Minggu, 03 April 2022

SIMULASI PROTERUS PEMBACAAN KEYPAD 3X4 MENGGUNAKAN PROTEUS

 

"SIMULASI PROTERUS 

PEMBACAAN KEYPAD 3X4"

Mata kuliah Organisasi Dan Arsitektur Komputer
Prodi S1 Pendidikan Teknologi Informasi 
Universitas Negeri Surabaya


    Dosen Pengampu :

Aditya Prapanca


Disusun Oleh :
Kelompok 2 Kelas A  

 1. Yuyun Bunga Gusrian                   21050974001

2. Hasna Yuliadysti Nafisah              21050974009

3. Noor Fitri Damayanti                    21050974019

4. Aprillya Rachmah Mardhatillah  21050974021

5. Ihzareva Rizky Rafiqi                    21050974025

6. Muhammad Zaidan Fahmi           21050974033

7. Laili Nur Fadhilah                         21050974037

8. Fikri Agus Tiyanto                         21050974053

9. Muhammad Leon Surya Putra    21050974055

10. Annisa Nurfitriyani                     21050974057

11. Ashianti Faroh Nabila                 21050974059



 BAB I

PENDAHULUAN 

  1. 1.1      Latar Belakang

Secara umum keypad adalah sebuah miniatur keyboard atau set tombol yang berfungsi untuk mengoperasikan portabel perangkat elektronik, telepon, atau peralatan lainnya. Keypad ditemukan pertama kali oleh John Elias Karlin yang lahir pada Februari 28, 1918, di Johannesburg. Di keyboard komputer biasanya terdapat sebuah keypad numerik berukuran kecil disamping, selain tombol angka lainnya yang terdapat diatas, tetapi dengan susunan menyerupai kalkulator ini memungkinkan data numerik lebih efisien untuk di masukkan. Pad angka ini (sering kali disebut "numpad") biasanya ditempatkan disisi kanan keyboard. Umumnya tombol pada kalkulator tersusun sedemikian rupa yaitu 123 dimulai dari baris bawah. Sebaliknya, pada keypad telepon, baik telepon rumah ataupun ponsel, tombol 123 yang tersusun mulai dari bagian atas. Sebuah ponsel juga memiliki tombol khusus berlabel * (asteris | bintang) dan # (octothorpe, tanda nomor, "pound" atau "hash") di kedua sisi kanan dan kiri dari tombol nol. Sebagian besar tombol telepon juga memiliki beberapa kegunaan tambahan seperti mengingat kode area atau banyak nomor telepon.

Tombol dari kalkulator berisi angka 0 sampai 9, dari bawah ke atas, bersama dengan empat aritmetika beroperasi, titik desimal dan fungsi matematika lainnya yang lebih rumit. Alasan mengapa tombol keypad dari keyboard dan kalkulator berbeda yaitu dikarenakan kode untuk kunci keamanan pertama telah ditemukan sebelum ditemukannya telepon dengan keypad nada sentuh, dan tidak memerlukan tambahan tombol +-%/ sehingga keypad nada sentuh mengadopsi tombol 1,2,3 dimulai dari atas bukan 1,2,3 dimulai dari bawah, karena hanya memerlukan 12 tombol.keypad juga memiliki beberapa fitur kunci kombinasi. Jenis kunci kombinasi seperti ini biasanya dapat ditemukan di pintu masuk utama beberapa kantor besar. Laporan ini memuat rangkaian simulasi pembacaan keypad menggunakan proteus yang dibuat menggunakan komponen meliputi arduino, keypad, lcd character dan komponen lain yang menghasilkan modul keypad 3x4. Modul keypad 3x4 merupakan suatu modul keypad berukuran 3 kolom x 4 baris  yang dapat difungsikan sebagai input dalam aplikasi seperti pengaman digital, absensi, pengendali kecepatan motor, robotik, dan sebagainya.Penggunaan keypad dilakukan dengan cara menjadikan tiga buah kolom sebagai output scanning dan empat buah baris sebagai input scanning.

 1.2      Rumusan Masalah

a.        Mencari cara untuk membuat dan menggunakan suatu alat input dan output berbasis numerik.

b.      Memberikan manfaat kepada para penulis sendiri namun khususnya untuk pembaca mengenai dasar-dasar alat elektronik yang dirangkai di dalam software Proteus.

1.3       Tujuan Laporan

a.        Agar seseorang tersebut dapat membuat dan menggunakan suatu alat input dan output berbasis numerik sehingga mampu melakukan proses memasukkan input dan output yang ia inginkan dengan efektif dan efisien.

b.       Agar seseorang tersebut juga mampu mendapatkan pembelajaraan, pemahaman, dan manfaat dari penelitian yang telah dipaparkan dalam laporan ini. 

1.4       Manfaat penulisan

Dengan adanya penulisan laporan mengenai “Rangkaian Simulasi Pembacaan Keypad 3x4 Menggunakan Proteus” ini, maka diharapkan pembaca maupun penulis sendiri akan mempunyai pengetahuan yang lebih mendalam tentang kegunaan software Proteus, cara kerja software tersebut, dan bagaimana alat-alat elektronik yang memiliki tingkat komputasi sekecil apapun di dalamnya di sekitar kita mampu melakukan suatu pekerjaan yang sangat memudahkan umat manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari.



 BAB II

TINJAUAN PUSTAKA 

2.1       Dasar Teori

Proteus adalah sebuah software untuk mendesain PCB yang juga dilengkapi dengan simulasi pspice pada level skematik sebelum rangkaian skematik diupgrade ke PCB shingga sebelum PCBnya di cetak  kita  akan tahu apakah PCB yang akan kita cetak sudah benar atau tidak. Software Proteus 8 Profesional mempunyai banyak library dengan beberapa komponen komponen-komponen pasif, Analog, Trasistor, SCR, FET, jenis button/tombol, jenis saklar/relay, IC digital, IC penguat, IC programmable (mikrokontroller) dan IC memory

Terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari software Proteus adalah sebagai berikut :

1)     Sebagai sarana pembelajaran. Dengan fasilitas simulasi dari Proteus, kita mampu memahami prinsip kerja dari suatu rangkaian elektronika yang umumnya tidak bisa kita lakukan setiap saat karena berbagai faktor seperti keterbatasan komponen di pasar, biaya, dan lainnya.

2)     Perancangan awal. Dengan melakukan simulasi sebagai proses perancangan awal sebelum membuat rangkaian yang sebenarnya, kita dapat memperkecil peluang kegagalan dalam pembuatan rangkaian elektronika.

3)     Penghemat biaya. Dari dua manfaat yang telah dijelaskan diatas, tentu keduanya berimplikasi pada penghematan pengeluaran dalam mempelajari dan merancang rangkaian elektronika.

Fitur-fitur dari PROTEUS adalah sebagai berikut :

  • Memiliki kemampuan untuk mensimulasikan hasil rancangan baik digital maupun analog maupun gabungan keduanya, Mendukung simulasi yang menarik dan simulasi secara grafis,
  • Mendukung simulasi berbagai jenis microcontroller seperti PIC, 8051 series.
  • Memiliki model-model peripheral yang interactive seperti LED, tampilan LCD, RS232, dan berbagai jenis library lainnya,
  • Mendukung instrument-instrument virtual seperti voltmeter, ammeter, oscciloscope, logic analyser, dll,
  • Memiliki kemampuan menampilkan berbagi jenis analisis secara grafis seperti transient, frekuensi, noise, distorsi, AC dan DC, dll.
  • Mendukung berbagai jenis komponen-komponen analog,
  • Mendukung open architecture sehingga kita bisa memasukkan program seperti C++ untuk keperluan simulasi

Kelebihan dari software proteus antara lain :

  • Proteus mampu menyimulasikan rangkaian analog, digital, gabungan keduanya, serta komponen yang bersifat programmable device.
  • Memiliki library yang cukup lengkap
  • Memiliki model-model pheriperal yang interaktif seperti LED, LCD, Motor, dll.Mendukung instrumen-instrumen virtual seperti voltmeter, amperemeter, oscilloscope, function genertator, dll.
  • Memiliki kemampuan menampilkan berbagi jenis analisis secara grafis seperti transien, frekuensi, noise, distorsi, AC dan DC, dan lain-lainnya.
  • Mendukung pembuatan PCB yang di-update secara langsung dari program ISIS ke program pembuat PCB-ARES.

Adapun kekurangan dari software proteus ini, antara lain :

  • Beberapa kali terjadi crash saat melakukan simulasi terutama yang menggunakan instrumen-instrumen virtual seperti oscilloscope.
  • Belum mampu merepresentasikan kondisi yang sebenarnya dari rangkaian, terutama yang berkaitan dengan pewaktuan. Sebagai contoh saat penulis melakukan simulasi metode scanning seven-segment, hasilnya pada proses simulasi masih belum maksimal.


2.2       Komponen

A. Arduino Uno

ARDUINO UNO
 

Arduino Uno merupakan salah satu produk yang berlabelkan Arduino dan merupakan suatu papan elektronik yang mengandung mikrokontroler Atmega328 (sebuah keping yang secara fungsional bertindak sebagai komputer). Memiliki 14 pin input dari output digital dimana 6 pin input tersebut digunakan sebagai output PWM dan 6 pin input analog, 16 MHz osilator kristal, koneksi USB, jack power, ICSP header, dan tombol reset. Pada simulasi ini, kelompok kami menggunakan Arduino Uno R3 yakni tipe Arduino yang menggunakan chip mikrokontroler Atmega328P.






B. LCD character

LCD character


LCD (Liquid Cristal Display) berfungsi untuk menampilkan karakter angka, huruf ataupun simbol dengan lebih baik dan dengan konsumsi arus yang rendah. Pada LCD terdiri dari pin-pin sebagai berikut :

  • D0 – D7 adalah jalur data (data bus) yang berfungsi sebagai jalur komunikasi untuk mengirimkan dan menerima data atau instruksi dari mikrokontroler ke modul LCD.
  • RS adalah pin yang berfungsi sebagai selektor register (register sellect) yaitu dengan memberikan logika low (0) sebagai register perintah dan logika high (1) sebagai register data.
  • R/W adalah pin yang berfungsi untuk menentukan mode baca atau tulis dari data yang terdapat pada D0 – D7 yaitu dengan memberikan logika low (0) untuk fungsi read dan logika high (1) untuk mode write.
  • Enable (E) berfungsi sebagai Enable Clock LCD, logika 1 setiap kali pengiriman atau pembacaan data.

C. Keypad

KEYPAD


Keypad berarti sebuah keyboard miniatur atau set tombol untuk operasi portabel perangkat elektronik, telepon, atau peralatan lainnya. Keypad merupakan sebuah rangkaian tombol yang tersusun atau dapat disebut “pad” yang biasanya terdiri dari huruf alfabet (A-Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angkat serta simbol-simbol khusus lainnya.


D. Ground

GROUND

Dalam sistem elektronika, ground berarti sebuah titik referensi umum atau tegangan potensial sama dengan “tegangan nol”. Ground bersifat relatif karena dapat memilih titik dimana saja dalam sirkuit untuk dijadikan ground untuk mereferensi semua tegangan dalam rangkaian. Ground juga berfungsi untuk menetralisir cacat (noise) yang disebabkan baik oleh daya yang kurang baik ataupun kualitas komponen yang tidak standar.

 

E. Power

 

POWER

 

Power digunakan untuk memunculkan terminal.

 

F. LogicState

LogicState

LogicState adalah suatu entitas dalam elektronika dan matematika Boolean yang megubah satu atau beberapa masukan logik menjadi sebuah sinyal keluaran logik. Gerbang logika beroperasi berdasarkan sistem bilangan biner yaitu bilangan yang hanya memiliki 2 kode yaitu 0 dan 1 dengan menggunakan Teori Aljabar Boolean. Jika pada logic statenya bertanda 1 maka ada arus yang mengalir melewati lewat jalur pada logic state tersebut sedangkan jika angka 0 tidak ada arus yang mengalirinya.



BAB III

PEMBAHASAN

3.1       Penjelasan Simulasi dan Gambar


A. Penjelasan

Keypad yang digunakan adalah keypad 3 kolom dan 4 baris, Keypad untuk arduino terdiri atas numerik ‘0’-‘9’ serta ‘*’ dan ‘#’. Arduino membaca keypad (type membrane) dengan metode scanning 7 kabel (untuk keypad 3×4), atau ‘adc’ satu kabel. Sedangkan untuk LCD yang digunakan adalah 16 kolom dan 2 baris. Keypad digunakan sebagai inputan yang tehubung ke Arduino. Dengan menggunakan library keypad, nilai input yang diterima arduino sudah berupa karakter ‘0’-‘9’, ‘*’ dan ‘#’, kemudian arduino dihubungkan kepada LCD sebagai output, sebelumnya kita harus melakukan listing program pada arduino sebagai pendeklarasian keypad dan lcd, untuk keypad pendeklarasian tergantung keypad yang digunakan, pada percobaan ini menggunakan keypad 3x4 dan untuk LCD pendeklarasian untuk LCD yang mana akan menampilkan awal dari output tadi. Berikut ini adalah gambar konfigurasi wiring antara board Arduino Uno dengan Keypad dan LCD.

Dari gambar tersebut, diketahui bahwa :

  • Pin RS LCD terhubung dengan pin digital 12
  • Pin Enable LCD terhubung dengan pin digital 11
  • Pin D4 LCD terhubung dengan pin digital 10
  • Pin D5 LCD terhubung dengan pin digital 9
  • Pin D6 LCD terhubung dengan pin digital 8
  • Pin D7 LCD terhubung dengan pin digital 7
  • Pin kolom 1 keypad terhubung dengan pin digital 4
  • Pin kolom 2 keypad terhubung dengan pin digital 5
  • Pin kolom 3 keypad terhubung dengan pin digital 6
  • Pin baris A keypad terhubung dengan pin digital 3
  • Pin baris B keypad terhubung dengan pin digital 2
  • Pin baris C keypad terhubung dengan pin digital 1
  • Pin baris D keypad terhubung dengan pin digital 0

B. Input Deret Angka

Supaya keypad berfungsi sebagai input nilai angka (misal 0-1000) seperti untuk keperluan input variabel ‘setting batas sensor analog’, maka keypad dibaca beberapa kali dengan ketentuan, antara lain :

  • Karakter ‘0’ – ‘9’ sebagai input numerik
  • Karakter ‘*’ berfungsi sebagai reset (kembali ke 0)
  • Karakter ‘#’ berfungsi sebagai enter layaknya keybboard laptop dan menyimpan pembacaan keypad sebagai nilai variabel

C. Flowchart

 


    Prinsip kerja rangkaian ini adalah saat data dimasukkan menggunakan keyped maka arduino akan membaca data masukan yang kita tekan tadi,setelah itu data akan di keluarkan dari output analog pada arduino yang terhubung dengan LCD, kemudian LCD akan menampilkan data inputkan yang kita masukkan tadi dengan menggunakan keypad. Contoh penggunaan keypad sebagai masukan variabel integer :


Hasil penggunaan Keypad :


3.2       Program

Untuk source code yang digunakan untuk membuat simulasi proteus Arduino keypad 3x4 yaitu sebagai berikut,



BAB IV

PENUTUP

4.1       Kesimpulan

Setelah dilakukan perancangan, pengujian, dan analisa sistem. Maka dapat disimpulkan beberapa hal yang dapat digunakan untuk perbaikan dan pengembangan selanjutnya, yaitu :

Keypad adalah sebuah miniatur keyboard atau set tombol yang berfungsi untuk mengoperasikan portabel perangkat elektronik, telepon, atau peralatan lainnya. Modul keypad 3x4 merupakan suatu modul keypad berukuran 3 kolom x 4 baris yang dapat difungsikan sebagai input dalam aplikasi seperti pengaman digital, absensi, pengendali kecepatan motor, robotik, dan sebagainya. Penggunaan keypad dilakukan dengan cara menjadikan tiga buah kolom sebagai output scanning dan empat buah baris sebagai input scanning.

Cara kerja Keypad ini

 adalah menggunakan keypad 3 kolom dan 4 baris, Keypad untuk arduino terdiri atas numerik ‘0’-‘9’ serta ‘*’ dan ‘#’. Arduino membaca keypad (type membrane) dengan metode scanning 7 kabel (untuk keypad 3×4), atau ‘adc’ satu kabel. Sedangkan untuk LCD yang digunakan adalah 16 kolom dan 2 baris. Keypad digunakan sebagai inputan yang tehubung ke Arduino. Dengan menggunakan library keypad, nilai input yang diterima arduino sudah berupa karakter ‘0’-‘9’, ‘*’ dan ‘#’, kemudian arduino dihubungkan kepada LCD sebagai output, sebelumnya kita harus melakukan listing program pada arduino sebagai pendeklarasian keypad dan lcd, untuk keypad pendeklarasian tergantung keypad yang digunakan, pada percobaan ini menggunakan keypad 3x4 dan untuk LCD pendeklarasian untuk LCD yang mana akan menampilkan awal dari output tadi. Pada saat data dimasukkan menggunakan keypad maka arduino akan membaca data masukan yang kita tekan tadi, setelah itu data akan di keluarkan dari output analog pada arduino yang terhubung dengan LCD, kemudian LCD akan menampilkan data inputkan yang kita masukkan tadi dengan menggunakan keypad.

4.2       Saran

Perlu adanya metode lebih lanjut akan upaya peningkatan dikusi tentang simulasi pembacaan keypad 3x4 untuk perbaikan dan pengembangan selanjutnya untuk memperoleh hasil dan pemahaman yang lebih baik dari yang sebelumnya.



DAFTAR PUSTAKA

 

Marasti, Indira. 2020. “Rangkaian Simulasi Pembacaan Keypad”, https://youtu.be/ bTWp5K4eXrU, diakses pada 30 Maret 2022.

Razor, Aldi. 2020. “Arduino Uno Adalah: Pengertian, Fungsi, Pemrograman, dan Harga”, diakses Pada 30 Maret 2022

Pujiirawan, Satria. 2015. “LCD”, https://kl801.ilearning.me, diakses pada 30 Maret 2022.

2019. “Fungsi Resistor dan Kapasitor Serta Komponen Penting Elektronika”. https://www.liputan6.com/citizen6/read/3878097, diakses pada 30 Maret 2022.

Kurniawan, Asep. 2019. “Input angka menggunakan keypad pada Arduino”,

https://www.semesin.com/project/2019/07/02/input-angka-menggunakan-keypad-pada     arduino/, diakses pada 31 Maret 2022.

2016. “Tutorial Arduino Project Akses Keypad dan LCD”, http://lang8088.blogspot.com /2015/11/tutorial-arduino-project-akses-keypad.html, diakses pada 31 Maret 2022.

Afdal. 2019. “Percobaan 3”, https://afdal161029.blogspot.com/2019/09/ percobaan-3.html, diakses pada 31 Maret 2022.

“Bantalan Tombol”, https://id.wikipedia.org, diakses pada 30 Maret 2022.

Usman, Saidina. 2019. “Rangkaian Display LCD character 2 x 16”, https://saidinausman183012.blogspot.com/p/komponen-pendukung.html. Diakses pada 31 Maret 2022.

2022. “Apa Itu Keypad? - Definisi Dari Techopedia - Perangkat Keras”, https://id.theastrologypage.com/keypad, Diakses pada 31 Maret 2022.

 

 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar