Rabu, 28 Desember 2022

Tugas Prodi D4 Tranportasi angkatan 2022 kelas A : Membuat Poster Digital

         KELOMPOK 1
    
               CALISTA IFTINIA ENDRYANI (22091427012)

2.      SAS DWI RAHAYU NING TYAS (22091427024)

3.       RIZAL AMRIL SEBASTIAN (22091427027)

4.       MOH. FIKRI RIZA FANNE (22091427031)


 

KERETA API

Kereta api didefinisikan sebagai sarana transportasi berupa kendaraan dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan kendaraan lainnya, yang akan ataupun sedang bergerak di rel. Dengan demikian, kereta api hanya dapat bergerak/berjalan pada lintasan/jaringan rel yang sesuai dengan peruntukannya, hal ini menjadi keunggulannya karena tidak terganggu dengan lalu lintas lainnya, tetapi dilain pihak menjadikan kereta api menjadi angkutan yang tidak fleksibel karena jaringannya terbatas tapi nyaman.

Kereta api merupakan alat transportasi massal yang umumnya terdiri dari lokomotif (kendaraan dengan tenaga gerak yang berjalan sendiri) dan rangkaian kereta atau gerbong (dirangkaikan dengan kendaraan lainnya). Rangkaian kereta api atau gerbong tersebut berukuran relatif luas sehingga mampu memuat penumpang maupun barang dalam skala besar. Untuk angkutan barang dalam jumlah yang besar dapat digunakan rangkaian lebih dari 50 kereta yang ditarik dan/atau didorong dengan beberapa buah lokomotif, seperti kereta api babaranjang (kereta api batutu bara rangkaian panjang)di Sumatera Selatan.

Kereta api merupakan angkutan yang efisien untuk jumlah penumpang yang tinggi sehingga sangat cocok untuk angkutan massal kereta api perkotaan pada koridor yang padat, tetapi juga digunakan untuk angkutan penumpang jarak menengah sampai dengan 3 atau 4 jam perjalanan ataupun untuk angkutan barang dalam jumlah yang besar dalam bentuk curah, seperti untuk angkutan batu bara. Karena merupakan sarana angkutan massal yang efisien, beberapa negara berusaha untuk memaksimalkannya sebagai sarana utama transportasi darat dalam kota, antar kota dan antar negara.

 

 

Kereta api sendiri dikelompokan menjadi 2 jenis. Yang pertama berdasarkan jenis tenaga penggeraknya, yang kedua berdasarkan jenis rel yang digunakan. Macam-macam kereta api berdasarkan jenis tenaga penggeraknya, yaitu:

1.    Kereta api uap

Kereta api uap adalah jenis lokomotif yang menggunakan tenaga mesin uap untuk menarik rangkaian kereta. Kereta api uap menggunakan bahan bakar batu bara, kayu, atau minyak untuk menghasilkan uap dalam pendidih. Uap ini kemudian menggerakkan piston yang secara mekanis terhubung dengan roda penggeraknya. Baik bahan bakar dan air dipasok dalam lokomotif, baik ditampung pada lokomotif atau menggunakan tender di belakangnya.

Kereta api uap pertama kali dikembangkan di Britania Raya pada awal abad ke-19 dan digunakan dalam sistem perkeretaapian sampai pertengahan abad ke-20. Richard Trevithick menciptakan kereta api uap pada 1802. Kereta api uap komersial tersukses dibuat pada tahun 1812–1813 oleh John Blenkinsop, Salamanca. Locomotion No. 1, yang dirakit oleh George Stephenson, putranya Robert, dan perusahaannya Robert Stephenson and Company, merupakan kereta api uap pertama yang mampu menarik kereta api penumpang di lintas kereta api umum, Stockton and Darlington Railway tahun 1825. Pada tahun 1830 George Stephenson membuka jalur kereta api umum antarkota pertamanya, Liverpool and Manchester Railway. Robert Stephenson and Company menjadi pembuat sekaligus pemasok lokomotif uap pada dasawarsa pertama zaman uap di Britania Raya, Amerika Serikat, dan banyak negara di Eropa.

Pada abad ke-20, Kepala Teknisi Mekanik London and North Eastern Railway (LNER) Nigel Gresley mendesain sejumlah lokomotif yang cukup terkenal, seperti Flying Scotsman, lokomotif uap pertama yang resmi mencatatkan kelajuan di atas 100 mph (160 km/h) untuk layanan penumpang, dan LNER Class A4, 4468 Mallard, yang masih menjadi kereta api uap tercepat di dunia (126 mph (203 km/h)).

Sejak awal 1900-an, kereta api uap mulai digantikan dengan lok listrik dan diesel; sejak saat itu banyak jalur kereta api yang diubah menjadi tenaga listrik dan diesel mulai akhir 1930-an. Kebanyakan kereta api uap dipensiunkan dari layanan reguler sejak 1980-an, meski banyak di antara mereka yang tetap menjalankan operasinya sebagai penarik KA wisata dan daya tarik warisan sejarah.Kereta api diesel

2.         Kereta Rel Diesel (bahasa Inggris: Diesel Multiple Unit disingkat DMU) adalah unit kereta api yang terdiri dari beberapa gerbong didukung oleh satu atau lebih mesin diesel on-board (terpasang). Disebut pula sebagai railcar atau railmotor, di beberapa negara.

 

Pada KRD yang menggunakan konstruksi hidraulik, mesin diesel (yang terletak di bagian bawah sasis) berhubungan langsung dengan penggerak roda secara mekanik. Sistem ini memiliki beberapa keuntungan, di antaranya adalah dapat menerobos rel yang tergenang banjir yang tidak dapat dilewati KRL, dan tidak membutuhkan perawatan secara elektris; namun kereta ini memiliki kekurangan, yaitu getaran lebih besar dan lebih bising dari KRL atau KRDE, karena pada KRD satu mesin hanya dapat digunakan untuk satu Gerbong.

 

Berdasarkan tenaga penggerak pada lokomotif diesel ini terdapat tiga jenis yaitu, mekanik, hidrolik, dan elektrik. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing lokomotif diesel tersebut.

1)         Lokomotif Diesel Mekanik

Pada lokomotif diesel mekanik ini menggunakan mesin diesel sebagai sumber tenaga yang ditransfer ke roda melalui transmis mekanik. Sementara untuk prinsip kerjanya mirip dengan mesin sepda motor atau mobil. Lokomotif jenis ini biasanya bertenaga kecil maksimal 350 tenaga kuda.

Lokomotif diesel jenis mekanik ini biasanya dipakai utnuk langsiran, menarik dan mendorong lokomotif lain, kereta penumpang atau gerbong barang. Indonesia sendiri pernah menggunakan jenis lokomotif ini dan hasil karya anak bangsa yaitu lokomotif Bima Kunting I dan PELITA I.

2)         Lokomotif Diesel Hidrolik

Pada lokomotif diesel hidrolik prinsip kerjanya adalah putaran mesin diesel yang digunakan untuk memutar pompa yang akan memompa minyak. Aliran minyak tersebut dialirkan dan didistribusikan ke turbin-turbin untuk diubah menjadi tenaga putar yang akan memutar roda lokomotif. Jenis lokomotif ini mampu menerjang banjir. Hal ini karena perangkat kelistrikannya diletakkan di atas mesin.

Beberapa jenis lokomotif diesel hidrolik yang pernah dimiliki KAI antara lain BB 300, BB 301, BB 304, BB 305, dan D 301. Sejak 2021, Indonesia melalui PT INKA mulai memproduksi jenis lokomotif ini CC 300. Saat ini, lokomotif tersebut dimiliki oleh Kementerian Perhubungan dan menjadi lokomotif andalan saat terjadi banjir di beberapa wilayah.

3)        Lokomotif Diesel Elektrik

Lokomotif diesel elektrik adalah jenis lokomotif yang populasinya paling banyak dimiliki oleh PT KAI. Pada lokomotif jenis ini, mesin diesel dipakai untuk memutar generator agar mendapatkan energi listrik. Lalu, listrik tersebut dipakai untuk menggerakkan motor listrik besar yang langsung menggerakkan roda.

Lokomotif diesel elekrif juga menjadi pertama yang didatangakna ke Indonesia untuk menggantikan lokomotif-lokomotif uap lainnya yang sudah tua. Jenis-jenis lokomotif diesel elektrik yang dimiliki oleh PT KAI antar lain adalah CC 201, CC 202, CC 203, CC 205, dan yang paling muda adalah CC 206.

3.    Kereta api rel listrik

Kereta rel listrik (disingkat KRL) adalah jenis kereta rel yang ditenagai oleh listrik. Karena KRL tidak memerlukan lokomotif, motor traksi akan dipasang pada salah satu atau beberapa keretanya dalam satu rangkaian. KRL teridiri atas dua atau lebih kereta yang dirangkai secara semipermanen, tetapi dapat juga berupa unit tunggal. Mayoritas operasinya adalah untuk penumpang, khususnya untuk para penglaju, tetapi ada juga yang dijadikan sebagai kereta pos.

 

KRL cukup populer untuk armada komuter dan perkotaan karena perlajuannya cepat dan bebas polusi.[1] Bahkan KRL juga kurang bising daripada kereta rel diesel atau kereta api lokomotif. KRL dapat beroperasi pada malam hari tanpa mengganggu tidur para warga pinggiran rel. Tambahannya, desain terowongan untuk KRL cukup sederhana karena tidak perlu lagi lubang angin untuk mengeluarkan asap, meski ada beberapa yang harus didesain ulang untuk mengakomodasi peralatan kelistrikannya.

 

Liverpool Overhead Railway menjadi operator pertama KRL pada 1893 dengan bermodal rangkaian dua kereta, dan kendalinya berada di kedua ujung kereta tersebut. Sistem kendali traksi KRL dikembangkan oleh Frank Sprague dan pertama kali diterapkan dan diuji oleh South Side Elevated Railroad (sekarang bagian dari Chicago 'L') tahun 1897. Pada 1895, Sprague menurunkan penemuan dan produksi sistem kendali DC elevator, dengan menemukan sistem kendali unit-banyak untuk operasi KRL. Hal ini dipercepat dengan pembangunan jalur kereta listrik di seluruh dunia. Setiap kereta pada KRL memiliki motor traksinya sendiri-sendiri: melalui relai kendali motor di setiap kereta yang mendapatkan energi dari kabel melalui kereta depan, kemudian seluruh motor traksi di bawah kereta dikendalikan secara serentak

 

4.         Kereta api daya magnit

Kereta maglev adalah jenis kereta yang bergerak pada posisi melayang atau mengambang. Posisi tersebut dihasilkan oleh gaya elektromagnetik. Penggerak kereta maglev adalah motor linear, kereta maglev juga memanfaatkan medan magnet yang diciptakan oleh kumparan listrik di dinding jalur pemandu dan rel yang bergabung untuk mendorong kereta. Maglev digunakan sebagai alat transportasi jarak jauh. Kereta maglev dapat bergerak dengan kecepatan 500 km/jam. Pengembangan terbaru memungkinkan kecepatan ditingkatkan hingga sama dengan kecepatan pesawat jet (900 km/jam).

Pengembangan awal kereta maglev dimulai di Inggris pada periode tahun 1960-an, diawali oleh empat penemuan awal yaitu kereta motor linear (Alfred Zehden, 1907), sistem transportasi elektromagnetik (F.S. Smith), kereta pengangkatan magnet dengan motor linear (Hermann Kemper, 1937), dan sistem magnetik transportasi (G.R. Polgreen, 1959). Karena kekurangan dana pengembangan sempat dihentikan pada tahun 1973. Kereta maglev pertama baru berhasil dibuat pada tahun 1984.

 

Kelebihan utama dari kereta ini adalah kemampuannya yang bisa melayang di atas rel, sehingga tidak menimbulkan gesekan. Keuntungan sampingan lainnya adalah tidak ada gaya resistansi akibat gesekan.

Kelemahan nya adalah karena kecepatan kereta yang fantastis ini, kebisingan (suara) yang ditimbulkan ketika kereta ini bergerak hampir sama dengan sebuah pesawat jet, dan diperhitungkan lebih mengganggu dibanding kereta konvensional.






KELOMPOK 2 

1. Dinda Fadillah Afifah (22091427002)

2.Nina Fitriasari (22091427004)

3. Shafina Fida Maharani (22091427015)

4. Azzam Abdillah Tsani (22091427026)



Kemacetan merupakan masalah utama kota besar, terutama di negara berkembang termasuk Indonesia. Salah satu kebijakan yang disadari memiliki potensi untuk mengatasi kemacetan tersebut adalah mengalihkan pengguna kendaraan pribadi ke kendaraan umum. Dalam poster tersebut memaparkan tentang Transportasi umum adalah solusi efektif untuk mengurangi kemacetan. Jika banyak masyarakat yang menggunakan transportasi umum, maka jumlah kendaraan pribadi akan berkurang. Transportasi umum juga dapat meningkatkan kemajuan pariwisata Indonesia. Sayangnya transportasi umum tidak menjadi primadona di Indonesia. Masyarakat lebih senang menggunakan kendaraan pribadi. Banyak objek wisata yang kurang mendukung sarana transportasi umum sehingga banyak turis yang lebih memilih menggunakan kendaraan rental.

Dengan menggunakan perhitungan dan logika sederhana, kendaraan umum jenis kecil rata-rata menampung 15 orang. Sedangkan mobil pribadi sering kali hanya ditumpangi 1-2 orang, atau rata-rata 1,5 orang di dalamnya. Seandainya pengguna kendaraan pribadi ini seluruhnya beralih ke angkot maka ruas jalan yang semula digunakan sekitar 10 kendaraan pribadi, hanya akan terisi satu buah mobil angkot saja.  Sementara kendaraan umum lebih besar sekelas metromini, berdimensi dua kali lipat kendaraan pribadi, mampu menampung sekitar 40 orang, atau rata-rata 30 kali lipat jumlah penumpang kendaraan pribadi. Luas badan jalan yang semula digunakan 30 kendaraan pribadi, hanya akan terisi dua metromini seandainya mereka beralih ke angkutan umum metromini. Untuk jenis kendaraan umum lebih besar seperti bus bertingkat dengan kapasitas 80 penumpang, maka penghematan luas ruas jalan yang digunakan kendaraan akan lebih besar lagi.

Namun masih banyak orang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. hal ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya: 1. fasilitas transportasi umum yang kurang mendukung dan tidak menjaga kebersihan, 2. masih banyak juga daerah yang tidak dilalui transportasi umum, 3. terkadang orang harus melakukan perjalanan lebih panjang dengan transportasi umum untuk mencapai lokasi, 4. kendaraan umum yang sering kali telat dengan jadwal yang ditentukan, juga banyak sopir yang mengendarai dengan terlalu cepat dan membahayakan penumpang.

Solusi dari permasalahan ini adalah ditingkatkannya lagi fasilitas transportasi umum, dan perlu adanya peraturan-peraturan yang harus ditaati oleh sopir sebelum mengendarai, juga peraturan mengenai jadwal rute yang sudah ditetapkan, diperkirakan lagi apakah sudah pasti dengan kendala-kendala yang memungkinkan terjadi.





KELOMPOK 3

1.    MUHAMMAD NAUFAL SAWALUDIN FADHILAH (22091427003)

2.    TESSA ROLINA SIANTURI (22091427007)

3.    M. FATHIH KAUTSAR RIZKY (22091427025)

4.    VALENTINO OKTAVIAN. P (22091427034)


    


 

Kendaraan umum???

Kendaraan umum adalah setiap kendaraan bermotor yang disediakan untuk dipergunakan oleh umum dengan dipungut bayaran baik langsung maupun tidak langsung Banyak dampak yang akan terjadi jikalau penggunaan kendaraan umum terus digancarkan. Baik dampak positif untuk linkungan dan lainnya namun tak dipungkiri ada pula dampak negatifnya.

Kendaraan angkutan umum pernah melegenda di tanah air. Angkutan kereta api, bus kota, mini bus hingga oplet pernah merajai jalanan di semua ruas jalan kota besar di tanah air. Mau ke pasar, ke sekolah, ke tempat kerja, bertandang ke sanak saudara hingga mudik lebaran angkutan umum menjadi pilihannya. 

Era penggunaan transportasi umum mulai bergeser ketika kepemilikan kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua bertambah luar biasa setiap tahunnya. Demikian juga dengan jaringan jalan yang kian mulus serta bahar bakar minyak (BBM) yang terjangkau harganya karena kesejahteraan masyarakat yang terus meningkat, baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Namun pertambahnya jumlah kendaraan pribadi yang melampaui batas telah menimbulkan banyak persoalan, khususnya di perkotaan. Kemacetan mulai muncul dimana-mana, terbatasnya lahan parkir kendaraan juga menimbulkan masalah tersendiri, polusi udara yang mencemari lingkungan kian mengkhawatirkan, demikian juga dengan tingkat kematian yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas juga meningkat pesat.

Manfaat Riil Jangka Panjang

Menhub mengungkapkan, beberapa manfaat jika menggunakan angkutan massal, yaitu antara lain dapat mengurangi tingkat kemacetan, mengurangi polusi udara (ramah lingkungan), dan mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan yang sering dialami oleh pengguna kendaraan pribadi.

 

Belajar dari Negara Lain

Beberapa negara maju barangkali dapat dijadikan contoh pengembangan transportasi umum yang diminati oleh masyarakatnya. Mayoritas penduduknya menggunakan transportasi umum untuk bepergian ke berbagai tujuan. Transportasi umum di beberapa negara maju tersebut sangat populer karena biaya/ongkosnya murah, lebih cepat sampai karena memiliki akses jalan khusus, dan memiliki jangkauan luas ke pelosok kota. Belum lagi jaringan kereta api dan jaringan jalan yang terintegrasi dengan baik yang terhubung dengan moda-moda lainnya ke berbagai kota. Jaringan moda transportasi bus dan trem yang menghubungan penduduk dari pinggiran kota menuju pusat kota atau sebaliknya, sehingga dapat menekan tingkat kemacetan yang biasa terjadi di jam-jam tertentu di kota-kota negara tersebut.

·         Dampak positif

Dalam rangka mendukung 'Gerakan Kembali ke Angkutan Umum', ada baiknya mengenal apa saja dampak positif yang bisa didapatkan jika menaiki angkutan umum untuk kegiatan sehari-hari. Berikut beberapa dampak positifnya :

1. Menghemat Pengeluaran

Tarif angkutan umum lebih murah jika dibandingkan dengan kendaraan pribadi

2. Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Mengendalikan jejak karbon dengan mengurangi frekuensi penggunaan kendaraan bermotor pribadi dengan menggunakan transportasi publik turut membantu menurunkan emisi gas rumah kaca sekaligus membantu program Go Green.

3. Keamanan dan Kenyamanan Terjamin

Moda transportasi seperti Trans Jogja atau Teman Bus mengunggulkan keamanan dan kenyamanan. Ada kursi empuk yang nyaman untuk diduduki, AC yang dingin, bus yang luas, ramah disabilitas, dan CCTV untuk mencegah dari tindakan kejahatan.

4. Lebih Banyak Bergerak

Naik transportasi umum bikin lebih banyak bergerak, loh. Misalnya, saat harus berjalan kaki ke halte, stasiun, hingga lokasi tujuan. Ini termasuk bentuk olahraga singkat.

5. Hemat Tenaga

Cukup dengan duduk santai dan beristirahat sejenak, Anda sudah mencapai tempat tujuan Anda. Tanpa repot-repot menyetir yang memperlakukan fokus yang tentu lebih menguras tenaga dibandingkan hanya duduk saja di angkutan umum yang dikendarai supir atau masinis.

6. Tidak Perlu Mencari Tempat Parkir

Mencari tempat parkir yang kosong membutuhkan waktu, sehingga jika menaiki transportasi umum dapat menghemat waktu. Belum jika semua tempat parkir penuh, maka harus mencari-cari terlebih dahulu yang membuat pusing. Inilah kelebihan angkutan umum.

7. Bisa Menikmati Pemandangan

Melihat pemandangan di kiri dan kanan mempunyai kesenangan tersendiri. Terlebih angkutan umum dapat melewati daerah persawahan, laut, gunung, dan sebagainya.

8. Mendisiplinkan Diri

Belajar disiplin dengan angkutan umum? Bisa banget. Beberapa angkutan umum punya durasi waktu tertentu saat membawa penumpang. Kemudian, angkutan umum berangkat tanpa menunggu Anda. Jadi, angkutan umum dapat membantu untuk meningkatkan kedisiplinan dengan menyesuaikan pelayanan publik.

9. Bersosialisasi dengan Lingkungan dan Masyarakat

Dengan naik angkutan umum Anda dapat bertemu orang-orang baru yang bisa Anda ajak ngobrol. Secara otomatis, menjadi wadah bersosialisasi yang bukan tidak mungkin. Bila Anda dapat menambah koneksi dan memperluas relasi hanya karena angkutan umum.

10. Bisa Berwisata Sendiri atau Ramai-ramai

Mau ramai-ramai bersama teman dan keluarga atau sendirian, naik angkutan umum tetap seru. Teristimewa angkutan umum di Jogja yang bisa berhenti di destinasi wisata pilihan. Angkutan umum semakin menjanjikan untuk dieksplorasi. Mengisi liburan di tempat wisata bisa dengan naik angkutan umum.

·         Dampak Negatif

Namun selain semua dampak positif di atas tak dipungkiri akan adanya dampak negative pula dari penggunaan kendaraan umum karena bisa dikatakan Kegiatan transportasi mendukungan meningkatnya tuntutan mobilitas untuk penumpang dan barang, terutama di daerah perkotaan. Tapi kegiatan transportasi telah mengakibatkan tingkat motorisasi dan kemacetan tumbuh. Akibatnya, sektor transportasi menjadi semakin terkait dengan masalah lingkungan. Dampak yang paling penting dari transportasi terhadap lingkungan berhubungan dengan perubahan iklim, kualitas udara, kebisingan, kualitas air, kualitas tanah, keanekaragaman hayati dan mengambil tanah:

1.    Perubahan Iklim

2.    Kualitas udara

3.    Kebisingan

4.    Kualitas air

5.    Kualitas tanah

6.    Pengalihan lahan

Sumber Narasi :

  https://dephub.go.id/post/read/gerakan-nasional-kembali-ke-angkutan-umum

https://dishub.jogjaprov.go.id/berita/10-manfaat-yang-bisa-didapat-saat-naik-angkutan-umum

https://ipehijau.org/transportasi-dan-dampak-lingkungan-referensi-untuk-pembangunan-transportasi-di-jakarta/






KELOMPOK 4

1.      Anindya Griselda (22091427017)

2.      Frida Ayu Prayitno (22091427023)

3.      Yudha Sorya Fardiansyah (22091427016)

4.      Tasya Alifia Shafa Hernanda (22091427011)



TIKET BUS ERA DIGITAL

Perkembangan zaman memudahkan berbagai urusan / aktivitas sehari-hari salah satunya pembelian tiket transportasi. Dan juga adanya perkembangan teknologi, kini kita bisa membeli tiket bus melalui situs penjualan tiket bus secara online atau disebut dengan E-Ticket. Tiket elektronik atau e-ticket adalah sebuah tiket dalam bentuk digital. Tiket elektronik dapat digunakan untuk penerbangan, busperkeretaapian, dan lain-lain. Saat ini ada banyak aplikasi maupun website yang menyediakan fitur pemesanan tiket bus online.

Dalam sebuah tiket elektronik atau E-Ticket sudah tercantum informasi yang lengkap dari pihak otobus, yaitu :

  1. Nomor seri tiket bus
  2. Nama sesuai Id Card atau KTP
  3. Tanggal keberangkatan
  4. Tujuan
  5. Syarat dan ketentuan
  6. Harga dasar tiket bus
  7. Peraturan mengenai pembatalan dan pengambilan uang
  8. Cara pembayaran
  9. Tempat awal pembelian tiket
  10. Ketentuan bagasi

Adapun keuntungan memesan tiket bus secara online yaitu :

1.     Mudah, cepat, dan aman

Tidak seperti zaman dahulu, sekarang kita hanya perlu handphone maupun laptop yang terhubung dengan internet untuk pesan tiket bus. Lalu buka suatu aplikasi tiket khusus bus. Setelah itu cari bus ke kota tujuan yang kamu inginkan.

Disana kita juga bisa cek jadwal dan harga tiket bus Jiika sudah menemukan tiket yang pas, tinggal isi data penumpang, lakukan pembayaran dan tiket pun akan dikirim ke email kita.

2.     Tidak perlu interaksi langsung dengan orang lain

Di masa pandemi ini, kita semua dianjurkan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain dan menghindari kerumunan. Daripada keluar rumah untuk menuju terminal atau pool bus demi membeli tiket, kita bisa memanfaatkan aplikasi atau website beli tiket bus online dari rumah.

3.     Harga kompetitif dan sering ada promo

Harga tiket bus yang dibeli secara online umumnya sama dengan harga tiket jika membeli langsung di loket atau terminal. Jadi sebenarnya lebih mudah dan efisien beli tiket bus secara online, karena kita bisa memesan tiket bus kapan saja dan dimana saja.


Selain itu yang menariknya lagi dibeberapa website sering mengadakan promo berupa potongan harga atau diskon untuk pembelian tiket melalui website atau aplikasinya dengan syarat tertentu. Jadi kamu bisa memanfaatkan promo dan diskon tiket bus tersebut.

4.     Banyak pilihan pembayaran

Beli tiket bus maupun moda transportasi lainnya secara online memungkinkan kamu untuk memilih metode pembayaran sesuai dengan apa kita inginkan.

Ada banyak pilihan pembayaran yang tersedia. Mulai dari pembayaran dengan kartu kredit maupun debit. Ada juga opsi transfer bank atau pembayaran lewat ATM, internet banking dan m-banking serta bisa bayar melalui kasir supermarket yang bekerjasama. Jadi kita tinggal pilih mana opsi pembayaran yang paling mudah untuk dilakukan dan pastikan membayar dalam waktu yang telah ditentukan dan tidak terlambat, agar pemesanan tiket kamu tidak dibatalkan secara otomatis oleh sistem.

5.     Garansi uang Kembali dan bantuan 24 jam

Beberapa aplikasi ada yang menawarkan program uang kembali 100% jika tiket bus yang kamu beli di aplikasi tersebut ditolak oleh operator bus di hari keberangkatan dengan alasan teknis. Dan kita dapat melapor dan meminta bantuan ke customer service yang siap membantu memecahkan masalah terkait pemesanan tiket selama 24 jam. Jadi tidak perlu khawatir saat memutuskan beli tiket bus secara online diaplikasi yang terpercaya.

 

 

REFERENSI

Tiket Elektronik, Diambil di : https://id.wikipedia.org/wiki/Tiket_elektronik#:~:text=Tiket%20elektronik%20%28bahasa%20Inggris%3A%20e-ticket%29%20adalah%20sebuah%20tiket,tiket%20bus%20elektronik%20dari%20Cikampek%20ke%20Tulung%20Agung

Pesan Tiket Online Tanpa Antre, Diambil di : https://ayonaikbis.com/tiket-bus-san/42794

Keuntungan Memesan Tiket Bus Secara Online, Diambil di : https://www.hastayataklar.com/2021/04/ini-5-keuntungan-jika-pesan-tiket-bus.html

 



KELOMPOK 5

Muhammad Haqin alfarisy. (22091427010)

Belava Elvaretta Rivanda. (22091427005)

Muhammad Hafizh Alghifari. (22091427008)

Laila Gupita. (22091427029)



  LRT adalah singkatan dari (Light Rail Transit), moda transportasi berbentuk kereta dengan konstruksi ringan yang beroperasi di area perkotaan. Dilihat dari dimensinya, kereta ini memiliki ukuran yang lebih langsing dibandingkan dengan kereta api yang umum kita lihat.

 

Kereta ini mempunyai dua jenis rel sebagai lintasan untuk beroperasinya.

Rel-rel yang pertama adalah trek yang diaplikasikan pada badan jalan raya. Sementara trek yang kedua adalah trek khusus yang dibangun khusus sebagai lintasan kereta.

 

Beberapa negara yang mengaplikasikan kereta ini sebagai sarana mobilisasi masyarakat sudah menerapkan sistem automasi. Jadi, kereta dapat beroperasi tanpa harus dikemudikan oleh masinis. Namun, untuk jenis yang akan beroperasi di Indonesia semuanya masih membutuhkan masinis untuk berjalan.

 

LRT umumnya banyak digunakan di berbagai negara di Eropa. Di sana, LRT telah mengalami modernisasi dengan optimalisasi sehingga dapat dioperasikan tanpa masinis. Bahkan, LRT di sana juga dapat beroperasi di lintasan khusus yang letaknya cukup rendah dari lantai, sekitar 30 sentimeter. Hal tersebut tentunya dapat membuat naik turun penumpang lebih nyaman.

 

LRT didesain sebagai transportasi umum yang nyaman dan aman berstandar internasional, dengan pelayanan yang ramah serta berkelas. LRT juga merupakan salah satu moda transportasi massal ramah lingkungan yang mampu mengurangi produksi karbon emisi kendaraan pribadi. Penumpang LRT dapat menghemat waktu berkisar 13-15 menit perjalanan.

 

Kekurangan dan Kelebihan LRT :

Kekurangan

Suara bunyi yang relatif keras ketika LRT berhenti.

Hal ini dapat terjadi disebabkan oleh beberapa hal dari kecepatan kreta yang relatif cepat dan berhenti ataupun oleh sistem listrik yang digunakan pada aliran bawah. Hal-hal tersebut mungkin belum menemukan solusi hingga akhir ini.

Kurang jelasnya pengeras suara ketika didalam gerbong LRT.

Belum semua LRT secara umum memiliki pengeras suara yang relatif jelas ketika didalam gerbong, maka hal ini penting untuk segera diperbaiki untuk memberitahukan informasi terhadap penumpang.

Belum semua LRT memiliki peta perjalanan yang relatif lengkap.

Peta perjalanan memberikan pengetahuan yang baik dan penting dikarenakan dengan melihat peta kita mengetahui kita berada didaerah mana ketika perjalanan serta mengetahui jarak ketika perjalanan.

 

Kelebihan

Memiliki manuver yang relatif stabil.

Manuver lebih stabil dapat terjadi dikarenakan memiliki sistem aliran listrik serta konstruksi LRT yang relatif lebih ringan dibanding dengan kreta-kreta lainnya secara umum.

Memiliki gerbong yang secara umum bisa fleksibel ketika meliuk saat berbelok.

Konstruksi yang ringan dibanding kreta lainnya membuat gerbon menjadi relatif fleksibel ketika dalam berbagai belokan di jalur kreta.

LRT bisa memiliki kecepatan dari 100-150 KM perjam.

Bisa dibilang kecepatan ini relatif cepat jika termasuk kreta-kreta dalam kota, maka penting LRT dalam perjalanan di kota.





KELOMPOK 6

1.       Refika Azzahra Putri                             (22091427001)

2.       Fihina Khoirotun Nisa A.                      (22091427006)

3.       Sine Aurel Trivansiska                          (22091427019)

4.       Rizkia Nuris Salma                               (22091427030)

 

 


Apakah kamu pernah bertekad mewujudkan impian melalui jenjang karir di sebuah kampus? Ya, menjadi impian semua orang untuk mulai mengukir masa depan melalui perjalanan pendidikan setinggi-tingginya. Universitas Negeri Surabaya atau biasa disingkat dengan UNESA merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya yang berdiri pada tanggal 19 Desember 1964. Dalam perjalanan panjangnya selama 58 tahun, secara bertahap kampus ini berhasil mengeksistensikan 8 fakultas yang terdiri dari berbagai jurusan yang unggul. Salah satunya adalah fakultas vokasi yang mempunyai 7 program studi. Program studi fakultas vokasi yang jarang diketahui oleh masyarakat dan memiliki prospek kerja luas adalah D4 Transportasi. Program studi D4 Transportasi berdiri pada tahun 2003 dimana pada saat itu jurusan ini masih jenjang D3 dan pada tahun 2019 program studi D3 Transportasi baru berubah menjadi program studi D4 Transportasi.

Transportasi adalah ilmu yang mempelajari tentang perencanaan,pengoperasian,perancangan dan pemeliharaan sistem transportasi baik transportasi udara,darat, dan laut. Program studi ini merupakan perpaduan antara ilmu manajemen dan teknik. Prodi ini akan mempelajari bagaimana menghitung biaya operasional kendaraan, menganalisa kebijakan tarif, menganalisa rute transportasi yang paling efektif dan efisien dalam penggunaan waktu dan bahan bakar serta fasilitas. Selain itu, akan belajar menganalisa permasalahan-permasalahan pada sistem transportasi yang sedang terjadi dan cara penanggulangannya. Pada sistem transportasi melibatkan banyak bagian, sehingga seringkali dalam proses pembuatan keputusan harus berdiskusi dengan bagian-bagian lain. Bagian transportasi akan sering menggunakan teknologi dan program komputer. Skill atau keahlian berguna yang dipelajari pada jurusan transportasi :

1. Problem Solving : Mampu mengidentifikasikan masalah dan mencari solusi, mengevaluasi penerapan suatu kebijakan atau solusi.

2. Time Management : Waktu sangatlah penting dalam transportasi. Jika terjadi penundaan di salah satu tahap, maka bagian lain akan terpengaruh dan keseluruhan proses akan terganggu. Jadi skill manajemen waktu ini wajib dikuasai oleh mahasiswa jurusan transportasi.

3. Berpikir Kritis : Menggunakan logika saat mencari kelebihan dan kekurangan dari suatu solusi dan proses.

4. Administrasi dan Manajemen : Mampu menguasai prinsip bisnis dan manajemen dalam perencanaan strategis, alokasi sumber daya, kepemimpinan, metode produksi, serta koordinasi sumber daya (baik materi maupun manusia).

5. Komunikasi dan Presentasi : Bagian transportasi tidak bekerja sendiri, tetapi emelibatkan banyak bagian lain. Oleh karena itu, mereka dituntut untuk dapat berkomunikasi dengan banyak pihak dan dapat menjelaskan konsep mereka dengan jelas, baik kepada pihak yang tidak mengerti transportasi sekalipun.

Sistem transportasi yang ada di Indonesia pada dasarnya memerlukan perbaikan dan tata kelola dalam segala hal, mulai dari infrastruktur, teknologi, hingga manajemen yang dijalankan. Bagaimanana prospek kerjanya? Lulusan jurusan transportasi bisa bekerja di berbagai bidang khususnya yang berhubungan dengan transportasi baik itu di pemerintahan maupun non pemerintahan, seperti kondektur tranportasi, dosen, ahli transportasi, manajer distribusi, manajer logistik, dan lain-lain.

            Menurut pengalaman para Alumni dan Mahasiswa yang masih aktif jurusan Transportasi sangat menyenangkan dan bisa menambah pengalaman dengan berbagai kegiatan praktek yang di lakukan untuk menyiapkan di dunia kerja nantinya. Banyak lulusan atau para Alumni yang berhasil masuk di Dishub,BUMN,PT KAI,Jasamarga,Pengiriman Bulog dan lain sebagai nya. Jurusan Transportasi juga bisa masuk di dunia keproyekan pembangunan. Diantaranya proyek pembangunan jembatan,proyek pembangunan jalur kereta api dan proyek pembangunan rute jalan raya untuk kendaraan darat.

Jadi banyak sekali manfaat,pengalaman dan prospek kerja yang di dapatkan di jurusan transportasi ini.Jangan ragu-ragu untuk memilih jurusan transportasi karna didalam nya sangat bermanfaat bagi kita dan kehidupan di masa yang akan datang.

Sumber Narasi:

 

1)      https://www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/subject-info/transportasilogistik-jurusan-yang-masih-belum-banyak-peminat-t/

2)      https://campus.quipper.com/majors/id-manajemen-transportasi

3)      https://rencanamu.id/cari-jurusan/ekonomi-bisnis/manajemen-transportasi





KELOMPOK 7

1.     Muhammad Raihan Adiharja    (22091427022)

2.     Nadine Utya Nisa                     (22091427028)

3.     Fawnia Nailatullah Ramadhan  (22091427033)

Manda Prastika                        (22091427035)




Mass Transit

(LRT, MRT, dan KRL)

Sistem mass transit yaitu transportasi yang mempunyai jadwal dan rute tetap yang digunakan oleh semua orang yang membeli tiket. LRT, MRT dan KRL adalah termasuk salah satu transportasi mass transit berbasis rel. Secara garis besar atau secara kasat mata memang tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Ketiganya juga sama – sama bergerak diatas rel dan menggunakan listrik sebagai penggeraknya serta mempunyai fungsi yang sama yaitu mengurangi kemacetan. Meskipun begitu ketiganya memiliki perbedaan dan keunggulannya masing - masing seperti sumber daya listrik, kuota penumpang, lama jarak tempuh, dan lain lain.

LRT (Light Rail Transit), MRT (Mass Rail Transit), KRL (Kereta Rel Listrik) masing-masing memiliki karakterisitik tersendiri. LRT sendiri memiliki daya listrik aliran bawah, berbeda dengan MRT dan KRL yang memiliki daya listrik aliran atas. Daya tampung LRT juga lebih sedikit dibandingkan dengan MRT dan KRL, yakni haya 600 penumpang. Sementara MRT memiliki daya tampung penumpang sekitar 1950 penumpang dan KRL memiliki daya tampung yang paling banyak yakni sebesar 2000 penumpang. LRT memiliki tiga rel, sementara untuk MRT dan KRL hanya memiliki sepasang rel. Untuk jarak tempuh nya LRT menempuh 90 km/ jam, sama seperti KRL. Untuk MRT menempuh 110 km/ jam. Masing-masing mass transit ini memiliki beberapa gerbong, LRT 2-4 gerbong lalu MRT 6 gerbong dan KRL memiliki gerbong terbanyak yakni 8-10 gerbong. Untuk perlintasannya LRT hanya memiliki perlintasan layang, sedangkan MRT memiliki perlintasan layang dan bawah tanah serta untuk KRL memiliki perlintasan layang dan atas tanah. Dikarenakan mass transit ini adalah transportasi umum yang pastinya memiliki tarif tiket masing-masing, untuk LRT sendiri memiliki tarif lebih mahal daripada MRT dan KRL sebesar ±12.000-15.000, MRT memiliki tarif murah sebesar ± 4.000, dan KRL memiliki tarif relative murah sebesar ± 3.000.

Tentunya, mass transit berbasis rel ini mempunyai banyak manfaat bagi masyarakat jaman sekarang yang ingin praktis, mudah, cepat dan murah untuk berpergian. LRT, MRT dan KRL memiliki manfaat yaitu membuka banyak peluang kerja, membantu mengurangi polusi udara dikarenakan sudah menggunakan daya listrik, menyingkat waktu perjalanan, menempuh perjalanan secara aman dan nyaman, mendukung upaya penghematan karena tarifnya terjangkau, meningkatkan potensi berbagai Kawasan strategis, menarik investor asing, memaksimalkan upaya hemat energi (BBM sumerdaya yang tidak bisa diperbarui), menciptakan budaya transaksi cashless bagi seluruh lapisan masyarakat ataupun e-card.





KELOMPOK 8

1.)              Yusuf azhar Firdaus ( 22091427009)

2.)              Oktavia putri widiyanti ( 22091427018)

3.)              Moh. Firzal Firdaus ( 22091427020)

 

                           AYO NAIK KENDARAAN

                                      UMUM!!!!!

 

Sepertinya tidak asing lagi jika kita mendengar kalimat kendaraan umum? Lalu apa itu kendaraan umum? Kendaraan umum adalah kendaraan bermotor yang disediakan untuk dipergunakan oleh umum dengan dipungut bayaran. (PP No.41 tahun 1993). Menggunakan transportasi umum tidak seperti bayangan dari sebagian orang yang kurang menyukainya. Namanya juga bayangan, masih kasat mata dan penuh ketidakpastian. Bagi kalian yang masih sampai detik ini masih ragu dengan menjadikan transportasi umum sebagi pilihan, barangkali ada sedikit bocoran untuk membuat hatimu senang.

Transportasi umum (dikenal pula sebagai transportasi publik atau transportasi massal) adalah layanan angkutan penumpang oleh sistem perjalanan kelompok yang tersedia untuk digunakan oleh masyarakat umum, biasanya dikelola sesuai jadwal, dioperasikan pada rute yang ditetapkan, dan dikenakan biaya untuk setiap perjalanan.

Tujuan dari diadakannya fasilitas yang bersifat umum adalah "sebenarnya" untuk membantu proses kehidupan setiap manusia yang ada dalam suatu Negara. Bilamana ada kekurangan atau kelebihan, hal itu sudah manusiawi sekali. Tak bisa dielakkan. Lagi-lagi berbicara mengenai sudut pandang dan melihat dari judul tulisan ini, terkesan seperti mengkampanyekan agar banyak orang berbondong menyukai transportasi umum.

Moda Trasnportasi public diantaranya bus kota , trem (atau kereta api ringan ) dan kereta api , kereta cepat (metro / subway / bawa tanah ).

Agkutan umum antar kota di dominasi olh maskapai penerbangan , bus antar kota , kereta api , dan kereta antar kota

 

Mengapa kita harus beralih ke kendaraan umum?

  1. Hemat waktu

Kemacetan dijalan suatu hal yang biasa bagi warga Indonesia apalagi warga Surabaya, kota yang besar akan tetapi padat akan penduduk juga hal itu yang menyebabkan kemacetan jalan dikota pahlawan. Ada baiknya jika kita menggunakan kendaraan umum seperti kereta ataupun suarabaya bus.

  1. Hidup sehat

Dengan menggunakan jasa angkutan umum, kita jadi jauh lebih banyak berjalan kaki ke halte dan stasiun. Biar lebih panas, tapi kita lebih sehat. Kalau ke luar negeri saja, kita bisa senang-senang berjalan kaki berkilo-kilo meter dan tahan naik tram, subway, metro, atau bus ke mana-mana. Kenapa di Surabaya tidak bisa? Memang belum bisa disamakan, sih, infrastruktur trasnportasi di Surabaya dengan negara-negara besar di luar sana. Tapi, negara semacam Prancis saja butuh ratusan tahun membenahi kondisi trasnportasi mereka sehingga nyaman digunakan semua orang.

  1. Banyak yang dapat dilakukan di angkutan umum dibanding mengendarai kendaraan sendiri

Pernah, nggak, kamu dikejar deadline sementara waktunya mepet? Atau tiba-tiba kamu harus terima telepon penting dari orang padahal kamu sedang menyetir? Aku pernah. Ketika ada tugas dan deadline cepat jadi aku mengerjakan tugas menggunakan laptop/hp mencatat poin penting dan mengerjakan setelah itu mengumpulkan sesuai deadline

 

Dan masih banyak lagi alasan mengapa kita harus beralih ke kendaraan umum.

Jadi apalagi yang perlu dikhawatirkan? Mari kita beralih menggunakan kendaran umum agar fasilitas sarana transportasi dari pemerintah berguna dengan baik agar mengurangi kemacetan sehingga  kita bisa meminimalisir polusi udara yang ada dikota tercinta kita.

Sumber: https://www.jurnaland.com , https://www.kompasiana.com , https://www.dishub.jogjgaprov.go.id 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar