, Asih Pujiastuti dkk. Pemanfaatan Internet Of Things Pada Kendali LampuVolume 6, Nomor 1, Mei 2017

LAMPIRAN
   
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar