Disusun oleh :
David Bontha (24051204144)
Gizelle Mathilda Mamentu (24051204146)
Randika Arief Fadilah (24051204151)
Desty Putri Puspitasari (24051204156)
Muhammad Nabil Ridho Farabi (24051204157)
Stefi Febianova (24051204166)
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Saat ini, berbagai kebutuhan manusia juga mencakup produk elektronik. Produk elektronik digunakan dalam segala hal mulai dari komunikasi hingga media hiburan. Beberapa produk elektronik tersebut mempunyai rangkaian elektronik yang dihubungkan menjadi produk elektronik. Ada banyak rangkaian pada perangkat elektronik yang mempunyai nama tersendiri, seperti yang disebut gerbang logika sederhana. Beberapa jenis gerbang logika:
AND: Keluaran 1 jika semua masukan 1.
OR: Keluaran 1 jika salah satu masukan 1.
NOT: Membalik nilai masukan (0 menjadi 1, dan sebaliknya).
NAND: Kebalikan AND, keluaran 0 jika semua masukan 1.
NOR: Kebalikan OR, keluaran 1 jika semua masukan 0.
XOR: Keluaran 1 jika hanya satu masukan 1.
XNOR: Kebalikan XOR, keluaran 1 jika semua masukan sama.
Pada Praktikum ini membahas gerbang logika AND. Gerbang AND akan menghasilkan Keluaran (Output) Logika 1 jika semua masukan (Input) bernilai Logika 1 dan akan menghasilkan Keluaran (Output) Logika 0 jika salah satu dari masukan (Input) bernilai Logika 0. Simbol yang menandakan Operasi Gerbang Logika AND adalah tanda titik (“.”) atau tidak memakai tanda sama sekali. Contohnya : Z = X.Y atau Z = XY. Misal : A = 1 , B = 0 maka Y = 1 . 0 = 0. A = 1 , B = 1 maka Y = 1 . 1 = 1
1.2 Tujuan
Mengenal dan memahami rangkaian logika.
Mengenal cara perancangan suatu rangkaian logika, membuat persamaan suatu gerbang dengan gerbang yang lain
1.3 Hipotesis
1.1 Tabel Logika AND Dengan Dua Masukan |
1.2 Tabel Logika AND Dengan Tiga Masukan |
*untuk mempermudah mengetahui jumlah kombinasi sinyal yang harus dihitung berdasarkan inputan, gunakan rumus ini :
2^n , dimana n adalah jumlah input. Contoh : n = 2 maka 2.2 = 4, jadi jumlah kombinasi sinyal yang harus dihitung sebanyak 4 kali.
1.3 Tabel Kebenaran AND |
1.4 AND Gate |
BAB II
METODE PRAKTIKUM
2.1 Alat dan Bahan
IC 08
Kabel Jumper
Lampu LED
Baterai 9 volt
Breadboard
2.2 Prosedur Pemasangan Rangkaian
Pasang kabel jumper pada aliran positif dan negatif sebagai aliran listrik nantinya
Pasang IC AND pada breadboard sehingga kakinya terpisah oleh jalur tengah breadboard.
Pasang jumper pada kaki 14 dari IC (VCC) lalu hubungkan ke aliran positif pada breadboard
Pasang jumper pada kaki 7 dari IC (GND) lalu hubungkan ke aliran negatif pada breadboard
Hubungkan kabel jumper dengan IC kaki-1 (sebagai input 1)
Hubungkan kabel jumper dengan IC kaki-2 (sebagai input 2)
Hubungkan kabel jumper dengan IC kaki-3 (sebagai output)
Pasang lampu led pada breadboard
Hubungkan kabel jumper-output dengan kaki positif lampu LED
Hubungkan kaki negatif LED dengan aliran negatif pada breadboard menggunakan kabel jumper
Lakukan uji coba gerbang logika
2.3 Prosedur Uji Coba
2.3.1 PROSEDUR UJI COBA-1 (high dan high)
Pasang kabel jumper yang terhubung ke IC kaki 1 dan 2 (input 1 & 2) ke aliran positif
Aliri breadboard dengan listrik, dengan cara menghubungkan kabel jumper dengan baterai
Lampu led akan menyala
Pasang kabel jumper yang terhubung ke IC kaki 1 dan 2 (input 1 & 2) ke aliran positif
Aliri breadboard dengan listrik, dengan cara menghubungkan kabel jumper dengan baterai
Lampu led akan menyala
2.3.2 PROSEDUR UJI COBA-2 (high dan low)
Pindahkan salah satu kabel jumper yang terhubung ke IC (sebagai input) ke aliran negatif pada breadboard
Aliri breadboard dengan listrik, dengan cara menghubungkan kabel jumper dengan baterai
Lampu tidak akan menyala
Pindahkan salah satu kabel jumper yang terhubung ke IC (sebagai input) ke aliran negatif pada breadboard
Aliri breadboard dengan listrik, dengan cara menghubungkan kabel jumper dengan baterai
Lampu tidak akan menyala
2.3.3 PROSEDUR UJI COBA-3 (low dan low)
Pindahkan kedua kabel jumper yang terhubung ke IC (sebagai input) ke aliran negatif pada breadboard
Aliri breadboard dengan listrik, dengan cara menghubungkan kabel jumper dengan baterai
Lampu tidak akan menyala
Pindahkan kedua kabel jumper yang terhubung ke IC (sebagai input) ke aliran negatif pada breadboard
Aliri breadboard dengan listrik, dengan cara menghubungkan kabel jumper dengan baterai
Lampu tidak akan menyala
BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN
3.1 Hasil Pengamatan
3.1 Dokumentasi |
3.2 Pembahasan
Pada prosedur uji coba 1, kedua input IC (kaki 1 dan 2) dihubungkan ke aliran positif (high), sehingga gerbang logika AND menerima input logika high and high (1-1). Ketika breadboard dialiri listrik dengan baterai, output IC menghasilkan logika high (1), yang mengalirkan arus ke lampu LED, sehingga LED menyala. Hal ini menunjukkan bahwa gerbang logika AND hanya memberikan output high jika semua input berada dalam kondisi high.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 kesimpulan
Dari praktikum yang telah kami lakukan dapat disimpulkan bahwa:
Gerbang logika AND memerlukan semua input bernilai 1 untuk menghasilkan output yang bernilai 1.
Implementasi dari gerbang logika AND dengan menggunakan IC dan komponen elektronik lainnya berhasil dibuktikan dengan menyalanya lampu LE yang berfungsi sebagai indikator output.
Hasil uji coba yang sesuai dengan tabel kebenaran gerbang logika AND, menunjukkan suksesnya praktikum.
4.2 Saran
Adapun Saran dari praktikum yang telah kami lakukan yaitu:
Uji gerbang logika AND dengan lebih dari dua input, semisal empat atau lima untuk melihat apakah hasilnya tetap sesuai dengan teori.
Mencoba dengan tekanan yang berbeda, misal lebih tinggi atau lebih rendah untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kinerja rangkaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar