Sabtu, 13 April 2019

Pemanfaatan IOT & AI pada Smarthelm Latar belakang


Nama Kelompok
1. Gregorious ferdyan sahputra                                              (18051204051)
2. Ahmad Ilham Ali Mashudi                                                 (18051204075)
3. Septian Wahyu tricahya                                                      (18051204077)

Pemanfaatan IOT & AI pada Smarthelm
Latar belakang
            JARVISH smart helm menjadi insprasi kami dalam merancang smart helm ini. helm pun sudah menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau lebih kita kenal sebagai artificial intelligence (AI). Helm tersebut bernama Jarvish Smart Helmets yang telah terintegrasi dengan HUD dan juga kamera 360 derajat. Diwartakan oleh rideapart.com produsen helm yang berbasis di Taiwan ini mengkalim helm pintarpertama di dunia
            Di era yang menuju kemodernisasi ini banyak sekali inovasi inovasi yang harus dikembangkan dalam rangka untuk memudahkan kehidupan manusia serta agar tidak tergerus oleh kemajuan zaman. Semakin kesini semakin padat juga penduduk di bumi hal itu juga akan berdampak pada semakin ramainya orang yang melakukan mobilitas tinggi. Tentunya semakin tinggi mobilitas juga akan berpengaruh pada jumlah pengendara yang berada di jalan raya. Hal itu juga akan menyebabkan semakin tinggi nya kemungkinan resiko seseorang mengalami kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu perlu adanya inovasi inovasi yang dapat mempermudah
kehidupan manusia. Oleh karenanya kami ingin menciptakan sebuah terobosan dalam dunia berkendara, dengan mengembangkan beberapa barang atau benda yang sudah ada kami mencoba menginovasinya serta disesuaikan dengan kebutuhan sekarang. Oleh karenanya terciptanya smart helm ini.


Deskripsi
            Smart helm merupakan sebuah helm yang dilengkapi dengan kemampuan Artifical intelligence (AI) dan juga internet of thing (IOT). Pada dasarnya bentuk dan juga fungsi utama smart helm ini adalah sama yaitu untuk melindungi bagian kepala seorang pengendara dari sebuah kecelakaan. Namun yang membedakan smart helm ini dengan helm biasa yaitu
smart helm ini dilengkapi dengan beberapa fitur yang sangat membantu dalam hal berkendara, diantaranya adalah global positioning system (GPS), pengukur kecepatan, prakiraan cuaca, dan sebuah sistem yang dapat mendeteksi bahaya.

Tujuan
            Adapun tujuan dari terciptanya smart helm ini adalah untuk mempermudah pengendara saat berkendara. adapun tujuan lainya untuk menambah fitur – fitur yang menunjang kegiatan pengendara, seperti layanan maps, pendeteksi kecepatan & sinyal bahaya, pendeteksi cuaca yang umumnya fitur – fitur ini terdapat pada smartphone kami ingin agar pengendara tidak perlu untuk membuka smartphone tetapi mendapatkan fitur – fitur canggih tersebut.
Fitur – fitur smart helm :
·         GPS
o   Seperti yang kebanyakan orang tau bahwa gps digunakan untuk menentukan lokasi kita,dengan adanya gps seseorang dengan mudah menentukan lokasi nya, gps ini menggunakan sinyal khusus yang terhubung dengan satelit
·         Pedeteksi kecepatan dan bahaya
o   Pada studi kasus ini, alat / hardware yang digunakan dalam pendeteksi kecepatan dan bahaya Memanfaatkan Gps pada komponen, dengan pemrograman khusus membaca pergerakan tiap 0.5 second pada gps akan memungkinkan sensor ini berkerja  secara optimal, program ini juga akan mendeteksi jika kecepatan pengguna melebihi batas kecepatan tertentu maka gps akan mengirimkan perintah ke prosesor selanjutnya di proses dan langsung di keluarkan dalam bentuk audio pada speaker yang disediakan
·         Prakiraan Cuaca
o   Perkiraan cuaca pada smarthelm ini memanfaatkan koneksi internet pada helm, dengan mengirimkan perintah berupa lokasi tertentu ke server www.accuwheater.com dan pada akhirnya cuaca akan di tampilkan pada layar transparan
·         screen HD resolution
o   dengan modifikasi khusus yang menanamkan layar pada kaca helm akan memungkinkan informasi di tampilkan pada kaca

IOT (INTERNET OF THINGS)
Internet of Thing (IoT) adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. IoT telah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS), dan Internet. Pada Helm ini IoT berfungsi apabila pengguna HELM ini mengalami kecelakaan maka otomatis akan mengirimkan notifikasi kepada rumah sakit terdekat dan otomatis menghubungi keluarga korban.
   
AI (ARTIFICAL INTELIGENCE)




Adalah sebuah system yang mampu melaksanakan perintah layaknya seperti kecerdasan otak pada manusia yang deprogram khusus untuk menjalani suatu perintah terentu. Pada helm ini digunakan untuk mengaktifkan fitur – fitur yang tersedia dalam bentuk perintah lisan yang akan langsung bekerja.

Connectivitas Support
Dengan menggunakan bantuan demi menunjang IOT pada helm tersebut jadi pada dasarnya jika ingin iot itu berfungsi dengan sempurna maka membutuhkan
Spesification :
low cost wifi router 
4G LTE 700Mhz 
CDMA 1xEVDO Rev. A/Rev. 0: 800/1900 MHz 
VPN compatible 
Chipset: MDM9600

Skema Umum Jaringan
 







Penjelasan skema :
            Skema diatas adalah skema dari jaringan IOT dari smart helm. Yaitu ketika si pengguna smart helm tersebut mengalami kecelakaan smart helm terdebut mengirimkan sinyal, kemudian sinyal tersebut dikirimkan menuju pemancar (tower) dan kemudian ketika sinyal tersebut telah diterima oleh pemancar kemudian diteruskan kepada sistem. Setelah diterima oleh sistem maka sinyal tersebut diolah menjadi sebuah data yang meliputi lokasi terkini korban dan lokasi rumah sakit terdekat dengan korban. Setelah sudah mengetahui data tersebut maka langsung otomatis menghubungi rumah sakit terdekat dengan korban untuk diberikan pertolongan secepat mungkin.

Komponen pada Smart Helm :
-         Ic Audio WS16

            Merupakan Pengolah sinyal suara menjadi suara yang dikeluarkan oleh speker dan mic. Di dalamnya juga terdapat PCM (Pulse Code Module) dan EEPROM yang berfungsi untuk membaca kode sinyal yang datang dari operator untuk disesuaikan dengan perintah yang dikeluarkan.






-         Sensor sonar

Sensor sonar  menggunakan rambatan energi akustik pada frekuensi yang lebih tinggi dibanding pendengaran normal manusia untuk memperoleh informasi dari lingkungan. Sensor sonar iki berfungsi untuk penghindaran rintangan (Obstacle avoidance). Yaitu dengan cara Gema (sinyal echo) pertama yang dideteksi pertama diasumsikan untuk mengukur jarak dari benda terdekat. Sehingga pengguna smart helm bisa mengetahui posisi kendaraan yang berada didepan sehingga bisa meminimalisir terjadinya benturan atau kecelakaan.

-         Mini camera
            Mini camara merupakan camera yang berukuran sangat kecil. Mini camera ini nanti juga akan berfungsi sebagai pengganti spion dan gambar hasil tangkapan kamera ini nantinya akan ditampilkan didalam layar transparant pada helm.









-         LCD transparent background 7 inc
Merupakan suatu jenis media display (tampilan) yang menggunakan kristal cair (liquid crystal) untuk menghasilkan gambar yang terlihat. Teknologi Liquid Crystal Display (LCD) atau Penampil Kristal Cair sudah banyak digunakan pada produk-produk seperti layar Laptop, layar Ponsel, layar Kalkulator,dll. Nantinya LCD ini berfungsi untuk menampilkan beberapa fitur yang terdapat pada smart helm.






-         Antena
Merupakan alat untuk mengubah sinyal listrik menjadi sinyal elektromagnetik, lalu meradiasikannya (pelepasan energi elektromagnetik ke udara/ruang bebas). Antena ini nantinya akan berfungsi dalam menunjang IOT dengan cara meradiasikan sinyal yang nantinya akan ditangkap oleh tower dan diteruskan ke sistem yang nantinya akan diubah menjadi sebuah data.






-         Modul gyhroscope
                  
 Merupakan modul sensor untuk pengukuran kecepatan sudut. Modul ini berbasis IC L3G4200D buatan STMicrolectronics. Sensor ini mampu mengukur kecepatan sudut pada 3 sumbu dengan range pengukuran yang dapat dipilih oleh pengguna. Selain itu, modul ini juga memiliki kemampuan untuk memilih bandwidth atau kecepatan output data, memiliki FIFO buffer, serta memiliki pin dan sistem interupsi.




-         Speaker
  
Merupakan alat untuk mengeluarkan suara. Nantinya alat ini akan mengeluarkan suara dari gps atau peringatan bahaya. Suara tersebut nantinya akan dikeluarkan melalui speaker ini.









-         Gps module 
          Merupakan sistem navigasi yang menggunakan satelit yang didesain agar dapat menyediakan posisi secara instan, kecepatan dan informasi waktu di hampir semua tempat di muka bumi, setiap saat dan dalam kondisi cuaca apapun.





-         Batery
          Merupakan suatu komponen yang digunakan untuk menyimpan energi yang nantinya digunakan untuk menjalankan semua sistem yang ada di smart helmet ini.






-         Saklar Touch Screen
            Merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk memutuskan jaringan listrik, atau untuk menghubungkannya. Jadi saklar pada dasarnya adalah alat penyambung atau pemutus aliran listrik










Cara Kerja SMART HELM :
1.       Pertama ketika smarthelm di nyalakan, system akan melakukan booting, pada saat itu juga semua komponen akan di nyalakan, dan pada akhir nya gambar interface dapat di atmpilkan pada layar      
2.       Selanjutnya untuk sensor kecepatan dan bahaya, smarthelem selalu mentracking lokasi kita setiap 0.5 second dan dengan bantuan pemrograman jika speed pengguna melebihi dari speed yang ditentukan maka smarthelm akan berbunyi, pada sensor bahaya smarthelm akan mendeteksi adanya benturan yang tidak wajar, jika helm tersebut mengalami kemiringan secara tiba tiba dan mengalami benturan smarthelm akan mengirimkan suatu perintah ke server yang telah ditentukan
3.       Sensor penunjuk jalan bekerja dengan bantuan GPS pada smarthelm, GPS ini dapat bekerja optimal pada smartcity dan kurang optimal jika bekerja pada pegunungan atau jalanan hutan.
4.       Jika kita mensetting terlebih dahulu gps ke tempak tujuan maka gps akan menyimpan data perkiraan cuaca pada daerah yang dilewati yang nantinya akan di tampilkan sebelum melewati daerah tersebut

Conectivitas Board



Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar