KELOMPOK 1
1. Faiz Andhika Pradana (22091427036)
2. Muhammad Asyam Atha Salisa B (22091427038)
3. Shella Akbari Adha (22091427049)
4. Na’ilah Azizah Handynink (22091427058)
KRL
Commuter Line adalah sistem transportasi komuter angkutan cepat
berbasis Kereta
Rel Listrik (KRL) yang dioperasikan oleh
PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter), anak perusahaan dari PT
Kereta Api Indonesia (Persero). KRL ini beroperasi di wilayah Jakarta sejak
tahun 1925 dan telah melayani rute
komuter di wilayah Jabodetabek serta lintas Yogyakarta-Solo hingga saat ini.
Layanan
ini sebelumnya beroperasi dengan nama KRL Jabotabek dari tahun 1970-an hingga
ekspansi ke Kota Depok pada tahun 1999 dengan nama alternatif KRL Jabodetabek..
Divisi Jabotabek menjadi operator KRL pada masa itu. Pada 2008, layanan KRL
dioperasikan oleh perusahaan baru bernama PT KAI Commuter Jabodetabek. Sejak 2017 berubah
menjadi Kereta Commuter Indonesia (KCI, sekarang KAI Commuter).
1.
Layanan
Rute KRL Commuter Line
-
Jakarta Kota-Depok/Nambo/Bogor
-
Lintas lingkar Jakarta-Bekasi/Cikarang
-
Tanah Abang-Rangkasbitung
-
Duri-Tangerang
-
Jakarta Kota-Tanjung Priok
-
Palur/Solo
Balapan-Yogyakarta
2.
Perkembangan
Elektrifikasi KRL Commuter Line
-
Dimulai 1990-an, Parungpanjang-Tanjung Priok (Lingkar
Luar Jakarta)
Jalur
dilewati : Parungpanjang-Citayam-Nambo-Cikarang-Tanjung
Priok
Jalur ini sudah pernah direncanakan oleh pemerintah
Orde Baru pada tahun 1990-an,
dan sudah terealisasikan sebagian dengan selesainya pembangunan jalur
Citayam-Nambo. Pembangunan rute yang belum sempat terbangun antara Parung
Panjang-Citayam, Nambo-Cikarang, dan Cikarang-Tanjung Priuk ini sempat
dibatalkan karena Krisis finansial Asia 1997 dan jatuhnya Soeharto pada tahun
1998, tetapi akhirnya rencana ini dimasukkan ke dalam rencana induk
perkeretaapian nasional 2014-2030.
-
Dimulai 2009, Serpong-Merak
Jalur dilewati : Serpong-Parung Panjang-Tigaraksa-Maja-Rangkasbitung-Serang-Merak
Perpanjangan elektrifikasi di seluruh wilayah operasional
KCI dimulai dari jalur Hijau pada akhir 2009, dengan koridor
Serpong-Parungpanjang. KRL pada akhirnya beroperasi sampai Parungpanjang pada
tahun 2010. Kemudian, perpanjangan elektrifikasi dilanjutkan ke koridor
Parungpanjang-Maja yang mulai beroperasi pada tahun 2013, dan
Maja-Rangkasbitung yang mulai beroperasi pada tahun 2017. Proses elektrifikasi
ini juga meliputi pembangunan jalur ganda Serpong-Rangkasbitung yang sudah
beroperasi pada koridor Serpong-Maja, pembangunan tiang listrik aliran atas dan
pembangunan gardu listrik. Pada tahun 2020, wacana penggandaan dan
elektrifikasi lanjutan di jalur Hijau kembali muncul dengan wacana
elektrifikasi koridor Rangkasbitung-Serang. Tak menutup kemungkinan, koridor
Serang-Merak juga akan digandakan dan dielektrifikasi.
-
Dimulai 2013, Pembangunan 4 Jalur Manggarai-Cikarang
dan Elektrifikasi hingga Cikampek
Jalur dilewati : Manggarai-Jatinegara-Bekasi-Cikarang-Karawang-Cikampek
Selain di jalur Hijau yang membentang ke barat, jalur
Biru yang membentang ke timur juga telah dilanjutkan sampai Stasiun Cikarang.
Pengerjaan konstruksi dimulai sejak akhir tahun 2013. Jalur Manggarai-Cikarang
akan digandakan menjadi 4 jalur kereta api. Pembangunan elektrifikasi sampai
Cikarang selesai pada tahun 2017, sedangkan pembangunan jalur dwiganda
diperkirakan akan selesai pada tahun 2021. Di jalur ini pun dibangun empat
stasiun baru di mana dua stasiun merupakan stasiun yang benar-benar baru,
sedangkan dua stasiun lainnya adalah pembaruan dari stasiun lama. Saat ini,
pemerintah sedang mengkaji untuk memperpanjang kembali elektrifikasi di jalur
Biru sampai Stasiun Cikampek serta refungsionalisasi Stasiun Gambir sebagai
stasiun pemberhentian dan pemberangkatan KRL Commuter Line.
-
Dimulai 2020, luar DAOP I Jakarta
Jalur dilewati : Palur-Solo Balapan-Yogyakarta
Selain di Jabodetabek/Daerah Operasi (Daop) I Jakarta,
KRL Commuter Line juga dibangun di jalur Yogyakarta–Surakarta. Layanan ini akan
menghubungkan kota penting di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu
Kota Yogyakarta dan Surakarta untuk menggantikan KA Prambanan Ekspres dalam
melayani koridor tersebut. Sebelumnya, wacana tersebut telah dimasukkan dalam
Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (Ripnas) 2030 yang telah disusun
Direktorat Jenderal Perkeretaapian sejak 2011 sebagai sebuah studi kelayakan.
Pola operasi Prambanan Ekspres (Prameks) yang masih terbatas dan armada yang
sudah tua menyebabkan adanya keluhan dari pengguna jasa kereta api akan
kehabisan tiket. Penggantian Prameks dengan KRL Commuter Line diharapkan dapat
meningkatkan pergerakan kaum komuter serta mendukung pariwisata yang sinergis
di wilayah Yogyakarta–Surakarta mewujudkan KRL ini, pada tahun 2016,
tiang-tiang listrik aliran atas mulai didatangkan di Stasiun Solo Jebres; dan
sejak saat itulah proyek ini menjadi mangkrak selama kurang lebih tiga tahun. Mulai
Januari–Februari 2020, tiang-tiang tersebut mulai dipancang—pertama kali
dilakukan di Stasiun Klaten. Untuk langkah awal, Direktorat Jenderal
Perkeretaapian melalui Balai Teknik Perkeretaapian wilayah Jawa bagian Tengah
memutuskan untuk memulai operasi KRL Commuter Line di ruas pertama, yaitu
Yogyakarta–Klaten. Setelah itu di perpanjang di ruas kedua, yaitu Solo
Balapan-Klaten.
Pada tahun 2022, jalur kereta api Solo Balapan–Palur
telah selesai menjalani proses elektrifikasi sehingga Stasiun Palur menjadi
titik terminus bagi KRL Commuter Line. Hingga pada 17 Agustus 2022, jalur ini
menjalani uji coba publik KRL Commuter Line Jalur Yogyakarta sebagai bagian
dari rencana perpanjangan Jalur Yogyakarta.
3. Tiket Elektronik KRL Commuter Line
- Commuter Electronic Ticketing (Commet)
Kartu Commet adalah metode pembayaran sebagai
pengganti
uang tunai yang digunakan untuk transaksi perjalanan KA Commuter Line sebagai
tiket perjalanan KA, yang disediakan dalam bentuk kartu sekali pakai
(Single-Trip) dan prabayar (Multi-Trip). Penumpang diharuskan melakukan tap-in di
gerbang masuk dan memasukkan kartu single-trip ke dalam gerbang keluar atau
cukup tap-out bagi pengguna kartu prabayar di gerbang keluar.
-
Tiket
Harian Berjamin (THB)
Penghitungan tarif sesuai dengan skema tarif
perjalanan single trip, tetapi penumpang diharuskan untuk membayar uang jaminan
untuk THB. Uang jaminan dapat diambil kembali di stasiun hingga jangka waktu
maksimal 7 hari atau ditukarkan kembali dengan THB baru dengan membayar tarif
untuk perjalanan selanjutnya. Namun pada
3 September 2022, sistem THB resmi dihapuskan.
-
Kartu
Multi Trip (KMT)
Kartu Multi Trip adalah kartu prabayar isi ulang yang
dapat digunakan penumpang sebagai tiket KRL dengan ketentuan saldo minimum.
Kartu tersebut dapat digunakan untuk naik KRL Commuter Line, Trans Jakarta, KA
Bandara Soekarno-Hatta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta.dan dapat di isi ulang di
seluruh stasiun Commuter Line di Jabodetabek dan Yogyakarta. Saat ini, saldo
KMT sudah dapat dicek melalui ponsel pintar melalui aplikasi KRL Access dengan
memanfaatkan fitur NFC.
-
Kartu
prabayar (bank)
Kartu Flazz BCA, kartu e-money (Bank
Mandiri), Brizzi (Bank BRI), dan TapCash (Bank BNI kecuali Jak Lingko). Cara penggunaan kartu
tersebut sama halnya dengan cara penggunaan Kartu Multi Trip, akan tetapi
keempat kartu tersebut tidak dapat dibeli dan diisi ulang di seluruh stasiun
Commuter Line di Jabodetabek, melainkan di merchant-merchant terkait dan
seluruh halte bus Trans Jakarta (tunai). Pengisian dilakukan secara tunai atau dengan kartu ATM bank
terkait. Beberapa stasiun Commuter Line juga telah melayani pengisian ulang
keempat kartu tersebut, seperti Sudirman dan Juanda, tetapi tidak bisa secara
tunai dan harus menggunakan kartu ATM bank terkait (kartu debit maupun kredit).
Keempat kartu tersebut juga dapat digunakan sebagai tiket Transjakarta, MRT
Jakarta dan LRT Jakarta. Berikut ini daftar kartu uang elektronik perbankan
yang beredar telah disahkan oleh KAI Commuter.
·
Tapcash
(Bank BNI)
·
Brizzi
(Bank BRI)
·
e-Money
(Bank Mandiri dan Bank Jateng (Jawa Tengah))
·
Flazz
(Bank BCA dan Bank BPD DIY (DI Yogyakarta))
·
Jak
Lingko (Bank BNI, Bank BRI dan Bank Mandiri, hanya berlaku di wilayah
Jabodetabek)
-
LinkAja!
Prinsip kerjanya menggunakan kode QR yang
diarahkan pada scanner yang ditanam pada mesin tap-in dan tap-out berlogo
LinkAja!. Namun, aplikasi LinkAja! hanya bisa digunakan apabila saldo tidak
kurang dari Rp13.000,00.
-
GoTransit
Prinsip
penggunaannya
tidak jauh berbeda dengan LinkAja!. Namun, pengguna harus menentukan terlebih
dahulu stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan dan melakukan pembayaran
sebelum mendapatkan kode QR tiket KRL.
Sumber :
Ø
https://profillengkap.com/KRL_Commuter_Line
Ø
https://journal.moestopo.ac.id/index.php/paj/article/download/1707/809
Ø
http://www.capangker.com/2016/08/kai-kcj-dan-krl-jabodetabek.html
KELOMPOK 2
Nama Anggota Kelompok 2:
1.
Safarudin Zidane Valentoni (22091427043)
2.
Belinda Octavia (22091427046)
3.
Maleakhi Christmas Saputro (22091427053)
4.
Naufal Bima Pratama (22091427069)
Apa itu integrasi transportasi
Integrasi Moda Transportasi bisa di artikan keterpaduan secara utuh dari jenis atau bentuk (angkutan) yang digunakan untuk memindahkan orang dan barang dari satu tempat tempat (asal) ketempat lain (tujuan).
Transportasi umum dikenal sebagai transportasi publik atau transportasi massal adalaj layanan angkutan penumpang oleh sistem perjalanan kelompok yang tersedia yang digunakan oleh masyarakat umum, biasanya dikelola sesuai jadwal, dioperasikan pada rute yang ditetapkan. Contohnya yaitu Transportasi angkutan umum dan bus.
Sumber : JURNAL PENELITIAN LITBANG (dephub.go.id)
Visi Misi
Memberikan pelayanan terbaik dan profesional dalam menyediakan sarana transportasi untuk pariwisata di Indonesia. Tentukan Kota Tujuan Wisata Anda pada Kolom Pencarian atau Jenis Armada yang Anda butuhkan untuk menemani Perjalanan Wisata Anda dengan Nyaman.
sumber : Sewa Bus Pariwisata - Sewa Bus Pariwisata Jakarta Timur (busbeetrans.co.id)
Manfaat dan Tujuan Yang Bisa Didapat
Saat Naik Angkutan Umum Bus
1. Menghemat Pengeluaran
Tarif angkutan umum lebih murah jika dibandingkan dengan kendaraan pribadi. Dengan biaya Rp. 3.500/ perjalanan, Anda dapat bebas melakukan perjalanan dan transit kemana saja dengan nyaman dan aman tanpa panas-panasan. Kini, angkutan umum juga menyediakan layanan cashless menggunakan kartu e-money atau e-wallet, sehingga penumpang tidak perlu repot-repot membawa uang tunai.
2. Keamanan dan Kenyamanan Terjamin
Moda transportasi seperti Trans Jogja atau Teman Bus mengunggulkan keamanan dan kenyamanan. Ada kursi empuk yang nyaman untuk diduduki, AC yang dingin, bus yang luas, ramah disabilitas, dan CCTV untuk mencegah dari tindakan kejahatan.
3. Lebih Banyak Bergerak
Naik transportasi umum bikin lebih banyak bergerak, loh. Misalnya, saat harus berjalan kaki ke halte, hingga lokasi tujuan. Ini termasuk bentuk olahraga singkat. Bergeraknya badan membuat aliran darah mengalir dan memacu organ tubuh bekerja dengan baik. Sangat menguntungkan bagi Anda yang jarang memiliki waktu olahraga.
4. Hemat Tenaga
Cukup
dengan duduk santai dan beristirahat sejenak, Anda sudah mencapai tempat tujuan
Anda. Tanpa repot-repot menyetir yang memperlakukan fokus yang tentu lebih
menguras tenaga dibandingkan hanya duduk saja di angkutan umum yang dikendarai
supir.
Apalagi jika harus berhadapan dengan kemacetan yang dapat menimbulkan stress akan semakin melelahkan.
5. Mengurangi kemacetan
Naik bus juga menjadi faktor untuk mengurangi
kemacetan. Dengan kapasitas penumpang di bus yang lumayan banyak, dapat
mengurangi volume kendaraan yang ada di jalan sehingga dapat mengurangi
kemacetan
Sumber : https://dishub.jogjaprov.go.id/berita/10-manfaat-yang-bisa-didapat-saat-naik-angkutan-umum
Upaya efisiensi dari Integrasi
Transportasi Umum Bus Rapid Transit (BRT)
Yaitu
akan semakin memudahkan masyarakat dalam menggunakan angkutan umum, diharapkan
jika dikelola dengan baik akan semakin meningkatkan minat masyarakat untuk
menggunakan angkutan umum.
Integrasi itu menjadi keharusan. Selain KAI dan MRT
juga ada Bus Rapid Transit, angkutan umum lainnya dan ojek online (ojol). Untuk
itu, saya minta empat stasiun tersebut agar mengakomodasi untuk tempat untuk
para pengemudi ojol
Tarif Harga Transportasi Bus
Suroboyo Nus tahun 2022 dilengkapi harga tiket, metode bayar, dan cara naik. Bagi anda yang sedang di Kota Surabaya, Suroboyo Bus menjadi transportasi yang bisa diandalkan untuk berkeliling. Bus ini dioperasikan Pemerintah Kota Surabaya sejak 7 April 2018. Keunikan dari bus ini yaitu bisa membayar dengan botol bekas. Tapi perlu diperhatikan, per 1 Mei 2022, botol plastik harus ditukar di bank sampah untuk mendapatkan poin member Go bis atau Voucer.
●
KESIMPULAN
Dari
keseluruhan pembahasan yang telah dijelaskan oleh peneliti, dapat disimpulkan
bahwa beberapa komponen sarana dan prasarana yang ada dalam sebuah integrasi
Transportasi darat BMT serta pada sebuah kendaraan yang bertaraf nasional
sebagai tempat perhentian bagi wisatawan atau penumpang dalam maupun luar kota.
Komponen yang dimaksud sebagai berikut:
Kemudahan
- Tingkat aksesibilitas fisik sudah baik pada
semua jalur
- Keberadaan signage dan informasi serta akses visual pada terminal domestik
sudah baik, pada terminal masih kurang terutama pada jalur di ruang luar
Keselamatan
- Crossing pada ruang luar, terjadi
percampuran sirkulasi karena keberadaan fasilitas parkir yang bersinggungan
dengan pintu masuk/keluar terminal domestik, dan percampuran dengan sirkulasi
di ruang luar pada terminal internasional
Keamanan
- Kenampakan sirkulasi dan pengawasan
lingkungan pada semua jalur cukup baik
- Kenyamanan
- Jarak tempuh dan lebar jalur sirkulasi
sudah memadai
- Teduhan masih kurang pada ruang luar
- Atraktivitas pada jalur pedestrian ruang
luar terminal internasional masih kurang
KELOMPOK 3
1. Anggi Dea E (22091427048)
2. Denada Aolia Fitri (22091427061)
3. Satria Indra (22091427063)
4. Dhakka Fathan A (22091427066)
Eco Transport adalah gerakan
rekayasa sosial positif yang digagas oleh para pelaku perubahan dimasyarakat,
mulai dari pemerintah,komunitas penggerak lingkungan, pelajar hingga komunitas
pesepeda.Visi dan misi adalah mewujudkan kondisi transportasi yang
humanis dan ramah lingkungan dengan mengajak masyarakat melakukan budaya
bersepeda, jalan kaki dan menggunakan angkutan publik.Disamping semua itu yang
paling utama adalah membangun kesadaran masyarakat untuk berbudaya transportasi
yang ramah lingkungan.Upaya mewujudkan transportasi ramah lingkungan dapat
dilakukan dengan mencegah terjadinya perjalanan yang tidak perlu atau
menggunakan teknologi angkutan umum. Selain itu dapat melakukan managemen
kebutuhan transport ( TDM - Transport Managemen ) Kawasan TDM bisa dicirikan
oleh :
1. Fasilitas pejalan kaki
yang sangat nyaman
2. Penyebrangan jalan tidak
terlalu lebar
3. Gradasi kepadatan
bangunan ke arah luar
4. Membatasi jumlah lahan
parkir kendaraan pribadi
1.Bentuk penerapan TDM:
1. Mendorong peningkatan
okupani kendaraan melalui kebijakan ride sharing, three in one, dan carpooling
2. Menyediakan sarana
angkutan umum yang cepat,murah,dan nyaman yang dapat menjangkau seluruh bagian
kota.
3. Menerapkan jam kerja yang
lebih fleksibel dan pemisahan waktu kerja dan sekolah untuk mengurangi beban
lalu lintas pada jam puncak.
2.Bentuk transportasi yang ramah lingkungan:
1. Pedestrian
Menyediakan
sarana dan jalur pejalan kaki yang aman dan nyaman dapat mengurangi
ketergantungan masyarakat terhadap penggunaan kendaraan pribadi. Jarak optimum
yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki umumnya sekitar 400 sampai 500 meter.
2. Sepeda
Transportasi
ramah lingkungan bisa menggunakan ide penggunaan sepeda sebagai alternatif alat
transportasi yang ramah lingkungan seperti gerakan Bike to Work (B2W)
3. Sepeda listrik
Sepeda
listrik dapat menghemat biaya, sepeda ini juga tidak menimbulkan kebisingan
dalam penggunaannya dibandingkan sepeda motor.
4. Kendaraan hybrid
Kendaraan
ini diklaim memiliki tingkat polusi dan penggunaan bahan bakar yang rendah.
5. Kendaraan berbahan bakar
alternatif
Beberapa
teknologi bahan bakar alternatif seperti biodiesel etanol, hidrogen atau
kendaraan dengan teknologi yang dapat menggunakan dua jenis bahan bakar secara
bergantian.
6. Kendaraan hypercar
Kendaraan
jenis ini memiliki fitur konstruksi yang sangat ringan, desain yang
aerodinamis, penggerak berbahan dasar hybrid dan bahan aksesoris yang minimal.
Sumber:
Ø
https://metrum.co.id/membangun-masyarakat-eco-transport/
Apa
yang ada di benak kalian saat mendengar kata “Transportasi”? Sebagian besar
pasti langsung berpikir tidak jauh kendaraan, mobil, atau kereta. Padahal,
faktanya transportasi lebih luas dari yang dibayangkan. Transportasi adalah
kegiatan perpindahan manusia dan/atau barang dari satu lokasi menuju lokasi
yang berbeda dengan moda tertentu. Kegiatan transportasi tidak harus dilakukan
dengan kendaraan. Kita berjalan dari satu titik ke titik lain walaupun hanya
berjarak 1 meter pun sudah disebut dengan kegiatan transportasi.
Berikut
adalah pengertian transportasi menurut para ahli.
1. Menurut
Steenbrink (1974)
Transportasi sebagai perpindahan barang atau orang menggunakan kendaraan
atau lainnya, diantara tempat-tempat yang terpisah secara geografis.
2. Menurut
Bowersox (1981)
Transportasi sebagai perpindahan barang atau penumpang
dari suatu lokasi ke lokasi lainnya di mana produk yang digerakkan atau dipindahkan tersebut
dibutuhkan oleh lokasi lain.
3. Menurut
Papacostas (1987)
Transportasi
sebagai suatu sistem yang terdiri dari fasilitas tetap (prasarana), sarana dan
sistem pengendalian yang memungkinkan orang atau barang dapat berpindah dari
satu tempat ke tempat lain secara efisien setaip waktu untuk mendukung
aktivitas manusia.
Ada beberapa faktor mengapa
seseorang melakukan kegiatan transportasi.
1. Kebutuhan
gaya hidup
2. Pola
kegiatan (berangkat kerja atau sekolah)
3. Pemilihan
lokasi tujuan
4. Pemilihan
moda transportasi
Pada
dasarnya permintaan angkutan diakibatkan oleh hal- hal berikut (Nasution,
2004):
1. Kebutuhan
manusia untuk berpergian dari lokasi lain dengan tujuan mengambil bagian di
dalam suatu kegiatan, misalnya bekerja, berbelanja, ke sekolah, dan lain- lain.
2. Kebutuhan
angkutan barang untuk dapat digunakan atau dikonsumsi di lokasi lain.
Faktor-faktor
tersebut tentunya harus didukung dengan adanya penyediaan fasilitas yang
menunjang
mobilitas yang cepat, aman, nyaman tentunya dengan menyesuaikan kebutuhan jenis
moda dalam mendukung kegiatan sosial ekonomi masyarakat. Saat ini, pemerintar
berfokus pada pengembangan transportasi umum. Transportasi umum atau
transportasi publik adalah seluruh alat transportasi saat penumpang tidak
berpergian menggunakan kendaraan sendiri. Adapun beberapa jenis transportasi
umum yang tersedia yang diklasifikasikan berdasarkan segi teknis dan alat
pengangkutnya.
1. Tranportasi
darat
Transportasi darat
terdiri dari seluruh bentuk alat transportasi yang beroperasi di darat. Moda
transportasi darat sering dianggap identik dengan moda transportasi jalan raya
(Warpani, 1990). Transportasi darat memiliki jalur gerak berupa jalan raya,
jalan baja (rel), maupun jalan khusus.
Berikut adalah contoh
transportasi darat yang tersedia di Indonesia
a. Bus
b. MRT
c. Taksi
d. Kereta
api
2. Transportasi
laut
Tranportasi laut adalah
kegiatan pengangkutan penumpang dan/atau barang melalui suatu wilayah perairan
(laut, sungai, dan danau penyeberangan) dan teritori tertentu (dalam negeri
atau luar negeri), dengan menggunakan kapal, untuk layanan khusus dan umum.
Berikut adalah contoh
transportasi laut yang tersedia di Indonesia
a. Kapal
Tanker
Jenis
kapal tanker yang dirancang untuk membawa angkutan cairan yang jumlahnya besar.
Umumnya, jenis utama dari kapal tanker yaitu tanker kimia, minyak, gas alam
cair, dan lain sebagainya.
b. Kapal
Pesiar
Kapal
pesiar yang tergolong kapal niaga merupakan kapal pesiar yang membawa penumpang
untuk disewa
c. Kapal
Bulk Carrier
Kapal
Bulk Carrier atau disebut juga kapal Bulker merupakan jenis kapal niaga yang di
desain secara khusus untuk mengangkut barang atau kargo yang tidak dikemas
seperti batubara, semen, biji-bijian, dan semua jenis barang unpackaged.
d. Kapal
Kargo
Kapal
kargo merupakan kapal yang mengangkut semua barang pada truk kontainer dan
ukurannya pun sangat besar. Banyak orang yang menyebutnya sebagai kapal kargo
kontainer.
e. Kapal
Tongkang
Kapal
tongkang merupakan kapal atau perahu yang bentuknya datar dan dirancang dengan
tujuan sebagai salah satu alat transportasi di sungai serta untuk membawa
barang berat.
3. Transportasi
udara
Transportasi udara
merupakan moda transportasi paling baru yang muncul dan berkembang pada abad
ke-20. Transportasi udara yang bisa digunakan untuk masyarakat umum saat ini
adalah pesawat terbang.
Adapula transportasi udara yang biasa disebut
helikopter. Helikopter adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara,
bersayap putar yang rotornya digerakkan oleh mesin. Helikopter merupakan
pesawat udara yang mengangkat dan terdorong oleh satu atau lebih rotor
(propeller) horizontal agung. Helikopter diklasifikasikan sebagai pesawat
bersayap putar sebagai membedakannya dari pesawat bersayap tetap biasa lainnya.
Kata helikopter berasal dari bahasa Yunani helix (spiral) dan pteron (sayap).
Helikopter yang dijalankan oleh mesin diciptakan oleh penemu Slovakia Jan Bahyl.
Sumber
Narasi:
http://eprints.undip.ac.id/34218/5/1755_chapter_II.pdf
http://repository.untag-sby.ac.id/416/3/BAB%20II.pdf
https://e-journal.uajy.ac.id/7732/3/TA213706.pdf
http://eprints.umm.ac.id/35096/3/jiptummpp-gdl-alfiizzati-48527-3-babii.pdf
http://repository.upi.edu/59396/2/S_TS_1605012_Chapter1.pdf
Disusun
oleh: Kelompok 4 Kelas 2022B
1) Mutia
Aulia Sabrina (22091427042)
2) Rifky
Agung Gigih Pratama (22091427056)
3) Revyan
Bintang Putra Valenta Marza (22091427057)
4) Decsansia
Raehani Azzahra (22091427059)
KELOMPOK 5
1.
Nadhilatul Az Zahro /22091427037
2.
Muhammad Thoriq Akbar / 22091427039
3.
Mada Artada/ 22091427051
4.
Fani rendita ardania swara/22091427062
Penjelasan
Poster :
Trans
Jatim merupakan sistem layanan transportasi umum berupa bus rapid transit pada
jaringan antarkota dan/atau kabupaten dalam satu lingkup wilayah aglomerasi
perkotaan di Jawa Timur seperti Gerbangkertosusila. Layanan ini mengadopsi
skema pembelian layanan seperti halnya skema pada layanan Teman Bus.
Baru
baru ini sebanyak 22 Armada bus Trans Jatim telah diresmikan dan sudah mulai
beroperasi mulai hari Jumat, 19 Aguatus 2022. Bus Trans Jatim koridor I ini
beroperasi melewati Terminal Porong Sidoarjo, Terminal Purabaya di Sidorjo,
berakhir di Terminal Bunder Gresik, dan sebaliknya.
Khofifah
Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur menyebut bahwa langkah ini merupakan
penguatan untuk menciptakan transportasi publik supaya bisa mengakomodasi
kebutuhan masyarakat.
sumber :
Direktorat Jenderal Perhubungan Udara | Bandar Udara (dephub.go.id)
Bus Trans Jatim Sidoarjo-Gresik Resmi Beroperasi, Ini Tarif dan Rutenya - Suara Surabaya
KELOMPOK 6
1.Ananda Muhammad Al Farizi (22091427047)
2.Gatra Akbar Firmansyah (22091427052)
3.Firnas Dwikta Rayana (22091427055)
4.Muhammad Habibullah (22091427068)
Calo atau makelar
menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah orang yang menjadi
perantara dan memberikan jasanya untuk menguruskan sesuatu berdasarkan upah.
Kasus calon penumpang tertipu oknum calo liar di terminal, baik itu harga tiket
tidak sesuai atau tiket yang diberikan tidak berlaku. Biasanya harga tiket dari
calo liar lebih mahal.
Apa perbedaan
calo resmi dengan calo liar?
Direktur
Operasional PO Haryanto mengungkapkan, cara sederhana membedakan calo resmi dan
liar adalah dari seragam. Biasanya calo resmi yang ditugaskan perusahaan
berseragam atau menggunakan atribut sesuai dengan PO bus tersebut. Nah, kalau
calo liar tidak berseragam," ujarnya, di kanal YouTube PO Haryanto
Official.
Kedua, lanjut
Rian, tiket yang dibawa calo resmi biasanya mencantumkan nama PO bus tersebut.
"Kalau tidak berseragam perhatikan tiket yang dijual, apa tercantum nama
PO bus tersebut. Jika tidak atau memberi dua jenis tiket, itu dipastikan calo
liar," kata Rian. Rian menuturkan untuk bus patas atau ekonomi dengan rute
jarak pendek (non eksekutif) pilih pembayaran dilakukan di atas bus. "Calo
liar tidak akan berani masuk ke atas bus. Jadi bayar tiket di atas bus
saja," ujarnya
Lalu bagaimana
cara untuk menghindari calo liar ?
Dengan memesan
tiket sebelum hari pemberangkatan. Penumpang juga dapat memesan langsung ke
agen resmi yang biasanya ada di setiap kota keberangkatan. Bisa juga melalui
portal tiket online yang sudah bekerjasama dengan Perusahaan Otobus (PO).
Dengan begitu, calon penumpang dapat memotong alur pemesanan yang biasanya
dimanfaatkan oleh para calo yang tidak bertanggung jawab.
Namun, bagaimana
bila anda terpaksa memesan tiket di terminal di hari keberangkatan?
Eka Putra
Prasetya, Ketua komunitas bus Rosalia Indah Mania Korwil Jakarta mengatakan,
bahwa ada beberapa tips agar bisa terhindar dari ulah calo di terminal.
Memanfaatkan fungsi petugas terminal bisa menjadi pilihan bijak untuk
menghindari teror dari calo. Penumpang bisa langsung mencari petugas dishub
yang biasanya bertugas di terminal. Calo biasa menggunakan kedok menawarkan
informasi sebelum kemudian mengarahkan pada keuntungan pribadi yang bisa
diambil dari calon penumpang. Oleh karena itu, menurut Eka akan lebih aman bila
mencari informasi dengan langsung ke petugas resmi yang bertugas. Bila masih
merasa belum aman dengan informasi yang dipaparkan oleh petugas di terminal,
calon penumpang bisa meminta tolong juga untuk minta diantarkan ke Agen PO
resmi, tanpa harus takut tertipu oleh calo.
KELOMPOK 7
UTS LITERASI DIGITAL
PENYEBAB KEMACETAN DAN SOLUSI
Prodi D4 Transportasi
Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pengampu :
Aditya Prapanca
Disusun oleh kelompok 7 2022B :
1. Rippun
Hatorangan Silitonga (22091427041)
2. Farhan
Nor Ramadhan (22091427045)
3. Oktavia
Ellynda Putri (22091427050)
4. Alinda Cahya Kusuma (22091427054)
KEMACETAN
Kemacetan adalah kondisi di mana arus lalu lintas yang
lewat pada ruas jalan yang ditinjau melebihi kapasitas rencana jalan tersebut
yang mengakibatkan kecepatan mendekati 0 km/jam sehingga menyebabkan terjadinya
antrian (MKJI, 1997). [1] Kita sering sekali menjumpai kemacetan di sekitar
kota-kota besar. Hal itu disebabkan ramainya penduduk yang melakukan kegiatan
atau produktif di kota besar. Banyak juga perpindahan penduduk atau lajur
penduduk yang masuk dari desa ke kota untuk bekerja di kota besar. Hal itu
mengakibatkan ketidakseimbangan antara kepadatan penduduk dengan ketersediaan
jalan yang ada.
Di kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai
kemacetan yang terjadi, penyebab dari kemacetan tersebut, dampak yang
disebabkan dari kemacetan tersebut, dan solusi yang dapat dilakukan untuk
mengatasi kemacetan.
PENYEBAB DAN
DAMPAK KEMACETAN
Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan
kemacetan. Yakni :
1.
Terjadinya
kecelakaan, terjadi gangguan kelancaran lantaran masyarakat yang berhenti guna
melihat kecelakaan atau karena kendaraan yang terlibat kecelakaan belum
disingkirkan dari jalur lalu lintas yang mengakibatkan area sekitas menjadi
macet total. [2] Hal itu banyak terjadi ketika pengendara di jalan raya
mengendarai transportasinya secara buru-buru dan tidak memperhatikan
rambu-rambu lalu linta atau tidak waspada dengan lingkungan sekitarnya. Hal ini
selain dapat membahayakan diri sendiri, juga dapat membahayakan orang lain. Dan
juga dapat merugikan sekitar karena dapat menyebabkan macet berkepanjangan
apabila tidak segera ditangani.
2.
Adanya
kendaraan yang sedang keluar masuk, atau putar balik. [3] Adanya arus keluar
dan masuk pada kota-kota besar juga dapat menjadi salah satu penyebab kemacetan.
Banyak masyarakat desa yang masuk ke kota besar setiap harinya untuk mengadu
nasib, entah untuk mencari pekerjaan ataupun bekerja. Kurangnya fasilitas di
desa juga menjadi salah satu penyebab terjadinya arus masuk yang begitu tinggi
di kota, misalnya untuk ke rumah sakit, atau toko-toko dengan alat yang lengkap
dan lain sebagainya.
Orang yang putar balik
ketika menghadapi kemacetan juga dapat menambah kemacetan pada jalan tersebut.
Dikarenakan orang tersebut mengganggu atau memotong jalur pengendara lain untuk
memutar balikkan kendaraannya.
3.
Adanya
razia lalu lintas.[4] Hal ini menjadi salah satu penyebab kemacetan dikarenakan
apabila terjadi razia lalu lintas, banyak kendaraan yang akan berhenti ketika
dirazia sehingga hal itu akan menyebabkan kendaraan lain untuk berhenti karena
susah bergerak dari lokasi razia tersebut.
4.
Insfrastruktur
jalan juga menjadi penyebab dalam kemacetan jalan raya. Salah satu contohnya
adalah kurangnya kapasitas jalan yang seharusnya dapat memumpuni untuk
menampung kendaraan yang melewati jalan tersebut. Meskipun dapat dilakukan
perbaikan jalan, hal itu tetap menganggu jalan raya dan akan lebih menyebabkan
kemacetan lalu lintas secara insidentas. Infrastruktur adalah hal tersembunyi
yang memperbesar masalah lalu lintas di banyak daerah perkotaan dan pinggiran
kota. [5]
Kemacetan dapat disebabkan oleh banyak hal
dan dapat menyebabkan para pengendara mendapatkan dampaknya. Salah satu dampak
yang didapatkan adalah boros akan waktu. Hal itu tentu dapat menyebabkan
kerugian pada setiap orang.
SOLUSI UNTUK
KEMACETAN
Berikut beberapa solusi yang
didapatkan agar dapat menghindari kemacetan yang terjadi di lalu lintas jalan
raya :
1.
Rencanakan
Perjalanan. [6] Hal ini dapat dilakukan untuk menghindari kemacetan. Lakukan
survey pada perjalanan yang akan dilakukan, lihat jalan yang memungkinkan untuk
dilewat untuk perjalanan anda.
2.
Berangkat
lebih awal. [7] Berangkat lebih awal juga menjadi salah satu opsi agar tidak
terkena macet di jalanan. Dikarenakan berangkat lebih dulu dari orang lain,
anda dapat menghindari hal-hal yang anda inginkan ketika berada di jalan raya.
3.
Naik
transportasi umum. [8] Hal ini dapat menjadi opsi agar anda tidak terjebak
kemacetan. Semakin banyak orang yang menggunakan transportasi umum, kendaraan
pribadi akan berkurang sehingga dapat pengurangi jumlah kendaraan yang terdapat
di jalan raya.
DAFTAR PUSTAKA
[1] Pustaka T, Lintas K. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/14207/05.2%20bab%202.pdf?sequence=6&isAllowed=y
[2] [3] Redaksi
Otosia. Ketahui Penyebab, Dampak, dan Solusi dari Kemacetan Lalu Lintas.
otosia.com. Published June 15, 2020. Accessed October 20, 2022. https://m.otosia.com/berita/read/4755969/ketahui-penyebab-dampak-dan-solusi-dari-kemacetan-lalu-lintas
[4] [5] Auto2000.
Berbagai Penyebab Kemacetan Lalu Lintas | Auto2000. Auto2000.co.id. Published
October 18, 2022. Accessed October 20, 2022. https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/penyebab-kemacetan-lalu-lintas#
[6] [7] Auto2000.
Berbagai Penyebab Kemacetan Lalu Lintas | Auto2000. Auto2000.co.id. Published
October 18, 2022. Accessed October 20, 2022. https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/penyebab-kemacetan-lalu-lintas#
[8] Ilham Choirul Anwar, Dhita Koesno. Tips dan Cara Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas di Jalanan. tirto.id. Published August 4, 2022. Accessed October 20, 2022. https://tirto.id/tips-dan-cara-mengatasi-kemacetan-lalu-lintas-di-jalanan-guLA
KELOMPOK 8
1.
MUJI KUSHARTARTO (22091427044)
2.
MOCH.WILDAN ROMDHON
(22091427064)
3.
PUTRI BUNGA FIRDAUSI
(22091427065)
4.
TIARA INDAH LUVIANTIKA ( 22091427067)
Hari angkutan nasional diperingati pada 24
april setiap tahun nya. Hal ini dilakukan untuk memperingati perkembangan
angkutan umum di Indonesia.
Angkutan memiliki arti kendaraan bergerak yang menggunakan tenanga mesin baik itu manusia ataupun hewan dengan tujuan memudahkan mobilitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Menhub mengatakan peringatan hari
perhubungan nasional (Harhubnas) tahun 2022 mengambil tema bangkit maju
bersama. Artinya, melalui sinergi dan kolaborasi bersama antar insan
perhubungan di seluruh indonesia, maka segala tantangan akan lebih mudah untuk
dihadapi.
Menhub menjelaskan sektor transportasi
sangat terdampak oleh pandemi covid 19. Namun saat ini upaya pemulihan sektor
transportasi dan menunjukkan hasil positif. Beberapa capaian positif hingga
September 2022 ini diantaranya yakni badan pusat Statistik (BPS) mencatat sektor transportasi mampu tumbuh
21,27% di kuartal kedua tahun 2022 dan memberikan kontribusi positif terhadap
pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,44%.
Menhub mengungkapkan kedepan masih ada
sejumlah pekerjaan di sektor transportasi yang harus diungkapkan seperti
misalnya peningkatan konektivitas, keselamatan transportasi dan integrasi antar
moda di seluruh indonesia.
Pada tahun ini peringatan upacara harhubnas
dilaksanakan di kota palembang, karena kota palembang dinilai menjadi contoh
daerah diluar Jawa yang telah memiliki angkutan masal yang lengkap dan
terintegrasi antara LRT, BRT trans musi, angkot feeder dan angkutan lainnya.
Usai melakukan upacara tersebut Menhub,
gubernur, wali kota membagikan kartu elektronik LRT secara gratis kepada para
penyandang disabilitas, hal ini merupakan komitmen dari kemenhub untuk
menyediakan angkutan masal yang inklusif bagi semua kalangan masyarakat
termasuk kelompok rentan seperti ibu hamil, anak anak, ransia, dan penyandang
disabilitas
Maka dari itu kita sebagai pengguna transportasi mari menggunakan transportasi umum untuk mengurangi kemacetan yang berada di sekitar karena pemerintah sudah berupaya semaksimal mungkin untuk membuat transportasi umum menjadi nyaman dan mudah di temukan .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar