Selasa, 09 April 2019

MORA (Motor Riding Assistant)


MORA (Motor Riding Assistant)


Our Team
Muhammad Jazaal Aufa    (18051204013)
Yanu Ade Safikri               (18051204021)
Kartika Nafius Sholikhah  (18051204037) 


Latar Belakang

Di tengah kemajuan pesat teknologi, berbagai inovasi dan penemuan baru telah banyak diciptakan dengan maksud menunjang kehidupan manusia modern yang lebih efektif dan efisien. Inovasi serta penemuan tersebut tentu saja diperoleh dari permasalahan yang terjadi dari setiap aspek kehidupan manusia. Salah satunya transportasi yang kita pergunakan setiap harinya. Yap, sepeda motor. Sepeda motor merupakan salah satu transportasi yang dimiliki oleh mayoritas masyarakat di Indonesia, karena sepeda motor merupakan salah satu transportasi yang dianggap paling efisien, hemat BBM dan mudah digunakan. Sehingga menyebabkan jumlah pengguna sepeda motor di Indonesia saat ini telah menembus 100 juta unit pada tahun 2016.
Dengan pengguna sepeda motor yang begitu banyak, maka semakin banyak pula akibat yang ditimbulkan dalam berkendara, salah satunya ialah kecelakaan, yang umumnya diakibatkan oleh kurangnya keseimbangan dan kemampuan pengendara dalam mengendalikan sepeda motor dalam kecepatan tertentu. Oleh karena itu, kami ingin mengembangkan salah satu trobosan baru yang mengunjang keselamatan pengendara sepeda motor yakni MORA (Motor Riding Assistant).



1. Fitur dan Teknologi 

gambar 2.1
 MORA (Motor Riding Assistant) merupakan sebuah teknologi robot yang diterapkan dalam sebuah sepeda motor, teknologi yang diterapkan berasal dari robot ASIMO buatan Honda.ASIMO adalah robot humanoid yang dibuat oleh Honda. Dengan tinggi 130 sentimeter dan berat 54 kilogram, penampilan robot ini menyerupai seorang astronot dengan baju astronotnya yang membawa ransel. ASIMO dapat berjalan dengan dua kaki dengan gaya berjalan yang menyerupai manusia hingga kecepatan 6 km/jam. ASIMO diciptakan pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Honda Pusat Penelitian Teknik Fundamental Wako di Jepang.  Gambar 2.1

MORA ini nantinya akan didesain seperti motor masa depan yang tentunya dipergunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia serta menunjang keselamatan pengendara. Motor ini delengkapi dengan fitur modern yang telah ada, dan menggunakan tenaga listrik sebagai penggeraknya.                                                                                                                       
2. Fitur dan Teknologi 

Untuk memberikan kenyamanan serta keamanan bagi pengendara maka perlu diberikan sebuah inovasi teknologi yang mutakhir. Ini adalah beberapa fitur yang akan melengkapi motor ini :

·         Pengenalan benda bergerak
·         Pengenalan Postur
·         Pengenalan lingkungan
·         Membedakan suara
·         Penggunaan AI
·         Self Balancing
·         Maps dan GPS
·         Sinyal SOS
·         Android control
·         Finger print

Selain fitur yang telah disebutkan, motor ini juga dilengkapi dengan panel surya untuk menyimpan energi matahari yang akan dikonversikan ke listrik sebagai sumber tenaga dari motor ini.

            2.1 Sel Surya


           Biasanya dalam 1 modul surya terdiri dari 36 sel surya dan menghasilkan tegangan DC sebesar 12 Volt dalam kondisi penyinaran standar (Air mass 1.5). Sel surya yang akan kami gunakan adalah sel surya generasi ketiga yang memiliki harga dan efsiensi yang baik sehingga cocok untuk pembuatan alat komersil.
Sel surya ini akan dibuat modul dan disusun secara parallel untuk mempermudah sekaligus mempercepat pengisisan listrik. Untuk modul ini sendiri akan dipasang hampir diseluruh body motor. Untuk penyimpanan daya listrik akan disimpan ke dalam baterai berukuran besar yang diletakan di tengah motor.   

            2.2 Pengenal Gerak 
                
Pengenalan Gerak ini ditunjukan untuk mengatisipasi kecelakaan yang diakibatkan oleh pengendara yang melakukan pengereman secara mendadak.. Sensor yang akan digunakan yaitu

·        PIR Sensor
Sensor elektronik yang mengukur cahaya inframerah memancar dari benda di lapangan dengan menggunakan detector pendeteksi gerak berbasis PIR(Passsive Infrared). Sensor ini digunakan untuk mendeteksi gerakan dari kendaraan atau ancaman lain yang ingin mendekat dan berpotensi menimbulkan bahaya bagi pengendara motor.


·        Distance (Proximity) Sensor
Sensor yang bekerja berdasarkan jarak objek terhadap sensor. Sensor ini memiliki ketahanan terhadap benturan dan goncangan, serta perawatannya yang mudah. Jenis dari sensor ini ada 3 yaitu

1.    Inductive Proximity
Merupakan sensor yang berfungsi untuk meneteksi objek logam. Prinsipkerjanya adalah apabila ada tegangan sumber maka osilator yang ada pada proximity akan membangkitkan medan magnet dengan frekuensi tinggi. Perubahan pada isolator ini dideteksi sebagai sinyal adanya benda.
2.      Capacitive Proximity
Mempu mendeteksi logam maupun nonlogam. Prinsip kerjanya adalah dengan mengukur perubahan kapasintasi medan listrik sebuah kapasitor yang disebabkan oleh sebuah objek yang mendekatinya.
3.      Sensor Proximity Optik

Sensor ini mendeteksi adanya objek dengan cahaya, sebagai contohnya infrared. Sensor ini terdiri dari sebuah cahaya dan penerima (receptor) yang mendeteksi sebuah benda dengan refleksi. Jika bendabenda dalam jarak sensitive atau benda mengenai cahaya dari sensor, maka cahayaakan memantul kembali ke penerima dan mengindikasikan bahwa terdapa ssebuah benda yang tertangkap sensor.


                        2.3 Pegenalan Postur 

                Pengenalan postur ini ditunjukan untuk memberikan akses pengenalan benda kepada motor sehingga motor bisa membedakan satu benda dengan benda lain.selain itu juga diberikan akses untuk mengetahui sentuhan yang terjadi pada motor.ssensor yang akan digunakan yakni :

·        Kamera sensor AI.
Pada MORA ini kami ingin mengkolaborasikan AI dengan kamera dan memasangsnya pada motor, sehingga dapat mendeteksi serta membedakan objek di sekitar motor. Kemampuan inilah yang kami harapkan dapat membantu pengendara agar terhindar dari ancaman yang dapat membahayakannya. Selain itu kamera ini akan dilengkapi dengan sensor infrared untuk membantu mengenali objek dalam keadaan minim cahaya.


                           2.4 Pengenalan Lingkungan

Pemberian fitur ini untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara dalam berkendara , akan disajikan secara actual tentang keadaan yang memungkinkan bagi seorang pengendaran untuk berkendara. Pengenalan lingkungan ini dipergunakan untuk memberi info mengenai keadaan lingkungan sekitar serta menghidari resiko kecelakaan dari keadaan iklim serta medan yang sulit. Sensor yang akan dipergunakan

·        Sensor Suhu
Sensor suhu adalah sensor yang bekerja untuk mengubah besaran panas menjadi besaran listrik yang dapat dengan mudah dianalisis besarnya pda objek tertentu. Sensor suhu melakukan pengukuran terhadap jumlah energi panas/dingin yang dihasilkan oleh suatu objek sehingga memungkinkan kita untuk mendeteksi gejala perubahan-perubahan suhu. Output sensor tersebut dalam bentuk output analog maupun digital.

·         Sensor kelembaban
Sensor yang digunakan untuk membantu dalam proses pengukuran suatu tingkat kelembaban atau tingkat uap air yang terkandung dalam udara. Alat ini kami pasang pada MORA untuk mendeteksi hujan yang akan datang sehingga pengendara bisa mengantisipasi akan datangnya hujan tersebut. Selain itu, hujan atau jalanan licin juga merupakan salah satu dari penyebab terjadinya kecelakaan.

·        Sensor Cahaya
Sensor yang dapat mendeteksi perubahan intensitas cahaya dan memberikan perubahan besar elektrik pada saat itu juga. Sensor ini dipergunakan untuk mendeteksi intensitas cahaya di lingkungan motor ini. Dengan mengetahui dapat membantu dalam kinerja kamera AI serta kontras layar di motor.


                           2.5 Membedakan Suara

Fitur ini adalah fitur untuk melakukan interaksi dengan AI yang dimaksudkan untuk mempermudah komunikasi antara pengendara denga teknologi konputer. Selain itu fitur ini juga dipergunakan sebagai keamanan agar tak terjadi pencurian atau penyalahgunaan motor. Sensor yang akan digunakan yakni: 

·        Sound sensor
gambar 2.7
Sensor ini adalah modul sensor yang mampu mengubah gelombang sinusioda suara menjadi gelombang sinus energi elektrik. Sensor suara bekerja berdasarkan besar/kecilnya kekuatan gelombang suara yang mengenai membran sensor yang menyebabkan bergeraknya membran sensor yang juga terdapat sebuah kumparan kecil di balik membrane tadi naik dan turun. Ia juga telah membuat gelombang magnet yang mengalir melewatinya terpotong-potong. Sensor ini juga dipergunkan untuk membedakan suara pemilik kendaraan dengan orang lain sehingga orang lain tidak bisa menggunakan fitur motor ini secara penuh. Dan agar tidak dipersalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. gambar 2.7


                        2.6 AI (Arificial Intelegence)

AI (Arificial Intelegence) merupakan kecerdasan buatan yang diciptakan manusia untuk membantu pekerjaan manusia. AI ini pada umunya diterapkan pada robot , penggunaan teknologi ini didasarkan pada Robot ASIMO buatan Honda. Dengan teknologi ini diharapkan akan memberi dampak positif yang banyak serta membawa teknologi kendaraan kedalam era yang baru. AI sendiri memiliki pemikiran yang  mendekati logika manusia karena pada dasarnya logika,algoritma, dan system tersebut ditanamkan ke dalamnya dan terus dikembangkan.

             2.7 Self Balancing

Self Balancing merupakan teknologi yang biasanya diterapkan pada robot untuk menyeimbangkan badan layaknya manusia. Teknologi inipun kami adaptasi dari Teknologi riding Assistant milik Honda. Karena pada biasanya teknologi ini menggunakan gyroscope, namun Honda menggunakan pengembangan dari teknologi ini yaitu gyroscope/gyro sensor. Yaitu sebuah sensor yang dapat mengukur dan mempertahankan orientasi dengan prinsip ketetapan momentum pada gambar 2.9 Sensor ini akan mendeteksi gerakan pengendara, sensor ini mengukur sumbu rotasi dari benda. Sebelum digunakan sensor ini harus dikalibrasi. 

gambar 2.9

                                           2.8 Sinyal SOS

      Merupakan sebuah sitem dan teknologi yang dipergunakan untuk memberikan pertolongan cepat kepada pengendara yang sedang terke na musibah. Dalam teknologi ini GPS merupakan alat yang berperan besar untuk bekerjanya teknologi ini. System bekerjanya adalah ketika terjadi kecelakaan maka secara otomatis AI akan mengirim sinyal kepada Lembaga yang memberikan bantuan kepada kasus semacam ini. Atau secara manual seperti gambar 2.10.
    Namun tidak semua kecelakaan akan langsung mengirim sinyal SOS ini, harus memenuhi syarat khusus agar AI dapat mengirim sinyaltersebut. Syarat tersebut meliputi kerusakan parah yang menyebabkan motor tersebut tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, kami mengembangkan gambaran rancangan awal kami seperti pada gambar 2.11 dan gambar 2.12

gambar 2.10

gambar 2.11
gambar 2.12

                   2.9 Android Kontol

         Fitur tambahan yang berfungsi sebagai hiburan untuk pengendara agar tidak tegang ketika berkendara maupun beristirahat disebelah kendaraanya. Fitur ini bekerja memalui software yang dipasangkan pada mobile pemilik dengan software yang ada pada motor. Fitur ini hanyalah sebua fitur tambaha yang bisa memunculkan menu layanan mobile kedalam alayar yang dipasangkan pada motor. Fitur ini bisa di aktifkan dan ni nonaktifkan.

2.10 Fingerprint

Merupakan teknologi keamaanan sekaligus untuk menyalkan mesin dari motor tersebut. Fingerprint ini berfungi agar hanya sang pemilik kendaraan saja yang bisa menyalakan motor ini, jadi tidak semua orang bisa memakainya. Finger print merupakan alat elektronik yang menerapkan sensor scanning pada sidik jari manusia yang dipergunakan untuk keamanaan identitas maupun alat yang dimilikinya seperti pada gambar gambar 2.13

System kerjanya ialah ketika sidik jari ini scan pertama kali (mendata sidik jari) maka sensor tersebut akan membaca sekaligus menggambar p ola dari sidik jari tersebut kemudian disimpan berupa data. Data ini yang akan disinkronkan ketika pengguna melakukan scan lagi untuk mengakses perangkatnya. Untuk gambaran rancangan yang akan kami buat dapat dilihat pada gambar 2.14

                                                          gambar 2.13

                                                             gambar 2.14


.                         2.11  CPU

   Untuk tahap pertama ini kami akan menggunakan Arduino sebagai CPU dengan prosesor Atmel AVR. Karena rancangannya yang memudahkan untuk melakukan percobaan di segala bidang maka kami memutuskan untuk menggunakannya. Untuk jenisnya kami memutuskan untuk menggunakan Arduino ethernet. Karena spesifikasi yang bagus serta sudah dilengkapi dengan ethernet maka dari itu sangat cocok digunakan untuk proyek motor ini.

                          2.12 Monitor

      Untuk monitor sendiri kami menggunakan computer berukuran tablet dengan tambahan water resistant agar tidak rusak ketika terkena air. Untuk resolusi sendiri kami menggunakan yang HD (1080px). untuk spesifikasi lainnya masih sama seperti yang ada dipasaran.


PERCOBAAN RANCANGAN 






DAFTAR PUSTAKA 

Nanda, R. (2014, Juni 22). Diambil kembali dari http://riskananda22.blogspot.com/2014/06/sensor-kelembapan.html?m=1

Amaliah, R. (2018, oktober 16). Diambil kembali dari https://nextren.grid.id/read/01957510/cara-kerja-teknologi-ai-di-kamera-smartphone-semua-wanita-berhak-jadi-cantik

Klilmro. (2017, Maret 2). Diambil kembali dari https://blog.klikmro.com/jenis-jenis-proximity-sensor/ 
Umaedi. (2016, Februari 26). Diambil kembali dari https://ilearning.me/2014/02/26/klasifikasi-micro-computer-mini-computer-mainframe/

Ishari. (2014). Diambil kembali dari http://ishariii.blogspot.com/2017/10/sejarah-kelebihan-kekurangan-arduino.html?m=1

Rahmat, A. (2014, Desember 31). Diambil kembali dari https://kelasrobot.com/jenis-jenis-microcontroller-arduino/

Kho, D. (2018). Diambil kembali dari https://teknikelektronika.com/pengertian-sensor-suhu-jenis-jenis-sensor-suhu/

Azam, M. (2019). Diambil kembali dari https://www.nesabamedia.com/pengertian-fingerprint/
(2014, Desember 15). Diambil kembali dari http://zonaelektro.net/sensor-cahaya/
(2017, September 11). Diambil kembali dari https://learnsolarblog.wordpress.com/2017/09/11/sejarah-dan-teori-sel-surya/

(2018, April 20). Diambil kembali dari http://blog.genpromobile.com/fungsi-gyro-sensor-di-smartphone-yang-belum-kalian-ketahui/

(2015). Diambil kembali dari http://panelsuryaindonesia.com/konsep-panel-surya/5-panel-surya 
(2011). Diambil kembali dari http://depoinovasi.com/produk-870-modul-ethernet-shield-w5100-r3-arduino.html
https://teknologisurya.wordpress.com/dasar-teknologi-sel-surya/daftar-istilah-istilah/
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Passive_infrared_sensor
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sensor_suhu
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sensor_suara




Tidak ada komentar:

Posting Komentar