Sabtu, 20 Oktober 2018

Mencoba Quip

Quip adalah cara baru untuk berkolaborasi. Berdayakan karyawan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dengan lebih sedikit email, dan lebih sedikit rapat. Buka alamat www.quip.com untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut.


(Gambar 1. Halaman depan www.quip.com

Klik "TRY FOR FREE" untuk mencoba aplikasi ini. Kemudian anda bisa daftar dengan menggunakan email lain atau login dengan menggunakan akun salesforce yang telah anda miliki.

(Gambar 2. Daftar/Login Quip)

Karena pada postingan sebelumnya kita telah memiliki akun salesforce, maka kita akan login dengan menggunakan akun salesforce. Klik "Sign in with Salesforce".

(Gambar 3. Izin akses salesforce)

Quip akan meminta izin untuk mengakses informasi-informasi salesforce anda, klik "Allow" untuk mengizinkan. Kemudian cek email anda untuk verifikasi email.

(Gambar 4. Verifikasi Email)

Setelah itu klik "Set up your team" pada email anda, dan anda harus mengisi informasi yang dibutuhkan pada Quip.

(Gambar 5. Mengisi informasi akun)

yang perlu diingat juga adalah Team URL anda, karena itu adalah alamat tempat anda berkolaborasi dengan team anda. Setelah mengisi semua informasi dan mengklik tombol "CREATE SITE", maka anda akan diarahkan ke halaman quip milik anda. Milik saya adalah pt-maju-terus.quip.com.

(Gambar 6. Halaman Quip kita)


Nah, di sini kita bisa berkolaborasi dengan team kita. Contoh kita membuat dokumen word biasa, dengan mengklik tombol "create new" yang berada di atas kanan sebelah tulisan "Mark as Read". Pilih New Document.

(Gambar 7. Create New Document)

(Gambar 8. Dokumen Baru Kosongan)

Klik tombol "Share" untuk berbagi dokumen baru ini dengan team anda agar orang-orang di dalam team anda juga bisa mengedit apa yang dikerjakan pada dokumen tersebut.

(Gambar 9. Add People)

di sini saya menambahkan teman saya dengan email ddaiazardian@gmail.com, lalu klik share.

(Gambar 10. Opsi share)

Kemudian akan ada 2 opsi sharing, yang pertama adalah "Invite to PT Maju Terus". Pada opsi ini maka anda akan mengundang orang yang anda ajak untuk sharing tadi ke dalam perusahaan anda, sehingga dapat berkolaborasi seutuhnya. Namun pilihan yang kedua yaitu "Only add to This Document" berarti orang yang anda ajak untuk berkolaborasi hanya akan dapat berkolaborasi pada dokumen tertentu.

Kemudian cek pada email orang yang diundang (di tutorial ini yaitu ddaiazardian@gmail.com), maka akan ada email masuk yang berisi undangan berkolaborasi. Klik "Join site" agar dapat berkolaborasi.

(Gambar 11. Email Invitation)

Selesai, anda dapat berkolaborasi. Kita coba berkolaborasi dengan file document yang telah dibuat tadi, disamping itu saya telah menambahkan lagi teman saya yaitu bagus putra ke dalam situs saya pt-maju-terus.quip.com. Teman saya menambahkan tulisan "ini diketik dengan 2 laptop", sedangkan sisanya saya yang menulis.


(Gambar 12. Berkolaborasi dengan file document)

Kita dapat melihat history kolaborasi file tersebut di bagian kanan. Pada gambar di atas tertulis saya (Dimas YR) telah membuat tulisan "Ini contoh kalimat di dalam isi" dengan keterangan tanggal pembuatannya juga tertera. Serta history saya menambahkan satu teman saya lagi juga terlihat di situ "Dimas YR added bagus putra".


(Gambar 12. History/Riwayat kolaborasi)

Kemudian saya mencoba untuk menghapus tulisan "Ini contoh kalimat di dalam isi", secara otomatis akan terekam di dalam riwayat sehingga sangat efektif untuk berkolaborasi.

(Gambar 13. Menghapus tulisan)

Di atas kita mencoba berkolaborasi dengan file document, selanjutnya kita coba dengan file lain, misal checklist. Klik bagian "Apps & Templates" di sebelah kiri.


(Gambar 14. Apps & Templates)

Pilih @Checklist dan klik "Use Template"

(Gambar 15. @Checklist)

(Gambar 15. Use template)

Kemudian saya mengedit isi checklist menjadi seperti gambar di bawah ini sekaligus menambahkan teman saya bagus putra lagi ke dalam file checklist ini agar saya dapat berbagi tugas - tugas apa saja yang sudah dilakukan dan yang belum terselesaikan.

(Gambar 16. Mengedit isi dan invite teman)

Kemudian saya mencoba mencentang checklist dari "membuat project laravel" hingga membuat "database". Bagus putra juga telah menambahkan isi checklist baru yaitu "membuat migration database" dan "membuat seeder database" sekaligus mencentang "membuat migration databse". Semua kegiatan tersebut tercatat riwayatnya.

(Gambar 17. Kolaborasi dengan checklist)

Kita juga dapat melihat detail riwayat yang terjadi dengan mengklik riwayat mana yang ingin dilihat.

(Gambar 18. Detail riwayat kolaborasi)

Dengan Quip ini kita bisa berkolaborasi tidak hanya dengan 2 orang saja, tetapi bisa lebih dari 2 orang. Untuk membuktikannya saya akan mengundang 1 teman saya lagi yaitu Intan Alpiana ke dalam situs quip saya. Dia akan mengedit file document dan checklist yang telah dibuat.


(Gambar 19. Kolaborasi lebih dari 2 orang dengan file document)

(Gambar 20. Kolaborasi lebih dari 2 orang dengan file checklist)

Selesai.

referensi: (www.quip.com)


Nama Kelompok:
1. Dimas Yoan Rizaldi (15051204030)
2. Ulin Nuha (15051204034)
3. Mohammad Bachtiar Alifi (15051204006)
4. Zaim Nabil Alif T.P (15051204045)
6. Dani Maulana S (15051204011)
7. Fachrizal Al Ashar (15051204017)
8. Diaz Ardian Alvianto (15051204002)
9. Laksamana Arifandi (15051204036)
10. Bagus Geriansyah Putra (15051204007)
11. Molion Surya Pradana (15051204032)
12. Ahmad Abdu Latief (15051204012)
13. Muhammad Ainur Rofiq (15051204023)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar