Mata Kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer
Disusun
Oleh.
1. Moch
Septian Yudis saputra |
(24051204024) |
2. IG.
Krisna Wijaya Prihandono |
(24051204032) |
3. Kanzul
Jawad Murod As Shofi |
(24051204003) |
4. Muhammad
Fauzan |
(24051204013) |
5. Ahmad
Arkhanul Falah Al Khalimi |
(24051204033) |
6. Amira
Najihah Fadri Putri |
(24051204002) |
7. Sulthania
Auliya Afandi |
(24051204034) |
Prodi
S1 Teknik Informatika
UNIVERSITAS
NEGERI SURABAYA
2024
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Teknologi digital saat
ini telah menjadi bagian integral dari kehidupan manusia, dengan aplikasi di
berbagai bidang seperti komunikasi, otomasi industri, teknologi medis, hingga
perangkat komputasi sehari-hari. Di balik kemajuan ini terdapat prinsip-prinsip
dasar arsitektur komputer yang memungkinkan perangkat elektronik memproses dan
menghasilkan informasi dengan cara yang cepat dan efisien. Salah satu komponen
dasar dalam sistem digital ini adalah gerbang logika, yang merupakan dasar dari
segala operasi logis dalam perangkat keras komputer.
Gerbang logika adalah
rangkaian digital yang berfungsi mengolah sinyal masuk dan menghasilkan sinyal
keluar berdasarkan aturan logis tertentu. Gerbang logika AND, misalnya, adalah
gerbang dasar yang hanya menghasilkan keluaran “1” ketika semua masukan memiliki
nilai “1.” Hal ini membuatnya sangat penting dalam merancang rangkaian logika
dasar yang lebih kompleks. Rangkaian dengan gerbang logika AND dapat ditemukan
dalam berbagai komponen digital, mulai dari mikroprosesor hingga perangkat lain
seperti pengontrol logika yang berfungsi untuk mengendalikan dan mengarahkan
aliran sinyal digital. Pemahaman mengenai cara kerja gerbang logika ini juga
membantu dalam memahami lebih lanjut mengenai arsitektur komputer, di mana
setiap rangkaian logika memiliki peran dalam operasi perhitungan dan proses
data.
Bagi mahasiswa teknik
informatika, pemahaman mengenai prinsip-prinsip dasar ini sangat penting,
terutama dalam mata kuliah Arsitektur Komputer yang mempelajari berbagai aspek
dasar dari perancangan dan implementasi komputasi. Praktikum ini dirancang untuk
memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai operasi dasar gerbang logika
AND, serta bagaimana prinsip kerjanya diaplikasikan dalam rangkaian digital.
Dengan memahami bagaimana gerbang logika AND bekerja, mahasiswa dapat lebih
mudah mengerti bagaimana sistem komputer yang lebih kompleks dibangun dari
rangkaian dasar. Melalui percobaan praktikum ini, mahasiswa akan mendapatkan
pengalaman langsung dalam merancang dan menganalisis hasil kerja dari rangkaian
berbasis gerbang logika AND.
1.2 Rumusan
masalah
1. Bagaimana
prinsip dasar gerbang logika AND?
2. Bagaimana
implementasi gerbang logika AND dapat membantu dalam memahami arsitektur
komputer pada tingkat dasar?
3. Apa
peran dari hasil analisis percobaan gerbang logika AND dalam mendukung
pemahaman terhadap rangkaian logika yang lebih kompleks?
1.3 Tujuan laporan
1. Memahami
prinsip dasar gerbang logika AND
2. Melakukan
percobaan menggunakan gerbang logika AND
3. Memahami
dan Menganalisis Hasil percobaan rangkaian AND
1.4 Manfaat
penulisan
Manfaat penulisan laporan adalah untuk mempelajari dan menganalisis proses, serta melatih kemampuan merancang dan memahami rangkaian gerbang logika AND.
BAB
II
TINJAUAN
PUSTAKA
2.1 Dasar teori
A. Pengertian Gerbang Logika Dasar dan Jenis-jenisnya
Gerbang
Logika yang diterapkan dalam Sistem Elektronika Digital pada dasarnya
menggunakan Komponen-komponen Elektronika seperti Integrated Circuit (IC),
Dioda, Transistor, Relay, Optik maupun Elemen Mekanikal.
kedua saklar harus tersambung untuk dapat mengalirkan listrik searah ke lampu LED, jika salah satu saklar tersebut tidak tersambung maka lampu LED tidak menyala karena tidak adanya aruslistrik searah yang mengalir ke lampu LED.
2.2 Komponen
- Breadboard adalah papan yang digunakan untuk menempatkan dan menyusun piranti/komponen-komponen elektronika menjadi rangkaian elektronika tanpa penyolderan. Fungsi breadboard dalam praktikum ini adalah sebagai konduktor listrik tempat melekatkan kabel jumper atau header pin male agar arus listrik dari komponen satu ke komponen lainnya bisa saling terdistribusi.
- Tombol adalah alat atau benda yang dioperasikan dengan cara ditekan, yang digunakan untuk menghubungkan, memutuskan, atau mengontrol suatu mesin, perangkat elektronik, dan bahkan alat seperti komputer. Ketika tombol ditekan, kontak di dalamnya akan tertutup, memungkinkan aliran listrik melalui sirkuit. Ketika tombolnya dilepaskan, kontak akan terbuka lagi, memutus aliran listrik.
- Kabel merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal dari satu tempat ke tempat lain. Secara umum, kabel memiliki fungsi sebagai media transimisi yang berperan untuk mempercepat penyampaian pesan dan setiap kabel memiliki spesialisasi fungsi yang berbeda-beda.
- Resistor adalah komponen elektronik pasif yang digunakan untuk menahan atau membatasi aliran arus listrik dalam sebuah sirkuit. Fungsi utama dari resistor adalah untuk mengontrol besar arus dan menurunkan tingkat tegangan dalam berbagai aplikasi elektronik.
- Baterai adalah alat yang digunakan untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk kimia kemudian diubah menjadi energi listrik untuk memperoleh arus listrik yang diperlukan. Fungsi dari baterai adalah sebagai penghantar listrik ke suatu benda, sehingga benda yang dialiri dengan arus listrik, maka bisa bekerja dengan optimal.
- Lampu LED adalah komponen elektronik yang memancarkan cahaya monokromatik ketika diberikan tegangan maju. Manfaat utama lampu LED adalah efisiensinya dalam menggunakan energi, lampu ini dapat menghasilkan cahaya yang setara dengan lampu bohlam konvensional, tetapi dengan menggunakan energi yang lebih sedikit.
BAB
III
PEMBAHASAN
3.1
Alat Dan Bahan
- Bread board
- 2 tombol
- 2 kabel
- 1 resistor
- 1 batrai
- 1 lampu LED
3.2
Langkah - langkah
1. pasang
lampu LED di tengah bread board (pastikan nomor dari letak led, dan ingat besi
yang panjang/positif dan pendek/negatif terletak di nomor mana)
2. ada
barisan positif tancapkan satu sudut resistor dan sudut lain ke nomor/baris
berbeda (tidak boleh pada baris led negatif)
3. pada
baris sisi lain resistor pasang tombol (sisi a) yang menyambung ke resistor
(tombol memiliki sisi A dan B, dimana jika di tekan sisa A akan mengalir kan
listrik ke sisi B dan juga sebaliknya)
4. Terakhir
sambungkan batraimdan bread board dengan kabel man to man, pada bread board
kabel yang terhubung arus negatif ke baris led yang besi pendek dan kabel yang
terhubung arus positif berada di baris tombol kedua sisi B.
3.3
Hasil Pengamatan
Hasil
pengamatan dari praktikum yang kita kerjakan adalah, jika tersedia dua tombol
dan ditekan dua tombol tersebut maka lampu
akan menyala, jika tombol hanya ditekan satu tombol sendiri maka lampu
tersebut tidak akan menyala.
AND
merupakan operator logika yang digunakan untuk mengetahui ataupun memeriksa dua
kondisi yang bernilai benar atau true pada kedua kondisi tersebut. Operator
logika AND akan mengembalikan nilai true jika kedua kondisi tersebut sama
bernilai true. jika salah satu kondisi bernilai false, maka akan
mengembalikan nilai false
BAB
IV
PENUTUP
4.1
Kesimpulan
Praktikum
ini berhasil menunjukkan prinsip dasar kerja gerbang logika AND, di mana
keluaran akan bernilai "1" atau menyala hanya jika semua masukan
bernilai "1" atau semua tombol ditekan. Penggunaan rangkaian dengan
gerbang logika AND memberikan pemahaman mendalam mengenai cara kerja logika
dasar dalam sistem digital, yang menjadi dasar bagi rangkaian elektronik yang
lebih kompleks. Pengalaman praktikum ini membantu mahasiswa lebih memahami dan
menguasai konsep dasar arsitektur komputer dan operasi logis yang mendasari
komputasi digital.
4.2
Saran
Agar pemahaman lebih komprehensif, disarankan agar percobaan ini dikembangkan dengan menggunakan gerbang logika lainnya, seperti OR, NOT, dan kombinasi beberapa gerbang untuk menyusun rangkaian logika yang lebih kompleks. Selain itu, penggunaan alat ukur elektronik yang lebih akurat juga akan membantu dalam melihat arus dan tegangan secara rinci sehingga hasil percobaan menjadi lebih mendalam.
DAFTAR
PUSTAKA
Mulyati, S.
(2021). BUKU AJAR SISTEM DIGITAL UNTUK TEKNIK INFORMATIKA. Bandung:
Widina Bhakti Persada Bandung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar