Anggota Kelompok :
1. Zaemita Wahidatul F. (19051204015)
2. Fardeen Atallah Kabir (19051204022)
3. Firda Siska Audina (19051204031)
4. Seriusman Waruwu (19051204034)
5. Bara Laily Mubarok (19051204045)
6. M. Ibnu Umar R (19051204048)
6. M. Ibnu Umar R (19051204048)
7. Reggy Samius (19051204047)
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Internet of Things adalah suatu sistem di mana semua
alat-alat bisa terhubung menjadi dapat saling berkomunikasi. Ini memungkinkan
pengguna mengontrol semua alat-alat di rumahnya dari jarak jauh hanya dengan
menggunakan perangkat genggam yang terhubung dengan internet. Jangkauan dari
internet ini sangat luas, sehingga ini bisa dimafaatkan dalam kontrol barang
elektronik jarak jauh. Kebutuhan manusia akan mengontrol benda benda di
sekitarnya tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sangatlah penting. Dimasa depan,
mengontrol segala sesuatu menjadi sangatlah mudah dengan adanya sistem internet
of things ini.
Contoh penggunaan sehari hari dari internet of things ini
begitu banyak. Contohnya, pagar dengan bantuan IoT bisa terbuka sendiri ketika
informasi dari GPS Anda telah menyatakan bahwa jarak antara perangkat dan pagar
itu dekat. Contoh lain yaitu, segala peralatan yang menggunakan listrik dirumah
Anda akan dimatikan otomatis ketika sistem menentukan bahwa Anda sudah
meninggalkan rumah. Masih banyak lagi contoh yang bisa membuktikan bahwa IoT
ini sangat diperlukan dimasa depan. Selain itu, IoT ini juga memungkinkan dalam
penghematan penggunaan daya. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan
pemanfaatan IoT ini. Dengan demikian, pengetahuan tentang IoT ini sangat perlu
diasah dari sekarang melalui membuat sistem yang sederhana mengenai pemanfaatan
IoT untuk menghubungkan benda disekitar Anda dalam satu sistem yang sama untuk
dapat di kendalikan secara serentak menggukanan perangkat yang bisa Anda
gunakan kapan saja dan di di mana saja.
1 1.2
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana
merancang suatu sistem kontrol lampu menggunakan IoT?
2.
Bagaimana
cara mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari?
3.
Apa
saja kelebihan dan kekurangan alat?
1 1.3
Tujuan Penyusunan Laporan
Tujuan penyusunan laporan hasil
kegiatan ini adalah :
1. Mengetahui contoh alat yang
memanfaatkan IoT
2. Mengerti tata cara kerja dari
perangkat IoT.
3. Dapat memahami manfaat
penggunaan IoT.
BAB
II
PEMBAHASAN
2 2.1
Pengertian
1. Internet of Things
Internet
of Things adalah suatu sistem di mana semua alat-alat bisa terhubung menjadi
dapat saling berkomunikasi. Ini memungkinkan pengguna mengontrol semua
alat-alat di rumahnya dari jarak jauh hanya dengan menggunakan perangkat
genggam yang terhubung dengan internet. Jangkauan dari internet ini sangat
luas, sehingga ini bisa dimafaatkan dalam kontrol barang elektronik jarak jauh.
2. IoT Lamp
IoT
Lamp merupakan sebuah alat yang terhubung ke internet yang dapat mengontrol
lampu secara jarak jauh dan dapat dilakukan kapan saja.
3. API
API(Application Programming Interface) secara singkat merupakan teknologi yang menjadi sebuah jembatan komunikasi, dimana memungkinkan programmer untuk melakukan pertukaran informasi data melalui dua perangkat yang berbeda atau lebih melalui jaringan internet. Dengan ini perangkat yang tidak memiliki dedicate ip public dalam melakukan komunikasi dengan perangkat lainnya hanya menggunakan seret code API.
Dengan adanya teknologi tersebut kita dapat memanfaatkannya untuk membuat sebuah perangkat berbasis IoT(Internet of Things) untuk emmatikan dan menghidupkan lampu relay menggunakan perangkat ESP8266 melalui internet dengan API dari bot telegram tersebut.
Dengan adanya teknologi tersebut kita dapat memanfaatkannya untuk membuat sebuah perangkat berbasis IoT(Internet of Things) untuk emmatikan dan menghidupkan lampu relay menggunakan perangkat ESP8266 melalui internet dengan API dari bot telegram tersebut.
4. Telegram
Telegram
merupakan aplikasi bertukar pesan berbasis cloud, sehingga dapat memungkinkan
membuat bot yang digunakan sebagai interface control bagi user dan akan
disambungkan ke alat melalui API.
2.2 Alat Dan Bahan
1.
NodeMCU ESP8266
2.
Relay
3.
Kabel USB
4.
Kabel Jumper
5.
Adapter
6.
Wooden Stick
7. Fischer
Nama
Barang
|
Harga
|
NodeMCU
|
Rp. 80.000
|
Relay
|
Rp. 25.000
|
Kabel USB
|
Rp. 10.000
|
Kabel Jumper
|
Rp. 6000
|
Adapter
|
Rp. 10.000
|
Wooden Stick
|
Rp. 4000
|
Fischer
|
Rp. 4500
|
Jumlah
|
Rp.
139.500
|
2.3
Cara Kerja
1. Pastikan semua alat dan bahan siap dipakai.
2. Sambungkan kabel jumper female to female menjadi
sebuah rangkaian. Berikut rangkaiannya.
3. Pastikan PC anda terhubung ke internet terlebih dahulu. Lalu buka aplikasi Arduino IDE.
4. Pertama, masuk ke menu Tools → Board → Board Manager.
5. Kemudian tulis kata
“ESP8266” pada gambar di bawah ini dan pilih versi 2.5.0 dan tekan tombol
install.
Saat IOT Lamp dinyalakan, alat tersebut akan mencari wifi
dengan ssid yang sudah diset di program, jika wifi dengan ssid yang ditentukan
tidak dapat ditemukan, alat akan restart dan memulai untuk mencari wifi sampai
wifi yang telah diset ditemukan, kemudian disambungkan dengan password yang
juga sudah diset. Setelah terhubung ke internet, alat akan mencari dan
menyambungkan bot telegram dengan menggunakan bot token. Kemudian alat akan
mencari pin yang digunakan.
Setelah semua berhasil dihubungkan, maka lanjut
ke fungsi looping, fungsi ini akan dijalankan terus-menerus, selama alat tetap
terhubung ke internet dan bot telegram. Pertama alat akan menunggu pesan yang
masuk, jika pesan yang masuk sesuai dengan kode, maka perintah untuk pin yang
terhubung akan dijalankan.
Hasil pengetesan telegram :
Hasil pengetesan telegram :
2.4
Program dan Flowchart
#include <CertStoreBearSSL.h>
#include <ESP8266WiFi.h>
#include <WiFiClient.h>
#include <WiFiClientSecure.h>
#include <WiFiClientSecureAxTLS.h>
#include <WiFiClientSecureBearSSL.h>
#include <TelegramBot.h>
int ledPin = 0;
const char* ssid = "HeroLoser";
const char* password = "12345678";
const char BotToken[] =
WiFiClientSecure net_ssl;
TelegramBot bot (BotToken, net_ssl);
void setup()
{
Serial.begin(115200);
while (!Serial){}
delay(3000);
Serial.print("Connecting WiFi :
");
Serial.println(ssid);
WiFi.begin(ssid, password);
pinMode(ledPin, OUTPUT);
while (WiFi.status() !=
WL_CONNECTED)
{
delay(500);
Serial.print(".");
}
Serial.println("");
Serial.println("WiFi connected");
bot.begin();
}
void loop()
{
message m = bot.getUpdates();
if (m.text.equals("On"))
{
digitalWrite(ledPin, HIGH);
Serial.println("message
received");
bot.sendMessage(m.chat_id, "The Led
is now ON");
}
else if (m.text.equals("Off"))
{
digitalWrite(ledPin, LOW);
Serial.println("message
received");
bot.sendMessage(m.chat_id, "The Led
is now OFF");
}
else if (m.text.equals("/start"))
{
Serial.println("message
received");
digitalWrite(ledPin, LOW);
bot.sendMessage(m.chat_id, "Device
Ready to Use");
}
delay(5000);
}
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Internet
of Things adalah suatu sistem di mana semua alat-alat bisa terhubung menjadi dapat
saling berkomunikasi.
IOT
Lamp merupakan sebuah alat yang terhubung ke internet yang dapat mengontrol
lampu secara jarak jauh dan dapat dilakukan kapan saja.Alat ini bekerja dengan
dikontrol melalui bot telegram.
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar