Kamis, 04 April 2019

MORTAL ( Mortish Lock Digital )


Our Team :
- Fitrah Amaliah           (18051204007)
- Khonsa Aziza Almash (18051204015)
- Yofi Lailatul Fatma      (18051204039)


Assalamu’alaikum Wr.Wb.


Pemanfaatan Mortal Untuk Keamanan Secara Digital Di Era Milenial yang Profesional Dengan Cara Intelektual


       Tahukah anda bagaimana cerita panjang mengenai perkembangan teknologi di dunia? Jika dilihat hingga sekarang, teknologi sudah mengalami perkembangan secara pesat dari waktu ke waktu, dan itu tentu juga telah membantu kegiatan manusia menjadi lebih efisien. Maka dari itu, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui sejarah panjang mengenai perkembangan teknologi di dunia.

Menurut Wikipedia, perkembangan teknologi sendiri ternyata sudah terjadi sejak abad ke-20 silam. Dimulai pada saat meledaknya Perang Dunia II, dan terus berkembang hingga sekarang. Perkembangan teknologi di dunia tentu memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia terlebih dalam menjalankan segala aktivitas menjadi cepat dan efektif. Sehingga ada baiknya bagi kita untuk mengetahui sejarah panjang mengenai perkembangan teknologi di dunia.

Anda harus tahu dan cepat tanggap mengenai masalah teknologi. Karena dizaman sekarang kita harus “SARING SEBELUM SHARING” agar kita juga dapat memilah dan memilih yang mana yang seharusnya dapat diterapkan maupun tidak pada zaman saat ini.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa perkembangan teknologi sudah dilakukan sejak lama, bahkan sudah di mulai sejak beberapa dekade silam. Adapun, Wikipedia sendiri menyebutkan bahwa perkembangan teknologi di dunia sudah berkembang sejak abad ke-20 atau lebih tepatnya pada meletusnya Perang Dunia II. Perkembangan teknologi memang memberikan banyak kemudahan dan keefektifitasan tersendiri bagi manusia modern untuk beraktivitas. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk kita mengetahui sejarah panjang mengenai perkembangan teknologi di dunia.

Perkembangan teknologi di dunia merupakan salah satu bentuk dari hasil revolusi industri yang diawali beberapa dekade lalu. Dan perkembangan teknologi besar-besaran rupanya sudah terjadi pada abad ke-20an, yang mana lebih tepatnya pada masa Perang Dunia II. Pada saat itu, perkembangan teknologi terjadi di sektor militer baik itu senjata, komunikasi, hingga yang lainnya. Perkembangan tersebut masih berlangsung hingga sekarang .

Langsung saja disini kami dari kelompok MATA KULIAH ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER akan membahas perkembangan teknologi yaitu…………






MORTAL (Mortise Lock Digital)
Nah… sebelum itu kami akan menjelaskan secara ringkas terlebih dahulu apa itu teknologi MORTAL. MORTAL itu seperti alat pengunci pintu yang berupa alat digital. Dimana pintu itu tidak menggunakan pengunci dengan kunci, mekainkan menggunakan retina mata untuk membukanya.
Disini kami akan mereview ulang mengenai metode sebelum adanya mortal. Cekidot……..
Pengunci Pintu Jaman Dulu
Disini kami akan memberikan beberapa gambar model pengunci pintu zaman dahulu.

Gambar 1. Masih menggunakan gembok

  
Gambar 2. Masih menggunakan besi panjang

Gambar 3. Masih menggunakan pengunci besi dan gembok
 


Kunci Pintu Sekarang
Beberapa gambar pengunci pintu zaman sekarang.

Gambar 1. Menggukan pengunci berupa kunci



Apa Sih Kunci Pintu???
Kunci Pintu adalah salah satu komponen pintu yang berperan dalam menjaga keamanan rumah, agar tidak dimasuki oleh hal-hal yang tidak diinginkan contohnya...



Nah disini kita akan membahas beberapa bagian-bagian dari kunci itu sendiri yaitu: 


1.      Handle



yang jenisnya terbagi lagi menjadi lever handle dan pull handle (biasa digunakan untuk pintu utama/pintu berukuran besar), selain itu ada juga model lever handle plate (untuk tipe ini tidak membutuhkan escutcheon). Untuk bahannya terbagi menjadi bahan stainless steel atau pelat besi chrome. Bahan/materialnya solid atau kosong (seperti pipa).
 

2.     lockcase/ Mortise


Atau biasa disebut juga badan kunci merupakan bagian kunci pintu yang paling berperan dalam menentukan keamanan rumah. Badan kunci terpasang di tengah bagian pintu dengan cara melubangi satu sisi pintu dan berjarak antara 90-100 cm dari permukaan lantai.



3.      Cylinder


Merupakan komponen terpenting dari kunci pintu bagian ini menentukan apakah suatu produk kunci pintu memiliki ketahanan yang bagus atau tidak. Untuk produk cylinder yang bermutu baik biasanya menggunakan material kuningan (full brass).


4.      Escutcheon

Atau sering disebut ring kunci berfungsi untuk kerapihan kunci pintu / menutupi lubang cylinder agar terlihat rapi.



Suka bingung nyari kunci rumah diantara kunci pagar, kunci motor, dan kunci-kunci lainnnya?
Atau suka lupa naruh kunci rumah dimana?


Nah, sekarang juga udah banyak kunci pintu digital kan?
Contohnya :
 
 




Nahhhh…. Selesai sudah kami menjelaskan beberapa model pengunci pintu dari zaman ke zaman.
Dan disini kita akan memperkenalkan model pintu baru menurut versi kami. Memang mungkin model pengunci pintu seperti ini sudah ada tapi bedanya model  pengunci kami ini dengan yang lainnya adalah versi yang kami gunakan menggunakan retina mata.
Nahhhh.. seperti yang kita sebut tadi model pengunci pintu yang kami buat versi kami kami beri nama…

MORTAL ( Mortise Lock Digital )

 
Gambar 1. Mortal

Gambar 2. Tempat Mortal



Apasih MORTAL itu???
MORTAL bisa disebut juga gembok canggih yang memanfaatkan IoT dengan pengenalan sensor retina sebagai kunci pembuka pintu rumah. Perangkat ini/ gembok ini dipersenjatai dengan konektivitas LAN sebagai koneksi ke Pusat Kontrol jika terjadi pembobolan serta menyimpan riwayat keluar masuknya orang yang melewati pintu tersebut.

Cara Kerja MORTAL:
Pemilik hanya harus mendekatkan mata ke camera pada alatnya. Dan secara otomatis pintu akan terbuka jika Mortal mengidentifikasi bahwa retina tersebut adalah benar-benar si pemilik .

Fungsi utama menggunakan MORTAL :
      Pemilik tidak membutuhkan kunci fisik ataupun kartu untuk membuka pintu.
      Cukup Menggunakan Retina mata yang sudah pasti setiap orang punya. Sehingga pemilik dapat membuka pintu tanpa perlu repot-repot mencari-cari kunci di dalam kantong maupun tas.

Keunggulan dari MORTAL :
1. Menggunakan sensor retina.
2. Kunci tersembunyi / hiddenlock.
3. Keamanan menggunakan signal.
4. Menggunakan kamera.
5. Tidak membutuhkan kunci fisik.
6. Power Supply menggunakan listrik dan baterai.
7. Terdapat LAN yang termasuk dalam fitur keamanan MorTal.

Tujuan dari MORTAL :
1.      Memudahkan untuk membuka pintu tanpa menggunakan kunci.
2.       Mencegah tindakan kriminal.


Spesifikasi MORTAL :

Gambar 1. Tampak dalam MORTAL

Gambar 2. Tampak dalam pusat control MORTAL

Gambar 3. Pusat Control MORTAL



1.     Power Supply

Power Supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung ke komponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll.Input Power Supply berupa arusbolak-balik (AC) sehingga Power Supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arussearah), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Power Supply berupa kotak yang umumnya diletakan dibagian belakang atas casing.
2.     Processor 

Prosesor adalah komponen komputer yang merupakan sebagai otak yang menjalankan proses dan pengendali kerja komputer dengan bekerjasama perangkat komputer lainnya, satuan kecepatan dalam Prosesor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz) dengan semakin besar kecepatan suatu Prosesor maka akan semakin cepat kinerja komputer saat melakukan proses.
3.     Ethernet card

Ethernet Card adalah jenis hardware jaringan komputer berupa adaptor, awalnya diciptakan untuk membangun sebuah Local Area Network (LAN). Hal ini digunakan untuk mendukung standar Ethernet untuk koneksi jaringan kecepatan tinggi melalui kabel dalam jaringan atau sering disebut sebagai kartu LAN.Ethernet Card berfungsi membantu pertukaran file dan data melalui jaringan komputer.
4.     GSM Module
Sebuah teknologi komunikasi seluler yang bersifat digital. Teknologi GSM banyak diterapkan pada komunikasi bergerak, khususnya telepon genggam. Teknologi ini memanfaatkan gelombang mikro dan pengiriman sinyal yang dibagi berdasarkan waktu, sehingga sinyal informasi yang dikirim akan sampai pada tujuan. GSM dijadikan standar global untuk komunikasi seluler sekaligus sebagai teknologi seluler yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia.



Perbedaan Alat :



      Alat Sebelumnya (Lokictron) :
1.     Terpasang di pintu.
2.     Menggunakan tombol / kartu / smartphone untuk membuka pintu.
3.     Menggunakan wifi dan bluetooth.
 

Gambar 1. Contoh alat dari sebelumnya (Lokictron)



       Alat Versi Kami (MorTal) :
1.     Terpasang di dinding.
2.     Menggunakan sensor retina.
3.     Terdapat tombol yang digunakan untuk mengaktifkan hologram.
4.     Power supply menggunakan listrik dan baterai.
5.     Terdapat ethernet card yang terhubung langsung dengan pusat kontrol.
6.     Terdapat kamera.
7.     Keamanannya menggunakan suara dan signal yang mengirim langsung ke pusat kontrol.
Gambar 2. Alat Versi Kami







Daftar Pustaka

  • https://www.idntimes.com/tech/gadget/angelia-nibennia-zega/10-penemuan-cerdas-ini-dapat-membantu-keseharian-kita/full
  •  https://tekno.kompas.com/read/2013/08/13/1203546/8.Perangkat.Inovatif.yang.Mengubah.Dunia.
  •  https://jalantikus.com/gadgets/penemuan-teknologi-paling-keren-tahun-2017/  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar