Senin, 06 Juni 2022

PEMBUATAN POSTER LITERASI DIGITAL BISNIS DIGITAL 2021 A

PEMBUATAN POSTER LITERASI DIGITAL

BISNIS DIGITAL 2021 A

 

Kelompok 1

Anggota           : 1. Moh. Masdarul Asrar                    (21081494003)

2. Zhorif Firza Alifi                           (21081494013)

3. Buhori                                            (21081494014)

4. Abyan Haq 'Aisy Suudi                 (21081494023)

Judul Poster     : Money Management

Narasi               : Money management adalah hal yang harus kita ketahui sejak dini, dan kita harus sadarkan para pemuda pemudi untuk cerdas secara keuangan, yang mana membuat mereka paham bagaimana alur uang masuk dan arus uang keluar. tujuan manajemen keuangan ialah bagaimana kita mempertahankan aset yang kita punya sehingga aset itu memberikan penghasilan kepada kita, dan memperkecil liabilitas agar arus uang keluar tidak terpakai pada hal yang kurang penting.

Link Poster       https://id.wikipedia.org/wiki/Pengguna:Zhorif_Firza_Alifi#

Kelompok 2

Anggota           : 1. Fiqih Zulfikar Fahmi                     (21081494002)

2. Irsyad Daffa Armmawadin             (21081494007)

3. Muhammad Farhan Akbar             (21081494022)

4. Adilah Asma Amanina                   (21081494032)

Judul Poster     : Non-Fungible Token

Narasi               : Start up yang menarik perhatian dunia dibidang karya seni digital. Dengan metode pembayaran menggunakan cryptocurrency. Sehingga dapat membeli hak karya seni orang lain, dan menjual kembali karya tersebut dengan metode yang sama.

Link Poster       https://commons.wikimedia.org/wiki/File:NFT_Pada_Era_Digitalisasi.jpg

Kelompok 3

Anggota           : 1. Laga Putra Pramudya                    (21081494006)

2. Tantry Dwipa Octania                   (21081494009)

3. Lely Maylinasari                            (21081494016)

4. Fanisa Ayu Cahya Kamila             (21081494027)

Judul Poster     : Strategi untuk menerapkan transformasi digital dalam bisnis

Narasi               : Transformasi digital mengacu pada proses dan strategi menggunakan teknologi digital untuk secara drastis mengubah cara bisnis beroperasi dan melayani pelanggan. Transformasi digital tidak akan terjadi dalam waktu sehari atau dua hari, namun harus dilakukan secara bertahap dan menyeluruh. Oleh karena itu, bisnis yang ingin melakukan transformasi digital juga harus melakukan transformasi bisnis, yaitu dengan melakukan perubahan terhadap operasional bisnis supaya bias benar-benar selaras dengan perkembangan teknologi digital dan kebutuhan konsumen. Pentingnya strategi yang tepat untuk menerapkan transformasi digital dalam bisnis merupakan suatu kunci kesuksesan perusahaan.

1.       Lihat dari sisi perusahaan dan konsumen

Transformasi digital tidak akan terjadi dalam waktu yang cepat namun harus dilakukan secara bertahap dam menyeluruh. Oleh karena itu, bisnis yang ingin melakukan transformasi digital tentunya juga harus melakukan transformasi bisnis, yaitu dengan melakukan perubahan terhadap operasional bisnis agar dapat selaras dengan perkembangan teknologi digital dan kebutuhan konsumen. Berbicara mengenai kebutuhan konsumen, bisnis juga harus mampu menempatkan diri mereka diposisi konsumen. Artinya, bisnis itu perlu memahami apa saja hal yang dibutuhkan konsumen saat ini dan nanti kedepannya. Transformasi digital dalam sisi konsumen ini juga berarti adanya perubahan yang cukup signifikan mengenai customer experience. Hal ini harus menjadi perhatian lebih para pebisnis agar konsumen bisa tetap nyaman memakai produk atau jasa yang ditawarkan.

2.       Ubah value proposition

Sebuah bisnis yang melakukan transformasi digital maka harus ada perubahan juga dalam cara mengelola bisnis tersebut. Dimulai dari model bisnis yang akan berubah, dimana bisnis tersebut akan memiliki konsumen, mitra, serta kompetitor baru yang akan bermunculan. Ditambah lagi dengan kapabilitas bisnis yang lebuh update, contohnya seperti dalam ekosistem bisnis dalam platform digital baru. Berlanjut pada model operasi bisnis yang dipengaruhi oleh insentif, sumber daya, dan governance baru.

3.       Framework transformasi digital

Pada dasarnya, transformasi digital harus dimulai dengan membangun kapabilitas dalam sistem operasional bisnis agar dapat mengadopsi teknologi digital dengan baik dan efisien. Misalnya dengan membentuk platform digital yang khusus utau membangun infrasturktur yang memumpuni. Setelah itu, kapabilitas tersebut harus diimbangi dengan orientasi customer experience. Nah, dua hal ini tidak dapat berjalan dengan lancar apabila tidak dilengkapi dengan inovasi terhadap model bisnis dan co-creation. Kolaborasi atau co-creation ini dapat dilakukan bersama dengan konsumen agar produk atau jasa dapat sukses diterima konsumen.

Link Poster       : https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Poster_kita.jpg

Kelompok 4

Anggota           : 1. Adellyna Cantica Febbyanti          (21081494004)

2. Bagaskara Rahadi Putra                (21081494010)

3. Nobelson Abraham Gracia S.        (21081494011 )

4. Salma Nabilah                               (21081494021)

Judul Poster     : Cyber Crime

Narasi               : Saat ini kita telah memasuki era digital, dimana semua hal bisa kita kendalikan dari jarak jauh. Teknologi digital tidak hanya digunakan untuk memperoleh informasi, atau sebagai media komunikasi jarak jauh, namun juga dimanfaatkan untuk ekonomi digital. Tetapi banyak ancaman-ancaman yang bisa membahayakan teknologi digital, salah satunya Hacking. Hacking adalah suatu tindakan menemukan titik entri yang mungkin ada dalam sistem komputer atau jaringan komputer. Hacking biasanya dilakukan untuk mendapatkan akses tidak sah ke sistem komputer atau jaringan komputer.

Link Poster       : https://commons.m.wikimedia.org/wiki/File:Cyber_Crime_%22HACKING%22.png

Kelompok 5

Anggota           : 1. Rizki Hidayatulloh                        (21081494001)

2. Lirameira Latifah                         (21081494008)

3. Irsyad Budhiraja                           (21081494019)

4. Putri Rigita Cahyani                     (21081494025)

Judul Poster     : Get to Know E-Commerce

Narasi               : Saat ini kita telah memasuki era digital, dimana semua hal bisa kita kendalikan dari jarak jauh. Teknologi digital tidak hanya digunakan untuk memperoleh informasi, atau sebagai media komunikasi jarak jauh, namun juga dimanfaatkan untuk ekonomi digital. Teknologi digital dapat menjadi sumber profit utama dalam perekonomian di era digital ini. Ekonomi digital akan mendukung aktivitas-aktivitas ekonomi yang sudah ada dan dipercaya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Melalui pemanfaatan teknologi ini produk-produk lokal Indonesia dapat memasuki pasar global. Ekonomi digital diharapkan dapat meningkatkan persaingan produk dan jasa dari level mikro hingga makro.

Salah satu pemanfaatan teknologinya yaitu dengan adanya e-commerce. E-commerce merupakan aktivitas penyebaran, jual, beli, dan pemasaran produk dengan memanfaatkan jaringan internet. Meskipun konsumen dan penjual tidak bertemu langsung, transaksi tetap berjalan lancar. Dengan kata lain, e-commerce menawarkan kemudahan dalam berbelanja secara online.

Nah selanjutnya kita akan membahas beberapa e-commerce. Terdapat 5 e-commerce lokal yang berhasil berada pada 10 peringkat teratas aplikasi e-commerce yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia yaitu Tokopedia, Sociolla, Bukalapak, Blibli, Matahari, dan My Hartono. Tokopedia berhasil mendominasi sebagai e-commerce dengan jumlah pengunjung website bulanan tertinggi sejak Q1 2021. Merger yang dilakukan Tokopedia dengan perusahaan transportasi online Gojek pada awal 2021 dinilai menunjukkan dampak positif terhadap peningkatan traffic menuju website Tokopedia.

Hasil riset terbaru Google, Temasek dan Bain & Co dalam laporan e-Conomy SEA 2021 menyebutkan bahwa e-commerce menjadi pendorong utama ekonomi digital Indonesia pada tahun 2021. Ini tercermin dari nilai gross merchandise value (GMV) sektor tersebut yang diperkirakan akan mencapai US$ 53 miliar pada akhir 2021, dan telah diprediksi bahwa pada 2030, Indonesia dapat memiliki nilai GMV 2 kali lebih besar dari GMV Asia Tenggara saat ini.

Link Poster       : https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:05-Get_to_Know_E-Commerce.png

Kelompok 6

Anggota           : 1. Silviana Mar'atu Shalikhah            (21081494005)

2. Ratna Mei Saputri                          (21081494017)

3. Putra Muchamad Ardhianto          (21081494026)

4. Sinta Aisyah Ambami                    (21081494028)

Judul Poster     : 5 Bisnis Digital Menguntungkan yang Bisa Kamu Coba

Narasi               : Merintis bisnis di era digital seperti sekarang jelas memiliki tantangan yang tidak mudah. Meskipun begitu, jika kamu mampu memulai bisnis dengan cermat, berbagai proses selanjutnya tentu akan menjadi lebih mudah. Ada banyak opsi bisnis digital yang bisa kamu geluti untuk mendapatkan penghasilan menjanjikan.

Jika sudah memiliki niatan untuk mempunyai bisnis digital, langkah selanjutnya adalah melakukan riset sederhana untuk menelusuri ide bisnis apa yang menarik untuk dilakukan. Kamu bisa mulai menelusuri minat atau hobi apa yang kamu kuasai dengan baik, atau bisa juga melalui tren apa yang sedang ramai di tengah masyarakat.

Dari situ, kamu tinggal memoles ide bisnis digital tersebut dengan kreativitas yang kamu miliki supaya menarik perhatian pasar. Karena ini adalah bisnis digital, memasarkan usaha kamu pun menjadi jauh lebih mudah yaitu tinggal melalui media sosial, marketplace, hingga forum-forum online. Layak untuk dicoba, bukan?

Pasar yang tanpa batas juga menjadi salah satu alasan kenapa hal ini sedang menjadi di tren. Pasalnya, kamu bisa memasarkan bisnis untuk siapa saja tanpa terhalang letak geografis, bahkan sampai ke luar negeri sekalipun. Kelebihan bisnis digital lainnya adalah sifat teknologi yang dinamis. Karena teknologi terus berubah, bisnis digital mempunyai peluang jangka panjang yang sangat menjanjikan.

Di tengah masyarakat sudah banyak sekali contoh bisnis digital yang terbukti bisa menghasilkan omset menjanjikan. Berikut ini lima ide bisnis digital yang bisa kamu coba:

1.       Pembuatan Website

Profesi pembuat website atau website developer menjadi salah satu pekerjaan yang terkenal belakangan ini. Upah yang relatif tinggi dengan jam kerja fleksibel menjadi alasan kenapa profesi ini kerap diincar banyak anak muda. Lapangan pekerjaan yang mencari web developer pun sangat banyak.

Web developer merupakan profesi yang memungkinkan mereka membuat website. Web developer menguasai cara membikin website dari awal seperti menulis kode, sampai memastikan website bisa memenuhi apa yang dibutuhkan penggunanya.

Web developer membikin website secara menyeluruh, dan tidak menutup kemungkinan mendesain website juga supaya memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya. Karena tugas-tugas tersebut juga terkadang tidak memungkinkan untuk dilakukan oleh satu orang, perusahaan biasanya membagi posisi web developer menjadi backend dan frontend.

2.       Desain Grafis

Ini adalah salah satu profesi yang tidak termakan jaman karena sudah ada sejak lama dan masih dibutuhkan sampai saat ini. Desain grafis menjadi salah satu profesi bisnis digital yang memiliki prospek sangat menjanjikan lantaran konsumennya luas.

Konsumen di sini bukan saja perorangan yang membutuhkan desain secara pribadi, melainkan juga yang berskala masif seperti perusahaan. Yang perlu kamu perhatikan saat merintis bisnis digital seperti ini adalah membuat portfolio yang bisa menarik calon klien.

3.       Content Creator

Apabila sejak lama gemar dan memiliki hobi membuat video, tidak ada salahnya melirik content creator sebagai profesi yang digeluti. Sekarang sudah banyak platform yang bisa mengakomodasi video yang kamu buat seperti YouTube hingga Instagram.

Salah satu kunci penting untuk menjadi content creator adalah konsistensi. Setelah berhasil konsisten membuat video yang berkualitas, orang-orang akan datang dengan sendirinya untuk melihat video yang kamu buat. Pendapatan seorang content creator pun tidak main-main, sehingga profesi ini menjadi impian dari banyak anak muda.

4.       Toko Online

Salah satu bisnis digital yang paling sederhana ialah dengan membuka toko online. Kamu bisa menjual produk yang kamu punya di banyak kanal seperti, marketplace, media sosial, e-commerce, atau website sendiri.

Yang perlu kamu lakukan adalah menentukan produk mana yang mau kamu pasarkan dan cari keunikan dari produk tersebut agar berbeda dari produk yang sudah ada di pasaran. Memiliki website sendiri juga tidak kalah penting untuk membangun brand identity yang positif dan dipercaya calon konsumen.

Kamu juga bisa memilih apakah mau menjadi reseller, supplier, atau dropshipper. Jenis model bisnis yang bisa kamu pilih juga sangat beragam seperti B2B (business to business), B2C (business to consumer), dan C2C (consumer to consumer).

5.       Blogger

Sama halnya seperti profesi desain grafis, blogger juga sudah ada cukup lama karena skillset yang dimiliki seorang blogger tidak termakan waktu. Sudah banyak figur terkenal yang dahulunya adalah seorang blogger seperti Raditya Dika, Soleh Solihun, dan lain-lain. Kamu bisa mulai menulis mengenai hobi atau apa pun yang menurut kamu layak untuk ditulis.

Selain itu, apabila sekarang kamu sudah memiliki blog, pastikan lagi tulisan-tulisan atau konten di dalam blog kamu menarik untuk dibaca dan bisa menarik pengunjung baru. Setelah itu, kamu bisa menyediakan ruang khusus dalam blog untuk iklan supaya bisa menghasilkan pendapatan.

Link Poster       https://kelompok6literasidigitalbisdig2021a.siterubix.com/kelompok-6-literasi-digital/

Kelompok 7

Anggota           : 1. Dwi wahyuni                                 (21081494018)

2. Muhammad Aditya                       (21081494030)

3. Alfandio Firky Firgiawan             (21081494064)

Judul Poster     : Digitalisasi breeading

Narasi               : Menjelaskan model usaha digitalisasi khususnyaa dibidang peternakan, yang dapat mensejahterahkan dan mengembangkan bisnis peternakan pada dunia internet. pada penggunaan teknologi ini bukan hanya sebatas dalam proses bagian produksi peternakan, tetapi dalam rantai pasok dan pendistribusian hasil ternak. harapannya dengan penggunaan teknologi mampu mengifisienkan proses dalam industri peternakan dari proses produk, distribusi, bahkan pemasaran. Dengan penggunaan teknologi ini dapat mencipatkan kedaulatan pangan dan stakeholder untuk berkolaborasi dalam sebuah bisnis yang menguntungkan

Link Poster       : https://commons.wikimedia.org/wiki/File:CC_Express_20220330_1026590.8672203901169161.png

Kelompok 8

Anggota           : 1. Silvika Rina Fatin Serzya              (21081494012)

2. Marcello Hamasias Dwi G.P.        (21081494024)

3. Nurfathan Samnaufal Razzaq        (21081494031)

Judul Poster     : Business Trend 2022

Narasi               : Tahun lalu berlalu dengan sangat cepat, tidak terasa sekarang kita sudah memasuki tahun 2022. seiring berjalannya waktu covid sekarang sudah mulai menurun, kehidupan "New Normal" mulai kembali dijalani banyak orang. pandemi membuat orang orang harus mengubah kebiasaaannya. setiap tahunnya pola bisnis dan pola perilaku konsumen berubah, membuat banyak bisnis baru berdatangan dan juga banyak bisnis baru lahir. Disini team akan melakukan riset terhadap trend industri maupun bisnis yang diyakini akan "booming" ditahun 2022 ini.

1.       Metaverse dan NFT

Bagi yang belum tau, metaverse merupakan digital reality yang mengkombinasikan social media, augumented reality, virtual reality, dan cryptocurrencies yang mengizinkan para pengguna untuk berinteraksi secara virtual. Metaverse diyakini bakal jadi tempat entertainment, projek, hingga ke peluang orang-orang untuk bekerja. Contoh: Investasi tanah di metaverse. Selain itu pada tahun 2021 juga dihebohkan dengan NFT yang merupakan objek digital yang diperjual belikan. 2022 di prediksikan akam terjado NFT boom, yang membuat NFT dimana mana. Bagi kalian yang ingin mencoba masuk ke dunia ini, kalian bisa melakukan riset tentang pembuatan NFT, tidak sedikit orang yang memperoleh untung yang banyak melalui NFT ini

2.       Live shopping centre

Live commerce merupakan tren dimana platform e-commerce memanfaatkan fitut live streaming untuk memasarkan produk. Keunggulan dari live e-commerce bisa interaksi terhadap penjual dan pembeli dengan begitu mereka bisa berkomunikasi dari harga hingga bahan.

Link Poster       : https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Kelompok_8_UTS_LITDIG.jpg

Kelompok 9

Anggota           : 1. Alfia Puteri Ristias Novitasari       (21081494015)

2. Syifa'ul Aini Zahroh                      (21081494020 )

3. Carissa Octiara Salsabila                (21081494029)

Judul Poster     : Pentingnya Cyber Security pada saat Berbisnis Digital

Narasi               : Keamanan di dunia teknologi dan informasi menjadi hal yang sangat penting saat ini mengingat penggunaan internet dan platform digital hampir di semua lini kehidupan tetapi tidak diikuti dengan kesadaran akan beragam pelanggaran dan kerugian yang dapat terjadi di dunia digital. Kejahatan di dunia digital atau biasa disebut cybercrime nyatanya banyak menimbulkan kerugian material maupun non-material bagi korban. Fakta yang terjadi saat ini, penipuan digital menjadi jenis kejahatan yang sering terjadi dibandingkan penipuan secara fisik. Cyber attack menjadi sebuah ancaman bagi perusahaan besar maupun kecil. Cyber security adalah perlindungan terhadap data, sistem, jaringan, maupun program dari serangan digital. Biasanya, tujuan penyerangan adalah untuk mengakses informasi sensitif, menghancurkan data penting, dan pada akhirnya merusak bisnis.Agar hal-hal ini tidak terjadi, sebuah perusahaan harus memiliki cyber security yang kuat. Perkembangan digital yang semakin berkembang pesat turut meningkatkan peluang bisnis bagi siapa saja dan dalam bidang hal apa saja.Apalagi, mengingat transaksi jual beli yang semakin marak dilakukan secara online, tindakan pencurian data dan kerusakan sistem juga semakin berpotensi terjadi karena kurangnya kesadaran akan pentingnya keamanan internet atau Cyber Security, terutama dalam sebuah usaha atau Small Business dapat disimpulkan bahwa cyber security merupakan sesuatu yang sangat penting bagi keamanan perusahaan. Sekecil dan sebesar apapun bisnis yang sedang dijalankan, keamanan merupakan hal yang paling utama di era digital.

Link Poster       https://commons.wikimedia.org/wiki/File:KELOMPOK_9_LITERASI_DIGITAL.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar