Jumat, 18 Januari 2019

Ada apa dengan PostgreSQL?



Oleh:Julianto SUTANDANG
CEO at Equnix Business Solutions, PT

PostgreSQL adalah Software Database Relational Open Source yang paling maju dikelasnya, dan merupakan komponen utama dalam dunia bisnis.
Ekonomi suatu negara dapat berjalan bilamana infrastruktur keuangan, seperti: Perbankan, Asuransi, Payment Gateway, Pembiayaan, dan lain-lainnya berjalan dengan baik dan lancar. Perusahaan keuangan tersebut, membutuhkan software yang handal, terpercaya, dan berintegritas terutama dalam mengamankan data transaksinya. Itu artinya semua perusahaan keuangan, sangat tergantung pada Sistem Database Transaksional. Seperti contohnya PostgreSQL, Informix, Oracle, Sybase, DB2, dan lainnya.
Software RDBMS seperti yang telah disebutkan diatas, cukup banyak dipergunakan oleh dunia bisnis. Lebih banyak lagi adalah Oracle yang menguasai pangsa pasar mayoritas. Mengapa demikian? Kalangan bisnis finansial, tidak mau meresikokan reputasi perusahaannya dengan menggunakan software yang tidak handal dan memiliki potensi masalah dimasa mendatang, tidak heran Oracle cukup menguasai di Industri ini.
Namun hal itu adalah masa lalu, dimana Oracle tidak memiliki pesaing yang berarti, saat ini PostgreSQL memiliki fitur yang lengkap untuk sebuah RDBMS untuk Enterprise dan bahkan dibeberapa hal mengungguli Oracle. PostgreSQL tidak hanya unggul secara kinerja, tetapi juga dari aspek dukungan justru jauh lebih mumpuni. Sepanjang kita cermat dalam memahami model bisnis yang dikembangkan dari Open Source itu sendiri. PostgreSQL memiliki potensi pengembangan dan tuning yang sangat terbuka lebar sepanjang kita mau dan mampu mempelajari dan meningkatkan kemampuannya.
Saat ini ada banyak perusahaan profesional yang mumpuni dan mampu mendukung penggunaan dan pengembangan PostgreSQL seperti contohnya: Equnix dari Indonesia dan Singapore, 2ndQuadrant dari UK, EDB dari US, PostgresPro dari Russia, Dalibo dari Prancis, Ongres dari Italy, Fujitsu dari Jepang, dan masih banyak lagi.
Penggunaan PostgreSQL untuk menggantikan Oracle adalah keputusan yang sangat tepat, karena hanya PostgreSQL lah yang mampu mengalahkan kinerja dari Oracle. Mengapa demikian? karena PostgreSQL adalah Open Source, kode sumbernya dapat diakses oleh siapa saja dan dapat di tuning atau di improve oleh siapa saja, dan dengan memahami arsitektur yang tepat, kita bisa melakukan tuning database dengan lebih dalam dan menghasilkan kinerja yang jauh lebih baik daripada apa yang bisa dilakukan disemua Software Database Propietary manapun.
PostgreSQL membuka kesempatan untuk pengguna lepas dari ketergantungan vendor yang tidak bersahabat, PostgreSQL mengembangkan kemerdekaan, demokratisasi dan kemandirian dalam mendapatkan dukungan. PostgreSQL menghindarkan kita dari ketergantungan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar