Rabu, 03 April 2019

MY-WATCH


              Mohammad Aris Saputra            (18051204041)
         Muhammad Naufal Ammar R    (18051204049)
         Fachriza Dian Adiatma                (18051204061)

        INSPIRATION

           Pesatnya perkembangan teknologi pada era ini membuat jam tangan tidak hanya untuk penunjuk waktu namun jam tangan saat ini dapat menjadi alat penyambung komunikasi, serta penunjang gaya hidup yang andal. Selain fungsinya yang makin canggih tampilannya juga tetap stylish.
             Dan mywatch adalah perkembangan dari smartwatch dengan fitur – fitur yang lebih canggih.  Apakah anda pernah membayangkan memiliki smartwatch yang mempunyai asistan virtual yang dapat mengingatkan anda , mencarikan sesuatu pada google, dan dapat memantau semua yang ada pada smartphone anda?


     A.   PENGERTIAN SMARTWATCH



      Smartwatch adalah jam tangan yang telah terkomputerisasi dengan fungsi - fungsi dari smartphone. Sekarang smartwatch bisa melakukan panggilan, mengecek tekanan darah, dan browsing.

     B.    SEJARAH SMARTWATCH

1982 - Pulsar: dapat menyimpan 24 digit memori dan dapat terhubung ke printer 
1994 Timex Datalink: dapat terhubung secara nirkabel ke PC
1999 Samsung memperkenalkan telepon arloji pertama dengan antena, layar LCD
2000 IBM memperkenalkan arloji dengan kalender, kompatibilitas Bluetooth, dan memori flash sebesar $ 399
2003 Fossil merilis arloji yang menjalankan Palm OS
2004 Microsoft merilis jam tangan dengan teknologi SPOT untuk mengintegrasikan perangkat lunak dengan aktivitas sehari-hari
2010 Sony merilis Live View yang merupakan tampilan bluetooth eksternal untuk Android
2013- "The Year of the Smartwatch" Apple BlackBerry, Google, LG , Microsoft, Samsung, Sony all aktif terlibat dalam pengembangan smartwatch.

    C.   FITUR – FITUR SMARTWATCH
·         Kamera
·         Accelerometer
·         Termometer
·         Altimeter
·         Barameter
·         Kompas
·         Kronograf
·         Kalkulator
·         Layar Sentuh
·         Navigasi GPS
·         Tampilan Peta
·         Speaker
·         Sdcard
·         Baterai Isi Ulang

    D.   CICRET BRACELET

             CICRET BRACELET adalah gelang pintar yang memiliki proyektor kecil (pico projector) dan 8 buah sensor(proximity sensor) yang bisa menampilkan apa yang ada diponsel ke permukaan pergelangan tangan dan sekaligus mengontrolnya layaknya sebuah tablet.

    E.    CARA KERJA CICRET BRACELET

            Proyektor pico memproyeksikan antarmuka di lengan Anda Saat Anda meletakkan jari di antarmuka, Anda menghentikan salah satu dari 8 sensor jarak jarak jauh, Lalu sensor mengirimkan informasi kembali ke prosesor yang ada di Gelang Cicret Anda.
         

    F.    HOLOGRAM

            Hologram adalah produk dari teknologi holografi. Hologram terbentuk dari perpaduan dua sinar cahaya yang koheren dan dalam bentuk mikroskopik. Hologram bertindak sebagai gudang informasi optik. Informasi-informasi optik itu kemudian akan membentuk suatu gambar, pemandangan, atau adegan. Hologram merupakan jelmaan dari gudang informasi (information storage) yang mutakhir. Kelebihan hologram ialah ia mampu menyimpan informasi, yang di dalamnya memuat objek-objek 3 dimensi (3D). Tidak hanya objek-objek yang biasa terdapat di foto atau gambar pada umumnya. Hal itu disebabkan prinsip kerja hologram tidak sesederhana lensa fotografi. Hologram menggunakan prinsip - prinsip difraksi dan interferensi, yang merupakan bagian dari fenomena gelombang.

    G.   CARA KERJA HOLOGRAM

           Hologram merupakan sebuah proses penampilan gambar yang terbentuk akibat terbentuknya pola pencampuran sinar ketika dua sinar laser bertumbuk pada satu permukaan holograf. Salah satu dari sinar tersebut dinamakan Reference Beam yaitu sinar yang tidak memantul pada objek, sedangkan sinar yang lain disebut Object Bea karena memantul dan mengenai objek

    H.   HOLOVECT

            HOLOVECT adalah singkatan dari holographic vector display yaitu device yang diklaim sebagai layar hologram desktop pertama di dunia karena betul betul mampu menggambar objek tiga dimensi di udara dengan cahaya       
Jaime Ruiz-Avila adalah penemu dari holovect.
              Ruiz-Avila dan timnya menemukan cara untuk menghasilkan udara dengan indeks refraksi berbeda, gunanya ialah buat memantulkan (atau menangkap) sinar laser. Dengan mengendalikan arah laser ke udara yang telah dimodifikasi, komputer mampu ‘menempatkan’ pixel ataupun voxel 3D. Versi mark II Holovect kabarnya sanggup menggambar 50 benda dalam satu detik di area seluas 12-sentimeter persegi.



   I.       MY WATCH

A.   PENGERTIAN MYWATCH

              MY WATCH adalah smarth watch yang dibekali asisten yang merupakan pengembangan dari artificial intelligence, dan fitur yang seperti pada smarthphone namun dibuat menjadi kecil atau lebih efisien dari smartphone zaman sekarang.
              MY WATCH di desain untuk pengguna yang sibuk atau pebisnis.Dengan fitur Artificial Intelegence yang ada pada MY WATCH, MY WATCH dapat diaktifkan dengan suara dan dapat mengatur jadwal penggunanya. MY WATCH akan mengatur jadwal sang pengguna dengan pengingat yang muncul layaknya proyektor atau hologram dan mengeluarkan suara. MY WATCH juga bisa digunakan sebagai pengganti sekretaris atau pengatur jadwal yang handal dengan Algoritma khusus dan mengetahui keadaan pengguna lewat denyut nadi yang di scan pada tangan MY WATCH dipakai. 
              MY WATCH juga bisa diajak berdiskusi oleh penggunanya dengan memaksimalkan Artificial Intelligence yang terhubung oleh server Big Data dan juga Search Engine yang bisa menampilkan informasi informasi apa saja yang diperlukan oleh pengguna dan dapat dikenakan secara praktis tanpa membuka tutup perangkat layaknya perangkat gawai yang saat ini banyak digunakan orang.

B.    KOMPONEN – KOMPONEN MYWATCH

1.      Wireless charge module
2.      Battery
3.      Antenna
4.      ICS 43432
5.      SPEAKER
6.      VIBRATOR
7.      SK HYNIX DRAM 4GB
8.      TOUCHSCREEN CONTROLLER
9.      SENSOR MODULE
10.  POWER MANAGEMENT IC
11.  BROADCOM BCM 4343
12.  PROCESSOR
13.  MINI CAMERA 
14.  PROXIMITY SENSOR LONG RANGE
15.  PICO PROYEKTOR
16.  LCD

C.   PENJELASAN KOMPONEN – KOMPONEN MYWATCH

LAYER 1


1.      Wireless charge module
      Module yang digunakan sebagai penerima dan transmisi daya dari charge yang disalurkan wireless pada module ini yang kemudian dihubungkan pada module BCM4343.
2.      Battery
Berfungsi untuk menyimpan energy yang di perlukan oleh smartwatch.

LAYER 2

1.      Antenna
Berfungi untuk menerima sinyal radio dari luar.

LAYER 3

1.      ICS 43432
      Merupakan module microphone yang berfungsi untuk input suara. Dengan fitur
• Digital I²S Interface with High Precision 24-bit Data 
• High 65 dBA SNR
• −26 dB FS Sensitivity
• ±1 dB Sensitivity Tolerance
• Wide Frequency Response from 50 Hz to 20 kHz
• Low Current Consumption: 1.0 mA
• High Power Supply Rejection: −80 dB FS
• 116 dB SPL Acoustic Overload Point
• Small 4 mm × 3 mm × 1 mm Surface-Mount Package
• Compatible with Sn/Pb and Pb-Free Solder Processes 
• RoHS/WEEE Compliant
2.      SPEAKER
Berfungsi sebagai output suara.
3.      VIBRATOR
Berfungsi sebagai sensor getar.
4.      SK HYNIX DRAM 4GB
       Berfungsi sebagai RAM pada smartwatch yang menunjang pengoperasian MY WATCH.
5.      TOUCHSCREEN CONTROLLER
Berfungsi untuk kita berinteraksi dengan layar pertama
6.      SENSOR MODULE
Berisi module sensor accelerometer dan gyroscope
7.  POWER MANAGEMENT IC
Adalah IC yang digunakan untuk mengatur daya pada smartwatch.
8.  BROADCOM BCM 4343
      Adalah modul untuk penangkap gelombag radio seperti wireless dan Bluetooth ntuk menghubungkan sebuah perangkat smarthwatch ini dengan perangkat komunikasi lainnya , atau menghubungkan ke jaringan lainnya dan support wireless charge. Di dalam BCM 4343 ini terdapat chip yang mengatur jalannya module tersebut yaitu chip CYW4343 
      Berikut adalah contoh penerapan wireless charging :

9.  PROCESSOR
      Menggunakan qualcomm sd 855 yang berfungsi untuk mengontrol semua jalannya sistem yang didukung oleh beberapa fitur . Pada Processor ini sudah ada Artificial Intelligence Egine Yaitu :
• Qualcomm® Hexagon™ 690 Processor
• Qualcomm® Hexagon™ Vector Accelerator
• Qualcomm® Hexagon™ Tensor Accelerator
• Qualcomm® Hexagon™ Voice Assistant
• Qualcomm® All-Ways Aware™ Hub
• Qualcomm® Adreno™ 640 GPU • Qualcomm® Kryo™ 485 CPU
Yang juga didukung oleh jaringan 5G yang tentunya dibutuhkan di masa depan, kemudian adanya fitur fast charging yang jika dikombinasikan dengan wireless charging akan dapat kesempurnaan untuk menunjang pengguna yang sibuk.

LAYER 4

1.  MINI CAMERA 
Berfungsi untuk mengambil gambar atau video sesuatu objek.
2.  PROXIMITY SENSOR LONG RANGE
Berfungsi untuk mengetahui titik dimana kita melakukan interaksi dengan layar ke 2 proyeksi pada tangan.
3.  PICO PROYEKTOR
Berfungsi untuk menampilkan layar ke 2 pada tangan agar tampilan terlihat lebih besar.

LAYER 5

1.  LCD
Merupakan layar pertama pada smartwatch.

D.   FITUR


Dengan beberapa komponen yang ada pada MYWATCH maka MYWATCH memiliki beberapa fitur yaitu :

·         Pengaturan Jadwal yang dapat diatur oleh pengguna namun bisa didiskusikan dengan fitur Artificial Intelegence MY-WATCH yang menerima data dari sensor yang digunakan untuk merasakan nadi pengguna agar bisa mengatur jadwal namun juga tau kondisi kesehatan.
·         Fitur Voice Lock & Unlock yang terintegerasi pada Artifial Intelegence untuk dapat mengaktifkan MY WATCH dan menggunakan fitur-fitur yang ada pada MY WATCH.
·         Fitur Discusion atau berinteraksi dengan MY WATCH untuk dapat mengetahui informasi yang dibutuhkan dengan memaksimalkan Big Data dan Search Engine yang terintegerasi dan konsultasi tentang kesehatan pengguna serta menanyakan jadwal yang sudah diatur oleh pengguna, dimana ketika ingin berinteraksi dengan MY WATCH atau ketika MY WATCH mengingatkan jadwal maka Artificial Inteligence akan muncul melalui illustrasi sederhana yang muncul secara proyeksi oleh pico proyektor ataupun hologram.
·         Fitur Wide, yaitu fitur layer yang mucul pada tangan dibagian kiri smartwatch yang muncul melalui pico proyektor agar bisa lebih muda untuk menggunakan MY WATCH dengan 8 proximty sensor yang akan merekam setiap sentuhan yg ada dan terintegerasi pada MY WATCH. Atau pada desain ke 2 yaitu layer yg muncul secara hologram di hadapan pengguna dan akan merekam setiap sentuhan melalui 8 proximity sensor yang memancar ke layer hologram.

E.   CARA KERJA


MY WATCH bekerja seperti smartwatch pada umumnya namun dengan pengembangan agar smarthwatch ini dapat serupa dengan smarthphone, MY WATCH dibekali asisten yang dapat diaktifkan dengan suara dan terhubung dengan seluruh sistem pada MY WATCH dan juga terhubung dengan search engine. MY WATCH memiliki fitur layaknya smartphone namun MY WATCH dibekali teknologi yang meproyeksikan antar muka MY WATCH pada lengan dan menggunakan sensor inframerah untuk menerima masukan dari sentuhan pada proyeksi tersebut dan memiliki fitur virtual assistant layaknya google assistant dan dapat muncul pada hologram. MY WATCH dirancang untuk mendukung konektivitas 5g yang dalam beberapa tahun mendatang akan bisa kita nikmati secara komersial dan agar MY WATCH tidak memerlukan slot sim maka MY WATCH menggunakan E-SIM (Electronic SIM).

F.    KESIMPULAN

                MY WATCH merupakan solusi untuk pengguna yang merasa terganggu dengan membawa smartphone kemana-mana, dengan MY WATCH pengguna hanya perlu membawa perangkat kecil yang sering digunakan namun memiliki fitur yang lebih dan dapat digunakan dengan mudah.

G.    TAMPILAN PROTOTYPE MY WATCH

1.     Desain 1
a.  Tampak depan


b.   Tampak samping kanan
c.     Tampak samping kiri


2.     Desain 2
a.  Tampak depan
b.  Tampak samping kanan

c.  Tampak samping kiri      


Tidak ada komentar:

Posting Komentar