Jumat, 06 Desember 2019

IoT GERBANG



Disusun oleh :
1. Moh Hamdan ( 19051204004 )
2. Baiq Ellin Alvandra ( 19051204012 )
3. Fenerio Theodorich B. ( 19051204036 )
4. M Dhaniansyah C ( 19051204043 )
5. Priyamitha Ayu S ( 19051204044 )
6. Anak Agung Aryasatya D ( 19051204050 )
7. Antariksa Kusuma Putra (19051204052 )

BAB 1 : PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG


IoT Gerbang merupakan sketsa kecil dari penggunaan pintu gerbang otomatis dengan internet. IoT dikendaliakan langsung oleh remote atau joystick dengan menggunakan modul NodeMCU. Beberapa penelitian sudah dilakukan pada perangkat RC, diantaranya pada metode pengontolnya yang menggunakan modul Bluetooth dan wireless.


Pada penelitian ini, IoT memanfaatkan teknologi berbasis Internet of things (IoT), dimana remote control menggunakan aplikasi joystick yang diinstall pada smartphone yang terhubung ke jaringan seluler, untuk dapat mengendalikan sebuah mobil RC yang didalamnya terdapat sebuah NodeMCU, dengan menggunakan Blynk data dari aplikasi joystick dikirim ke cloud terlebih dahulu, dan NodeMCU pada perangkat gerbang melakukan singkronisasi data, jadi data yang berasal dari aplikasi joystick tidak langsung dikirim ke perangkat gerbang, akan tetapi disimpan terlebih dahulu di Blynk menggunakan fitur Blynk realtime database, penggunaan metode IoT bertujuan utuk membuat aplikasi joystick pada smartphone dapat berkomunikasi menggunakan internet melalui jaringan seluler sebagai media transmisinya.


1.2 RUMUSAN MASALAH

Apa itu IoT Gerbang?
Bagaimana cara kerja IoT gerbang ?

1.3 TUJUAN

Bentuk implementasi pembelajaran iot pada mata kuliah sistem digital dan pti.
Memplajari fungsi dan bagian dari beberapa modul pada perangkat iot

1.4 MANFAAT

Mendapat banyak wawasan dari perancangan produk iot
Dapat mengimplementasikan pembelajaran pada perkuliahan PTI dan Sistem Digital dengan membuat sebuah produk iot.


1.5 ALAT DAN BAHAN

Modul L298N



Kabel Jumper Female



Kabel Jumper Male to Female



Kabel Jumper Male



NodeMCU ESP8266



Battery Socket



Baterai 1.5V



Dinamo

1.6 PEMROGRAMAN YANG DIGUNAKAN

1. PEMROGRAMAN TANPA REMOT

void setup(){

pinMode(5,OUTPUT);

//sets the digital pin 13 as output

pinMode(4,OUTPUT);

}

void loop(){

digitalWrite(5,LOW);

//sets the digital pin 13 on

digitalWrite(4,HIGH);

delay (500);

//waits for a second

digitalWrite(4,LOW);

//sets the digital pin 13 off

digitalWrite(5,HIGH);

delay (500);

//waits for a second

}



2. PEMROGRAMAN DENGAN REMOT

#define BLYNK_PRINT Serial

#include <ESP8266WiFi.h>

#include <BlynkSimpleEsp8266.h>

// You should get Auth Token in the Blynk App.

// Go to the Project Settings (nut icon).

char auth[] = "wSHkA01liktG1aUxg7FE8gpwOkdfQxZ0";


// Your WiFi credentials.

// Set password to "" for open networks.

char ssid[] = "Asus";

char pass[] = "asty0710";

void setup()

{

// Debug console
Serial.begin(9600);

Blynk.begin(auth, ssid, pass);
}
void loop()
{
Blynk.run();
}

3.Tutorial untuk menggunakan Blynk

Download library zip blynk. Dapat di dapat pada link ini :https://github.com/blynkkk/blynk-library



Extract zip yang sudah di download




copy file zip yang sudah di extract




Masukan file Blynk yang dicopy ke dalam file Arduino IDE




Buka aplikasi Arduino IDE, lalu lakukan sesuai dengan yang di atas.




Akan keluar program seperti tampilan di atas. Kemudian masukan nama hotspot handphone yang akan digunakan pada "YourNetworkName" dan passwordnya pada "YourPassword". Kemudian buka aplikasi Blynk pada handphone, untuk mendapatkan "yourAuthToken".



Download Blynk di appstore atau di internet. Lalu login masuk kedalam Blynk seperti gambar.



Akan muncul tampilan di atas setelah login. Pilih new project.



Setelah memilih new project tulis nama project dan pilih device yang akan digunakan (karena kami akan menggunakan modul NodeMCU maka kami akan memilih device ESP8266). Lalu klick create.



Setelah mengeklik create maka akan muncul tampilan sebagai berikut. Pada tampilan tersebut diberitahukan bahwa token yang akan dimasukan pada "yourAuthToken" di pemrograman akan dikirim melaui email yang sudah terdaftar pada Blynk. Lalu klik ok.



Setelah melakukan creat new project maka akan keluar halaman seperti dia atas. Pilih tombol yang tersedia sesuai dengan kebutuhan.



Setelah memilih tombol yang ingin digunakan, akan keluar seperti diatas. Klik pada tombol yang tersebut, lakukan setting kegunaan tombol pada program.



Setting yang keluar akan seperti ini bila memilih tombol seperti pada kelompok kami. Klik pada output lalu pilih output yang akan digunakan sesuai modul yang telah ditentukan.


Setelah penyetingan selesai, tekan tombol segitiga (play) pada pojok kanan atas. Maka tampilan akan keluar seperti diatas yang artinya sudah siap terhubung dengan modul. 



1.7 METODE PERANCANGAN

Perancangan adalah tahap penting dalam pembuatan suatu perangkat tetapi sebelum melakukan perancangan terhadap benda kerja maka terlebih dahulu dipersiapkan suatu perencanaan yang baik untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Berikut langkah kerja pembuatan Iot Gerbang:

1. Pembuatan bagian IoT meliputi :
a. Pemilihan komponen.
b. Perakitan komponen.
c. Hasil terbentuknya komponen.

2. Pembuatan bagian mekanik dengan mendesain bentuk alat.

3. Pengisian program pada komponen gerak


1.8 RENCANA ANGGARAN BIAYA

Alat dan Bahan:

1. L298N Motor Driver: Rp 35.000,00

2. Kabel Jumper female: Rp 21.000,00

3. Kabel Jumper male female: Rp 22.000,00

4. Kabel Jumper male: Rp 22.000,00

5. NodeMCU Esp8266: Rp 44.000,00

6. Socket battery: Rp 19.000,00

7. Baterai 1.5V 2 buah: Rp 7.000,00

8. Dinamo: Rp 19.500,00

Total: Rp 189.500,00

BAB 2

TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Internet of Things (IoT)


Internet of Things (IoT) dapat didefinisikan sebagai infrastruktur jaringan yang dinamis dengan kemampuan mengkonfigurasi sendiri berdasarkan komunikasi protokol standar, dimana barang fisik dan virtual memiliki identitas dan karakteristik, dengan dukungan cloud computing, memungkinkannya untuk mengakses informasi dari Internet, menyimpan dan mengambil data dan selalu terhubung.

2.2 NodeMCU

NodeMCU adalah firmware berbasis scripting eLua untuk hardware ESP8266 WiFi SOC buatan Espressif system, firmware yang diguanakan berbasis pada Espressif NON-OS SDK dan mengugunakan sistem file berbasis pada spiff (SPI flash file system) untuk embedded system, NodeMCU dapat dipergunakan sebagai platform IoT karena sifat firmware-nya yang opensource.

2.3 Motor driver L298N

Motor driver L298N adalah sebuah modul motor driver yang banyak digunakan di dunia elektronika untuk mengendalikan arah putaran dan kecepatan motor DC. IC L298 adalah sebuah IC tipe H-Bridge yang mampu mengendalikan beban-beban induksi seperti relay ,selonoid, motor DC dan motor Stepper.

BAB 3 : RANCANG BANGUN

3.1 PROSEDUR PERANCANGAN PRODUK


1. Mencari informasi alat yang ingin di gunakan
2. Membeli bahan bahan yang sudah dipastikan
3. Mencari tau fungsi fungsi dari bagian iot
4. Mulai merancang sketsa awal produk
5. Melakukan pembuatan produk
6. Membuat pemrograman
7. Melakukan testing pada produk
8. Finalisasi produk iot




BAB 4 FOTO PRODUK DAN KELOMPOK


Percobaan apakah bekerja dengan baik atau tidak


percobaan menggunakan rellay (tetapi tidak jadi digunakan)


mencoba menentukan titik modul di NodeMCU untuk digunakan pemrograman


percobaan alat dengan remot


foto kelompok dengan alat




 BAB 5

KESIMPULAN

5.1 KESIMPULAN

Berdasarkan hasil percobaan membuat IoT Gerbang dapat disimpulkan bahwa, pada penggunaan modul L298n kita dapat membuat rotasi pada 2 buah dinamo sekaligus, dan pada saat pengguanaan modul L298n kita dapat menentukan kearah mana dinamo yang kita pilih akan berputar. Pada modul NodeMCU merupakan sebuah modul transmiter yang berfungsi menyimpan pemrograman yang kemudian akan ditransfer pada modul yang terhubung, seperti pada kelompok kami yaitu L298n. Kemudian dinamo, pada dianamo tidak terdapat sumbu positif atau negatif, yang ada hanya arah putaran. Ketika kita meletakan secara terbalik atau pun tidak terbalik maka yng terjadi hanya putaranya yang berubah entah searah jarum jam atau tidak. Kemudian soket battre dan battre nya, bahan ini merupakan komponen penting pada saat penggunaan modul L298n, dikarenakan pada modul L298n membutuhkan daya yang berfungsi mengatur dinamo yang tertempel pada modul yang kemudian di program sesuai pada NodeMCU. Pada pemrograman NodeMcu untuk ke L298n, pemrograman hanya berbentuk sebuah perintah apakah bagian pada modul L298n harus di aliri listrik atau tidak dan seberapa lama akan dialiri listrik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar