Rabu, 28 Desember 2022

Tugas Prodi D4 Transportasi Angkatan 2022 Kelas B : Membuat Poster Digital

KELOMPOK 1

1. Faiz Andhika Pradana (22091427036)

2. Muhammad Asyam Atha Salisa B (22091427038)

3. Shella Akbari Adha (22091427049)

4. Na’ilah Azizah Handynink (22091427058)





KRL Commuter Line adalah sistem transportasi komuter angkutan cepat berbasis Kereta Rel Listrik (KRL) yang dioperasikan oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter), anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (Persero). KRL ini beroperasi di wilayah Jakarta sejak tahun 1925 dan telah melayani rute komuter di wilayah Jabodetabek serta lintas Yogyakarta-Solo hingga saat ini.

Layanan ini sebelumnya beroperasi dengan nama KRL Jabotabek dari tahun 1970-an hingga ekspansi ke Kota Depok pada tahun 1999 dengan nama alternatif KRL Jabodetabek.. Divisi Jabotabek menjadi operator KRL pada masa itu. Pada 2008, layanan KRL dioperasikan oleh perusahaan baru bernama PT KAI Commuter Jabodetabek. Sejak 2017 berubah menjadi Kereta Commuter Indonesia (KCI, sekarang KAI Commuter).

 

1.     Layanan Rute KRL Commuter Line

-        Jakarta Kota-Depok/Nambo/Bogor

-        Lintas lingkar Jakarta-Bekasi/Cikarang

-        Tanah Abang-Rangkasbitung

-        Duri-Tangerang

-        Jakarta Kota-Tanjung Priok

-        Palur/Solo Balapan-Yogyakarta

 

2.     Perkembangan Elektrifikasi KRL Commuter Line

-        Dimulai 1990-an, Parungpanjang-Tanjung Priok (Lingkar Luar Jakarta)

Jalur dilewati : Parungpanjang-Citayam-Nambo-Cikarang-Tanjung Priok

Jalur ini sudah pernah direncanakan oleh pemerintah Orde Baru pada tahun 1990-an, dan sudah terealisasikan sebagian dengan selesainya pembangunan jalur Citayam-Nambo. Pembangunan rute yang belum sempat terbangun antara Parung Panjang-Citayam, Nambo-Cikarang, dan Cikarang-Tanjung Priuk ini sempat dibatalkan karena Krisis finansial Asia 1997 dan jatuhnya Soeharto pada tahun 1998, tetapi akhirnya rencana ini dimasukkan ke dalam rencana induk perkeretaapian nasional 2014-2030.

-        Dimulai 2009, Serpong-Merak

Jalur dilewati : Serpong-Parung Panjang-Tigaraksa-Maja-Rangkasbitung-Serang-Merak

Perpanjangan elektrifikasi di seluruh wilayah operasional KCI dimulai dari jalur Hijau pada akhir 2009, dengan koridor Serpong-Parungpanjang. KRL pada akhirnya beroperasi sampai Parungpanjang pada tahun 2010. Kemudian, perpanjangan elektrifikasi dilanjutkan ke koridor Parungpanjang-Maja yang mulai beroperasi pada tahun 2013, dan Maja-Rangkasbitung yang mulai beroperasi pada tahun 2017. Proses elektrifikasi ini juga meliputi pembangunan jalur ganda Serpong-Rangkasbitung yang sudah beroperasi pada koridor Serpong-Maja, pembangunan tiang listrik aliran atas dan pembangunan gardu listrik. Pada tahun 2020, wacana penggandaan dan elektrifikasi lanjutan di jalur Hijau kembali muncul dengan wacana elektrifikasi koridor Rangkasbitung-Serang. Tak menutup kemungkinan, koridor Serang-Merak juga akan digandakan dan dielektrifikasi.

-        Dimulai 2013, Pembangunan 4 Jalur Manggarai-Cikarang dan Elektrifikasi hingga Cikampek

Jalur dilewati : Manggarai-Jatinegara-Bekasi-Cikarang-Karawang-Cikampek

Selain di jalur Hijau yang membentang ke barat, jalur Biru yang membentang ke timur juga telah dilanjutkan sampai Stasiun Cikarang. Pengerjaan konstruksi dimulai sejak akhir tahun 2013. Jalur Manggarai-Cikarang akan digandakan menjadi 4 jalur kereta api. Pembangunan elektrifikasi sampai Cikarang selesai pada tahun 2017, sedangkan pembangunan jalur dwiganda diperkirakan akan selesai pada tahun 2021. Di jalur ini pun dibangun empat stasiun baru di mana dua stasiun merupakan stasiun yang benar-benar baru, sedangkan dua stasiun lainnya adalah pembaruan dari stasiun lama. Saat ini, pemerintah sedang mengkaji untuk memperpanjang kembali elektrifikasi di jalur Biru sampai Stasiun Cikampek serta refungsionalisasi Stasiun Gambir sebagai stasiun pemberhentian dan pemberangkatan KRL Commuter Line.

-        Dimulai 2020, luar DAOP I Jakarta

Jalur dilewati : Palur-Solo Balapan-Yogyakarta

Selain di Jabodetabek/Daerah Operasi (Daop) I Jakarta, KRL Commuter Line juga dibangun di jalur Yogyakarta–Surakarta. Layanan ini akan menghubungkan kota penting di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu Kota Yogyakarta dan Surakarta untuk menggantikan KA Prambanan Ekspres dalam melayani koridor tersebut. Sebelumnya, wacana tersebut telah dimasukkan dalam Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (Ripnas) 2030 yang telah disusun Direktorat Jenderal Perkeretaapian sejak 2011 sebagai sebuah studi kelayakan. Pola operasi Prambanan Ekspres (Prameks) yang masih terbatas dan armada yang sudah tua menyebabkan adanya keluhan dari pengguna jasa kereta api akan kehabisan tiket. Penggantian Prameks dengan KRL Commuter Line diharapkan dapat meningkatkan pergerakan kaum komuter serta mendukung pariwisata yang sinergis di wilayah Yogyakarta–Surakarta mewujudkan KRL ini, pada tahun 2016, tiang-tiang listrik aliran atas mulai didatangkan di Stasiun Solo Jebres; dan sejak saat itulah proyek ini menjadi mangkrak selama kurang lebih tiga tahun. Mulai Januari–Februari 2020, tiang-tiang tersebut mulai dipancang—pertama kali dilakukan di Stasiun Klaten. Untuk langkah awal, Direktorat Jenderal Perkeretaapian melalui Balai Teknik Perkeretaapian wilayah Jawa bagian Tengah memutuskan untuk memulai operasi KRL Commuter Line di ruas pertama, yaitu Yogyakarta–Klaten. Setelah itu di perpanjang di ruas kedua, yaitu Solo Balapan-Klaten.

Pada tahun 2022, jalur kereta api Solo Balapan–Palur telah selesai menjalani proses elektrifikasi sehingga Stasiun Palur menjadi titik terminus bagi KRL Commuter Line. Hingga pada 17 Agustus 2022, jalur ini menjalani uji coba publik KRL Commuter Line Jalur Yogyakarta sebagai bagian dari rencana perpanjangan Jalur Yogyakarta.

 

3.     Tiket Elektronik KRL Commuter Line

-    Commuter Electronic Ticketing (Commet)

Kartu Commet adalah metode pembayaran sebagai pengganti uang tunai yang digunakan untuk transaksi perjalanan KA Commuter Line sebagai tiket perjalanan KA, yang disediakan dalam bentuk kartu sekali pakai (Single-Trip) dan prabayar (Multi-Trip). Penumpang diharuskan melakukan tap-in di gerbang masuk dan memasukkan kartu single-trip ke dalam gerbang keluar atau cukup tap-out bagi pengguna kartu prabayar di gerbang keluar.

-        Tiket Harian Berjamin (THB)

Penghitungan tarif sesuai dengan skema tarif perjalanan single trip, tetapi penumpang diharuskan untuk membayar uang jaminan untuk THB. Uang jaminan dapat diambil kembali di stasiun hingga jangka waktu maksimal 7 hari atau ditukarkan kembali dengan THB baru dengan membayar tarif untuk perjalanan selanjutnya. Namun pada 3 September 2022, sistem THB resmi dihapuskan.

-        Kartu Multi Trip (KMT)

Kartu Multi Trip adalah kartu prabayar isi ulang yang dapat digunakan penumpang sebagai tiket KRL dengan ketentuan saldo minimum. Kartu tersebut dapat digunakan untuk naik KRL Commuter Line, Trans Jakarta, KA Bandara Soekarno-Hatta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta.dan dapat di isi ulang di seluruh stasiun Commuter Line di Jabodetabek dan Yogyakarta. Saat ini, saldo KMT sudah dapat dicek melalui ponsel pintar melalui aplikasi KRL Access dengan memanfaatkan fitur NFC.

-        Kartu prabayar (bank)

Kartu Flazz BCA, kartu e-money (Bank Mandiri), Brizzi (Bank BRI), dan TapCash (Bank BNI kecuali Jak Lingko). Cara penggunaan kartu tersebut sama halnya dengan cara penggunaan Kartu Multi Trip, akan tetapi keempat kartu tersebut tidak dapat dibeli dan diisi ulang di seluruh stasiun Commuter Line di Jabodetabek, melainkan di merchant-merchant terkait dan seluruh halte bus Trans Jakarta (tunai). Pengisian dilakukan secara tunai atau dengan kartu ATM bank terkait. Beberapa stasiun Commuter Line juga telah melayani pengisian ulang keempat kartu tersebut, seperti Sudirman dan Juanda, tetapi tidak bisa secara tunai dan harus menggunakan kartu ATM bank terkait (kartu debit maupun kredit). Keempat kartu tersebut juga dapat digunakan sebagai tiket Transjakarta, MRT Jakarta dan LRT Jakarta. Berikut ini daftar kartu uang elektronik perbankan yang beredar telah disahkan oleh KAI Commuter.

·       Tapcash (Bank BNI)

·       Brizzi (Bank BRI)

·       e-Money (Bank Mandiri dan Bank Jateng (Jawa Tengah))

·       Flazz (Bank BCA dan Bank BPD DIY (DI Yogyakarta))

·       Jak Lingko (Bank BNI, Bank BRI dan Bank Mandiri, hanya berlaku di wilayah Jabodetabek)

 

 

 

-        LinkAja!

Prinsip kerjanya menggunakan kode QR yang diarahkan pada scanner yang ditanam pada mesin tap-in dan tap-out berlogo LinkAja!. Namun, aplikasi LinkAja! hanya bisa digunakan apabila saldo tidak kurang dari Rp13.000,00.

-        GoTransit

Prinsip penggunaannya tidak jauh berbeda dengan LinkAja!. Namun, pengguna harus menentukan terlebih dahulu stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan dan melakukan pembayaran sebelum mendapatkan kode QR tiket KRL.

 

 

Sumber :

Ø  https://profillengkap.com/KRL_Commuter_Line

Ø  https://journal.moestopo.ac.id/index.php/paj/article/download/1707/809

Ø  http://www.capangker.com/2016/08/kai-kcj-dan-krl-jabodetabek.html

 

 KELOMPOK 2

Nama Anggota Kelompok 2:

1.      Safarudin Zidane Valentoni (22091427043)

2.      Belinda Octavia (22091427046)

3.      Maleakhi Christmas Saputro (22091427053)

4.      Naufal Bima Pratama (22091427069)

 



Apa itu integrasi transportasi

Integrasi Moda Transportasi  bisa di artikan keterpaduan secara utuh dari jenis atau bentuk (angkutan) yang digunakan untuk memindahkan orang dan barang dari satu tempat tempat (asal) ketempat lain (tujuan).

Transportasi umum dikenal sebagai transportasi publik atau transportasi massal adalaj layanan angkutan penumpang oleh sistem perjalanan kelompok yang tersedia yang digunakan oleh masyarakat umum, biasanya dikelola sesuai jadwal, dioperasikan pada rute yang ditetapkan. Contohnya yaitu Transportasi angkutan umum dan bus.

 Sumber : JURNAL PENELITIAN LITBANG (dephub.go.id)


Visi Misi

Memberikan pelayanan terbaik dan profesional dalam menyediakan sarana transportasi untuk pariwisata di Indonesia. Tentukan Kota Tujuan Wisata Anda pada Kolom Pencarian atau Jenis Armada yang Anda butuhkan untuk menemani Perjalanan Wisata Anda dengan Nyaman.

sumber : Sewa Bus Pariwisata - Sewa Bus Pariwisata Jakarta Timur (busbeetrans.co.id)

Manfaat dan Tujuan Yang Bisa Didapat Saat Naik Angkutan Umum Bus

1. Menghemat Pengeluaran

Tarif angkutan umum lebih murah jika dibandingkan dengan kendaraan pribadi. Dengan biaya Rp. 3.500/ perjalanan, Anda dapat bebas melakukan perjalanan dan transit kemana saja dengan nyaman dan aman tanpa panas-panasan. Kini, angkutan umum juga menyediakan layanan cashless menggunakan kartu e-money atau e-wallet, sehingga penumpang tidak perlu repot-repot membawa uang tunai.

 

2. Keamanan dan Kenyamanan Terjamin

Moda transportasi seperti Trans Jogja atau Teman Bus mengunggulkan keamanan dan kenyamanan. Ada kursi empuk yang nyaman untuk diduduki, AC yang dingin, bus yang luas, ramah disabilitas, dan CCTV untuk mencegah dari tindakan kejahatan.

3. Lebih Banyak Bergerak

Naik transportasi umum bikin lebih banyak bergerak, loh. Misalnya, saat harus berjalan kaki ke halte, hingga lokasi tujuan. Ini termasuk bentuk olahraga singkat. Bergeraknya badan membuat aliran darah mengalir dan memacu organ tubuh bekerja dengan baik. Sangat menguntungkan bagi Anda yang jarang memiliki waktu olahraga.

4. Hemat Tenaga

Cukup dengan duduk santai dan beristirahat sejenak, Anda sudah mencapai tempat tujuan Anda. Tanpa repot-repot menyetir yang memperlakukan fokus yang tentu lebih menguras tenaga dibandingkan hanya duduk saja di angkutan umum yang dikendarai supir.

 Apalagi jika harus berhadapan dengan kemacetan yang dapat menimbulkan stress akan semakin melelahkan.

5. Mengurangi kemacetan

 Naik bus juga menjadi faktor untuk mengurangi kemacetan. Dengan kapasitas penumpang di bus yang lumayan banyak, dapat mengurangi volume kendaraan yang ada di jalan sehingga dapat mengurangi kemacetan

Sumber : https://dishub.jogjaprov.go.id/berita/10-manfaat-yang-bisa-didapat-saat-naik-angkutan-umum

 

Upaya efisiensi dari Integrasi Transportasi Umum Bus Rapid Transit (BRT)

Yaitu akan semakin memudahkan masyarakat dalam menggunakan angkutan umum, diharapkan jika dikelola dengan baik akan semakin meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum.

Integrasi  itu menjadi keharusan. Selain KAI dan MRT juga ada Bus Rapid Transit, angkutan umum lainnya dan ojek online (ojol). Untuk itu, saya minta empat stasiun tersebut agar mengakomodasi untuk tempat untuk para pengemudi ojol

Sumber : http://dephub.go.id/post/read/integrasi-antar-moda-perlu-dikelola-dengan-baik-agar-tingkatkan-penggunan-angkutan-massal?language=id

Tarif Harga Transportasi Bus

Suroboyo Nus tahun 2022 dilengkapi harga tiket, metode bayar, dan cara naik. Bagi anda yang sedang di Kota Surabaya, Suroboyo Bus menjadi transportasi yang bisa diandalkan untuk berkeliling. Bus ini dioperasikan Pemerintah Kota Surabaya sejak 7 April 2018. Keunikan dari bus ini yaitu bisa membayar dengan botol bekas. Tapi perlu diperhatikan, per 1 Mei 2022, botol plastik harus ditukar di bank sampah untuk mendapatkan poin member Go bis atau Voucer.

sumber :Rute Suroboyo Bus 2022 Dilengkapi Harga Tiket, Metode Bayar dan Cara Naik - Berita DIY (pikiran-rakyat.com) 


 

       KESIMPULAN

Dari keseluruhan pembahasan yang telah dijelaskan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa beberapa komponen sarana dan prasarana yang ada dalam sebuah integrasi Transportasi darat BMT serta pada sebuah kendaraan yang bertaraf nasional sebagai tempat perhentian bagi wisatawan atau penumpang dalam maupun luar kota. Komponen yang dimaksud sebagai berikut:

 

Kemudahan

-     Tingkat aksesibilitas fisik sudah baik pada semua jalur

-     Keberadaan signage dan informasi serta akses visual pada terminal domestik sudah baik, pada terminal masih kurang terutama pada jalur di ruang luar

 

Keselamatan

-     Crossing pada ruang luar, terjadi percampuran sirkulasi karena keberadaan fasilitas parkir yang bersinggungan dengan pintu masuk/keluar terminal domestik, dan percampuran dengan sirkulasi di ruang luar pada terminal internasional

 

Keamanan

-     Kenampakan sirkulasi dan pengawasan lingkungan pada semua jalur cukup baik

-     Kenyamanan

-     Jarak tempuh dan lebar jalur sirkulasi sudah memadai

-     Teduhan masih kurang pada ruang luar

-     Atraktivitas pada jalur pedestrian ruang luar terminal internasional masih kurang

Dikarenakan komponen tersebut yang akan memberikan rasa selamat, aman, nyaman selama berkunjung serta dapat memberikan kesan yang baik bagi para penggunanya. Selain itu, hal ini juga sebagai penunjang bagi kemajuan pada sekto pada wilayah tersebut.


KELOMPOK 3

1. Anggi Dea E (22091427048)

2. Denada Aolia Fitri (22091427061)

3. Satria Indra (22091427063)

4. Dhakka Fathan A (22091427066)

 

 


Eco Transport adalah gerakan rekayasa sosial positif yang digagas oleh para pelaku perubahan dimasyarakat, mulai dari pemerintah,komunitas penggerak lingkungan, pelajar hingga komunitas pesepeda.Visi dan misi adalah mewujudkan kondisi transportasi yang humanis dan ramah lingkungan dengan mengajak masyarakat melakukan budaya bersepeda, jalan kaki dan menggunakan angkutan publik.Disamping semua itu yang paling utama adalah membangun kesadaran masyarakat untuk berbudaya transportasi yang ramah lingkungan.Upaya mewujudkan transportasi ramah lingkungan dapat dilakukan dengan mencegah terjadinya perjalanan yang tidak perlu atau menggunakan teknologi angkutan umum. Selain itu dapat melakukan managemen kebutuhan transport ( TDM - Transport Managemen ) Kawasan TDM bisa dicirikan oleh :

1. Fasilitas pejalan kaki yang sangat nyaman

2. Penyebrangan jalan tidak terlalu lebar

3. Gradasi kepadatan bangunan ke arah luar

4. Membatasi jumlah lahan parkir kendaraan pribadi

1.Bentuk penerapan TDM:

1. Mendorong peningkatan okupani kendaraan melalui kebijakan ride sharing, three in one, dan carpooling

2. Menyediakan sarana angkutan umum yang cepat,murah,dan nyaman yang dapat menjangkau seluruh bagian kota.

3. Menerapkan jam kerja yang lebih fleksibel dan pemisahan waktu kerja dan sekolah untuk mengurangi beban lalu lintas pada jam puncak.

2.Bentuk transportasi yang ramah lingkungan:

1. Pedestrian

Menyediakan sarana dan jalur pejalan kaki yang aman dan nyaman dapat mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap penggunaan kendaraan pribadi. Jarak optimum yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki umumnya sekitar 400 sampai 500 meter.

2. Sepeda

Transportasi ramah lingkungan bisa menggunakan ide penggunaan sepeda sebagai alternatif alat transportasi yang ramah lingkungan seperti gerakan Bike to Work (B2W)

3. Sepeda listrik

Sepeda listrik dapat menghemat biaya, sepeda ini juga tidak menimbulkan kebisingan dalam penggunaannya dibandingkan sepeda motor.

4. Kendaraan hybrid

Kendaraan ini diklaim memiliki tingkat polusi dan penggunaan bahan bakar yang rendah.

5. Kendaraan berbahan bakar alternatif

Beberapa teknologi bahan bakar alternatif seperti biodiesel etanol, hidrogen atau kendaraan dengan teknologi yang dapat menggunakan dua jenis bahan bakar secara bergantian.

6. Kendaraan hypercar

Kendaraan jenis ini memiliki fitur konstruksi yang sangat ringan, desain yang aerodinamis, penggerak berbahan dasar hybrid dan bahan aksesoris yang minimal.

 

Sumber:

Ø   https://metrum.co.id/membangun-masyarakat-eco-transport/

Ø   https://www.kompasiana.com/moh.mutawalli/552fadc86ea834dd168b4582/mewujudkan-transportasi-ramah-lingkungan

 

KELOMPOK 4



Apa yang ada di benak kalian saat mendengar kata “Transportasi”? Sebagian besar pasti langsung berpikir tidak jauh kendaraan, mobil, atau kereta. Padahal, faktanya transportasi lebih luas dari yang dibayangkan. Transportasi adalah kegiatan perpindahan manusia dan/atau barang dari satu lokasi menuju lokasi yang berbeda dengan moda tertentu. Kegiatan transportasi tidak harus dilakukan dengan kendaraan. Kita berjalan dari satu titik ke titik lain walaupun hanya berjarak 1 meter pun sudah disebut dengan kegiatan transportasi.

Berikut adalah pengertian transportasi menurut para ahli.

1.     Menurut Steenbrink (1974)

Transportasi sebagai perpindahan barang atau orang menggunakan kendaraan atau lainnya, diantara tempat-tempat yang terpisah secara geografis.

2.     Menurut Bowersox (1981)
Transportasi sebagai perpindahan barang atau penumpang dari suatu lokasi ke lokasi lainnya di mana produk yang digerakkan atau dipindahkan tersebut dibutuhkan oleh lokasi lain.

3.     Menurut Papacostas (1987)

Transportasi sebagai suatu sistem yang terdiri dari fasilitas tetap (prasarana), sarana dan sistem pengendalian yang memungkinkan orang atau barang dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain secara efisien setaip waktu untuk mendukung aktivitas manusia.

            Ada beberapa faktor mengapa seseorang melakukan kegiatan transportasi.

1.     Kebutuhan gaya hidup

2.     Pola kegiatan (berangkat kerja atau sekolah)

3.     Pemilihan lokasi tujuan

4.     Pemilihan moda transportasi

Pada dasarnya permintaan angkutan diakibatkan oleh hal- hal berikut (Nasution, 2004):

1.     Kebutuhan manusia untuk berpergian dari lokasi lain dengan tujuan mengambil bagian di dalam suatu kegiatan, misalnya bekerja, berbelanja, ke sekolah, dan lain- lain.

2.     Kebutuhan angkutan barang untuk dapat digunakan atau dikonsumsi di lokasi lain.

Faktor-faktor tersebut tentunya harus didukung dengan adanya penyediaan fasilitas yang

menunjang mobilitas yang cepat, aman, nyaman tentunya dengan menyesuaikan kebutuhan jenis moda dalam mendukung kegiatan sosial ekonomi masyarakat. Saat ini, pemerintar berfokus pada pengembangan transportasi umum. Transportasi umum atau transportasi publik adalah seluruh alat transportasi saat penumpang tidak berpergian menggunakan kendaraan sendiri. Adapun beberapa jenis transportasi umum yang tersedia yang diklasifikasikan berdasarkan segi teknis dan alat pengangkutnya.

1.     Tranportasi darat

Transportasi darat terdiri dari seluruh bentuk alat transportasi yang beroperasi di darat. Moda transportasi darat sering dianggap identik dengan moda transportasi jalan raya (Warpani, 1990). Transportasi darat memiliki jalur gerak berupa jalan raya, jalan baja (rel), maupun jalan khusus.

Berikut adalah contoh transportasi darat yang tersedia di Indonesia

a.     Bus

b.     MRT

c.     Taksi

d.     Kereta api

2.     Transportasi laut

Tranportasi laut adalah kegiatan pengangkutan penumpang dan/atau barang melalui suatu wilayah perairan (laut, sungai, dan danau penyeberangan) dan teritori tertentu (dalam negeri atau luar negeri), dengan menggunakan kapal, untuk layanan khusus dan umum.

Berikut adalah contoh transportasi laut yang tersedia di Indonesia

a.     Kapal Tanker

Jenis kapal tanker yang dirancang untuk membawa angkutan cairan yang jumlahnya besar. Umumnya, jenis utama dari kapal tanker yaitu tanker kimia, minyak, gas alam cair, dan lain sebagainya.

b.     Kapal Pesiar

Kapal pesiar yang tergolong kapal niaga merupakan kapal pesiar yang membawa penumpang untuk disewa

c.     Kapal Bulk Carrier

Kapal Bulk Carrier atau disebut juga kapal Bulker merupakan jenis kapal niaga yang di desain secara khusus untuk mengangkut barang atau kargo yang tidak dikemas seperti batubara, semen, biji-bijian, dan semua jenis barang unpackaged.

d.     Kapal Kargo

Kapal kargo merupakan kapal yang mengangkut semua barang pada truk kontainer dan ukurannya pun sangat besar. Banyak orang yang menyebutnya sebagai kapal kargo kontainer.

e.     Kapal Tongkang

Kapal tongkang merupakan kapal atau perahu yang bentuknya datar dan dirancang dengan tujuan sebagai salah satu alat transportasi di sungai serta untuk membawa barang berat.

          

3.     Transportasi udara

Transportasi udara merupakan moda transportasi paling baru yang muncul dan berkembang pada abad ke-20. Transportasi udara yang bisa digunakan untuk masyarakat umum saat ini adalah pesawat terbang.

 Adapula transportasi udara yang biasa disebut helikopter. Helikopter adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap putar yang rotornya digerakkan oleh mesin. Helikopter merupakan pesawat udara yang mengangkat dan terdorong oleh satu atau lebih rotor (propeller) horizontal agung. Helikopter diklasifikasikan sebagai pesawat bersayap putar sebagai membedakannya dari pesawat bersayap tetap biasa lainnya. Kata helikopter berasal dari bahasa Yunani helix (spiral) dan pteron (sayap). Helikopter yang dijalankan oleh mesin diciptakan oleh penemu Slovakia Jan Bahyl.

 

Sumber Narasi:

http://eprints.undip.ac.id/34218/5/1755_chapter_II.pdf

http://repository.untag-sby.ac.id/416/3/BAB%20II.pdf

https://e-journal.uajy.ac.id/7732/3/TA213706.pdf

http://eprints.umm.ac.id/35096/3/jiptummpp-gdl-alfiizzati-48527-3-babii.pdf

http://repository.upi.edu/59396/2/S_TS_1605012_Chapter1.pdf

 

Disusun oleh: Kelompok 4 Kelas 2022B

1)    Mutia Aulia Sabrina (22091427042)

2)    Rifky Agung Gigih Pratama (22091427056)

3)    Revyan Bintang Putra Valenta Marza (22091427057)

4)    Decsansia Raehani Azzahra (22091427059)



KELOMPOK 5

1. Nadhilatul Az Zahro /22091427037

2. Muhammad Thoriq Akbar / 22091427039

3. Mada Artada/ 22091427051

4. Fani rendita ardania swara/22091427062

 



Penjelasan Poster :

Trans Jatim merupakan sistem layanan transportasi umum berupa bus rapid transit pada jaringan antarkota dan/atau kabupaten dalam satu lingkup wilayah aglomerasi perkotaan di Jawa Timur seperti Gerbangkertosusila. Layanan ini mengadopsi skema pembelian layanan seperti halnya skema pada layanan Teman Bus.

Baru baru ini sebanyak 22 Armada bus Trans Jatim telah diresmikan dan sudah mulai beroperasi mulai hari Jumat, 19 Aguatus 2022. Bus Trans Jatim koridor I ini beroperasi melewati Terminal Porong Sidoarjo, Terminal Purabaya di Sidorjo, berakhir di Terminal Bunder Gresik, dan sebaliknya.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur menyebut bahwa langkah ini merupakan penguatan untuk menciptakan transportasi publik supaya bisa mengakomodasi kebutuhan masyarakat.

sumber :

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara | Bandar Udara (dephub.go.id)

Bus Trans Jatim Sidoarjo-Gresik Resmi Beroperasi, Ini Tarif dan Rutenya - Suara Surabaya



KELOMPOK 6 

1.Ananda Muhammad Al Farizi (22091427047)

2.Gatra Akbar Firmansyah (22091427052)

3.Firnas Dwikta Rayana (22091427055)

4.Muhammad Habibullah (22091427068)

 


Calo atau makelar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah orang yang menjadi perantara dan memberikan jasanya untuk menguruskan sesuatu berdasarkan upah. Kasus calon penumpang tertipu oknum calo liar di terminal, baik itu harga tiket tidak sesuai atau tiket yang diberikan tidak berlaku. Biasanya harga tiket dari calo liar lebih mahal.

 

Apa perbedaan calo resmi dengan calo liar?

 

Direktur Operasional PO Haryanto mengungkapkan, cara sederhana membedakan calo resmi dan liar adalah dari seragam. Biasanya calo resmi yang ditugaskan perusahaan berseragam atau menggunakan atribut sesuai dengan PO bus tersebut. Nah, kalau calo liar tidak berseragam," ujarnya, di kanal YouTube PO Haryanto Official.

 

Kedua, lanjut Rian, tiket yang dibawa calo resmi biasanya mencantumkan nama PO bus tersebut. "Kalau tidak berseragam perhatikan tiket yang dijual, apa tercantum nama PO bus tersebut. Jika tidak atau memberi dua jenis tiket, itu dipastikan calo liar," kata Rian. Rian menuturkan untuk bus patas atau ekonomi dengan rute jarak pendek (non eksekutif) pilih pembayaran dilakukan di atas bus. "Calo liar tidak akan berani masuk ke atas bus. Jadi bayar tiket di atas bus saja," ujarnya

 

Lalu bagaimana cara untuk menghindari calo liar ?

 

Dengan memesan tiket sebelum hari pemberangkatan. Penumpang juga dapat memesan langsung ke agen resmi yang biasanya ada di setiap kota keberangkatan. Bisa juga melalui portal tiket online yang sudah bekerjasama dengan Perusahaan Otobus (PO). Dengan begitu, calon penumpang dapat memotong alur pemesanan yang biasanya dimanfaatkan oleh para calo yang tidak bertanggung jawab.

 

Namun, bagaimana bila anda terpaksa memesan tiket di terminal di hari keberangkatan?

 

Eka Putra Prasetya, Ketua komunitas bus Rosalia Indah Mania Korwil Jakarta mengatakan, bahwa ada beberapa tips agar bisa terhindar dari ulah calo di terminal. Memanfaatkan fungsi petugas terminal bisa menjadi pilihan bijak untuk menghindari teror dari calo. Penumpang bisa langsung mencari petugas dishub yang biasanya bertugas di terminal. Calo biasa menggunakan kedok menawarkan informasi sebelum kemudian mengarahkan pada keuntungan pribadi yang bisa diambil dari calon penumpang. Oleh karena itu, menurut Eka akan lebih aman bila mencari informasi dengan langsung ke petugas resmi yang bertugas. Bila masih merasa belum aman dengan informasi yang dipaparkan oleh petugas di terminal, calon penumpang bisa meminta tolong juga untuk minta diantarkan ke Agen PO resmi, tanpa harus takut tertipu oleh calo.



KELOMPOK 7

UTS LITERASI DIGITAL

PENYEBAB KEMACETAN DAN SOLUSI



 

Prodi D4 Transportasi

Universitas Negeri Surabaya

 

Dosen Pengampu :

Aditya Prapanca

 

 

Disusun oleh kelompok 7 2022B :

1.     Rippun Hatorangan Silitonga (22091427041)

2.     Farhan Nor Ramadhan (22091427045)

3.     Oktavia Ellynda Putri (22091427050)

4.     Alinda Cahya Kusuma (22091427054)

 

KEMACETAN

Kemacetan adalah kondisi di mana arus lalu lintas yang lewat pada ruas jalan yang ditinjau melebihi kapasitas rencana jalan tersebut yang mengakibatkan kecepatan mendekati 0 km/jam sehingga menyebabkan terjadinya antrian (MKJI, 1997). [1] Kita sering sekali menjumpai kemacetan di sekitar kota-kota besar. Hal itu disebabkan ramainya penduduk yang melakukan kegiatan atau produktif di kota besar. Banyak juga perpindahan penduduk atau lajur penduduk yang masuk dari desa ke kota untuk bekerja di kota besar. Hal itu mengakibatkan ketidakseimbangan antara kepadatan penduduk dengan ketersediaan jalan yang ada.

Di kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai kemacetan yang terjadi, penyebab dari kemacetan tersebut, dampak yang disebabkan dari kemacetan tersebut, dan solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kemacetan.

 

PENYEBAB DAN DAMPAK KEMACETAN

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan kemacetan. Yakni :

1.     Terjadinya kecelakaan, terjadi gangguan kelancaran lantaran masyarakat yang berhenti guna melihat kecelakaan atau karena kendaraan yang terlibat kecelakaan belum disingkirkan dari jalur lalu lintas yang mengakibatkan area sekitas menjadi macet total. [2] Hal itu banyak terjadi ketika pengendara di jalan raya mengendarai transportasinya secara buru-buru dan tidak memperhatikan rambu-rambu lalu linta atau tidak waspada dengan lingkungan sekitarnya. Hal ini selain dapat membahayakan diri sendiri, juga dapat membahayakan orang lain. Dan juga dapat merugikan sekitar karena dapat menyebabkan macet berkepanjangan apabila tidak segera ditangani.

2.     Adanya kendaraan yang sedang keluar masuk, atau putar balik. [3] Adanya arus keluar dan masuk pada kota-kota besar juga dapat menjadi salah satu penyebab kemacetan. Banyak masyarakat desa yang masuk ke kota besar setiap harinya untuk mengadu nasib, entah untuk mencari pekerjaan ataupun bekerja. Kurangnya fasilitas di desa juga menjadi salah satu penyebab terjadinya arus masuk yang begitu tinggi di kota, misalnya untuk ke rumah sakit, atau toko-toko dengan alat yang lengkap dan lain sebagainya.

Orang yang putar balik ketika menghadapi kemacetan juga dapat menambah kemacetan pada jalan tersebut. Dikarenakan orang tersebut mengganggu atau memotong jalur pengendara lain untuk memutar balikkan kendaraannya.

3.     Adanya razia lalu lintas.[4] Hal ini menjadi salah satu penyebab kemacetan dikarenakan apabila terjadi razia lalu lintas, banyak kendaraan yang akan berhenti ketika dirazia sehingga hal itu akan menyebabkan kendaraan lain untuk berhenti karena susah bergerak dari lokasi razia tersebut.

4.     Insfrastruktur jalan juga menjadi penyebab dalam kemacetan jalan raya. Salah satu contohnya adalah kurangnya kapasitas jalan yang seharusnya dapat memumpuni untuk menampung kendaraan yang melewati jalan tersebut. Meskipun dapat dilakukan perbaikan jalan, hal itu tetap menganggu jalan raya dan akan lebih menyebabkan kemacetan lalu lintas secara insidentas. Infrastruktur adalah hal tersembunyi yang memperbesar masalah lalu lintas di banyak daerah perkotaan dan pinggiran kota. [5]

Kemacetan dapat disebabkan oleh banyak hal dan dapat menyebabkan para pengendara mendapatkan dampaknya. Salah satu dampak yang didapatkan adalah boros akan waktu. Hal itu tentu dapat menyebabkan kerugian pada setiap orang.

 

SOLUSI UNTUK KEMACETAN

            Berikut beberapa solusi yang didapatkan agar dapat menghindari kemacetan yang terjadi di lalu lintas jalan raya :

1.     Rencanakan Perjalanan. [6] Hal ini dapat dilakukan untuk menghindari kemacetan. Lakukan survey pada perjalanan yang akan dilakukan, lihat jalan yang memungkinkan untuk dilewat untuk perjalanan anda.

2.     Berangkat lebih awal. [7] Berangkat lebih awal juga menjadi salah satu opsi agar tidak terkena macet di jalanan. Dikarenakan berangkat lebih dulu dari orang lain, anda dapat menghindari hal-hal yang anda inginkan ketika berada di jalan raya.

3.     Naik transportasi umum. [8] Hal ini dapat menjadi opsi agar anda tidak terjebak kemacetan. Semakin banyak orang yang menggunakan transportasi umum, kendaraan pribadi akan berkurang sehingga dapat pengurangi jumlah kendaraan yang terdapat di jalan raya.

DAFTAR PUSTAKA

[1]       Pustaka T, Lintas K. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/14207/05.2%20bab%202.pdf?sequence=6&isAllowed=y

[2] [3]  Redaksi Otosia. Ketahui Penyebab, Dampak, dan Solusi dari Kemacetan Lalu Lintas. otosia.com. Published June 15, 2020. Accessed October 20, 2022. https://m.otosia.com/berita/read/4755969/ketahui-penyebab-dampak-dan-solusi-dari-kemacetan-lalu-lintas

[4] [5]  Auto2000. Berbagai Penyebab Kemacetan Lalu Lintas | Auto2000. Auto2000.co.id. Published October 18, 2022. Accessed October 20, 2022. https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/penyebab-kemacetan-lalu-lintas#

[6] [7]  Auto2000. Berbagai Penyebab Kemacetan Lalu Lintas | Auto2000. Auto2000.co.id. Published October 18, 2022. Accessed October 20, 2022. https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/penyebab-kemacetan-lalu-lintas#

[8]       Ilham Choirul Anwar, Dhita Koesno. Tips dan Cara Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas di Jalanan. tirto.id. Published August 4, 2022. Accessed October 20, 2022. https://tirto.id/tips-dan-cara-mengatasi-kemacetan-lalu-lintas-di-jalanan-guLA



KELOMPOK 8

1.       MUJI KUSHARTARTO (22091427044)

2.       MOCH.WILDAN ROMDHON (22091427064)

3.       PUTRI BUNGA FIRDAUSI (22091427065)

4.       TIARA INDAH LUVIANTIKA ( 22091427067)



 

Hari angkutan nasional diperingati pada 24 april setiap tahun nya. Hal ini dilakukan untuk memperingati perkembangan angkutan umum di Indonesia.

Angkutan memiliki arti kendaraan bergerak yang menggunakan tenanga mesin baik itu manusia ataupun hewan dengan tujuan memudahkan mobilitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Menhub mengatakan peringatan hari perhubungan nasional (Harhubnas) tahun 2022 mengambil tema bangkit maju bersama. Artinya, melalui sinergi dan kolaborasi bersama antar insan perhubungan di seluruh indonesia, maka segala tantangan akan lebih mudah untuk dihadapi.

Menhub menjelaskan sektor transportasi sangat terdampak oleh pandemi covid 19. Namun saat ini upaya pemulihan sektor transportasi dan menunjukkan hasil positif. Beberapa capaian positif hingga September 2022 ini diantaranya yakni badan pusat Statistik (BPS)  mencatat sektor transportasi mampu tumbuh 21,27% di kuartal kedua tahun 2022 dan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,44%.

Menhub mengungkapkan kedepan masih ada sejumlah pekerjaan di sektor transportasi yang harus diungkapkan seperti misalnya peningkatan konektivitas, keselamatan transportasi dan integrasi antar moda di seluruh indonesia.

Pada tahun ini peringatan upacara harhubnas dilaksanakan di kota palembang, karena kota palembang dinilai menjadi contoh daerah diluar Jawa yang telah memiliki angkutan masal yang lengkap dan terintegrasi antara LRT, BRT trans musi, angkot feeder dan angkutan lainnya.

Usai melakukan upacara tersebut Menhub, gubernur, wali kota membagikan kartu elektronik LRT secara gratis kepada para penyandang disabilitas, hal ini merupakan komitmen dari kemenhub untuk menyediakan angkutan masal yang inklusif bagi semua kalangan masyarakat termasuk kelompok rentan seperti ibu hamil, anak anak, ransia, dan penyandang disabilitas

Maka dari itu kita sebagai pengguna transportasi mari menggunakan transportasi umum untuk mengurangi kemacetan yang berada di sekitar karena pemerintah sudah berupaya semaksimal mungkin untuk membuat transportasi umum menjadi nyaman dan mudah di temukan .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar