Kamis, 26 April 2018

Remote FTP Menggunakan Filezilla


            FTP digunakan untuk urusan pengiriman data dalam jaringan komputer. Dua komputer atau lebih yang bertindak sebagai client dapat melakukan upload dan download terhadap FTP server. Syarat untuk menjadi FTP server yaitu adanya alamat FTP server (mirip domain website), username (bila perlu), dan password (bila perlu). Sedangkan untuk komputer client harus terinstall aplikasi FTP client, misal Filezilla.
Alat & Bahan :
1. Sistem operasi Debian 8
2. Sistem operasi Windows 7/Windows XP/Windows 8
3. Aplikasi Filezilla 3.31.0
4. Aplikasi Virtual Box 5.1.32
Tutorial :
1.    Masuk Virtual Box klik Debian > Pengaturan > Jaringan. Atur sesuai gambar berikut.

2.    Atur juga IP Address di Windows 7 dengan masuk ke Control Panel > Network and Internet > Network Connections > VirtualBox Host-Only Network.

3.    Kemudian klik kanan > Properties > Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) > Atur IP Addressnya sesuai gambar di bawah ini.

4.    Lakukan pemeriksaan pada Windows 7 dengan mengetikkan ping 198.168.2.1 pada CMD.
5.    Lakukan pengaturan IP Address pada Windows XP dengan masuk ke Control Panel > Network and Internet Connections > Network Connections.

6.    Klik kanan Local Area Connection > Properties > Internet Protocol (TCP/IP) > Properties > Setting IP Address sesuai gambar di bawah ini.



7.    Lakukan pemeriksaan dengan mengetikkan ping 198.168.2.2 pada CMD. Jika berhasil akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

8.    Lakukan juga pengaturan IP Address pada Windows 8 dengan masuk ke Control Panel > Network and Internet > Network Connections.

9.    Klik kanan pada Ethernet dan klik Properties > Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) > Properties > Setting Ip Address sesuai gambar di bawah ini.

10. Lakukan pemeriksaan dengan mengetikkan ping 198.168.2.4 pada CMD. Jika berhasil maka akan muncul tampilan sesuai gambar di bawah ini.

11. Masuk ke terminal Debian 8 dengan akses root.
12. Ketikkan perintah nano /etc/network/interfaces.
13. Kemudian edit sesuai gambar di bawah ini.

14. Simpan perubahan tadi dengan tekan tombol Ctrl X, kemudian tekan tombol Y.
15. Lakukan restart network dengan mengetikkan perintah /etc/init.d/networking restart.
16. Lalu lakukan pengecekan apakah IP sudah berganti atau belum dengan mengetikkan perintah ifconfig.

17. Lakukan instalasi FTP pada debian dengan mengetikkan perintah apt-get install proftpd.

18. Jika berhasil menginstall, maka akan muncul tampilan sesuai gambar di bawah ini.

19. Pilih "standalone".
20. Buat user baru untuk login dalam FTP, dengan perintah useradd - d/sharing/namauser.
21. Juga lakukan penyettingan password dengan perintah passwd namauser.

22. Lakukan pengaturan di dalam proftpd dengan perintah nano /etc/proftpd/proftpd.conf sesuai gambar di bawah ini.


23. Pada bagian paling bawah berikan tambahan lokasi tempat File Sharing dan User yang telah dibuat dan akan digunakan untuk login pada FTP.

24. Jika sudah lakukan restart settingan FTP agar tersimpan dan settingan baru dijalankan menggunakan perintah /etc/init.d/proftpd restart, jika berhasil akan muncul tampilan sesuai gambar di bawah ini.

25. Kemudian buat folder pada lokasi file sharing dengan perintah chmod -R 777 /home/namasuperuser/sharing.
26. Lakukan pengecekkan apakah sudah terbuat folder pada lokasi file sharing dengan melakukan perintah ls –l.

27. Buat folder dengan perintah mkdir folder1 agar tidak kosong folder sharing tadi.

28. Selanjutnya coba melakukan login FTP pada browser di Debian 8 dengan mengetikkan ftp://198.168.2.3.

29. Lakukan login juga pada Windows 7, Windows XP, maupun Windows 8 dengan cara membuka browser dan mengetikkan ftp://198.168.2.3, jika berhasil maka akan muncul sesuai gambar di bawah ini

30. Untuk remote FTP, gunakan aplikasi Filezilla. Filezilla dinstall di Windows 7 sehingga Windows 7 menjadi client yang dapat meremote FTP server (Debian). Buka aplikasi Filezilla terlebih dahulu.
31. Masukkan host, username, dan password sesuai yang telah dibuat sebelumnya. Gunakan port 21 untuk standar FTP pada umumnya. Kemudian klik “Quickconnect”.

32. Apabila berhasil, akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Sekarang FTP server (Debian) bisa diremote dari client melalui Filezilla.


Kesimpulan :
Untuk melakukan remote FTP, harus terdapat komputer sebagai FTP server dan komputer sebagai FTP client. FTP server dan FTP client dihubungkan dalam 1 jaringan terlebih dahulu dibuktikan dengan berhasilnya ping IP Address satu sama lain. Setelah salah satu komputer sudah diatur sebagai FTP server, maka sisanya akan bertindak sebagai FTP client yang meremote server menggunakan bantuan aplikasi Filezilla. Remote FTP berhasil apabila FTP client berhasil masuk ke direktori FTP server.

Oleh:
1. MUHAMAD RAMADHAN 16051204017
2. ARDIANSYAH 16051204024
3. ACHMAD CHAIRUDDIN 16051204030
4. SINDY CAESAR RUSNANDA HIMATUL HALIZA 16051204037

5. WAHYU MUHAMMAD CITRA PERDANA 16051204044

Tidak ada komentar:

Posting Komentar